Rabu, April 03, 2024

Pengalaman Berhenti Berlangganan Indihome

berhenti berlangganan indihome

Tidak terasa sudah 3 tahun saya berlangganan Indihome, saya pilih Indihome karena di rumah saya awalnya hanya tersedia internet kabel saja. Saya butuhnya koneksi internet stabil karena semenjak pindah kesini sinyal Telkomsel/XL/Indosat hanya dapat 2 sampai 3 bar dan enggak stabil juga. Saya dulu sebelum pindah pakai modem XL GO, sampai bertahan 2 tahun sebelum pindah kesini. Awalnya XL GO itu stabil dan bisa dipakai beberapa perangkat, tapi kelemahannya itu baterai modemnya itu cepet banget abis. Jadi sering ngecharge terus. Tapi lumayan pakai modem itu masih bisa dipakai untuk ngeblog dan juga sosmed, namun semenjak pindah kerumah saya ini sinyalnya enggak stabil, dan seringnya sih ngadat modemnya. Otomatis juga baterainya juga boros banget.


Sampai di tahun 2020 akhirnya dapat juga saya brosur pasang baru Indihome, dan saya langsung sat set untuk daftar pasang baru. Bertahan 3 tahun sampai saya goyah untuk tetap langganan Indihome, karena sudah mulai ada pesaing Indihome di perumahan saya, yaitu First Media. Akhirnya daerah saya tercover First Media dan juga full fiber atau dalam bahasa inggrisnya FTTH (Fiber To The Home). Dan saya ditawari untuk pindah langganan ke FM dengan biaya bulanan lebih murah, kecepatan internet sama dengan Indihome cuman enggak pakai langganan TV. Di Indihome saya tiap bulannya bayar Rp. 382.500 itu kecepatan dapat 50 Mbps dan TV, cuman speed download dan uploadnya tidak imbang, dapatnya speed downloadnya 50 Mbps, uploadnya hanya dapat 12 Mbps. Ditawari FM dengan biaya langganan bulanan 275.000 internet doang kecepatan Upto 50 Mbps tanpa TV. Selisih 100.000 tiap bulan tapi saya dapat speed download dan upload 1:1 alias kalau 50 Mbps downloadnya 50 Mbps juga uploadnya.


Tawaran yang menarik karena langganan TV digital dari Indihome ini enggak begitu terpakai karena jarang nonton TV, nonton TV pun biasanya Youtube atau Netflix aja. Sudah mulai goyah saya, dan saya mulai tanya - tanya detil tentang FM. Dari info salesnya itu kalau FM itu bayar biaya langganannya baru bisa dipakai, beda dengan Indihome yang kita pakai dulu layanannya dan bayarnya bulan depannya. Waktu dulu Indihome ada dana yang di blokir untuk bayar langganan bulan ke 13 tapi biaya pasang baru gratis, kalau FM ini biaya pasang awalnya gratis tapi setelah 10 hari baru mulai bayar langganan untuk bulan pertama. Saya ditawari paket Stream yang internet saja dengan biaya langganan Rp. 275.000 selama setahun flat. Untuk tahun depannya itu kata salesnya disuruh untuk menghubungi Call Center  untuk minta perpanjang promonya.


Karena sudah mulai ada niat untuk ganti provider internet maka saya cari info untuk gimana caranya berhenti berlangganan Indihome, ada 2 metode untuk berhenti berlangganan Indihome. Yang pertama adalah kita sendiri ke Plasa Telkom membawa modem dan STB (Set Top Box) dan mengajukan berhenti berlangganan ke CS, cuman kalau di Gresik lumayan jauh Plasa Telkomnya. Dari rumah saya perjalanan ke Plasa Telkom 40 menitan, itupun harus di jam kerja. Metode kedua untuk berhenti berlangganan Indihome adalah dengan menelepon 188 dari HP kita atau dari nomor Telkomsel kita.




