17 Agustus 2010

Pentingkah Mematikan Lampu di Malam Hari Sewaktu Tidur?


Sempat terpikir tentang satu hal simple yaitu tentang mematikan lampu di malam hari sewaktu akan tidur. Saya iseng - iseng mencoba mencari apakah ada pengaruh dari kegiatan yang dilakukan beberapa orang ini (saya tidak bisa bilang semua karena ada beberapa orang yang masih belum tau tentang khasiat di balik mematikan lampu ini). Setelah saya mencoba mencari tau, ternyata ada beberapa tulisan yang dapat menjawab tentang pertanyaan saya ini, yaitu Pentingkah Mematikan Lampu di Malam Hari Sewaktu Tidur? Ternyata kegiatan yang saya rasa pertama tidak penting ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, mau tau kenapa?
Begini, di dalam tubuh kita terdapat suatu hormon yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam memerangi berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Nah hormon melantonin ini dibentuk dari sintesis dan sekresi (nah kalo lebih jelasnya tentang apakah istilah ini, mari kita tanyakan anak biologi,hehe) dari kelenjar pineal. Dan kelenjar ini dapat berfungsi untuk membentuk hormon melantonin di waktu malam di saat tidak ada cahaya di sekitarnya. Kurang lebih begini (maaf kalo salah ini menurut tulisan yang saya baca), semakin malam akan semakin gelap (pastinya) dan otomatis tubuh kita akan merasa lelah dan ngantuk. Nah rasa lelah dan ngantuk ini berasal dari kelenjar pineal yang semakin banyak memproduksi hormon melantonin. Fungsi dari rasa kantuk dan lelah hormon ini adalah untuk mengistirahatkan tubuh kita yang telah di forsir dari pagi sampai malam sesuai aktifitas kita (jelasnya kayak badan itu harus istirahat biar gak cepet rusaklah). Nah hormon inilah yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita secara optimal karena di saat tidur tubuh kita akan rileks (jelasnya kayak gitu dah kalo badan kita gak dibuat istirahat, kan gak mungkin bisa menambah kekebalan tubuh kita karena tidak ada istirahat juga ni badan, badan kan juga bagian penting dari kita,hehe).

Seorang Biolog yaitu Joan Roberts berhasil melakukan percobaan kepada hewan, yaitu ketika hewan diberi cahaya buatan pada malam hari maka hormon melantoninnya menurun dan sistem kekebalan tubuhnya itu juga melemah. Nah dari sini Joan Roberts yakin bahwa cahaya sekecil akan mengganggu produktifitas dari hormon melantonin ini, misalnya kalo dalam kehidupan sehari - hari ini kita tidur, bener semuanya gelap tapi tvnya lupa dimatiin, ini juga sangat berpengaruh loh ternyata (kayaknya curhatan ini,hehe). Percaya gak? Lok gak percaya ya dalam beberapa hadis juga di anjurkan untuk mematikan semua penerangan saat tidur, dan anjuran ini juga merupakan anjuran Nabi Muhammad S.A.W sekitar 1400 tahun yang lalu.
Berikut adalah beberapa hadits yang mengemukakan tentang anjuran mematikan penerangan ini,

Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah bersabda: "Janganlah kalian meningalkan api yang menyala ketika kalian tidur"( HR. Bukhari 6293) .

Dari Jabir Bin Abdullah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian. (HR. Bukhari 6296 dan Muslim 2012)

Imam Al-Qurthubi berkata: "Berdasarkan hadits ini apabila seseorang tidur sendirian sedangkan api masih menyala di dalam rumahnya hendaklah ia mematikan terlebih dahulu sebelum tidur, demikian pula apabila di dalam rumah terdapat beberapa orang hendaklah orang yang terakhir yang melakukannya, maka barang siapa yang meremehkan hal ini sungguh dia telah menyelisihi sunnah!". (Fathul Bari 11/103).

Jadi baru beberapa tahun ini dunia kedokteran itu membuktikan tentang anjuran Nabi Muhammad S.A.W ini benar - benar berpengaruh. Tapi yang menjadi masalahnya saat ini adalah untuk melakukan kegiatan ini, karena, jujur ya, kalo tidur gelap - gelap itu menakutkan (kata sebagian orang, termasuk....) tapi ada juga yang beranggapan sebelum mengetahui tentang hal ini kalau tidur dalam keadaan gelap itu membuat nyenyak tidurnya. Itulah sekarang yang menjadi masalah, apalagi di Indonesia ini bermacam - macam cerita hantu dan banyak juga acara hantu yang mempengaruhi masyarakatnya, ya gak semua si tapi kan juga banyak yang takut begitu. Takut kalo lampu dimatikan itu ntar keliatan pocong, kuntilanak dan teman - temannya. Tapi ya hendaknya kita lebih bijak menghadapi ini, meski kalo dasarnya takutan, tapi hendaknya kita harus membiasakanlah, toh juga ini terbukti benar dan merupakan anjuran Nabi Muhammad S.A.W ya hendaklah kita membiasakan gitu kalo kemaren - kemaren kita menghidupkan lampu. Eh juga perlu diketahui ya, lupa ini, males kalo mau q taro di alinea atas, misalnya kita tidur ya terus lampu nyalanya terang, ntar bangunnnya tuh pasti capek dan pegel2, kalo kataku ya, ini tuh karena bener si tubuh kita dan mata kita tertidur (terpejam) tapi otak kita merespon cahaya terang dalam kamar kita, jadinya gak istirahat dah, nampaknya si kurang lebihnya begitu, moga bermanfaat. Best Regards...

Sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150178856665570&comments
http://blog.beswandjarum.com/asmirimajuwita/2010/03/24/tidur-sehat/

Gambar : http://www.google.com

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

87 Responses to "Pentingkah Mematikan Lampu di Malam Hari Sewaktu Tidur?"

  1. wah,masukan yang bagus...!
    waduh,padahal kalo gelap aku gak bisa tidur loh...!
    he he..

    BalasHapus
  2. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Yang pasti mmeatikan lampu pas saat mau tidur menghemat energi dan ramah lingkungan

    BalasHapus
  3. ternyata dianjurin sama rasulullah ya. subhanallah. :)

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus seperti biasa
    ditambah hadis sekarang. hoho :)

    BalasHapus
  5. @combrok
    aku juga harus membiasakan diri
    haha

    @alamendah
    tdl jadinya gak masalah ya mas

    @ayodaftar
    hehe
    sip dah

    @chusnul
    iya..

    @raie
    heheh
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  6. waduh ... saya kalo tidur lampunya nyala tuh gan

    BalasHapus
  7. Saya takutnya terjadi hal2 yang di inginkan....

    BalasHapus
  8. yapz ini pernah saya dengar dalam kultum di mesjid beberapa waktu lalu dan kalo ga salah dari sisi medisnya juga banyak manfaat bagi tubuh jika kita mematikan lampu saat tidur

    BalasHapus
  9. untung aku kalo tidur selalu mematikan lampu

    BalasHapus
  10. waduh ... biasanya kalo tidur saya nggak pernah matiin lampu tuh ... uhuhu

    BalasHapus
  11. Wah aku juga kalau bobo2 gak bisa kalau lampunya nyala, wuih, judul postingnya perlu di edit kayaknya hehe
    Edit Photo di Ponsel java, Ganti atau Buang background (Latar belakang)

    BalasHapus
  12. Wah, Anas termasuk orang yang gak bisa tidur jika keadaannya gak gelap.. mungkin udah bawaan dari kecil ya..

    BalasHapus
  13. hehe sip. Klo saya mo tidur psti lampu mati. kl gk mati .. bakal gk bisa tidur dah :d

    BalasHapus
  14. saya selalu mematikan lampu, membantu mengistirahatkan mata dari cahaya. tapi baru tau klo ternyata ada hadisnya

    BalasHapus
  15. Hehe.. sayamalah sejak kecil sampe sekarang tak bisa tidur kalau lampu gak dimatikan sob.. hehe

    BalasHapus
  16. Rasulullah bilang gitu?
    wah, pikirannya jauh banget sampe mikirkin kekebalan tubuh. hemat listrik juga dihitung ya?

    BalasHapus
  17. wah mingu lalu keboo uda denger info tu.. makasi ya

    BalasHapus
  18. kalo saya mah udah terbiasa matiin lampu pas tidur

    tapi kalo lagi males dan pewe kadang lampunya juga lupa dimatiin
    hehe

    BalasHapus
  19. kami tim manajemen emosi mengajak secara langsung untuk melawan penyalahgunaan seo...ayo jemput ajakan ini !!! untuk menambah pahala dibulan ramadhan dan menyebarkan kebaikan di dunia maya....

    ayo sebarkan kebaikan dari sekarang......semangat

    BalasHapus
  20. Ternyata memang penting matiin lampu pas mau tidur
    thanks infonya

    BalasHapus
  21. walah.. adda hadistnya . ok deh.. akan saya terapkan . trims mas..
    sangad bermanfaad . :)

    BalasHapus
  22. wah tips nya bermanfaat sekali trmksh sob

    BalasHapus
  23. aq tidur lampu kl g tak matikan g bisa tidur sob

    BalasHapus
  24. Klau saya dimatikan, klau tidak, ga bisa tidur.. Gelap2 enak, ada sesuatuyg ajaib di gelap, ^^

    BalasHapus
  25. Disamping untuk kesehatan tubuh, seperti uraian diatas, memadamkan lampu juga sangat penting untuk menghemat energi listrik.
    SALAM Kenal,dalam kunjungan perdana ini. :)

