Selasa, Oktober 03, 2023

Terkendala Pelanggaran Kebijakan Adsense

Memang disaat kita mengharapkan banget untuk mendapatkan materi dari seuatu kegiatan itu kadang malah bukannya lancar tapi malah ada cobaan. Seperti pengalaman saya yang satu ini mengenai google adsense, total saya sudah sudah 10 tahun mendaftar google adsense. Selama 10 tahun ini saya baru berhasil sekali gajian, itupun di tahun 2014 saat blog masih jarang yang buat dan ngoptimalinnya. Jadi itupun saya bisa cair gegara jaman itu saya sering posting tentang berbagai misteri di dunia. Nah itu postingannya rame, dan alhamdulillahnya bisa cair juga $100.


Seneng sih, tapi setelah itu karena udah enggak gitu fokus jadi sampai sekarang masih jalan di tempat untuk adsense nya alias enggak dioptimalin. Bayangin dulu itu enggak mikirin bisa dapat duit dari blog, eh dibuat seneng - seneng posting yang saya demen waktu itu malah berbuah cuan.


Beda banget sama sekarang, sekarang fokusnya mau dapetin duit dari adsense tanpa embel - embel blog untuk seneng - seneng, eh malah dapat cobaan. Cobaannya sekarang blog saya masih kena tinjauah dari google adsense karena kontennya ada yang masuk dalam pelanggaran kebijakan adsense.


Saya sudah coba melakukan tinjauan ulang, eh sekarang malah kena pending peninjauan sampai 12 November 2023 atau sebulan lagi. Apes banget dah, udah terlanjur all out pengen memaksimalkan ngeblog lagi malah terkendala kayak gini, emang niatnya udah cuan jadinya kayak enggak ikhlas gitu. Ada aja cobaannya, ini semoga aja besok november bisa minta peninjauan lagi dan bisa lolos.




Kejadian ini bermula waktu saya cek google adsense saya kok ads.txt nya tidak ditemukan, saya sudah coba ngebenerinnya berbulan - bulan juga hasilnya tetap tidak ditemukan. Saya sempet usaha tanya senior - senior di dunia blog juga masih belum bisa mengatasi hal ini, sampai ada yang nyaranin "Sudah dibiarin aja toh enggak ngaruh kok" gitu katanya.




Cuman saya kan enggak enak ya, katanya nunggu seminggu setelah ngebenerin bakal berhasil diotorisasi. Tapi ternyata tetep saja sampai akhirnya saya nyari info lagi, sampek curiga masalah domain saya yang bermasalah. Jadi domain saya ini kalau tanpa www. di depannya itu enggak bakal bisa masuk dan tulisannya error. Tapi kalau tanpa www. itu lancar bisa akses ke blog, sampai saya tanya ke customer service dari tempat saya beli domain.


Saya dulu awalnya beli di Masterwebnet tapi sekarang udah ganti ke Exabytes Indonesia, sudah sempet tanya juga. Dan bahkan saya sampai ngilangin setting dns di domain saya, yang untungnya masih bisa kembali settingan dns nya.


Karena saya sudah setting ulang dns pada domain saya, saya berpikiran berarti domain saya sudah aman. Kepikiranlah saya untuk hapus situs saya di google adsense dan coba ajukan lagi.


Ini ternyata yang jadi malapetakanya, setelah saya hapus situs di google adsense. Saya coba ajukan ulang, eh setelah nunggu dua hari malah ada pesan error untuk memperbaiki beberapa masalah untuk dapat menayangkan iklan. Sudah saya coba perbaiki dan memilih peninjauah kembali, dan 2 hari berikutnya muncul untuk memperbaiki beberapa masalah lagi, saya coba benerin dan coba peninjauan kembali. Nah setelah peninjauan yang kedua ini baru muncul pesan seperti ini "Kami menemukan beberapa pelanggaran kebijakan". Dan saya baru bisa melakukan peninjauan kembali di tanggal 12 November besok, langsung keringet dingin saya. Karena yang kena masalah ini di blog pribadi saya, kalau blog satunya lama enggak dikerjain karena bahasa inggris.


