20 October 2019

Apa Saja Syarat Pembuatan SKCK?

Bagi pencari kerja saat ini selain CV atau Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup) ada syarat lain yang harus di miliki, salah satunya adalah kartu kuning yang dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja daerah setempat dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Untuk yang kartu kuning saya dulu sudah pernah membuatnya waktu baru lulus, nah untuk yang SKCK ini harus diperbarui setiap 6 bulan sekali. Jadi otomatis SKCK saya juga sudah kadaluarsa, karena terakhir buat adalah tahun 2012, apalagi sekarang saya sudah pindah tempat tinggal. Kebetulan saya pindah di kota Gresik, sebuah kota yang terkena dengan pudaknya (sampai sekarang saya gak paham makanan ini,hehe). Karena ada sesuatu keperluan yang membutuhkan SKCK sayapun mengurus SKCK di Gresik. Berikut akan saya bagikan pengalaman saya membuat SKCK, pengalaman membuat SKCK ini akan saya buat seringkas - ringkasnya.

Hal pertama yang harus kita siapkan sebelum berangkat untuk ngurus SKCK adalah
1. KTP Asli dan fotokopi, saya kemarin nyiapin sekitar 10 buah fotokopian KTP. Oh iya jangan lupa siapin SIM yang aktif ya, karena pengalaman saya identitas selain KTP dibutuhkan waktu masuk ke Polres nya, soalnya nanti kita dapat name tag visitor dengan menukarkan dengan pengenal diri.
2. KK (Kartu Keluarga) asli dan fotokopi.
3. Akte Lahir / ijasah asli dan fotokopi.
4. Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang warna merah, berpakaian sopan, wajah tampak jelas, kalau berhijab wajib menampilkan wajah secara utuh.


Persyaratannya sih itu saja, tanpa surat keterangan dari RT ataupun RW. Harusnya sih sekarang sudah online, tapi berhubung kemarin saya masih bingung untuk yang pengajuan SKCK secara online akhirna sih saya memutuskan untuk manual saja. Kalau untuk warga Gresik seperti saya lokasi pengurusan SKCK adalah di Polres Gresik yang letaknya di dekat alun - alun Gresik atau titik lokasinya di https://goo.gl/maps/jWGCQcpDzXzLXwQE7. Lokasinya gampang untuk dijangkau karena dekat dengan alun - alun dan arahnya dekat dengan arah pelabuhan Gresik. Untuk jadwal pengurusan SKCK di Polres Gresik adalah Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00 - 14.30 dan di hari Sabtu mulai pukul 08.00 - 11.00. Untuk yang kerja mending mengurusnya di hari Sabtu, soalnya selain sepi. Kemarin saya juga mengurusnya di hari Sabtu, saya berangkat dari rumah jam 07.00 pagi dan baru sampai jam 08.00, jarak rumah sampai lokasi Polres memang lumayan jauh karena memang rumah saya ada di perbatasan dengan Surabaya Barat. Untung saya bawa motor untuk pergi ke Polres karena di Polres Gresik parkiran yang enak itu adalah parkiran motor, lokasinya tepat di depan Polres, dan gak ada yang jaga juga. Setelah memarkirkan motor, saya langsung laporan di pos pertama, disana ditanyain tujuan ke Polres ngapain dan menitipkan identitas untuk ditukarkan dengan tag visitor. Diarahin ke ruangan untuk ngurus SKCK, lokasi ruangannya ada di belakang. Kebetulan di ruangan cuman ada satu orang yang mengurus SKCK, alhamdulillah enggak pakai lama berarti. Hal pertama yang kita lakukan adalah mengisi form yang di sediakan, kebetulan saya foto cara mengisi formnya. Setelah mengisi form kita masukkan ke loket beserta pasfoto, setelah itu menunggu sebentar kita baru diarahkan perekaman sidik jari. Nah di sidik jari ini petugas yang jaga ibu - ibu, rada judes (entah judes apa teges ya) ngomongnya kenceng, haha. Berhubung saya orangnya agak lelet waktu perekaman sidik jari ini agak dramatis, tapi untung cepet jadinya enggak berlama - lama dengan ibu - ibu teges ini, hehe. Setelah itu nunggu bentar dan dipanggil untuk nerima SKCK nya dan membayar biaya Rp. 30.000,- prosesnya gak sampai setengah jam sih mengurus semua, paling sekitar 15 sampai 20 menit sudah kelar. Emang mantap dah pengurusan SKCK sekarang, oh iya sekarang untuk yang pengurusan SKCK secara online itu menurut saya masih gak efektif sih. Karena alurnya ampir sama dengan yang manual, cuman beda di pembayaran dan pengisian form aja.


