Minggu, Maret 26, 2023

BRImerchant untuk Cek Transaksi QRIS BRI


Melanjutkan postingan Fitur QRIS BRI yang mana untuk ngecek transaksi realtime yang terjadi pada QRIS BRI kita, sekarang oleh BRI kita diberikan aplikasi untuk mengecek transaksi secara realtime. Cuman aplikasi ini baru tersedia untuk pengguna Android, untuk pengguna iOS masih harap bersabar dan tetap gunakan yang versi web saja. Aplikasinya bernama BRImerchant, dimana dalam aplikasi ini bisa cek laporan QRIS dan juga kalau kita diberi EDC Merchant kita bisa akses laporannya via aplikasi ini. Disini saya akan beri cara untuk mendaftar pertama kali sampai membuatkan user baru yang dapat mengakses transaksi QRIS secara realtime. Jadi kita bisa menambah pengguna untuk mengecek transaksi QRIS dengan hp sendiri, jadi tidak pakai user kita. Ini memudahkan kalau di tempat usaha kita ada pegawai di bagian kasir, jadi kita bisa berikan user yang telah kita buat untuk dia mengecek transaksi pembayaran QRIS secara realtime.

Kalau yang awalnya kita harus mengakses agen.bri.co.id dulu dan memasukkan user id dan password, sekarang tinggal masuk aplikasi BRImerchant, masukkan nomor hp terdaftar dan password dan bisa langsung cek transaksi. Sangat memudahkan dibanding harus akses lewat web yang lebih ribet, enak lewat aplikasi karena lebih ringkas juga cepat.

Hal pertama yang dilakukan adalah

1. Download aplikasi BRImerchant dari Playstore.

2. Setelah itu langsung register nomor hp dan NIK KTP kita, dipastikan NIK kita sudah terdaftar dengan QRIS kita. Soalnya dari NIK ini akan diketahui apakah kita punya EDC dan QRIS atau tidak.

3. Setelah itu akan dapat OTP yang nantinya wajib dimasukkan pada aplikasi.

4. Setelah itu kita membuat password, diusahakan passwordnya ada huruf besar, huruf kecil dan angka.

5. Setelah berhasil membuat password baru, kita tinggal masukkan nomor hp dan password kita di aplikasi BRImerchant yang nantinya akan muncul QRIS dan EDC kita pada daftar terminal.

6. Pada aplikasi BRImerchant ini ada 4 menu utama, yaitu Home, Transaksi, Laporan dan Profil. Untuk yang home adalah tampilan dasar yang terdiri dari data penjualan dan daftar terminal. Untuk transaksi berisi pilihan detil transaksi hari ini ataupun transaksi sebelumnya, disini kita tinggal menentukan tanggalnya. Untuk laporan ini khusus yang mempunyai EDC Merchant. Sedangkan pada profil ini yang penting untuk membuatkan user baru untuk pekerja kasir kita. Untuk cara membuat user baru untuk akses laporan transaksi QRIS kita saya jelaskan di bawah.















Untuk menambah user baru untuk pekerja kita yang dilakukan adalah

1. Pada di menu Profil, disini  kita klik User Manajemen.

2. Pada halaman User Manajemen dibawah kanan ada menu Tambah User, kita tinggal klik.

3. Setelah itu kita masukkan nama user dan nomor HP, dipastikan nomor hp ini tersambung dengan Whatsapp karena nanti akan dikirimkan password ke nomor Whatsapp tersebut. Klik Tambah Store.

4. Pilih outlet QRIS kita, dan klik Tambah User.

5. Setelah itu nomor Whatsapp tadi akan menerima chat dari BRI OTP yang berisi password untuk masuk ke aplikasi BRImerchant.

6. Setelah itu masukkan nomor hp dan password yang diberikan di chat, terus kita reset password yang baru. Diwajibkan ganti password karena password yang dikirim dari chat itu berisi password yang random, jadi kita ganti sesuai keinginan yang penting ada huruf besar, huruf kecil dan angka.

