Minggu, Mei 19, 2024

Pengalaman Parkir Inap Motor di Stasiun Pasar Turi

Pengalaman Parkir Inap di Stasiun Pasar Turi


Salah satu transportasi umum yang saat ini saya gunakan adalah kereta api. Hal ini dikarenakan saya tiap bulan pulang ke Bekasi untuk nengokin istri dan anak. Oleh sebab itu salah satu fasilitas yang saya gunakan pasti adalah penginapan sepeda motor. Saya biasanya berangkat dari Stasiun Pasar Turi Surabaya, kereta arah ke Jakarta lewat utara Jawa adalah salah satu perjalanan tercepat yang ada. Berbeda dengan lewat selatan Jawa yang relatif lebih lama, untuk perjalanan ke Jakarta lewat selatan Jawa itu harus naik kereta di Stasiun Gubeng Surabaya. Perjalanan dari rumah saya yang berada di Gresik, butuh waktu tempuh sekitar 45 menit ke Stasiun Pasar Turi, kalau saya pakai transportasi online untuk akses ke Stasiun Surabaya Pasar Turi itu membutuhkan biaya sekitar Rp. 50.000 untuk sekali jalan, kalau untuk pulang pergi saat kembali ke Surabaya berarti membutuhkan biaya Rp. 100.000.

Pengalaman Parkir Inap di Stasiun Pasar Turi


Karena kegiatan rutin ke Bekasi ini terjadi tiap bulan maka saya harus memperhitungkan untuk biaya yang dikeluarkan, jika saya naik sepeda motor dan parkir menginap di Stasiun Surabaya Pasar Turi biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah. Contohnya saja ini saat kemaren saya pulang di waktu libur 4 hari, biaya yang dikeluarkan untuk tarif parkir inapnya adalah Rp. 61.000. Lebih murah Rp. 39.000 dibanding naik ojek online, enaknya untuk parkir inap di Stasiun di Surabaya ini tarifnya flat tidak seperti untuk tarif parkir di Stasiun di Bekasi dan Jakarta yang tarifnya per jam dan tidak ada tarif inap. 



Untuk biaya parkir dan tarif parkir inap (tarif per mei 2024)


Tarif Parkir Motor


Tarif MasukRp. 3.000
1 Jam BerikutnyaRp. 2.000
Maksimal sebelum 24 jamRp. 13.000
Tarif Inap                               Rp. 12.000
24 Jam pertama                     Rp. 25.000
24 Jam berikutnya ditambahRp. 12.000



Untuk tarif parkir inap mobil seinget saya Rp. 100.000 sehari, dengan lokasi parkir mobil dan motor yang lumayan luas. Saya sih selama parkir inap motor di Stasiun Surabaya Pasar Turi ini merasa puas  dan aman, karena saya sempat pernah kehilangan kunci motor waktu pulang ke Bekasi. Yang kemungkinan jatuh waktu saya berkendara motor di Bekasi, dan kunci motor yang saya kantongin jatuh. Awalnya sempat ragu apakah kunci motor saya ini masih nyangkut di motor, saya sampai nitip temen saya yang untuk ke Stasiun Pasar Turi untuk cek motor saya apakah ada kunci motor yang nyangkut atau tidak. Tapi setelah dicek ternyata tidak ada kunci yang nyangkut, udah positif jatuh waktu di Bekasi ini.



Karena motor saya itu tidak ada kunci serepnya, jadi mau enggak mau sepulang saya ke Surabaya lagi saya nyari tukang kunci untuk menggandakan kunci motor saya itu. Jika mengalami kendala seperti saya, yang akan dilakukan oleh pengelola parkir Stasiun Surabaya Pasar Turi adalah mengecek STNK motor kita, dan karcis waktu masuk parkir pertama. Untung ada tukang kunci panggilan yang mau datang ke tempat saya, meski biaya yang ditagihkan ke saya Rp. 200.000 mau enggak mau ya harus saya bayar karena daripada saya enggak bisa pulang bawa motor. Dan waktu itu juga waktu hari raya, yang mana masih banyak tukang kunci yang masih pulang kampung. Untungnya ada yang mau ambil kerjaan untuk menggandakan kunci motor saya. Proses pengerjaan sekitar setengah jam dimana setelah itu saya dapat kunci motor baru dan bisa pulang kerumah dengan tenang.