Eh sekarang SKCK punya saya sudah kadaluarsa, soalnya jangka waktu nya cuman 6 bulan saja. So kalau melamar pekerjaan dan belom kerja mendingan diperbarui terus sebelum 6 bulan biar gak bermasalah di waktu nyari kerja. Semangat jobseeker, kita semua bersaudara,hehe!!

link source : https://polresgresik.id/index.php/layanan-publik/skck/

14 October 2019

Cara Menggemukan Badan Secara Tepat dan Sehat

Mempunyai tubuh ideal merupakan impian setiap orang. Dengan mempunyai tubuh yang ideal kita akan merasa lebih percaya diri. Apalagi kaum pria, rata - rata wanita lebihmenyukaipria yang memiliki badan atletis dan berotot karena hal itu akan terlihat keren. Nah bagi kamu yang memiliki badan kurus kebingungan bagaimana tips dan cara menggemukan badan dengan cepat yang sehat? Nah kamu jangan khawatir, berikut tips cara menggemukan badan yang cepat dan sehat. Yuk simak!

1. Minum susu
Selain menyehatkan tubuh, susu juga mampu membantu menggemukkan badan. Namun tidak semua jenis susu dapat menggemukan badan. Cara menggemukan badan dengan susu yaitu kamu harus mengkonsumsi susu full cream. Susu ini jauh lebih efektif untuk menggemukan badan daripada susu tinggi kalsium atau susu jenis lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, sebaiknya kamu minum dua kali sehari setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

2. Makan secara teratur
Makan secara teratur atau tidak ternyata juga dapat berpengaruh pada berat badan kamu loh terutama adalah sarapan di pagi hari. Tips menggemukan badan yang sehat adalah jangan pernah kamu melewatkan waktu sarapan di pagi hari. Selain itu sarapan pagi juga dapat memberi energi untuk beraktivitas. Makananan yang bernutrisi tinggi tentu saja akan membantu proses menggemukkan badan. Makan lima sampai enam kali dengan porsi yang kecil lebih baik dibandingkan makan tiga kali sehari dengan porsi besar. Hal ini disebabkan karena tubuh akan lebih mudah memproses asupan makanan kamu.

3. Jenis makanan
Cara menggemukan badan selanjutnya adalah pemilihan jenis makanan. Sebaiknya kamu jangan asal sembarang makan - makanan yang tidak memiliki nutrsi dan protein. Pilihlah jenis makanan yang sesuai dengan aktivitas kamu. Jika dalam kegiatan sehari - hari kamu banyak melakukan aktivitas, maka konsumsilah makanan yang banyak mengandung lemak atau karbohidrat. Misalnya seperti nasi, kentang, alpukat, dan roti. Jika kelebihan makanan, maka lemak dan karbohidrat akan di timbun sehingga akhirnya dapat menaikkan berat badan.

4. Istirahat
Tubuh memerlukan waktu istirahat minimal 8 jam. Oleh karena itu istirahat merupakan faktor penting untuk menggemukan berat badan kamu. Selain itu usahakan untuk tidur siang. Manfaat tidur siang yang cukup maka tubuh kamu akan menjadi sehat dan penyerapan makanan dapat berlangsung secara optimal. Jauhilah begadang karena begadang akan merusak metabolisme tubuh kamu.

5. Kurangi merokok
Jika kamu adalah merokok, maka sebaiknya kurangi kebiasaan merokok. Rokok merupakan zat kimia sangat berbahaya bagi tubuh. Selain membuat tubuh menjadi tidak sehat, rokok juga dapat menghambat kenaikkan berat badan sehingga Anda sulit gemuk. Apalagi rokok dapat menjadi pemicu penurunan nafsu makan. Jika demikian maka nutrisi dan kebutuhan gizi tentu saja akan menurun.

6. Olahraga
Dengan rajin berolah raga ternyata dapat membantu menaikkan berat badan dan cara menggemukan badan yang ampuh. Selain sebagai cara menggemukkan badan, olahraga yang teratur juga dapat menyehatkan badan kamu loh guys. Manfaat olah raga lainnya yaitu nafsu makan akan meningkat. Dengan demikian asupan nutrisi dan kalori dalam tubuh juga akan ikut meningkatjuga.