7. Setelah itu masuk ke menu utama yang hampir sama dengan menu utama pada user owner, cuman bedanya di menu owner itu bisa membuat user baru. Kalau yang user employee ini hanya bisa cek transaksi aja. Dari menu owner kita bisa menghapus atau menambah user employee kita dengan tampilan seperti dibawah.



















Di tengah pertempuran QRIS ini semua penyedia QRIS berlomba - lomba untuk memudahkan dari segi penjual dan pembeli. Kita sebagai pembeli sih bersyukur aja kalau sudah canggih dan beneran cashless kita lebih mudah untuk transaksi pembayaran. Dan untuk penjual sih dengan adanya QRIS ini lebih enak karena enggak perlu kembalian.

30 komentar:

  1. Kalau saya belum pernah pakai BRImerchant, tapi selama ini saya baru pakai aplikasi BRImo

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aplikasi brimerchant hanya untuk yang punya qris dan edc mas

      Hapus
  2. terima kadih berkongsi ilmu. walaupun saya tak guna apps ini sekurang kurangnya ada perkara baru saya belajar hari ini

    salam ramadan untuk mas sekeluarga✌️

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya menjadi pelajaran baru di bulan ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa yaaa

      Hapus
  3. setiap aplikasi, harus download ya?
    great info ...πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. mempermudah karena emang berbeda fitur sih mas, brimo untuk perorangan kalau brimerchant kan bisa untuk beberapa orang,

      Hapus
  4. Sepertinya aplikasi ini bagus dan berguna sekali. Kemarin baca artikel yang bahas tentang data transaksi qris yang kebanyakan laporan transaksinya yang hanya masuk ke pemilik usaha aja sehingga kasir tidak dapat mengecek transaski secara realtime. Pembayaran qris ini juga rentan untuk penipuan. Makanya berguna sekali kalau ada kasir yang bisa ngecek transaksi secara realtime. Kasir bisa meninimalkan resiko transksi dengan pengecekan dua arah emlalui aplikasi brimerchant.

    Artikel yang bagus mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, laporannya real time. Emang sekarang ini laporan realtime yang penting, jadi kalau ada transaksi kita bisa lihat sudah beneran masuk atau tidak

      Hapus
  5. Pengguna iOS wajar bersabar kerana sistem HP ini agak komplited dan kurang mesra user

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali, agak susah tapi saat ini penggunanya banyak juga

      Hapus
  6. Lengkap ya transaksi nya ..memang apa"di buat mudah dan praktis...makasi infonyaπŸ™

    BalasHapus
  7. jadinya pengen punya rekening di BRI, jadi kita bisa tau mutasi duit kita ya. Jadi lebih terkontrol juga dan jadi bahan evaluasi keuangan buat diri sendiri

    BalasHapus
  8. Khusus buat pengusaha aja ya kak BRImerchant ini?

    BalasHapus
  9. mas rezky pegawai bank bri ya? tiap mampir sini disuguhi ulasan tutorial dan pengalaman perbankan yang lumayan terperinci. Semoga bermanfaat bagi para pengguna QRIS baik para merchant atau pihak pihak yang bersangkutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngulik sedikit tentang qris aja, mumpung ada pembahasan aja mbak eheh

      Hapus
  10. Ohh ini untuk yg punya usaha ya mas. Bagus sih kalo udh bisa real-time. Jadi bisa dicek juga Ama kasir dan pemilik usaha Yaa.

    Aku seneng dengan qris ini, dan berharap banget bisa dipakai di banyak negara. Skr udah mulai di Negara2 Asean kan, walopun belum terlalu banyak. Pelan2 pasti bisa lah, jadi kalo kemana2 ga puyeng bawa cash

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak fanny emang enak pakai qris sekarang

      Hapus
  11. Fitur inovatif dan memudahkan dari BRI Merchant. Terima kasih ulasannya

    BalasHapus
  12. Saya aplikasi BRImo saja belum punya. He he .... terima kasih telah berbagi informasi, ananda Rezki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa nyoba bikin rekening bri bu nur hehe

      Hapus
  13. kadang pernah tu pembayaran aprove tapi dana tak masuk, ada plus minusnya si pembayaran online bgini

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.