Selasa, Januari 24, 2023

Pengalaman Pakai Jaringan 5G


Meski dari tahun 2021 kemaren sudah launching jaringan 5G di Indonesia, tapi saya baru mencoba jaringan ini kemaren sore waktu kebetulan lagi di daerah G-Walk Surabaya Barat. Itu kebetulan lagi kepengen beli minuman di sana, lah kok liat hp jaringannya 5G. Maklum saya tinggalnya di Gresik yang akses terbaiknya jaringan di 4G, itupun kalau keliling ke desa - desa itu terbatas akses dari Edge sampai 3G. Bisa dibilang masih belum merata dan stabil sih jaringan 4G ini, tapi saya pakai dari kartu prabayar yang warna merah itu. Yang jaringannya sampek ke pelosok - pelosok, dulu waktu kerja di Surabaya saya pakai kartu dari yang biru kuning, cuman saya beralih ke merah karena saya kerja di lapangan jadi butuh akses telpon dan internet yang lebih baik. Soalnya banyak rekan kerja dan kerjaan saya pada pakai provider merah ini, jadi yaudah yang kuning biru bakal di pensiunin dulu. 

Saya bukan tipe orang yang ngelihatin hp dan ngeliatin status sinyal jaringan di hp sih, kemaren itu karenan nganggur nunggu minuman jadi saya iseng - iseng maen hp dan ngeliat, kok tumben ini tulisannya 5G. Hal pertama yang saya ingin lakukan dengan jaringan 5G ini adalah gimana sih kecepatannya? Kan katanya download dan uploadnya tinggi banget, langsung saya buka aplikasi Speedtest by Ookla dan langsung saya uji coba, ternyata Downloadnya itu 24,1 Mbps dan Uploadnya 16,6 Mbps. Kok cuma segitu ya, saya pikir bisa dapat sekitar 100Mbps an, apa mungkin saya di tempat yang lagi rame trafiknya ya?


Ehm saya yang setiap hari pakai Indihome untuk downloadnya sih biasa lah ya, cuman kalau untuk uploadnya sih mantap karena kalau indihome di tempat saya itu maksimal 10Mbps an, itupun kalau upload video rada lemot sih.

Cuman internet cepet untuk apa sih? Ya untuk berbagi file atau akses video dengan kualitas tinggi lah. Resikonya adalah kuotanya bakal cepet abis, bagi saya yang tiap bulan kuota di hp itu 10 Gb, alangkah lebih baiknya kalau liat film atau youtube itu lewat wifi aja biar hemat kuota. 

Ke depannya semoga saja sih jaringan 5G mulai masuk gresik dan jaringan 4G sudah mencover semua wilayah di Gresik sampai ke pelosok - pelosoknya, karena bisa mati gaya waktu ada lagi di desa yang jaringannya lemot itu kita hanya bisa maenan unlock lock hp doang tanpa bisa akses internet untuk komunikasi. Begitu sih pengalaman saya memakai jaringan 5G dari provider merah ini, semoga aja lebih merata, di Surabaya juga belum sampai merata kok, kayaknya cuman beberapa di tempat yang ramai saja yang ada jaringan 5G ini.

28 komentar:

  1. Ya gitu itu kalo ud 5G,jadi lebih cepet katanya..tapi jadi boros...,kayaknya cuma di kota"besar aja yg udh 5 G, wong di tempat saya Lampung kyknya blom.. kalo ke arah kampung yg rada plosok kadang sinyale ilang ra genah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, disini aja surabaya doang di beberapa titik, selebihnya masih 4 g kalau lagi bagus

      Hapus
  2. Di daerah Kerinci belum ada jaringan 5G. Udah 4G aja sangat bersyukur. Terima kasih telah berbagi, Mas Rezky

    BalasHapus
  3. kebanyakan di kota-kota besar di sana sudah menerima 5G?

    tempat saya okay sahaja. 4G or 5G...yang penting bila tonton Youtube, no loading anymore hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu, 4g lumayan untuk nonton youtube tanpa buffering, 5g harusnya si lancar jaya

      Hapus
  4. Mantap bang, aku di desa jadinya belum terjamah 5g, 4g aja kadang ilang klo hujan atau mati listrik, hehe

    BalasHapus
  5. di daerahku 5G kayaknya belum ada. Kalo 4G ada bbrp titik yg suka ilang, di kampung-kampung 4G masih agak lambat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masih belum merata emang ini 4 g, masih banyak blank spotnya

      Hapus
  6. Kayaknya makin lama si provider merah ini sinyalnya makin jelek deh, apa di tempatku aja ya yang kayak gitu? Indih*me pun begitu, apalagi kalo abis hujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ditempat saya yang merah emang gitu, cuman masih bersyukur ada indigo ini, lancar bingit

      Hapus
  7. Gimana yaa... wkwk 🤣 aku tuh sama provider Indonesia agak gimana gtu. Maksudnya knapa soh nggk fokus satu dlu. Dibagusin. Ntar kalau udah bagus baru upgrade.. di rumah saya mau plat merah, kuning, biru tulisannya doang yg 4g. Tapi kecepatannya 2mbps aja kaya yg udah bersyukur banget.. 🥲 si biru lebih mending sih, tapi kalau udah magrib dan malam minggu yakin kecepatannya drop ke 500kbps mas 😭😭 2023 gitu.. 😆 jadi aku internetan kalau mau cepet tengah malam atau nggk pagi hari smpe jam 10.. itu kecepatan bisa smpe 30an mbps.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah2, ini,harusnya ya dibenahi dulu kestabilannya ya,

      Hapus
  8. aku belum pernah aktifkan yang 5 G mas...baru 4 G aja itu pun signyal ndut ndutan hahahahah...aku juga sama kalau yang koneksi cepat bisa buat upload foto buat keperluan ngeblog atau nonton acara favorit di youtube dengan resolusi jernih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya koneksi kenceng buat nonton atau upload file itu enak

      Hapus
  9. Untuk provider merah yang katanya jaringannya sampai ke pelosok itu (meski di daerah saya masih hilang-timbul) saya paham itu provider apa. Hehehe
    Tapi yang kuning biru saya kurang ngerti. Haha
    Ah, jadi penasaran dg jaringan 5G nya. 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kudu ke kota besar dan itupun di beberapa titik saja

      Hapus
  10. Pernah sekali dpt, pas lagi main ke Sudirman apa Yaa. Tapi jujur, ga tau bedanya apaan mas 🤣. Sama aja kayak sedang pake 4G. Ga ada something yang bikin aku terkesima hahahahah. Lagian setuju Ama Bayu. 4G aja masih lelet, udh mau 5G 😄.

    Aku jrg sih pake provider , cuma kalo sdg di luar. Kalo di rumah ya WiFi indihome. Nonton dan segalanya udh memuaskan dari segi speed. Jadi ga terlalu ngandelin provider 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya speednya stabil diatas 100mbps mbak, harusnya itu, ternyata isinya sama kayak 4g

      Hapus
  11. Disini di Blitar belum ada jaringan 3G dan 5G adanya 4G tapi saya sudah alhamdullilah. Tapi kalau untuk nonton YouTube, ngeblog, dll lebih hemat WiFi

    BalasHapus
  12. aku sendiri belum merasakan tuh, di pamekasan madura belum masuk 5G nya. tapi alhamdulillah sudah pake wifi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rata2 sekarang 4g ya, di madura juga saya rasa 4g, kalau di sby baru kerasa itu 5g

      Hapus
  13. Saya belum, pernah cuba lagi 5G mas, best kan laju banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, cepat sekali, tapi kuota harus siap karena pasti cepat habis

      Hapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.