Jelas butuh pengorbanan kalau menghidupi yang blog bahasa inggris, jadi kerasa banget sekarang ini. Saya pun mulai meneliti lagi kontek postingan saya dari awal buat blog sampai sekarang. Saya sampai me-revert to draft 200 postingan awal saya dari tahun 2008, saya berpikiran mungkin postingan saya yang lama yang memuat konten yang dilarang google.




Kalau dalam keterangan yang ada itu ada kemungkinan di konten saya berisi tentang hacking dan akses ilegal. Dalam hal ini kan google enggak ngasi tau saya di postingan yang mana, jadi sampai sekarang saya masih meraba - raba.


Ini makanya masih mau saya teliti lagi satu - satu, biar bisa lolos di November besok. Sementara ini saya fokus untuk ningkatin trafik dan coba ngisi konten di blog yang satunya.


Diniatin enggak cari cuan dulu, tapi masih berharap masih dapat cuan juga sih dari ini. Mungkin ada pembaca yang pernah mengalami kejadian serupa, mungkin bisa sharing ke saya tentang solusinya untuk lolos di peninjauah google adsense ini.

59 komentar:

  1. Kalau saya tidak pasang adsense, tapi pernah daftar juga dan ditolak.. beberapa kali. Sakit ya rasanya ditolak... hehehe. Tapi mungkin belum rezekinya di situ, jadi ya cari cuannya tidak melalui adsense akhirnya, tapi di kerja sama yang lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kerja sama kayak gimana mas? Content placement?

      Hapus
  2. Kebetulan memang gak ada niatan pasang adsense sih mas..jadi enggak ngerti juga kalau masalahnya koq jadi mbulet gini...moga kedepan lancar"aja blognya maseh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy mbak, emang niatnya kalau,g tulus itu pasti banyak aja cobaannya.

      Hapus
    2. Sebetulnya ga ada yg salah mau niatan cari cuan dari adsense mas...mungkin waktunya aja yang blom pas...kebetulan aja dulu pas lagi ga da niatan apa"rejekinya cepet..nah kalau sekarang mungkin akan datang di waktu yg tepat.. mudah"an gak lama ya maseh... semangaadh

      Hapus
    3. brarti hobi nulis aja y mbak, kalau saya hobi tapi kalau bisa ada cuannya kenapa tidak hehe

      Hapus
  3. No tengo intención de instalar esa aplicación. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. No te unes a Google Adsense, aunque tu blog esté ocupado. Es una pena que no estuviera maximizado.

      Hapus
  4. Salam kenal semua,
    ..saya mulanya mohon sekali sahaja, adsens dtg sendiri saja, walau tidak berapa mengharap tapi gembira juga, pernah sekali kena stop adsens selama tiga bulan saya tidak tahu apa puncanya, saya biarkan saja hingga kembali sendiri selepas tiga bulan~

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah enaknya bisa otomatis kembali setelah tiga bulan

      Hapus
  5. Ternyata ribet juga ya mas. Naah aku pun paling sebel kalo dapat jawaban ga jelas, hanya bilang konten ada yg ga sesuai, tapi ga Diksh tau konten yg mana.

    Ini sama aja kayak apply visa ke suatu negara, ditolak, tapi ga dibilang penyebabnya apa 🤣. Cuma tuhan dan petugas visa di embassy yg tahu kenapa ditolak hahahha.

    Semangat mas Rezky. Semoga setelah due date nya nanti, bisa lancaaaar ya semua urusannya supaya gampang apply adsense ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak beneran, susah bener dah ini menerka nerka yang mana yang melanggar. ya semoga aja november masih bisa diperbaiki

      Hapus
  6. I totally understand you. Not everything is clear.
    https://www.melodyjacob.com/2023/10/uk-smoking-ban.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, but my other website approve by adsense,

      Hapus
  7. Saya rasa, masalah ini muncul karena mas hapus situsnya di adsense, dan melakukan pengajuan ulang. Tim Google yang sekarang beda dengan 10 tahun lalu (anda seangkatan saya mas.. hehe). Saya aja ngajuin blog baru sekarang lama kok..
    Semoga masalah mas cepat selesai mas..
    Tetep semangat ngeblog..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas benar sekali hapus dan input website. btw ini saya harus nunggu sampai bulan depan untuk pengajuan ulang

