11 September 2020

Pengalaman Tambah Daya PLN



Pengalaman pertama saya tambah daya listrik dirumah saya yang awalnya 1300 menjadi 2200, awalnya sih enggak ada pandangan untuk tambah daya. Sudah cukuplah listrik token 1300 untuk saya, cuman kemaren malam itu sempat ngejegleg alias mati lampu karena ada 2 AC yang hidup semua ditambah dengan masak nasi pakai magic com. Biasanya sih enggak sampai ngegejleg, karena yang nyala malam itu cuman 1 AC aja, nah kemaren kedua AC nya nyala dan emang enggak umum masak nasi malam - malam. Nah iseng lah saya abis drama jegleg itu saya cobalah masuk ke aplikasi PLN Mobile di smartphone saya. Saya coba tanya lewat fitur live chat, oh ya untuk menghubungi PLN di aplikasi PLN Mobile kita dikasi 3 cara untuk menghubungi call center, yang pertama adalah Live Chat, Live Chat ini kita bakal bisa chat ke customer carenya PLN 24 jam dan fitur ini yang kemaren saya gunakan untuk tanya tanya. Btw kmrn saya ngechat itu jam 23.00 dan masih dibalas dengan CS nya. Yang kedua adalah Voip jadi layanan ini disediakan PLN untuk menghubungi PLN123 lewat internet alias enggak motong pulsa cuman motong kuota aja, bagi yang kebiasaan pulsa mepet mending pakai fitur yang satu ini, jadi kita telpon call center berasa nelpon pakai whatsapp aja, andai semua call center bisa ngadain Voip begini pasti enggak bikin pulsa habis,hehe. Nah yang ketiga adalah telpon pakek pulsa, jadi nanti kita bakal di arahkan untuk telpon call center PLN 123 lewat pulsa di HP kita.

Kembali lagi ke keisengan saya kemaren, yaitu tanya - tanya kira - kira kalau tambah daya biayanya berapa. Soalnya 4 bulan lalu rumah mertua yang dibekasi abis tambah daya kena sekitar Rp. 1.500.000 dan yang enggak disangkanya 1 bulan setelah nambah daya ternyata ada promo tambah daya yang kita cuman bayar dibawah 200.000. Kebayangkan gimana nyeseknya, nah karena itu saya kepengen tanya apa mungkin masih ada promo di September Ceria ini. Dan bener aja, ternyata ada promo untuk tambah daya dari 1300 ke 2200 yaitu ditarik biaya cuman Rp. 170.845, promo kemerdekaan yang dimulainya dari 14 Juli sampai 30 September. Ya denger ada promo sayapun langsung setuju untuk tambah daya, lumayan hemat sejutaan. Dan untuk tarif dasarnya juga masih sama saja dengan yang 2200 yaitu Rp. 1.467 per kWh. Sayapun tanya syarat - syarat dan rincian biayanya. Rincian biayanya itu kita ditarik biaya penyambungan yaitu Rp. 170.845, biaya PPJ Rp.4.456 dan kita diwajibkan beli token mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp. 1.000.000 kebetulan kemaren saya sekalian ngisi yang Rp. 50.000. Nah setelah itu saya tanya untuk pendaftarannya bagaimana, apa harus ke kantor PLN nya atau bisa lewat aplikasi. Ternyata pengajuannya langsung lewat aplikasi PLN Mobile.