Dari situ kita nanti disambungkan ke Call Center dan dapat minta berhenti berlangganan via telpon, yang nantinya kita bakal diminta untuk mengisi link yang diharuskan mengupload KTP dan Selfie KTP yang menyatakan bahwa kita secara sah meminta berhenti berlangganan. Cukup telpon tanpa harus ke Plasa Telkom, ini metode yang saya pilih, jadi setelah mengisi link yang dikasi Call Center internet kita bakal langsung putus dan setelah itu kita tinggal bayar prorata langganan terakhir kita. Hitungannya itu adalah berapa hari yang kita pakai internetnya dibagi sebulan dikalikan biaya berlangganan perbulan. Nanti hasilnya adalah prorata biaya yang dibayarkan terakhir. Setelah melakukan ini baru nanti kita bakal dihubungi untuk jadwal teknisi mengambil modem dan STB kerumah, jadi tanpa perlu ke Plasa Telkom.


Selama menghubungi Call Center ada beberapa kali saya ditawari untuk tetap berlangganan, yaitu bisa minta turun atau downgrade speed internet yang otomatis biaya berlangganan turun, namun saya tolak. Terus ditawari lagi untuk cuti, jadi tiap bulan bayar biaya abonemen sekitar Rp. 25.000 per 6 bulan mungkin besoknya ingin berlangganan lagi jadi langsung aktif, namun saya juga tolak. 


Intinya kalau besok - besok ingin berlangganan Indihome lagi kita harus mengikuti prosedur ini, jadi kita baik - baik berhenti berlangganan dengan membayar lunas tagihan terakhir kita. Soalnya kalau kita tidak membayar biaya langganan terakhir maka kita akan di blacklist atau bahasanya nanti kalau mau pasang baru harus melunasi tagihan terakhir. Saya memilih untuk baik - baik berhenti berlangganan karena enggak mau resiko kalau - kalau besok internet FM jelek.


Tapi jujur selama 3 tahun ini saya puas memakai internet Indihome dan TV, jarang gangguan sih. Mungkin pernah ada gangguan masal tapi enggak sampai beberapa hari dan cepet respon dari teknisinya sih. Saya sih tidak kecewa dengan pelayanan dan kestabilan internetnya. Cuman saya pengen nyoba internet dari provider lain sih, pengen coba kalau swasta itu gimana stabil g internetnya.


berhenti berlangganan indihome


Soalnya besok - besok kalau bosen ngeblog dan pengen upload video di youtube internet saya sudah dengan sangat bisa untuk upload. Soalnya kalau indihome itu lemot banget untuk upload, kudu sabar banget kalau upload, cuman kalau untuk download sih kenceng.

4 komentar:

  1. Saya sudah lima tahun lebih
    Dan saya pakai yang wifi aja. Tak ada buat tv
    Selama buat kerja, insya allah, balik modal

    BalasHapus
  2. Aku juga dr awal nikah msh pake Indihome nih. Pernah ditawarin FM, tp secara temen2 banyak yg kecewa Ama FM, dan pernah eror berhari2 trus ga bisa diberhentikan pula, adaaaa aja alasan mereka supaya customer ga bisa berhenti dan ttp pake, pdhl errornya ga diperbaikin juga.

    jadinya aku ga mau pas ditawarin. Dahlah Indihome aja walopun pernah eror, tp ga lama dan teknisi selalu respon cepet.

    semoga fm udah oke yaa, pas mas pake sekarang. Ga kayak dulu deh, ampuuun itu..

    BalasHapus
  3. Muy interesante. Te mando un beso.

    BalasHapus
  4. Aku di rumah pakai indihome. Dulu pakai paket yang plus tv. Kemudian dinilai kemahalan akhirnya ganti paket dengan biaya yang lebih terjangkau.
    kadang koneksi indihome memang lemot jadi mesti lebih sabar. Pernah kepikiran untuk ganti provider, tapi ga jadi karena layanan indihome mudah dijangkau. Bisa telepon langsung, aplikasi, dan media sosial. Dinilai lebih efektif dibandingkan provider lain.

    Untuk sementara bakal tetap pakai indihome untuk provider internet.

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.