22 February 2021

Apa Itu Janda Bolong?

 
Pertama kali dengar kata Janda Bolong pasti yang terpikirkan oleh kita adalah hal dengan konteks negatif, tapi jangan beranggapan seperti itu dulu. Karena janda bolong yang dimaksud disini adalah tanaman hias, kaget kan? Saya saja awalnya kaget, ini kenapa tanaman dikasi nama Janda, apa enggak ada nama lain yang lebih baik. Tapi ini bukan tentang baik atau tidaknya nama sih, tapi emang karena udah unik saja dan emang menjual namanya jadi sampai sekarang lebih dikenal dengan nama janda bolong. Dan tentunya harganya juga selangit.

Saya bukan pecinta tanaman hias, tapi karena kebetulan ibu saya di rumah punya bakat menanam tanaman hias akhirnya saya dibagi satu pot isinya tanaman janda bolong. Agak was - was sih awalnya dikasi tanaman hias ini, takut enggak bisa ngerawatnya. Karena pengalaman saya melihara rumput jepang dan rumput gajah mini di teras rumah yang gagal alias kurang tumbuh subur jadi sayanya agak was - was. Tapi karena kata ibu saya ini tanaman tidak perlu kena matahari langsung dan bisa dirawat di dalam rumah akhirnya saya coba untuk ngerawat tanaman hias yang satu ini.

Tanaman hias yang dikenal dengan nama janda bolong pada mulanya dikasi nama daun yang bolong, dan dibahasa jawain jadi ron podho bolong. Yang karena dibaca dengan cepat menjadi rondho bolong yang menjadi unik dan lain daripada lain rondho bolong yang kalau dibahasa indonesian jadi janda bolong. Yang menjadi menjual nama tanaman ini, aneh sih dari kata daun yang bolong malah nyasar ke janda bolong. Tapi kalau emang namanya kurang terkenal kayaknya enggak mungkin bertahan sampai sekarang, kalau jenis tanaman ini masuk dalam jenis tanaman hias Monstera.

Ini sudah sekitar 2 minggu saya rawat di dalam rumah, dan alhamdulillah masih idup sih. Saya bersyukur aja ini tanaman saya rawat dan kelihatannya cocok sih. Yang bikin khas adalah daunnya yang ada bolong - bolongnya, kalau kata ibu saya sih enggak perlu tiap hari disiram. Bisa dijarakin dua hari sekali yang penting tanah dalam potnya tidak kering sih. Tiap dua hari sekali saya siram sih, kalau terlalu sering disiram juga bisa busuk tanamannya.

Oh iya selain bagus tanamannya, harga jualnya juga melambung tinggi. Apalagi di saat pandemi ini, orang - orang yang WFH dan yang lebih banyak dirumah banyak yang nyari kesibukan dengan bercocok tanam. Dan nanam janda bolong ini salah satunya, dan jangan heran kalau satu pot tanaman janda bolong ini ada yang harganya sampai ratusan juga. Siapa yang beli? Ya yang seneng dengan tanaman hias lah, kalau saya sih enggak mungkin bisa beli harga ratusan juta itu. Tapi kalau bisa ngebibitin tanaman ini dan dijual kayaknya bakal bisa menambah pemasukan sih.

Kapan hari ada temen yang cerita kalau pernah ditawarin bibit janda bolong yang masih kecil itu Rp. 150.000, kalau udah gede malah bisa jutaan yang diitung dari tiap lembar daunnya. Ebuset serem yak, misalnya satu lembar dihargain 1 juta dan ada 5 lembar daun di satu pot, bisa 5 juta doang sepot dong. Wah mantep kan, pengen sih bisa ngebibitin lagi tanaman ini, mumpung masih rame dan banyak yang nyari bisa jadi income tambahan di saat pandemi ini. Ohya jadi kesimpulannya Janda Bolong ini tanaman hias dengan daun yang lebar yang ada bolong - bolong oval di tiap daunnya, semacam daun yang di dalamnya kayak dimakanin ulat, tapi enggak dibuat - buat.

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

10 Responses to "Apa Itu Janda Bolong?"

  1. Yaalah mas mas, ternyata tanaman itu toh, aku sering liat tanaman itu mas tp baru tau kalau namanya janda bolong wkwkwk.

    Aku kurang setuju sih kalau namanya janda bolong, karena secara harafiah dari bahasa jawanya ron podho bolong artinya daun yg tidak rapat/bolong, ron sendiri artinya daun (krama inggil/alus).

    Kalau dibaca cepat emang bisa jadi rondho bolong, tapi bukan berarti juga bisa di bahasa indonesiakan jadi janda bolong kan, karna ron yg dimaksud adalah daun wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia,
      tapi karena udah terlanjur menjual namanya jadinya sampai sekarang masih dipakek

      Delete
  2. Daun yang lagi naik daun ini ya, egimana? ha ha ha

    ReplyDelete
  3. namanya unik ya, janda bolong. Tapi memang sih sekarang banyak berita yang bilang bahwa tanaman hias sekarang harganya bisa fantastis banget. bahkan ada yang bisa ditukar sama rumah. gila kan. Kalo udah hobi sih apapun juga dilakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu bisa dituker sama rumah,
      namanya hobi g bisa diganggu gugat

      Delete
  4. Tanaman janda bolong memang lagi viral makanya harganya mahal ya mas. Bibit janda bolong saja yang kecil 150k, pantesan yang sudah jadi harganya jutaan rupiah.

    Aku belum beli tanaman hias, Takutnya kalo ngga bisa merawat dan mati kan rugi.

    ReplyDelete
  5. 'ganas' betul namanya hahahahahahah

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.