Senin, Maret 25, 2024

Cara Beli Ringtone di iPhone


Sebenarnya ada cara kalau kita mau mengganti ringtone default di iPhone, ini merupakan salah satu pengalaman saya untuk nyobain beli ringtone yang dijual di iTunes Store. Di iTunes Store disediakan musik, ringtones, dan film yang mana sekali kita beli dan akan tersimpan di Apple Id kita, dan bisa diakses di beberapa perangkat Apple yang kita punya. Disini saya penasaran dengan ringtones, karena udah mulai bosen dengan yang disediakan, pengennya sih lagu untuk jadi ringtones eh ketemuanya malah yang uda di remix.







Hal pertama yang dilakukan adalah mengatur pembayaran di Settings, pilih Apple Id, Payment & Shipping, menambahkan metode pembayaran di Add Payment Method. Ada 4 metode pembayaran yang sudah bisa disematkan di iPhone, yang pertama adalah Kartu Debit/Kredit, Gopay, DANA dan yang terakhir adalah ShopeePay. Pilih yang paling sering digunakan saja, misal kita ada memasukkan beberapa metode pembayaran, kita bisa memilih urutan metode pembayaran di Edit. 


Setelah selesai mengatur metode pembayaran, kita bisa langsung ke iTunes Store dan pilih yang Tones dan tinggal pilih tones yang mau kita beli. Untuk dengerin samplenya bisa klik aja tonesnya untuk mendengarkan seperti apa tonesnya. Tarif untuk 1 tones adalah Rp. 7.000 dengan tidak ada batas waktu, jadi seperti beli putus. Kalau kita beli ya selamanya bisa digunakan dengan Apple Id kita. Jika sudah ketemu tones yang cocok dan ingin membelinya kita pilih aja harga di samping tonesnya dan tinggal menyelesaikan pembayarannya saja. Setelah selesai melakukan pembelian, tones yang kita beli akan otomatis terdownload dan kita bisa langsung gunakan di menu Sound and Haptics, pilih Ringtone dan akan muncul diatas tones yang kita beli dan bisa digunakan sebagai default ringtone.


Terus yang saya penasaran setelah melakukan pembelian ringtone ini adalah, bedanya iTunes Store dan Apple Music itu apa ya? Soalnya di iTunes Store juga lengkap juga Music dan Music Video yang dijual, sedangkan kalau di Apple Music juga sama disediakan jutaan musik dari seluruh dunia. Ternyata setelah saya pahami bedanya adalah kalau iTunes Store itu kita beli lagu atau albumnya itu seperti kayak kita beli kaset atau cd yaitu kita beli putus. Jadi lagu atau album yang kita beli di iTunes Store itu tersimpan di Apple Id kita, dan bisa diakses untuk 5 perangkat Apple. Jadi misal kita membeli lagu, nah lagu itu bisa diakses di 5 perangkat dengan 1 Apple Id kita. 


Ini saya nyobain beli satu lagu dari Band For Revenge dengan judul Sadrah, dengan harga Rp. 5.000. Mungkin karena baru rilis jadi harganya murah, soalnya standarnya itu Rp. 7.000 baik lagu atau ringtone. Setelah berhasil melakukan pembayaran, lagunya bakal di download dan masuk di menu di iTunes Store -> more Purchase -> All Songs. Udah lagunya udah bisa diputer langsung, sedangakan kalau kita mau akses di Macbook kita bisa masuk di aplikasi Music, pilih iTunes Store dan pilih Purchased dan tinggal klik download di lagu yang kita beli. Nanti diminta untuk authorisasi perangkatnya di menu Account -> Authorizations -> Authorize This Computer. Masukkan Apple Id dan Password, setelah itu kita bisa langsung download lagu yang kita beli, untuk diputer di Macbook.



Authorize This Computer


Ini saya juga sambil nyoba beli dua lagu, dan lancar bisa di akses di dua perangkat. Bedanya kalau dengan Apple Music adalah kalau Apple Music itu streaming saja dan kalau mau memutar lagu harus langganan dulu dan menggunakan akses internet. Bedanya dengan lagu yang dibeli di iTunes itu lagu yang sudah di beli bisa diputar tanpa menggunakan akses internet.

16 komentar:

  1. tiba-tiba saya teringat beli ringtone
    zaman pakai hp nokia
    hahaha

    BalasHapus
  2. Thx infonya, ringtone menjadi hiburan tersendiri jika bosan dengan suara HP yang itu-itu aja

    BalasHapus
  3. Mantap, ananda Rudi. Saya belum pernah nyoba pakai rongtone.

    BalasHapus
  4. Ananda Rezeky! Maaf namamu salah tulis. He he he. Rizky jadi Rudi.

    BalasHapus
  5. Bisa bayar pakai e walet ya
    wah keren, saya punya dana
    asek nih hapenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sudah merambah banyak ewallet yang bisa digunakan dah mas

      Hapus
  6. belum pernah pake ringtone aku...tapi post ini pastinya bermanfaat bagi yang lagi nyari cara ganti ringtone khususnya pengguna iphone

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengguna android jg ada, sama aja caranya, dan lebih banyak pilihannya kalau di android

      Hapus
  7. Jaman masih punya hp jadul pernah beli ringtone, sekarang malahan masih bawaan hp aja...makasih infonya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mulai bosan dengan ringtonenya bisa dicoba

      Hapus
  8. ldy xpernah beli lgi ringtone .. pakai bunyi yg dulu sampai ke skrg.. xterlintas nak tukar ringtone.. mungkin faktor usia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin termasuk yang males ribet2 y kak, jadi pakai yang ada aja hehe

      Hapus
  9. Aku baru beli ip 15 pro bulan lalu

    jadi masih rada-rada gaptek masih banyak yg belum dimengerti hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi enak kalau dibuat konten di youtube aul,
      btw sekarang beneran fokus di youtube ternyata wkwkwkw

      Hapus
  10. Jadi inget zaman dulu pas ringtone bisa dibeli pake Nokia dkk 😄. Tapi seru sih, ringtone JD beda. Android ga bisa kan soalnya 😅

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.