Jumat, Agustus 11, 2023

e-Statement BRI di BRImo


Sebagai pengguna tabungan, ada saatnya butuh rekapan transaksi uang masuk dan uang keluar dari rekening tabungan kita. Harusnya kita meminta rincian transaksi ini di teller atau customer service bank tempat kita menabung. Namun butuh waktu dan tenaga untuk antre dan menyempatkan ke bank untuk meminta detil transaksi ini. Untuk nasabah Bank BRI ada fitur yang namanya e-Statement, e-Statement ini adalah rincian detil transaksi tabungan kita yang bisa kita dalam satu bulan, awalnya e-Statement ini bisa didapatkan kalau kita datang ke kantor cabang Bank BRI. Sekarang sudah bisa diakses lewat BRImo.


Caranya adalah pertama masuk ke BRImo, setelah itu pilih menu lainnya. Setelah itu pada Laporan Keuangan pilih menu Mutasi, dan pilih e-Statement. Pilih Buat e-Statement, pilih rekening yang akan kita buat e-Statementnya dan pilih rentang waktu, pilih bulan. Tahun maksimal ke belakang adalah tahun 2018, sebelum itu tidak bisa dibuat e-Statementnya. Setelah itu pilih Buat e-Statement.


Setelah itu tinggal menunggu selesai, kita bisa swipe untuk refresh halaman BRImo, atau menunggu notif bunyi BRImo. Notif bunyi BRImo ini menandakan kalau proses request telah selesai dan kita bisa mengunduh filenya, ada dua tipe file. PDF dan CSV, tapi saya lebih menyarankan PDF karena daripada ribet buka Excel.







Jadi misal ada transaksi yang gagal, seperti penarikan tunai di ATM, saldo terpotong tapi uang tidak keluar dari ATM. Biasanya kan akan ada reversal atau pengembalian ke rekening tabungan kita, untuk mengeceknya enak pakai e-Statement ini karena nanti ada remark reversal pada saldo yang gagal ditarik tadi. Sebagai nasabah BRI sangat terbantu sekali dengan fitur e-Statement ini.

33 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Aku ga pake bri sih, tapi bank yg aku pake, HSBC, dari sejak buka rek Di sana 2007 dulu, memang sistemnya e-statement sampai skr, ga pakai buku tabungan. Rata2 bank asing semua sudah begitu dari dulu mas. Mereka ingin mengurangi pemakaian kertas, jadi dr awal buka rek, statement bisa diakses dari internet banking , sampai setahun ke belakang. . Makanya aku LBH suka bank yg ramah lingkungan dan serba digital seperti itu 😁.

    Bagus lah kalo bank lokal udah seperti itu. Jadi ga ribet Ama kertas dan di print buku tabungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah mulai paperless semua, diakses lewat aplikasi di hp. BRI malah internet banking yang web udah di shut down deh

      Hapus
    2. Tanpa buku rek. bagaimana seandainya aplikasi yang digunakan bermasalah. Misal teblokir atau hp y hilang. Burek lama tak dipakai trus ikut hilang juga.

      Hapus
  3. seingat saya, last time saya guna buku bank pada 2002... lepas tu setiap tahun local bank akan hantar bank statement melalui surat. then selari dengan perkembangan teknologi, guna website or apps sahaja untuk semak e statement

    BalasHapus
    Balasan
    1. brarti sudah paperless,
      di tempat saya baru beberapa tahun ini paperlessnya hehe

      Hapus
  4. Bener banget ini tutorialnya mas. Kebetulan saya pernah pengalaman menggunakannya dua bulan lalu. Lumayan sangat membantu fitur e-statement di BRI. Bagusnya lagi e-statementnya juga terlampir dalam versi terjemahan Inggrisnya. Sangat membantu bagi yang berurusan dengan 'hal' yang sifatnya internasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget, biasanya dikirim ke email tiap bulan. tapi sayangnya estatement ke rekening saya yang udah enggak kepake. skrg udah bisa milih rekening mana aja yang mau dibikinin estatement

      Hapus
  5. Oh itu fungsi eStatement, rincian detil transaksi dari tabungan. Aku punya sih BRI tapi fitur yg kutahu cuma fitur buat beli pulsa 🤣

    BalasHapus
  6. Hai, Terima Kasih artikelnya bagus sekali. BTW Salam sesama blogger saya pingin berteman :)

    mashilman,blogspot,com

    BalasHapus
  7. Nggak punya tabungan di BRI mas, Tapi ulasan tentang E-Statement menarik juga berarti banyak kemajuan juga Bank BRI yaa, setidaknya hampir setara dengan bank2 lainnya.

    Thanks ulasan menariknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekarang semua bank bersaing untuk mempermudah dan memenuhi kebutuhan nasabah

      Hapus
  8. Saya belum punya rekening BRI mas

    BalasHapus
  9. gw ada tabungan di bri cuma gak tau cara login di brimo gimana ?, :D, apa harus dateng dulu ke kantor bank nya ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nomor hp masih tetap saat pembukaan rekening bisa langsung aktifasi brimo di hp kak

      Hapus
  10. Saya buka aplikasi BRImo, 2 hari berturut2, gak kunjung berhasil. Udah. Saya tinggalin aja.

    BalasHapus
  11. Wah mantap selangkah lebih maju, enak kalau ada e statement suatu saat butuh tinggal cek aja

    BalasHapus
  12. Baru tau saya kalau e-Statement itu adalah rincian detil transaksi tabungan kita. Beberapa kali dapat pemberitahuan e-Statement dari bank tapi saya abaikan soalnya m-banking lagi bermasalah, lupa PIN-nya..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera diperbarui pinnya mas biar bisa bertransaksi dengan aman dan tenang

      Hapus
  13. Sudah jarang banget pakai buku tabungan. Saat ini masih ada buku tabungannya, tapi lebih sering cek mutasi pakai aplikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang emang mulai jarang pakai buku tabungan, lebih bs dicek online lewat hp

      Hapus
  14. Beberapa hari lalu saya dapat email ttg e Statement dari bank lain. Saya baru ngeh ternyata ini fungsinya. Enak ya sekarang apa2 lebih efisien waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali, bisa ngecek detil transaksi per bulannya

      Hapus
  15. This is very interesting because the user interface of that app is very much the same interface of the Philippine's cash app!

    BalasHapus
  16. Untuk history kita saat bertransaksi itu bisa dilihat di e Statement yaa… Thanks infonya

    BalasHapus
  17. Jadi tertarik juga nih mempelajari lebih jauh lagi tentang eStatement BRI ini. Makasih buat sharingnya.

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.