7. Periksa kesehatan
Jika kamu sebelumnya pernah gemuk dan sekarang kurus, sebaiknya kamu perlu mencoba cek kesehatan. Ada beberapa gangguan atau penyakit yang bisa menghalangi kamu menggendutkan badan. Jika Anda tidak mengalami gangguan kesehatan atau penyakit, maka cara menggemukkan badan di atas dapat membuat kamu untuk menggemukkan badan dengan cepat. Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter sebelum mengikuti proses cara menggemukan badan.

img source : https://beta.images.theglobeandmail.com/739/news/national/article37417447.ece/BINARY/w620/taubes-main2.jpg

12 October 2019

Serunya Berkunjung ke Singapura

Setelah memendam setahun penantian akhirnya di bulan Sptember kemarin kegiatan jalan – jalan sekantor saya terlaksana. Berbekal internet dan tabungan sedikit akhirnya saya berkesempatan ke luar negeri untuk ke dua kalinya. Tahun 2018 saya berkesempatan ke Malaysia dan untuk tahun 2019 ini bisa melipir ke sebelahnya yaitu Singapura. Apa sih yang berbeda dari Singapura dan Malaysia, berbekal internet dan smartphones saya berselancar untuk mengetahui perbedaan antara dua negara ini. Setidaknya ada pandangan bagaimana itu di Singapura, kalau di Malaysia kemarin itu memang hampir mirip sama Indonesia, dari segi Bahasa dan Suasananya menurut saya. Di Malaysia kemarin itu kita berbicara dengan bahasa Indonesia masih dapat dimengerti oleh sebagian besar penduduk Malaysia, jadi tidak terasa asing banget. Cuma memang mereka menimpalinya dengan bahasa Melayu yang mirip – mirip lah sama bahasa Indonesia. Di Malaysia kemarin itu untuk suasana kotanya bersih, pertama kali mendarat sih kirain ini masih di Indonesia tapi setelah turun pesawat baru berasa di Kuala Lumpurnya. Cuman bedanya g ada lumpurnya, meski namanya Kuala Lumpur,hehe becanda. Di Malaysia juga lumayan banyak kendaraan pribadi, baik itu motor, mobil dan truck, saya jelaskan begini karena ada hubungannya sama di Singapura. Dan yang paling istimewa adalah di Malaysia makanan yang dijual kebanyakan masih cocok lah di lidah kita orang Indonesia, soalnya kemaren waktu di Malaysia saya makan di salah satu Rumah Makan yang Indonesia Banget masakannya meski pegawai yang melayani emang bukan orang Indonesia, hehe.

Itu sebagian pengalaman saya sewaktu di Malaysia, nah bagaimana di Singapura, apakah sama dengan di Malaysia? Jawabannya adalah Beda Jauh, kenapa? Karena kan emang beda negara,hehe. Pertama adalah bahasa yang digunakan masyarakatnya mayoritas bahasa inggris, paling cuman 20% yang bisa berbahasa melayu. Yang kedua tata kota nya menurut saya modern, karena saya hampir gak melihat ada rumah pribadi di Singapura, adanya apartemen gitu.  Jadi kebanyakan gedungnya itu tinggi – tinggi, kan beda sama di Indonesia yang kebanyakan perumahannya dibandingkan apartemen, mungkin karena mahal pajak atau tanahnya paling ya. Dan yang bikin saya terheran – heran selain kotanya yang bersih banget, yaitu adalah di Jalan Raya dan Tol itu sepi alias jarang kendaraan yang lalu lalang baik itu mobil, motor ataupun truck, jadi selama perjalanan saya dari Bandara Changi ke hotel itu saya paling menemui kendaraan di jalanan itu g lebih dari 20 kendaraan, terus yang gak kalah mencengangkan lagi itu enggak kelihatan orang atau penduduk Singapura di jalan, maksud saya berasa gak ada orang aja gitu. Cuman ada bangunan – bangunan tapi gak ada orang yang istilahnya lagi jalan kek, lagi ngapain kek, bukan karena waktu itu siang hari ya,hehe.

