Jumat, Januari 20, 2023

Fitur QRIS BRI


Saya ingin berbagi pengalaman saya menggunakan QRIS BRI, QRIS saat ini adalah metode pembayaran tercepat yang digunakan, apalagi seruan cashless juga makin digaungkan di Indonesia. Sayapun ingin mencoba mempunyai QRIS, gunanya untuk uji coba misal kita punya QRIS apa saja yang kita dapatkan, apakah kita dapat laporan untuk setiap transaksi yang berhasil dan apakah uang yang ditransaksikan itu langsung masuk ke rekening atau tidak? Berawal dari penasaran itu sayapun berniat untuk mendaftar QRIS, saya disini mendaftar QRIS ke Bank BRI terdekat, dengan membawa KTP, Buku Tabungan BRI, ATM, e-mail, nomor hp aktif dan mempunyai usaha.

Lebih hoki lagi kalau kita didatangi petugas BRI nya karena gampang dan tidak perlu ke kantor BRI terdekat untuk mendaftar QRIS. Nanti setelah didata, dan menunggu beberapa hari kita bakal nerima sms seperti dibawah ini. Dan tinggal tunggu diberikan kertas berisi barcode baik itu yang langsung tempel ataupun kita bisa ditambahkan akrilik biar barcodenya tidak cepat ilang gambarnya.

Nah ternyata kita diberikan UserID dan password keagenan, akses situsnya adalah https://agen.bri.co.id. Setelah mengisi UserID dan password klik login, selanjutnya saya rekomendasikan untuk mengganti password yang sesuai dengan yang kita inginkan, karena UserID itu tidak bisa dirubah, hanya password yang bisa dirubah, ganti passwordnya bisa menu ganti password, tinggal masukkan password lama dan baru.

Di dalam Web Keagenan ini kita bisa melihar semua transaksi yang mau ke dalam QRIS BRI kita, ceknya ini realtime, disini kita bisa cek laporan harian ataupun bulanan untuk laporannya. Web keagenan ini bisa kita gunakan jika bukan kita yang menunggu kasir di toko kita, kita tinggal kasi kasir di toko kita userid dan password di web keagenan ini, jadi dia bisa mengecek transaksi QRIS yang dilakukan oleh pelanggan toko kita. Jadi kita tidak perlu memberikan Hp kita yang berBRImo kepada kasir kita untuk mengecek mutasi QRIS kita, cukup kasir kita kasi akses di Web Keagenan.

Berikut saya kasi screenshot transaksi yang saya coba dari rekening Jenius saya ke QRIS, di dalam laporan langsung tertera transaksi saya. Namun untuk settlementnya atau masuknya uang yang ditransaksikan ke QRIS kita masuk ke rekening itu dibagi 3 Batch yaitu :

1. Batch 1, untuk transaksi pada pukul 23:31 sampai 10:00 dimana uang masuk rekening di pukul 14:00 di hari yang sama.

2. Bacth 2, untuk transaksi pada pukul 10:01 sampai 14:00 dimana uang masuk rekening di pukul 18:00 di hari yang sama.

3. Batch 3, untuk transaksi pada pukul 14:00 sampai 23:30 dimana uang masuk rekening di pukul 06:00 h+1 alias besoknya.


 

Tapi jangan khawatir uang yang ditransaksikan di QRIS BRI kita itu enggak masuk, karena setiap transaksi QRIS nomor hp yang terdaftar bakal dapat notifikasi sms. Dan sms notifikasi untuk QRIS BRI gratis, kelebihannya QRIS ini tidak ada biaya administrasi untuk penggunanya, baik itu untuk pelanggan yang akan melakukan pembayaran ataupun kita sebagai merchant QRIS nya.

QRIS ini memang solusi di saat EDC konvensional itu mahal biaya dan perawatannya, QRIS ini cuman dicetak ditempel ataupun ditaro di akrilik tanpa perlu ngecharge listrik ataupun biaya paket data juga. Cuman bermodalkan kertas yang ada barcode nya udah bisa dibuat untuk alat pembayaran yang bisa nerima dari segala bank.

Di BRImo kita bisa juga lihat transaksi QRIS BRI kita, cuman sayangnya tidak realtime. Saran saya mending cek di Web Keagenan aja biar enak dan praktis. 

Pertanyaan yang sering muncul adalah, QRIS ini keluaran dari bank mana ya? Itu kita bisa cek di bagian kiri bawah QRIS kita, disitu ada tulisan dicetak oleh : 93600002, tiga angka terakhir itu adalah kode bank yang mengeluarkan QRIS atau bisa dibilang rekening QRIS nya bersumber darimana itu dapat dilihat dari 3 angka itu, kalau BRI itu 004, kalau BCAitu 014.



22 komentar:

  1. service bank semakin mantap. di malaysia pun sama. yang saya bimbangi adalah scammer yang ambil kesempatan di atas kecanggihan teknologi hari ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kita harus lebih berhati2 untuk scammer karena makin canggih juga

      Hapus
  2. pernah juga saya lakukan pembayaran scan kode QRIN melalui brimo

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekarang gampang sekali bayar2 cukup bawa hp saja

      Hapus
  3. Service perbankan sekarang keren banget, apalagi yang satu ini lebih detail dengan batchnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cepet tanpa batch sih biar realtime,

      Hapus
  4. Teddy gunakan BRI juga nih Bang. Ternyata sangat dimudahkan ya dengan penggunaan QRIS ini.

    Mungkin bisa dicoba lain kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, bri makin mantep aja nih fitur2nya

      Hapus
  5. Ga ribet bawa duit sekarung ya bang...pake hape aja ud beres segala transaksi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, sekarang bawa hp udah bisa kenyang dan pulang bawa tentengan

      Hapus
  6. Perlu di coba nih kebetulan punya rek BRI. Asyik buat bayar bayar

    BalasHapus
  7. wah keren juga ini,belum pernah nyoba.makasih sharingnya ya kak

    BalasHapus
  8. Kalau didatagi petugas BRI dan diajari teknik dan regulasinya, mau juga nyoba pakai fitur QRIS. Salam sore, ananda Rezky.

    BalasHapus
  9. Qris ini bagus buat mereka yang tidaj sedia uang tunai. Tinggal pakai handphone untuk segala transaksi. Ga prlu ribet² ambil kartu atm dan cari mesin edc.
    Qris salah satu kemajuan perbankan indonesia

    BalasHapus
  10. metode pembayaran sekarang makin berfariasi yah, ga selalu pake uang cash :D, jadi makin memudahkan kita yang ga suka bawa uang cash :D

    BalasHapus
  11. Bang saya udah punya qris bri, tapi kok notifnya ada yg gak masuk di sms bri-notif ya. Padahal di costumer sudah centang, apakah besok bakal masuk bang?

    BalasHapus
  12. Tutorial cek barcode qris ?

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.