Pertama kita langsung download aplikasi di Playstore aplikasi PLN Mobile, Daftar dan Aktivasi Akun di menu yang tersedia. Setelah aktif kita langsung log in, Pilih menu Permohonan -> Permohonan Mutasi Tarif / Daya -> Muncul Syarat dan ketentuan pasang baru / perubahan daya online dan ketentuan umum. Pilih setuju, Ok, Setuju, Masukkan Id Pelanggan listrik rumah kita, ini saya pake yang token, setelah kita input Id Pelanggan maka akan muncul Id Pelanggan Valid jika kita menginput Id Pelanggan dengan benar, setelah itu periksa inputan NPWP, karena pas awal pasang baru itu rumah saya di inputkan oleh developer jadi NPWP di data PLN isinya 1 alias belom keisi, input NPWP dengan cara mengcopy angka NPWP dari catetan atau tulisan di notepad langsung di paste di kolom NPWP karena di kolom ini tidak bisa kita input satu - satu. Kemaren sih saya berhasil dengan cara ini, pastikan alamat, kabupaten, kecamatan dan kelurahan sudah terinput dengan benar. Pilih lanjut jika kita pemilik bangunan kita tinggal klik tombol Apakah Anda Pemilik Bangunan? Pilih lanjut, setelah itu pilih Data Produk yang diinginkan, Produk Prabayar, Peruntukannya isi Rumah Tangga, Keperluan Rumah Pribadi, Daya ini kita pilih daya yang dituju dengan token yang akan kita isikan. Token ini seperti isi pulsa token seperti biasa, mulai dari 5.000 sampai 1.000.000 kalau saya sih kemaren isi 50.000. Klik hitung biaya, nanti bakal muncul rincian total biaya yang akan kita bayar. Berhubung ada promo jadi yang saya bayarkan itu sekitar Rp. 220.845 itu sudah termasuk token 50.000. Mantap ya biasanya naik daya ke 2.200 itu sekitar sejuta setengah eh karena ikut promo cuman ditarik Rp. 170.845 murah bingit. Centang Dengan ini saya ... Dan simpan permohonan, nanti bakal muncul kode token yang harus kita input. Setelah itu tinggal kita bayar saja lewat mobile banking. Kemaren saya coba pembayaran lewat Tokopedia, di aplikasi Tokopedia kita pilih menu Top Up & Tagihan, pilih Tagihan Listrik, di jenis produk listrik pilih PLN non Taglis, input id pelanggan dan pilih lanjut dan bayar. Setelah berhasil simpan bukti pembayaran lewat Tokopedia tersebut.

Setelah berhasil kita tinggal tunggu saja besok petugas PLN yang akan kerumah untuk menaikkan daya dan ngegantiin pembatasnya. Pengalaman saya sih sekitar jam 3 sore di hari minggu saya daftar dan membayar tagihan. Senin besoknya jam 09.30 sudah ada petugas PLN yang datang kerumah untuk langsung proses naik dayanya. Naik daya sama mas - masnya juga cepet, g sampai 15 menit sudah naik dayanya. Jadi petugas yang kerumah itu bawa seperti surat jalan yang harus kita tanda tangani setelah proses naik daya ini. Alhamdulillah sekarang sudah 2.200, besok - besok kalau mau nambah alat elektronik dirumah sudah siap, meski masih belum ada rencana mau nambah apa. Cuman kemakan promo dah jadinya naikin daya ini, moga taun depan ada lagi promo naik daya dari PLN ini.

img src : instagram pln

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

5 Responses to "Pengalaman Tambah Daya PLN"

  1. oh enak ya sekarang bisa lewat aplikasi
    bisa dicoba ni
    mau nambah dari 900 ke 1300 makasih sharingnya mas

    ReplyDelete
  2. wah, keren ya PLN. Baru tau loh akutu.
    nunggunya juga nggak lama ya, masangnya juga cpt, hebat ih babang service nya, haha..

    ReplyDelete
  3. Wah, prosesnya cepet banget ya. Pengalaman saya beberapa tahun yang lalu, hanya untuk pasang daya saya agak ribet. Apa karena perbedaan waktu dan lokasi ya.

    Tapi untuk sekarang, keperluan listrik saya masih terpenuhi dengan daya 900. Jadi tidak ada keinginan untuk tambah daya.

    ReplyDelete
  4. wajib di coba...
    hhmmm,, 2200 watt.. nggak kebayang sih. nggak abis2 soalnya...

    waduh kenapa kok bisa smpe di denda 1500 ribu??

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.