Saya baru tau aja ternyata masyarakat disini g kelihatan di jalanan itu karena kebanyakan aktifitas mereka ada di bawah tanah, saya baru tau waktu ke Orchard, nah waktu saya iseng – iseng pengen tau MRT yang dibawah tanah nah itu adalah momen ketika saya tau kebanyakan masyarakat Singapur ada disini menggunakan MRT ini, soalnya super puadet dan kebanyakan orang – orangnya buru – buru jadi misal kita berhenti di pinggir jalan bisa – bisa kita kedorong karena saking banyaknya orang yang lalu lalang di bawah sini. Dan untuk makanan kalau di Singapura agak susah, bukan karena mahal ya? Tapi iya juga sih, hehe, tapi kalau mau makan nasi ataupun makanan yang halal kudu agak berjuang, saya sih waktu di Singapura langganan makan nasi goreng sebelah hotel karena yang punya orang Indonesia, terus waktu di daerah Masjid Sultan sih sempet makan di Rumah Makan Minang, entah namanya itu menjurus ke Minang Indonesia apa bukan cuman makan disana berasa makan di Rumah Makan Padang.
 



Yang sangat disayangkan adalah kemaren saya jalan – jalan ke Singapura itu tidak mengetahui adanya Traveloka Xperience? Kenapa saya bilang sangat disayangkan karena di Traveloka Xperience ini emang lagi banyak promosi, sayang banget dah kemaren tidak memaksimalkan kegiatan di Singapur dengan Traveloka Xperience banyak promony hehe. Kemaren saja kepengen masuk ke Universal Studio tidak jadi karena katanya mahal, apalagi pakai dollar, eh ternyata di Traveloka sudah disediakan vouchernya dan enggak semahal katanya. Begini nih nasibnya kalau enggak update, hehe. Ini banyak voucher yang di sediain Traveloka untuk berpetualang di Singapura dan juga banyak destinasi lain. Kalau kita cek di Traveloka Xperience terus pilih destinasinya Singapura ada banyak voucher yang ditawarkan mulai dari masuk ke Universal Studio, Gardens by the Bay, Singapore DUCKtours dan ada juga Kartu Sim 4G Singapura. Untuk pesennya juga gampang tinggal pilih tiket yang mau dibeli, tentukan tanggal, baca detail tiket, dan tinggal lanjutkan di menu pembayaran. Nanti setelah pembayaran kita baru mendapatkan tiket yang nanti digunakan sewaktu masuk ke wahana atau lokasi wisatanya.


Begini rasanya jadi pengen ke Singapura lagi tapi dengan berbekal voucher - voucher di Traveloka #Xperienceseru nih.

9 October 2019

Pengalaman Nyobain Tap Water di Singapura

Gambar diatas mungkin gak pernah dilihat kalau kita di Indonesia, yup saya foto gambar atau penanda ini di salah satu sudut Bandara Changi Singapura. Hehe kebetulan kemarin pada pertengahan September dapat kesempatan untuk berkunjung 2 hari 1 malam di negara tetangga. Untuk cerita detail pengalamannya masih di susun, yang sekarang saya ceritakan cuman secuit pengalaman tentang "Tap Water". Semacam wastafel cuman khusus buat minum secara langsung, dulu waktu di ITS saya pernah lihat ada semacam Tap Water juga cuman gak berani nyoba karena saya cuman lewat saja. Gak ikut kuliah disana soalnya, cuman numpang beli makan di warung di sebelah Kampus ITS, haha.

Awalnya sebelum nyobain Tap Water saya sempat searching tentang gimana sih kalau minum air putih di Singapura, soalnya bos saya cerita kalau di Singapura itu bakal puasa minum karena harga air putih botol lumayan mahal. Karena budget juga gak berlebihan makanya saya coba searching ternyata masalah minum air putih bisa diatasi dengan Tap Water yang gratis. Di sarankan sama Traveler yang pernah ke Singapura itu untuk bawa Tumblr alias botol minuman dari Indonesia biar bisa diisi di Tap Water yang ada di beberapa tempat umum. Memang enggak di semua titik tersedia sih, kalau kemaren pengalaman saya itu di Bandara Changi tersedia, sama di Botanic Garden. Kemaren di bandara Changi dan Botanic Garden sih Tap Waternya sama - sama berjejer gitu. Oh ya juga tersedia di Masjid Sultan, nah kalau di Masjid Sultan Tap Waternya tersedia yang air dingin, jadi lumayan lah dapat air dingin gratisan. Kalau di bandingkan di Indonesia sih gak boleh lah ya, soalnya di Singapur airnya sudah ada sertfikat kelayakannya, kalau di Indonesia kan masih kudu dimasak dulu kalau enggak sakit perut. 

