Rabu, November 08, 2023

Pengalaman Bayar Railfood dengan Linkaja

bayar railfood dengan linkaja

Dulu saya pernah beli makanan di kereta api atau yang biasa disebut railfood dengan QRIS, nah kali kedua ini saya berkesempatan nyobain lagi beli railfood dengan metode pembayaran yang berbeda yaitu dengan Linkaja. Kebetulan perjalanan kemaren ada sisa saldo di Linkaja yang sayang juga enggak kepakek. Dan apalagi kemaren ada drama yaitu hampir terlambat sampai di stasiun Bekasi, jadi otomatis enggak bawa cemilan dan makanan selama perjalanan dari Bekasi ke Surabaya.

Sebenarnya metode pembayaran railfood di Kai Access ada 3, yang pertama itu OVO, yang kedua Linkaja, dan QRIS. Untuk yang QRIS bisa cek di artikel saya yang sebelumnya, untuk yang OVO berhubung saldo masih kosong jadi saya belum pernah nyoba. Untuk yang Linkaja ini gampang, yang penting Linkaja kita sudah full service jadi tidak ada limit untuk transaksi.


Yang pertama dipastikan kita punya tiket perjalanan dengan kereta api, mengapa? Karena kalau mau pesen railfood harus ada tiketnya dulu, karena railfood adalah fitur yang disediakan untuk memudahkan pelanggan kereta api memesan makanan tanpa harus menunggu pramugara atau pramugari kereta yang akan keliling selama perjalanan kereta api.


Hal - hal yang dilakukan adalah :

railfood linkaja


1. Buka aplikasi KAI Access, ohya pastikan kereta sudah berjalan atau waktu perjalanan sudah dimulai. Karena kalau belum mulai perjalanan menunya yang tersedia tidak muncul.


2. Pilih menu Railfood di Layanan Tambahan Untuk Perjalanan Kamu.


railfood linkaja


nasi goreng bakso


3. Pilih makanan atau minuman yang disediakan pada menu Railfood, untuk makanan beraneka ragam, dengan minuman seperti teh anget, kopi atau teh botol ada. Kali ini saya mencoba pesen nasi goreng bakso dengan fruit tea dengan nominal total Rp. 45.000.


railfood linkaja

railfood linkaja

4. Seteleh memilih menu kita tinggal pilih Pesan, den memilih metode pembayaran. Kali ini saya pilih Bayar dengan E-Wallet yaitu Linkaja.


railfood linkaja


5. Setelah itu kita akan diminta untuk membuka aplikasi Linkaja, dan tinggal melakukan pembayaran.


railfood linkaja


6. Setelah pembayaran berhasil kita akan menerima email dari KAI yang menyatakan pembelian railfood berhasil, dan kita tinggal tunggu makanan kita diantarkan tepat di nomor kursi kita. Dipastikan tidak berpindah kursi karena yang terbaca di sistem adalah nomor kursi kita.


railfood linkaja


Selang 20 menit makanan saya diantarkan, ohya batas waktu pembelian makanan di railfood adalah maksimal sejam sebelum kedatangan kita di stasiun tujuan. Tapi sih alangkah lebih baik pesennya enggak mepet - mepet, karena ngeri aja kalau kemepetan entar enggak keanter makanan kita.

14 komentar:

  1. I followed your blog, thanks for your sharing...

    BalasHapus
  2. btw bro tanya, ini apa web baru ganti font ya? perasaan dulu tulisanya gak seperti ini deh. kalau ini kayaknya kok agak sulit dibaca. atau memang mata saya yang makin parah silindrisnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gitu y mas, aq ganti template mas, soalnya lagi eksperimen aja ini

      Hapus
  3. Nambah pengalaman nih kalo"naik kereta lagi, dulu soalnya saya belinya tunai sih pas ke jogya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang enak non tunai, alias di dompet g ada isinya, adanya saldo doang

      Hapus
  4. Berhubung sekarang jarang naik kereta, saya baru tau ada app railfood. Kereeenn..
    Btw kalau beli tiket KA argo masih sama kayak dulu atau ada perubahan, Mas? Perlu app kah atau bisa go show? Maaf ya saya banyak nanya. Terima kasih, Mas Rezky.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang kayaknya go show mungkin masih ada, tapi saya enggak pernah go show sih, kemungkinan adanya kecil,
      hehe

      Hapus
  5. Oooo... di sini tiada railfood

    BalasHapus
  6. Boleh beli makanan dulu ya, in advance, waktu naik train. Senang begitu, ada app.
    Tidak perlu pesan makanan di cafe train.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini makanan dari cafe train
      bedanya adalah diantarkan ke kursi kita

      Hapus
  7. belum pernah nyoba beli makanan di dalem kereta pake qris maupun linkaja, tapi barangkali bisa dicoba ni, keliatan praktis juga, makasih infonya mas, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dicoba aja, kalau g bawa tunai, bs bayar pakai qris

      Hapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.