Pengalaman Ganti Aki Mobil

Hari libur pertama di awal minggu di bulan Februari, harusnya sih seneng. Tapi entah kenapa sih kemaren itu pagi - pagi mau manasin mobil yang jarang dipakai, lahkok enggak ngangkat alias enggak bisa hidup. Panik dong, karena biasanya normal - normal aja kalau dipanasin. Kayaknya aki nih pikir saya, saya coba naik turunkan kaca masih normal, radio juga masih normal, tapi kalau mulai distarter enggak kuat. Untuk alarm juga agak mleyang.

Yaudahh fix aki nih yang udah waktunya ganti, searching lah saya di google maps untuk toko aki terdekat. Dengan cara toko aki near me di google maps, ketemulah di deket rumah, toko aki. Coba wa saya, tanya aki yang cocok untuk mobil Daihatsu Ayla, ditawarin merk yang Nagoya dengan harga Rp. 600.000. Dan mereka juga bisa masangin ke rumah karena emang deketlah. Cuman saya agak ragu karena merknya saya kurang kenal, saya taunya merk GS. 

Saya nyari perbandingan, saya kontak Shop & Drive terdekat, ada di daerah Lontar Surabaya, lumayan lah ya dari rumah jaraknya, saya coba telpon dan tanya - tanya, disana ternyata ready itu aki merk GS Hybrid dan juga bisa langsung pasang kerumah tanpa biaya tambahan dan aki lama juga dihargain. Merk GS Hybrid kena harga Rp. 758.000 dan nanti aki lama dihargain Rp. 80.000 yang nanti jadi dikurangin dari harga aki nya. Okelah saya langsung mengiyakan, dan order, setengah jam langsung nyampek petugas dari Shop & Drive nya bawa aki saya, langsung dipasangin cepet, yang baru tau saya kalau bongkar aki itu kayak gitu, ada tekniknya jadi yang katup positifnya di lepasin terlebih dahulu baru katup negatif biar enggak konslet.

Enggak sampek 5 menit uda kelar diganti, saya coba starter nyala. Udah abis itu dibuatin nota, bayar dan dikasi kartu garansi, garansinya itu setahun yang mana bulan ketiga harus cek ke Shop & Drive keadaan akinya biar garansi masih berlaku, kalau kita enggak ngikutin untuk cek bakal hangus garansinya. Saya dijadwalkan bulan April 2022 nanti terserah di tanggal berapa dan ke Shop & Drive mana aja bebas. Lega dan percaya sih dengan produk dan pelayanan di Shop & Drive.

Selain menjual aki, di tokonya juga menyediakan kayak spare part mobil kayak kampas rem mobil. Saya malah baru tau kalau mereka jual produk yang lain, saya kira itu cuman aki doang yang di jual. Saya sih ngerekomendasiin tuker tambah aki mobil di Shop & Drive, harga terjangkau pelayanan maksimal.

Komentar

  1. Dulu, kami juga sering bermasalah dengan acu. Disarankan ma orang toko pakai acu kering. Hasilnya udah 2 tahun aman 100%.

    BalasHapus
  2. Aki kalau udah bermasalah emang repot ya kak, untungnya sekarang apa2 udah canggih, jadi bisa pasang di rumah:')

    BalasHapus
  3. Makasih gan infonya, aku sendiri juga sangat memperhatikan kesehatan mobil.. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan mobil juga. Aku selalu menggunakan alat penghisap debu mobil untuk membersihkan bagian dalam mobil. Fyi kalo kalian ada yang nyari aku beli di ACE Hardware Indonesia lewat aplikasi MISS ACE lumayan jadi bisa belanja dari rumah deh pas pandemi gini.

    Apalagi pas belanja di ACE gratis ongkir. Saran aku, daftar dulu jadi member ACE Hardware biar dapat promo ACE Hardware terus tinggal lihat dari katalog promosi ACE Hardware, deh! Lumayan banget kan... :)

    BalasHapus
  4. Baru tahu kalo ganti aku juga bisa di rumah saja, tapi memang kalo mau dibawa ke tokonya repot, soalnya mesin tidak nyala.

    Beda dengan motor, kalo akinya rusak bisa di engkol ya.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo motor metic kayak NM*x gak ada engkolnya mas. Susah juga ketika akinya masalah

      Hapus
  5. Sekarang dgn jari aja semua urusan beres ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Kolom Untuk Mengisi Komentar.