Kalau ingin membeli air kemasan di Singapur kan terkenal mahal, tapi ya enggak mahal - mahal amat, kemarin dapat harga air botolan kecil itu $ 1,2 dan botol 1,5 liternya itu $ 2,5, kalau di kurs kan di rupiah sih mahal tapi kalau di bandingkan dengan harga minuma kalengan yang rata - rata $ 3 sih mending beli air putih yang $ 2,5 dapetnya 1,5 liter. Berbahagialah yang tinggal di Indonesia, minum air putih masih terjangkau, dan kalau kepepet juga bisa ngerebus air buat diminum. Semoga besok - besok bisa jalan - jalan ke Singapur lagi, amin.

Masker Berbahan Alami Yang Ampuh Mengatasi Jerawat

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kehadiran jerawat di kulit wajah dapat membuat risih bagi para penderitanya. Ya, terang saja demikian, sebab kehadiran jerawat tersebut akan merusak penampilan sehingga menjadi tidak sedap dipandang. Ada beragam faktor yang menjadi penyebab dari timbulnya jerawat pada wajah. Berbicara soal cara menghilangkan jerawat, pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa masker berbahan alami yang wajib kamu coba :

1. Masker Buah Pepaya
Masker alami pertama yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat, yakni berbahan buah pepaya. Ya, menurut para pakar kecantikkan kulit, kandungan vitamin C dan nutrisi pada buah pepaya ini sangat bagus untuk kulit. Selain dapat mengatasi jerawat, masker buah pepaya ini dapat mengangkat sel kulit mati, melembapkan kulit, hingga mencerahkan kulit lho. Lantas, bagaimana cara membuat maskernya? Siapkan beberapa potongan buah pepaya, kupas kulit dan bijinya, kemudian tumbuk hingga halus. Jika sudah demikian, silahkan oleskan kesuluruh area wajahmu, diamkan selama kurang lebih 15 menitan, lalu bilas lagi dengan air hangat sampai bersih. Nah, agar hasilnya lebih sempurna, gunakan masker buah pepaya ini setiap malam sebelum tidur, atau minimalnya 3 kali dalam seminggu.

2. Masker Lidah Buaya
Pada umumnya, aloe vera alias lidah buaya ini sering digunakan untuk memelihara kesehatan rambut dan kulit kepala. Namun tahukah kamu? ternyata tanaman lidah buaya juga sudah terbukti efektif untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel lho. Mengenai cara membuat maskernya, siapkan 1 batang tanaman lidah buaya, kupas kulitnya, lalu tumbuk dagingnya yang berupa gel sampai hancur. Oleskan gel lidah buaya tersebut tepat ke jerawatmu, diamkan sampai mengering, dan setelah itu bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih. 

3. Masker Buah Pisang & Yogurt
Baik buah pisang maupun yogurt, kedua bahan ini memang sama-sama memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan berperan sebagai antioksidan. Nah, antioksidan tersebutlah yang bertugas untuk menumpas jerawatnya. Kita langsung saja ke cara membuat dan cara menggunakan maskernya. Siapkan 1 buah pisang, kupas kulitnya, lumatkan sampai halus, lalu sisihkan kedalam wadah. Campurkan dengan 1 cup yogurt tawar, aduk-aduk, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 15 – 25 menit, lalu bilas kembali wajahmu dengan air hangat sampai bersih. 

4. Masker Buah Alpukat & Minyak Zaitun
Masker alami berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah jerawat, yakni dengan menggunakan buah alpukat & minyak zaitun. Berdasarkan dari hasil penelitian, buah alpukat dan minyak zaitun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit seperti mengatasi jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengikis noda hitam, melembapkan kulit, mencerahkan kulit, hingga dapat meremajakan kulit. Mengenai cara membuat maskernya, siapkan 1 buah alpukat, buang bijinya, keruk daging buahnya dan lumatkan sampai lembut. Setelah itu tambahkan dengan minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan, lalu aduk-aduk agar tercampur rata. Oleskan maskernya ke area wajah secara merata sambil ditekan-tekan perlahan, diamkan selama 25 menit, lalu bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih. 

Nah, itulah beberapa jenis masker alami yang sudah terbukti ampuh dalam mengatasi masalah jerawat. Dengan menggunakan masker alami tersebut, tentu saja kamu tidak perlu membeli lotion anti jerawat yang harganya mahal. Bahkan, masker alami ini aman digunakan untuk semua jenis kulit lho.

image source : https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/ub0VdCW0Qj-4kBdR-yqTi_36YcE=/1280x720/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/1337206/original/097011400_1473062204-Ilustrasi-Jerawat-Pada-Wajah-iStockphoto-8.jpg