      Hapus
  8. Google adsen emang bkin galau, aku juga ngajuin berulang kali malah gak lolos2 kwkwkw akhirnya males ngajuin lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang banget, blognya mbak bagus, sayang kalau enggak disisipin adsense hehe

      Hapus
  9. Semakin strict untuk dapat 1 sen pun dari Adsense. Google kedekut betul sekarang ni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, sangat menantang adsense sekarang ini

      Hapus
  10. Saya guna adsense tapi tak adalah banyak hasilnya.. Baru sekali je cashout..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru sekali cashout, itupun lama sekali

      Hapus
  11. masih mending mas udah ngerasain gajian dari adsense, gw bertahun-tahun ngeblog pengen banget keterima adsense tapi di tolak terus ;(

    semangat mas buat nyelesein permasalahan adsensenya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal mas khanif aktif di blog, sekarang saya jarang aktif mas, tapi ini mulai agak aktif lagi, soalnya kepepet

      Hapus
  12. Balasan
    1. iya uncle masalah baru ini saya terkait google adsense

      Hapus
  13. Tak pakai iklan pun gak apa2. Untuk apa iklan. Ngarap duit adsence tuh. Cuman se kelumit. Entah berapa tahun, baru bisa mencapai batas minimal bisa ditarik. Bagi saya penghasilan dari adsence cuman harapan yang sulit jadi kenyataan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gitu ya bu, tapi masih bisa dikejar bu, daripada tidak ada usaha untuk mengejar hehe

      Hapus
  14. Sama dari adsense gue cuma gajian sekali, selebihnya nggak ada peningkatan.🤣🤣🤣 Sampai sekarang.

    Semoga kendala adsensenya bisa teratasi bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. looo nasib kita sama aja mas,
      iya mas aminnn

      Hapus
  15. ya seperti itulah main ngeblog
    ada lika-likunya soal ads tex, jika sudah menerapkan, nanti akan hilang sendiri walau butuh waktu lama, bahkan bisa setahun baru hilang hehe
    soal adsense saya juga punya masalah, yang domain khusus diterima dan yang domai gratis ditolak bahkan sebaliknya juga begitu, sampai heran. Maka iklan diblog saya tidak bisa tampil sempurna. Jadi kangen bisa gajian 400 dolar tiap bulannya hahaha
    ah ya sudahlah,buat bersenang-senang saja ngeblognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih mantap sebulan bisa 400 dolar
      saya pernah cash out 100 dolar 10 tahun lalu mas hehe

      Hapus
  16. Wah, sedih juga ya kalau sudah berurusan dengan perbaikan2 masalah GA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, harus tetap semangat biar cair lagi hehe

      Hapus
  17. ads.txt nya error parah tiap di klik teralih ke situs lain.

    Penyebabnya kemungkinan pengaturan pada domainnya ada yang salah atau penyedia tempat membeli domainnya sedang error sehingga blog Mas Rezky ikut terkena dampaknya.

    Untuk pengaturan ads.txt di Blogger sebaiknya di nonaktifkan saja dan sebelum di nonaktifkan terlebih dulu pastikan bahwa kotak pengisiannya sudah dikosongkan.

    Mengapa harus di nonaktifkan? Karena pada dasarnya dia tetap aktif meskipun di nonaktifkan. Ads.txt di Blogger itu utamanya bukan untuk Adsense tapi untuk periklanan lain, jadi jika tidak memakai periklanan lain sebaiknya di nonaktifkan saja.

    Selanjutnya masalah Template, sebaiknya Mas Rizky lihat di Blog orang lain apakah ada yg memakai template serupa ini yg sdh sukses memasang Adsense dgn template ini? Jika ada berarti bukan masalah dari template.

    Untuk masalah konten ini memang yg paling ribet, kalau saya pribadi menggunakan cara simpan semua ke draft, dan pilih beberapa postingan paling aman untuk di tampilkan.

    Saya dulu punya 700an posting, dan saya simpan 600 di draft, dan menyisakan 100 posting terbaik utk ditampilkan.

    Mas Rizky bisa coba cara itu, pilih posting paling aman saja utk di tampilkan, sisanya disimpan saja dulu di draft, jika sdh di terima Adsense baru deh munculkan kembali yg di draft itu satu persatu dgn hati2.