Untuk pengelola parkir di Stasiun Surabaya Pasar Turi adalah PT Reska Multi Usaha atau disingkat RES, dengan sistem pengelola parkir yang bagus menurut saya dan saya selama menggunakan fasilitas parkir yang ditawarkan oleh RES ini puas sekali. Motor yang diparkir di Stasiun ini tidak akan bisa keluar kalau tidak bisa menunjukkan STNK dan karcis, otomatis kalau enggak bawa STNK jelas enggak bisa keluar. Kalau karcis yang hilang tapi bawa STNK pasti kena denda yang harus dibayarkan. Untuk pembayaran di Stasiun Surabaya Pasar Turi di parkir motor ini adalah tunai, ada sih non tunai tapi saya enggak pernah pakai kalau di motor. Kalau parkir mobil harus wajib pakai E-Money atau Linkaja, tidak bisa tunai kalau parkir mobil, kalau parkir motor bisa pakai tunai.



biaya parkir inap motor stasiun pasar turi



Sekarang parkirnya juga tambah luas, ada penambahan parkir yang ada terop atau atapnya sebagian. Untuk anda yang menggunakan kereta api sebagai transportasi untuk ke Jakarta ataupun wilayah lainnya di daerah utara Jawa mungkin bisa menggunakan fasilitas parkir motor yang disediakan oleh PT RES. Oh iya bedanya kalau parkir motor di Stasiun Bekasi atau Jakarta itu kalau kita ingin parkir inap itu parkirnya di luar Stasiun. Parkiran yang dibuat oleh warga di sektiar Stasiun, setau saya sih gitu. Soalnya kalau parkir di dalam stasiun itu kan tarifnya perjam, sangat mahal kalau parkir di dalam stasiun. Makanya banyak yang parkir di sekitar stasiun karena tarifnya adalah flat alias bayar misal Rp. 5.000 bisa seharian. Kalau di dalam stasiun bisa puluhan ribu kalau parkir seharian. 

44 komentar:

  1. Kereennnn artikenya

    BalasHapus
  2. Good -Christine cmlk79.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Wahhhhh,, di tempat saya juga ada. tapi saya milih yg titip parkir by warga aja. Soalnya lebih murah. wkwk 😂 Sehari 4000 kalau Inap, kalau cuma ditinggal kerja 3000.. Cuma ya tetap asuransi kehilangan nggak ada.. Kalau di stasiun itu ada nggak mas?? Semisal motor hilang, tapi kalau aksesnya aja ada plang otomatis, ya susah sih ya kalau ada maling.. cuma nggk tahu juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo gitu y mas, kalau di surabaya enggak ada parkir luar mas
      bedanya gitu kalau sama yang bekasi

      Hapus
  4. Artikelnya bagus. Saya senang disini membaca infonya.

    BalasHapus
  5. Lebih irit dan hemat waktu.
    Pelataran parkirnya luas banget, bisnis yang sukses.,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. membantu untuk yang mau parkir motor di stasiun

      Hapus
  6. Parece un buen transporte. Te mando un beso.

    BalasHapus
  7. wah baru tau aku ternyata masih ada stasiun yang tarif parkirnya flat, kukira udah nerapin yang tarif perjam semua, btw makasih infonya mas, hehe

    BalasHapus
  8. Hilang kunci motor, aduh. Alhamdulillah dapat digandakan, apa lagi ketika hari Raya ya.