    BalasHapus
  26. faktor hemat, n menghidari konslt,,,,,

    bs jadi alsn,,
    mksh y dh mmpir k blog umy
    maaf baru bs bw an skrg,,

    BalasHapus
  27. hmm ternyata ada pengaruhnya buat kesehatan, selain untuk menghemat energi. terus kira² bagaimana dengan orang² yang terkadang malah tidak bisa tidur dalam kegelapan?
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  28. jujur aj kalo saya tidur pake lampu malah ga merem2 ni mata, gelap aj kadang ga merem2....... hha... :D
    ternyata gini ya gan, baru tau, tekhnik hemat listrik juga kan kalo matiin lampu pas tepar.... :))
    salam kenal gan.... mari kita follow2an blog gan.... :D

    BalasHapus
  29. aku sih mau gelap atau pun terang, alhamdulillah tetap bisa tidur pulas. Tetapi memang kalo gelap, bisa lebih cepat tidur..he..he...dasar orang suka tidur ya begini..dimana-mana dalam kondisi apapun selalu bisa tidur....alhamdulillah

    BalasHapus
  30. bos ikutan PTC ini yukk!!! masih baru (agustus 2010 baru keluar) dan fresh....

    http://www.click4rp.com/register.php?ref=freemoney

    BalasHapus
  31. Saya juga terbiasa tidur gelap... kalo ada lampu malah gak bisa tidur.. hehehe

    BalasHapus
  32. wah,,,kalo aku emang terbiasa lampu dimatiin kalo tidur...
    rasanya jadi enak tidurnya...hehehehe

    BalasHapus
  33. salam sahabat<
    wah kayak tips yang lebih menerapkan kehematan xixix siip Rezky..oh iya dah saya follow thanxs ya..links menyusul

    BalasHapus
  34. banyak nyamuk kalau lampu mati hehehe...tq infona :)

    BalasHapus
  35. Oh..jd mematikan lampu itu sangat baik ya..

    BalasHapus
  36. Waduh aku sebaliknya Sob.. klo tidur ya lampu nyala haha... udah kebiasaan sih Sob.. soalnya mataku gak biasa klo dari gelap tiba2 ke terang jadi mending nyalain deh biar ga kaget pas bangun hhe.....

    BalasHapus
  37. sip setuju dengan artikel diatas, sudah saya lakukan sejak kecil nih mas :D

    BalasHapus
  38. Hmm...haditsnya sering baca, tetapi analisa dari segi medis, baru tau ini. Duuhh g' up date banget diriku ya. ha ha ha..!
    Thanks for sharing.

    BTW, link-mu sdh terpasang d blogger sahabat-ku dengan nama rezKY pRAtama

    Salam Blogger

    BalasHapus
  39. untung klo lagi tidur selalu matiin lampu.. eh tapi komputer lupa di matiin :D heheh

    BalasHapus
  40. Wah..kalo saya mah dari dulu tidurnya emang matiin lampu.
    Gak bisa tidur kalo lampunya dinyalain, silau... :D

    BalasHapus
  41. dulu say selalu meatikan lampu jika ingin tidur...tetapi setelah memiliki anak bayi... saya tak prnh mematikannya lagi,krna anak yg masih kecil takut akan kegelapan....

    tp thanks untuk infonya,, mungkin stlah agak besaran dikit saya akan mencoba mematikan lampu lg...

    BalasHapus
  42. Waduh.., gw paling ga bisa tidur kalo lampu mati...
    Kepala pening, nafas kayak sesak gitu (kaya terkekang :D). Gimana ini..????

    BalasHapus
  43. memang lebih baik matikan lampu saat tidur.. selain hemat listrik, tidur pun jadi nyaman

    BalasHapus
  44. Kalau saya emang erbiasa tidur dengan lampu mati...lebih adem gitu...nice posting.

    BalasHapus
  45. kalau ga dimatiin malah ga bisa tidur :-)

    BalasHapus
  46. Untungnya sejak kecil aku terbiasa tidur di kamar yang gelap. Shasa pun sudah terbiasa tidur di kamar yang gelap (meskipun tidur sendiri).

    BalasHapus
  47. Thanks banget utk infonya yg bermanfaat...
    Oya ditunggu partisipasinya dalam gerakan SEO Positif dg keyword SMP... utk menyehatkan internet kita dari hal2 yang berbau negatif.

    BalasHapus
  48. secara penghematan energi memang perLu diLakukan, adapaun mengenai pengaruhnya terhadap kesehatan ataupun persepsi Lainnya saya baru tau nih so. trima yah atas sharenya.