    Untuk postingan tentang Bank dan Lagu atau Band, ulasan tempat nonton online, provider atau operator, yg semacam itu sebaiknya di simpan di draft aja dulu jgn di tampilkan karena sensitif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mas, ini saya baca sarannya, sembari nunggu bulan depan saya sudah ngedraft 200an postingan,
      semoga aja bulan depan bisa teratasi,
      blog bahasa inggris saya malah bisa di acc, yang bahasa indonesia masih belum

      Hapus
  18. Saya berhati-hati untuk meletakkan pautan (page link) ke halaman lain kecuali ke halaman saya atau tidak menyerlahlan pautan (page link). Sekadar menyatakan nama laman tersebut.
    Mungkin saudara Rezky patut membaca pos-pos lama saudara untuk lihat jika ada dan hapuskan sebarang pautan yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banyak link ke website lain, mungkin ini salah satunya ya

      Hapus
  19. kalau kisah saya pula.. dari dulu sampai sekarang belum berjaya untuk meletak kan adsense ni huhuuuu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat kak, semoga bisa lolos adsense yaaa

      Hapus
  20. Banyak ternyata yang tidak kita pahami maunya adsense... Usaha terus , jangan menyerah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus lebih keras berusaha, namanya juga memulai, pasti berat cobaan di awal, kalau sudah bisa kan nanti bisa dapat celahnya juga

      Hapus
  21. Habis baca tulisan di sini, jadi makin nggak semangat mau daftar Adsense. Kayak ribet bgt kalau ditolak apalagi buatku yang gaptek gini :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba dulu kak, biar ngerasain bagaimana di acc atau ditolaknya hehe

      Hapus
  22. Google memang tidak pernah menjelaskan secara detail berkaitan dengan postingan yang bermasalah. Jadi kadang kita juga bingung postingan mana yang dinilai kurang sesuai.

    Dulu pernah mengajukan adsense, tapi ditolak dengana lasan ada beberapa postingan kurang sesuai. Tapi bingung postingan mana yang dimaksud..hiiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, tidak disertakan di postingan yang mana.
      mau enggak mau kan kita kudu nyortir semua postingan kita terdahulu

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. harusnya td jangan di hapus mas, kalo udh dihapus trs didaftarin lg itu akan ditinjau semua dari awal. Harusnya dipilihh aja artikel mana yg terpengaruh, nah artikel itu saja yg mas hapus. itu juga ngambil pengalaman dari tmn saya.

    Kalo blog saya sendiri sih karna msh baru jd jumlah artikelnya blm terpenuhi utk daftar adsense.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tapi udah terlanjur ini kak, sedih aja sekarang. tapi ya mau gak mau kudu usaha lagi biar di acc lagi

      Hapus
  25. Google Adsense ni sangat sukar utk saya fahami peraturan2nya dah algoritmanya. Dulu masa nak aktifkan balik akaun Google Adsense makan masa berbulan-bulan jugak baru dapat aktif. Hasilnya pun tak selumayan macam dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya baru sekali cash out, sekarang berhenti di 30 dolaran

      Hapus
  26. Manis2 buah ceri,
    manis lagi pembaca komen ni,
    Kalau diri tu sudi,
    jom la join segmen ni. >_<

    jemput join segmen Cuya :D Marilah memeriahkan lagi!

    https://nasuha-itsmyessay.blogspot.com/2023/10/segmen-review-bersama-cuya-si-primadonno.html

    BalasHapus
  27. adsense sekarang memang ribet dan banyak aturan, masalah txt biasa redirect ke website luar. coba cek lagi postingan lawas. atau komentar2 lawas, yag mungkin mengarah ke web yg tidak sesuai.
    satu2ya yang menyenangkan dari adsense sekarang adalah iklan otomatis dan flexibilitas peletakan iklan, slebihnya engak ada. cpc juga kalau blog gk update makin kecil aja

    BalasHapus
  28. Kalau saya baru sahaja lulus adsense, tapi kayaknya pasti lama mau dapat pulangan yang banyak
    gak papa, usaha saja dulu bukan?

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.