Minggu, November 05, 2023

Pengalaman ke Sendang Duwur Paciran Lamongan

gapura sendang duwur

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman wisata religi di Sendang Duwur yang berlokasi di Paciran Kabupaten Lamongan. Sebenarnya sih kepengennya itu ke Makam Syech Maulana Ishaq tapi berhubung sebelum perjalanan kesana saya kepengen mencicipi kuliner Es Batil yang letaknya itu di Laren Lamongan yang kalau dari lokasi saya rezkypratama berangkat itu searahnya ke arah Sendang Duwur.

Jadi dari lokasi tujuan awal saya yaitu makan es batil, bisa langsung lanjut searah ke Sendang Duwur. Perjalanan dari lokasi es batil ini sekitar 20 menit sudah sampai lokasi Sendang Duwur. Tujuan kami adalah sekalian sholat dzuhur sekalian mampir ke makan Sunan Sendang. Lokasi sendang duwur ini ternyata menanjak, alias dataran tinggi. Saya awalnya tidak terbayang kalau di Lamongan ada dataran tingginya. Dan cuaca di daerah sini itu adem, kalau ada angin itu adem.


Satu lagi perjalanan saya ke daerah sini bermodalkan Google Maps, dan untungnya enggak sampai kesasar. Cuman kalau baru pertama kali mampir kesini itu kudu ati - ati karena jalannya kecil. Entah bisa salipan apa enggak yang jelas cukup untuk satu mobil dan g bisa dua mobil papasan. Saya berpikir kalau jalannya sih satu arah, tapi kebetulan saya kesana di hari biasa bukan di weekend. Jadi kalau hari biasa itu sepi banget, ini aja tadi parkiran kendaran roda dua dan roda empat kosong.


masjid sunan sendang

masjid sunan sendang

Setelah sampai di lokasi Makam Sunan Sendang, saya ke Masjid yang lokasinya di sebelah makam. Lokasi masjidnya ini lumayan tinggi, jadi kudu naik beberapa anak tangga dulu. Cuman tidak curam, posisi kita kan ada di atas bukit ya, ini masjidnya masih keatas lagi. Jadi kebayangkan masjid ini ada diatas bukit, masjidnya bersih dan rapi. Kalau saya lihat dalamnya itu mirip masjid di Ampel Surabaya. Karena full kayu jati, jadi pilar yang menyangga masjidnya itu terbuat dari kayu jati.


Ketika wudhu, ternyata airnya dingin dan seger. Dan yang saya perhatikan lagi adalah di masjid ini tidak ada kipas angin, tapi setelah sholat saya baru tau kenapa tidak ada kipas angin. Kenapa? Yaitu karena disini anginnya kenceng, mungkin karena diatas dan jarang penghalang jadi angin lebih keluar masuk masjid jadi adem. Sirkulasi udaranya baguslah, jadi enggak perlu kipas angin di bagian dalamnya.


Posisi makan Sunan Sendang ini persis di barat masjid, dan pemandangan sewaktu mau ke makam itu bagus karena bisa langsung melihat pemandangan rumah - rumah dibawah. Dan baru keliatan secara nyata beneran di dataran tinggi lokasi kita. Untuk ke lokasi makam itu harus lepas alas kaki, saya saranin pakai kaos kaki sih, karena jalannya lumayan ke lokasi makamnya. Karena kalau tanpa kaos kaki yakin kaki bakal kepanasan karena tegel yang kita injak itu kena sinar matahari langsung dan panas. Tegelnya jadi panas, dan jalan lumayan jauh, jadi kaos kaki sangat membantu karena lumayan meredam tegel yang panas itu.


Ohya kita bakal melewati yang namanya gerbang sendang duwur, gapura ini bakal kita lewati sebelum ke bangunan makam Sunan Sendang. Gapura ini yang diadaptasi menjadi ikon Gapura di Lamongan, gapura ikon lamongan ini bisa dilihat kalau arah dari Duduk Sampean ke arah Lamongan, Gapura yang dilewati namanya Gapura Paduraksa yang disainnya diambil dari Gapura Sendang Duwur. Salah satu sebab kenapa Makam Sunan Sendang ini tidak ramai mungkin karena salah satunya adalah karena Sunan Sendang ini tidak termasuk Wali Songo. 

40 komentar:

  1. Nah itu mas...koq belom pernah denger namanya sunan Sendang, pantesan ,taunya ya wali songo itu, tapi bersyukur mas nya bisa main ke sini, seenggaknya nambah ilmu sejarah kalau ada sunan Sendang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru denger ya, saya aja baru denger,
      mumpung lagi di lamongan kemaren mampir

      Hapus
  2. Enak ya, pakai kipas alami, pemberian Allah yang Maha Kuasa.

