Selasa, Desember 06, 2022

Pengalaman Bayar Pajak Tahunan Motor di Tokopedia


Cerita lama kalau di blog ini jarang update, yang punya uda males, kerjaan juga numpuk, kebanyakan rebahan nonton doang sekarang. Rasa untuk ngisi blog ini udah mulai pudar, ya namanya juga blog pribadi. Semau - mau yang punya untuk ngisi, nah kebetulan malam ini lagi pengen nyobain perpanjang pajak tahunan motor lewat Tokopedia. Ternyata bisa sekarang bayarnya lewat Tokopedia, cuman ada tapinya, kudu ke Samsat lagi untuk nukerin bukti bayar kita untuk dicetakkan kertas pajak yang biasanya. Loh kok harus ke Samsat lagi? 

Ya namanya juga kan kita masih butuh cetakan hardcopynya, jadi mau enggak mau kudu ke Samsat juga untuk nukerin bukti bayarnya jadi SKPD dan disahkan. Biasanya kan kita bawa duit trus antri di samsat bawa persyaratan. Sekarang kita bisa bayar dirumah, ke Samsat buat ambil SKPD yang disahkan.

Emang masih harus ke Samsat, tapi semoga aja ke depannya udah enggak perlu cetak - cetak lagi dan udah beralih ke digital. Jadi tinggal bayar dan status pajak motor kita udah diperbarui, jadi kalau ada cegatan pemeriksaan itu kita uda bakal lolos lah tanpa bawa bukti kalau sudah lunas pajak tahunannya. Hehe itu kalau besok sistemnya dirubah kayak gitu, kalau masih seperti sekarang ya mau gimana lagi. Hehe

Untuk cara untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor lewat Tokopedia adalah sebagai berikut :
 

1. Buka aplikasi Tokopedia di smartphone kita, terus pilih menu Top-Up & Tagihan.

2. Pilih semua kategori, scroll kebawah ke bagian Layanan Pemerintah, pilih E-samsat.


3. Tinggal pilih Wilayah Samsat kita, disini baru ada 10 Samsat yang kedepannya pasti bakalan diupdate lagi.

4. Sebagai contoh ini saya bakal perpanjang STNK motor di rumah saya, saya pilih Samsat Jatim.

5. Setelah itu isi Nomor Polisi, Nomor Mesin, NIK yang punya motor.

6. Setelah itu pilih Cek Tagihan, dan akan muncul detil tagihan.

7. Setelah dipastikan benar, selanjutnya tinggal milih pembayaran dan langsung bayar dengan metode yang kita inginkan. 

Disini ada biaya admin sebesar Rp. 6.000 yang sudah termasuk ke tagihan. Setelah selesai melakukan pembayaran, kita akan dapat sms yang berisi link untuk mengunduh etbpkp yang nantinya kita cetak terus ditukarkan di Samsat. Sms ini bakal dikirimkan ke nomor hp yang terhubung dengan akun Tokopedia ktia.


 

Ada jangka waktu 30 hari untuk mencetak pengesahan SKPD ini, jadi sebaiknya disegerakan untuk menukarkannya untuk menjadi SKPD. Persyaratan untuk mengambil pengesahan SKPD ini adalah KTP Asli, STNK lama, dan bukti cetak eSKPD atau etbpkp. Sangat mudah bayarnya lewat Tokopedia, cuman malasnya nukerinnya ke Samsat. Semoga bermanfaat...


3 komentar:

  1. Menarik juga yaa mas jadi nggak perlu repot2 ngantri ..😁😁

    BalasHapus
  2. sekarang semuanya dah mudah. di hujung jari boleh selesai

    BalasHapus
  3. saya pernah, tapi bukan lewat tokpetd. saampai sekarang malah lupa buat pengesahan nya

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.