Minggu, November 03, 2019

Apa Itu LINKAJA?

Di masa perkembangan fintech ini terdapat berbagai macam kemudahan yang ditawarkan, salah satunya adalah LINKAJA. LINKAJA adalah salah satu fintech BUMN berupa layanan dompet digital berbasis aplikasi. Berasal dari gabungan beberapa produk dari beberapa BUMN, yang awalnya Telkomsel mempunyai T-Cash, Mandiri mempunyai Mandiri E-Cash, BRI yang mempunyai T-Bank, BNI mempunyai Unikqu dan T-Money dari Telkom. Setelah digabungkan menjadi satu aplikasi sekarang sudah bisa bersaing dengan layanan laink seperti Gopay, OVO dan Dana.

Saya termasuk salah satu pelanggang T-Cash awalnya, setelah adanya migrasi masal ke LINKAJA sekarang makin mudah untuk penggunaannya dimana layanan yang ditawarkan juga makin komplit. Untuk jangkauan LINKAJA saya kira cukup kuat karena menggabungkan beberapa produk digital yang sudah punya pasar sendiri menjadi satu kesatuan, apalagi didukung oleh pemerintah yang sekarang menggerakkan program Katalis Gerakan Nasional Non-Tunai (GNTT). Untuk ekosistem LINKAJA adalah sebagai berikut  :

Untuk lebih jelasnya apa saja benefit yang ditawarkan dari LINKAJA adalah sebagai berikut :
Sederhananya link aja adalah layanan dompet digital berbasis aplikasi dan membutuhkan satu nomor handphone aktif. Nomor handphone yang aktif ini digunakan untuk registrasi, jadi asal anda mempunyai satu nomor handphone yang aktif akan dapat menikmati apliasi LINKAJA. Ada dua tipe akun dari LINKAJA yaitu Basic Service dan Full Service.
Kalau kita baru pertama kali mendaftar otomatis akan menjadi akun basic, kalau kita mau menjadikan full service harus verifikasi dengan men-submit KTP di aplikasi LINKAJA. Nanti kita cukup foto dan selfi KTP kita lewat aplikasi, untuk verifikasi maksimal 3x24 jam. Sepengalaman saya sih enaknya pakai LINKAJA itu gratis tanpa biaya admin.

Untu top up LINKAJA juga gampang sih bisa mengisi dari rekening Bank (ATM Himbara, Mobile Banking, atau Internet Banking), Alfamart, Alfamidi, Circle K, Dan+Dan, FamilyMart, GraPARI, Indomaret, Kantorpos, Mitra LinkAja (MiLa) dan Suzuya. Sepengalaman saya sih di Internet Banking BRI sudah disediakan menunya jadi tinggal log in dan pilih Top Up LINKAJA. Untuk pembayaran di merchant yaitu dengan Snap QR, jadi tinggal arahkan kamera ke Barcode abis itu masukkan pin dan pembayaran selesai.

10 komentar:

  1. Saya jadi tahu nih tentang linkaja
    Ternyata bisa digunakan untuk segala macam

    BalasHapus
  2. Iya saya baru tau LINKAJ bisa dipake ke banyak produk. Kirain cuma untuk isi pulsa telkomsel doang. ^^

    BalasHapus
  3. Saya juga pake mas.Biasanya buat jajan-jajan gemes deket kantor.

    BalasHapus
  4. Sekarang jaman serba digital, jd saya instal semua aplikasi e-money termasuk LinkAja biar enak buat transaksi

    BalasHapus
  5. Sempet denger temen pake link katanya bisa dapat banyak diskon..nti mau dicoba ah..

    BalasHapus
  6. linkaja andalanku, praktis banget emg. Teknologi zaman sekarang memudahkan banget

    BalasHapus
  7. Saya pake aplikasi GOJEK untuk GoPay saja sudah puyeng transfer2nya.Padahal senang belanja2nya yang simpel

    Pengennya punya LinkAja, OVO, dan DANA biar bisa dipake yang mana yangpaling menguntung untuk suatu produk tertentu tapi sayang HPnya gak kuat hehehe

    BalasHapus
  8. Sejak jadi LinkAja saya malah belum pernah pakai gara-gara awalnya sering error. Dulu padahal pas masih TCash sering banget pake buat beli paket internetnya Telkomsel. Mungkin harus dicoba lagi kapan-kapan.

    BalasHapus
  9. aku pakai link aja karena sering beli tiket kereta api di aplikasi KAIAcess. emg bermanfaat bgt mah, bisa bikin hidup lebih mudah dan prakis

    BalasHapus
  10. Belum pernah pakai ini sih. Produk beberapa perusahan diborong semua sama LinkAja ��

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.