Bayar PBB Lewat Tokopedia


Awal tahun 2025 ini saya pasti kepikiran untuk tanggungan yang ada tiap tahun, tanggungan tiap tahun itu salah satunya adalah bayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) rumah. Kendala yang saya alami tiap tahun kalau mau bayar PBB rumah saya adalah bayarnya mesti lewat Teller atau ATM Bank Jatim. Saya tiga taun ini bayarnya kudu ngejadwalin ke Bank Jatim, emang sih enggak begitu antri, tapi alangkah baiknya bisa bayar online gitu, toh kan sekarang jamannya udah gampang dan praktis dan no ribet.

Tahun ke 4 ini iseng - isenglah saya, tanggal 25 Januari ini nyoba ngecek tagihan PBB, ohya rumah saya ini di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Untuk ngecek tagihan PBB bisa langsung cek di website BPPKAD Gresik atau bisa klik link ini. Terus masukkan NOP yang terdiri dari 18 digit, untuk tau Nomor Objek Pajak (NOP) ini kita lihat SPPT seperti gambar di bawah ini. Setelah itu tinggal search dan muncul riwayat PBB kita, dan juga tagihan di tahun berjalan ini.

NOP

Tahun 2021 kemaren saya ngecek tagihan PBB itu di bulan Maret 2021, eh entah tahun 2022 ini kok di bulan Januari udah bisa dicek dan dibayar. Udah kepikiran kapan ini ke Bank Jatim, untuk pembayaran PBB di Jawa Timur itu dilakukan di Bank Daerah yaitu Bank Jatim. Untuk tahun 2022 ini alhamdulillah sudah bisa dibayar online

Terima kasih Tokopedia karena sudah menyediakan pembayaran PBB secara online dan bisa dibayarkan melalui metode pembayaran yang kita pilih. Cara untuk bayar PBB lewat Tokopedia adalah sebagai berikut :

1. Buka Tokopedia, bisa lewat aplikasi atau lewat web browser. Saya sih mencoba ini lewat webnya Tokopedia.

2. Klik Top-Up dan Tagihan, dan pilih Pajak PBB di bagian Layanan Pemerintah.

 

3. Terus pilih Jenis Pajak dan pilih lokasi PBB kita, kalau saya di Jawa Timur dan pilih PBB Gresik.

4. Masukkan NOP kita, pilih tahun 2022 untuk tahun ini dan klik Bayar.


 

5.  Terus pilih pembayaran. dan pilih metode pembayaran.

6. Setelah berhasil melakukan pembayaran, kita bisa cek di website BPPKAD untuk melihat status pembayaran PBB kita.

Status tempat pembayarannya adalah WSBANKJATIM OL, selesai juga akhirnya bayar PBB di tahun 2022 ini. Cukup dirumah saja dan transaksinya juga malam, ini saya melakukan pembayaran di 21.30 WIB. Enggak perlu ke Bank Jatim lagi, dan semoga juga dilengkapin daerah yang belum tersedia pembayaran PBB nya. Tahun kemaren belum ada Kab Gresik, untungnya tahun ini sudah tersedia. Pengen nyoba bayar pajak tahunan kendaraan di Tokopedia, mungkin next bakal share pengalaman bayar pajak tahunan kendaraan di Tokopedia.

Komentar

  1. Wah baru tau kalo ada fitur bayar PBB juga. Makin memudahkan kita nih.

    BalasHapus
  2. Wah keren ya Tokped, urusan bayar PBB jadi ga ribet

    BalasHapus
  3. Surabaya juga sudah ada skrg
    cuma aku belum bayar, hehe
    entar2an kalo udah gajian :)

    BalasHapus
  4. belum pernah cobain bayar pbb liwat tokped...biasanya langsung datangin aja setelah dapat info dari pak rt, dengan adanya fitur di tokped segalanya jadi mudah

    BalasHapus

Posting Komentar

Kolom Untuk Mengisi Komentar.