    BalasHapus
  9. Tempat saya kayaknya belum ada titip motor gitu, jadi terbantu juga ya ,cuman emang harus hati-hati juga kalo pas kunci motor kita ilang, mau gak mau harus diurus, pan ribet kalo motor ga bisa di bawa pulang, selama gak ada yg aneh"aman ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ribet ya kalau enggak ada parkiran motor inap disana

      Hapus
  10. Kalau di sini dipanggil PJJ
    (Pasangan Jarak Jauh)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebutannya berbeda
      long distance relationship

      Hapus
  11. Udah agak enak mas kalo ada kereta. Dulu Ayah saya sebulan sekali PP naiknya mobil bus Luragung, kebayang ya hahaha

    Oya, di Depok juga sama mas. Kalo parkir tuh biasanya di area yang udah dibikin sama warga. Kalau untuk waktu pendek mungkin ga begitu kentara bedanya. Tapi kalo hitungan hari, lebih murah dititip di rumah warga. Dari awal biasanya udah ditanya kapan pulangnya, biar bisa disortir posisi motornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di depot lebih murah nitip warga ya
      di surabaya g ada parkiran sekitar stasiun sih

      Hapus
  12. Banyaknya motor! Sayup mata memandang!

    BalasHapus
  13. berapapun biayanya kalo aman dan terpecaya gak jadi madalah ya mas :D, tapi kalo ada yang murah dan pasti aman pasti di percaya banyak orang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau murah dan aman pastilah banyakyang parkir disitu hehe

      Hapus
  14. Iyaaa di JKT agak mahal sih. Pernah kepikiran kami parkir inap mobil di Soetta. Tapj lumayan juga harganya, apalagi aku dan suami kalo bepergian bisa 1-2 Minggu. Kebayang aja itungannya ntr 😂😂. JD kalo dj sini msh LBH murah naik kendaraan umum ntah taxol atau taxi mas.

    Enak kalo flat.

    Yg begini pas msh kerja di HSBC Sudirman. Naah suami sering parkiran di rumah warga. Drpd di parkir gedung. Sbnrnya kalo dpt member enak tuh, flat satu bulan. Tp rebutan Ama staff lain Krn slotnya terbatas 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah2 tergantung lokasi sih
      enak kalau bisa dapat akses parkir gedung yang flat
      kalau di parkiran warga resiko motor beset itu tinggi sekali

      Hapus
  15. teratur diorang parking...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya diatur agar cukup untuk jadi tmepat parkir

      Hapus
  16. Terima kasih infonya. Ternyata parkir inap menjadi alternatif jika rumah ditinggal kosong khawatir kemalingan. Keamanan cukup terjamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. keamanan terjamin karena kalau keluar kudu pakai struk masuk dan stnk

      Hapus
  17. mantap artikelnya.Saya kudet bgt, baru2 ini aja juga taunya kalau dr pasar turi tuh jalur utara,klo ke jkt lebih dekat. Kalau lewat gubeng (jalur selatan) ternyata lebih jauh.Dikira selama ini sama2 aja hehe. ..itupun setelah dijelasin temen panjang lebar wkwkw. Wah bener juga, mending pakai motor diinapkan di stasiun turi ya , jauh lebih murah drpd ojol ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lebih enak kalau ke jakarta parkir motor di stasiun mbak

      Hapus
  18. Tukang parkirnya profesioanal banget
    biaya tukang kunci, sama juga di jakarta, berkisaran segitu juga
    kalau saya pulang kampung, juga sering titip kendaraan , lebih enak saja. Jaga-jaga jika baliknya sampai jakarta malam hari.Maklum, hape jarang bangat ada kuota internetnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas
      enak parkir di stasiun ada yang jagain motornya
      biaya tukang kunci kalau normal tidak dipanggil setau saya enggak sampai segitu

      Hapus
  19. banyak betul motor. kalau tak jumpa motor ni memang pening laa kat situ hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau lihat banyak motor pening juga kepala saya

      Hapus
  20. aku sering banget nginepin motor di stasiun, pastinya biar ga ribet kalau mau berangkat ataupun balik dari luar kota
    kadang ga enaknya kalau musim hujan, helm jadi basah, karena buru-buru juga jadi ga sempet ngebungkus helmnya
    tarif inap di stasiun kotaku sini alias Jember nggak terlalu mahal sebenernya, kalau ganti hari alias semalam biasanya 10ribu

    BalasHapus
    Balasan
    1. murah banget ya di jember parkir inapnya masih 10 ribu
      saya kalau helm sih di sangkutin di spion aja,
      motornya soalnya motor laki jadi enggak ada bagasi

      Hapus
  21. wah tarif inapnya agak mahal tapi worth it karena tempatnya terjaga dan pasti aman yaa

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.