    BalasHapus
  3. Oh ternyata Sendang Duwur itu makam Sunan Sendang ya.

    Masjid zaman dahulu banyak yang pakai kayu jati ya, mungkin karena awet ratusan tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mana pilarnya gede2 banget,
      jadi kesannya kokoh pakai kayu jati

      Hapus
  4. wah mksh mas, ini pengetahuan sejarah yg penting sekali ini, apalagi tentang wali songo

    BalasHapus
  5. Subhanallah, cantik pemnadangannya, ingin sekali SA ke sini..tapi wisata ni di daerah mana di Indonesia ya rezky pratama?SA membalas kunjungan dan follow blog ini ya..salam kenalan dari Malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini indonesia, provinsi jawa timur kabupaten lamongan,,,

      Hapus
  6. jadi inget pas perjalanan ke makam sunan muria mas, kurang lebih seperti itu jalanya nanjak, tapi pemandanganya indah sih, rata-rata memang makam sunan yang di daerah pegunugan udaranya sejuk dan pemandanganya bagus :D

    BalasHapus
  7. Kalau dapat pergi ke Indonesia, tempat bersejarah macamni yang saya teringin nak lawat. Suasana dia menenangkan dengan sejarah lama yang menarik untuk diketahui..doakan saya dapat ke Indonesia satu hari nanti ya

    BalasHapus
  8. masya-Allah...cantik pemandangan nya...baca penulisannya, terus terasa mcm nk datang juga ke sana...nampak tenang sekali di kawasan itu...ad kawsn kampung ke disitu? mcm x nmpk org dalam gambar nya...
    salam kenal ya dari linda www.rizzlinn.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tenang dan sejuk disini, salam kenal jg kak linda

      Hapus
  9. Teringin sekali untuk berkunjung ke tempat2 begini di Indonesia. Sungguh besar jasa orang2 alim dulu2 dalam menyebar Islam dan menyedarkan masyarakat tentang perkara2 syirik dan khurafat yang banyak di Nusantara ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya perkembangan islam di indonesia banyak kisahnya

      Hapus
  10. tentu beruntung kalau dapat pergi ke kawasan ini....menikmati pemandangan yang serba indah

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. pemandangannya bisa melihat lamongan dari atas

      Hapus
  12. cantiknya gambar yg pertama tu mcm di europe

    BalasHapus
  13. Beberapa makam ulama memang terletak di daerah perbukitan. Biasanya terdapat masjid atau musala yang bisa digunakan untuk salat. Jadi para peziarah bisa salat dan berziarah dalam satu paket.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, bisa ziarah dan sholat, namun disini kemaren sepi sih,
      beda sama yang di ampel hehe

      Hapus
  14. Gambar pertama tu, cantik. Segar ya, bila ambil wuduk airnya dingin. Sejuk semulajadi ni, lokasi masjid pula tinggi.

    BalasHapus
  15. Wow, aku belum pernah berwisata ke Lamongan, padahal doyan banget makan sotonya hehehe. Cakep nih bersih masjidnya ya. Dekat makan lokasinya? Sepertinya jarang wisatawan yang tahu tempat ini, mas. Atau mungkin saat liburan banyak yang datang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya juga kalau lamongan itu ngehnya pertama pasti sotonya

      Hapus
  16. Memang kelihatan adem aih dilihat dari suasananya. Aku malah penasaran ama makam sunan ampel ki. Kalau es batil tu kek mana ya...penasaran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kalau makam sunan ampel lebih rame,
      soalnya jadi tujuan wisata jadinya padet

      Hapus
  17. Coba seandainya mereka pakai material lantai yang kayak di tanah suci yaaa 🤭. Walo kena panas, tapi tetep aja dingin saat diinjak 😁. Kan jadi enak..

    Sukaaa nih kalo tempat tinggi begini mas. Apalagi udaranya sejuk. Mau sholat juga jadi adem, khusyuk. Aku malah lupa nama2 wali songo😅. Harus belajar lagi kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah in saya belum pernah ke tanah suci, jadi belum bisa ngerasain ubin yang sejuk hehe

      Hapus
  18. Wah baru tau ada tempat seperti ini di lamongan. Gerbangnya mengingatkan gerbang masuk ke Lamongan, ternyata bener yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali kalau mau masuk lamongan pasti ketemu gerbang ini

      Hapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.