    BalasHapus
  49. Gak usah dimatikan aja kawand

    BalasHapus
  50. ternyata di anjurin iia..?!?! makasii kang sharenya... jd tau nii saiian nya :(

    BalasHapus
  51. aku malam gak bisa tidur kalo gelap

    BalasHapus
  52. wah...jadi pengen mati'in lampu kamar nih...hehehe

    BalasHapus
  53. Saya malah nggak bisa tidur nyenyak kalo pake lampu.. bisa gelap-gelapan sih.. lebih sehat!. *pengalaman dan opini pribadi*

    BalasHapus
  54. petani jabon mampir nich,,
    salam..........

    BalasHapus
  55. Sip, sudah jadi kebiasaan saya kalau tidur lampu mati, ternyata berkhasiat juga! Trims artikelnya!

    BalasHapus
  56. kalau aku mending dimatikan aja lampunya biar hemat....

    BalasHapus
  57. Kalau saya malahan gak bisa tidur kalo lampunya dimatiin. solusinya pake lampu yang hemat energi.

    BalasHapus
  58. hormon melantonin? blum pernah diajarin tuh. tapi memang kalau hormon itu akan terus bekerja.

    mematikan lampu saat mau tidur ternyata sunah rasul ya

    BalasHapus
  59. penting gak penting bagiku penting banget

    BalasHapus
  60. kalo aku sih lebih sjuka tidur dg lampu dimatikan. jadi gak silau

    BalasHapus
  61. aku coba deh, meski rada ngeri, hehe
    tidur sendiri soalnya n kamarku kan luas..:(

    BalasHapus
  62. penting, soalnya saat tidur mata juga perlu istirahat. dengan adanya cahaya saat kita tidur mata justru tidak bisa istrahat dengan maksimal.

    ayo dong menabung biar bisa beli baju di online store gw, hehehehee

    BalasHapus
  63. Memang selalu ada manfaat dibalik anjuran maupun perintah Rasulullah shallallaahu 'alaihi wassallam.
    Dan memang lebih enak tidur dengan mematikan lampu.

    BalasHapus
  64. WADUH SOB, tp aku paling takut sob kalo musti gelap2n... justru mlh gak bs tidur loh... mgkin perlu penyesuaian kali y, biar bs tidur dlm gelap...

    mksh infonya, bermanfaat skali

    BalasHapus
  65. Oh begitu ya....

    saia malah g bs tidur kalo lampu mati.
    dan satu yg saya tahu manfaa mati lampu dari bapak saia, agar tagihan listrik gak mahal. hehehhee....

    BalasHapus
  66. Betul, selain baik untuk hormon dan otak, baik juga buat kantong karena hemat listrik.
    Salam :)

    BalasHapus
  67. bener jg nih, aku jg klo ga dimatiin lampu, ato komputer, jd susah tidurnya.... hmmm hebat jg tuh ilmuwan bs jelasin sampe segitunya, tp kadang tergantung kebiasaan jg ya

    BalasHapus
  68. matikan lampu
    hemat listrik
    jangan mubazir
    jangan boros
    ingat pesan Rasulullah SAW

    BalasHapus
  69. aku gx suka matiin lampu kalau mau tidur sob.. serasa gx enak gitu mungkin kebiasaan kali yah..

    BalasHapus
  70. malam ini kelihatannya gak bakal saya matiin gan, soalnya saya lagi lembur :D

    BalasHapus
  71. penting banget tuh,,matiin lampu malem2,, apalgi pda saat kita tidur,,, buat ap ngidupin lampu toh kita aj gak sadar akan kehadiran cahaya tsb,,, hehehe... salam kanal ya sobat ^^

    BalasHapus
  72. lampu masih mati nih...he...he

    BalasHapus
  73. Kalau menurut saya penting. Kalau ngga tidurnya silau. Hehe...

    BalasHapus
  74. haiii, maaf baru sempet blogwalking.. (udah lama gak nyentuh lptop -__-")
    link-mu udah aku pasang tuuuuh, pasang link-ku juga yaaaa :D

    BalasHapus
  75. emang ptg coy...utk regulasi hormon :D

    BalasHapus
  76. mampir lagi kang menjelang saur :)
    pa kabar nii??!?!

    BalasHapus
  77. klo lampunya nyala malah gak bisa tidur om...

    BalasHapus
  78. Itu mungkin kebiasaan setiap orang yang berbeda-beda ya. Yang jelas dengan mematikan lampu berarti kita menghemat energi dan menyelamatkan bumi. Itu teorinya :)

    BalasHapus
  79. iya setuju, tidur jadi lebih berkualitas

    BalasHapus
  80. Iya, hal ini pernah saya tulis di blog saya juga, bahwa tidur di kegelapan merangsang hormon melatonin. Saya suka kegelapan! :evil:
    Rasanya kalo gak gelap gak bisa tidur. :D

    BalasHapus
  81. terima kasih ..

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.