Senin, April 15, 2024

Pengalaman Langganan Firstmedia

pengalaman langganan firstmedia

Sebenernya tidak ada kendala yang berarti sih, selama beberapa tahun ini pakai Indihome sebagai provider internet dirumah. Pernah ada gangguan masal itu paling lama sekitar 3 hari, dan waktu gangguan itu kebetulan lagi enggak dirumah. Pernah juga gangguan itu juga karena ada kabel yang putus, tapi selama beberapa tahun langganan sih pasti gercep teknisi untuk perbaikannya, minusnya sih paling kalau Indihome itu koneksi upload nya yang masih jauh banget dari kecepatan paket internet langganan kita. Terakhir saya pakai speed 50 Mbps downloadnya dapat segitu, cuman uploadnya itu sekitar 12Mbps. Bueda jauh sama speed downloadnya, jadi kebayang kalau mau upload video atau file yang besar kudu bersabar buanget.

jadwal pemasangan firstmedia

Itu juga seringnya gagal kalau upload file besar, sering gagalnya karena koneksi downloadnya juga lagi dipakai buat download. Jadi kalau posisi kita lagi download dan upload di waktu yang berbarengan bakal gagal salah satunya. Karena beberapa kali dapat penawaran dari sales Firstmedia yang keliling ngasi brosur, isenglah tanya tentang First Media. Hal pertama yang saya tanyakan adalah di perumahan ini itu sudah FTTH atau masih coaxial, FTTH ini kepanjangan dari Fiber to the Home alias kabelnya sudah fiber optik. Kalau sudah FTTH berarti speed download dan uploadnya 1:1, sedangkan kalau yang coaxial itu speed uploadnya cuman 15% dari speed downloadnya. Yang coaxial itu biasanya dikenal dengan sebutan HFC (Hybrid Fiber Coaxial). Biasanya pelanggan lama Firstmedia masih pakai HFC, soalnya FTTH biasanya perumahan baru yang tersedianya. Pelanggan lama masih beberapa yang sudah migrasi ke FTTH dan masih banyak yang HFC. Kalau masih HFC sih sama aja dengan Indihome lah yaitu enggak simetris speed download dan uploadnya.

proses pemasangan firstmedia

Perumahan tempat saya tinggal ternyata sudha FTTH dan ada paket penawaran untuk pelanggan baru di perumahan saya yaitu adalah ada 3 paket internet yang disediakan. Yang pertama namanya Stream Value yang menawarkan paket internet saja tanpa TV ditawarkan dengan paket paling rendah itu Upto 50 Mbps, Joy Value untuk paket internet dan TV dengan paket paling rendah Upto 100 Mbps dan yang terakhir adalah paket Star Value yang mana menyediakan paket internet, TV dan streaming dengan paket terendah itu 300 Mbps.

modem router firstmedia

Berhubung saya kepengen biaya langganan internet yang murah, tanpa TV karena emang jarang nonton TV saya memutuskan untuk tanya paket Stream Value, lumayan harga langganan per bulannya cukup menarik yaitu Rp. 275.000, sedangkan kalau saya langganan Indihome kemaren itu Rp. 385.000 internet dan TV. Kalau Indihome ada FUP (Fair Usage Policy) yaitu ada batasan kalau pemakaian internet kita melebihi kuota yang ditetapkan maka ada penurunan speed internet, sedangkan kalau Firstmedia tidak ada FUP alias unlimited. Memang sih di Indihome saya belum pernah sampai melebihi kuotanya, karena paling besar sebulan saya pemakaiannya misal rajin itu cuman 300 Gb, belum sampai 1 Tb pemakaian internetnya. Maklum sekarang sudah enggak ada kerjaan download, adanya paling streaming aja.


Udah ada Netflix dan kawan - kawan jadi bisa streaming aja tanpa harus menyimpan file film di hard disk. Menurut salesnya itu kalau FM berbeda dengan indihome, kalau indihome kita pakai internetnya dulu baru bayar langganan bulan depan, kalau FM itu bayar dulu baru bisa dipakai internetnya. Dan kalau FM sekarang tanpa biaya pasang baru, dulu waktu indihome saya ada uang yang di hold sampai setahun. Uang yang di hold itu sejumlah 1 bulan biaya langganannya. 


Paket Stream Value ini kalau berlangganan ada cashback setiap bulannya yaitu Rp. 15.000, mungkin dibikin ada cashback biar banyak pelanggan pasang baru. Menurut salesnya sih diperumahan saya ini sudah mulai banyak yang berlangganan FM, mungkin karena faktor harga langganannya. Kalau indihome sekarang itu minim diatas Rp. 300.000 tiap bulannya. Saya waktu tanya - tanya masalah FM ini di bulan Februari, pengennya kemaren langsung pasang sih. Tapi berhubung kemaren istri masih sering nonton TV, akhirnya saya pending pasangnya di bulan maret.


Untuk daftarnya bisa lewat salesnya atau bisa lewat website resmi Firstmedia, cuman butuh KTP saja, nomor hp aktif dan alamat email aktif, untuk alamat email ini wajib Gmail. Karena waktu daftar pakai alamat email Yahoo ternyata enggak bisa. Kalau saya kemaren setor KTP ke salesnya dan pilih paket internet apa, setelah itu dijadwalkan untuk pemasangan dan instalasi kabelnya. Kemaren saya tanggal 16 Maret jadwal pasangnya, saya pilih hari sabtu biar enggak ganggu waktu kerja. 


Kerennya waktu teknisi datang untuk pasang instalasi kabel itu mereka naik mobil, kaget saya soalnya biasanya teknisi indihome bawa motor aja waktu pasang dulu. Mungkin karena jauh dari kantor pusat Firstmedia di Surabaya dan karena emang teknisinya memang enggak sebanyak teknisi Indihome, jadinya lebih ekslukis sih. Mereka udah siap bawa kabel dan tangga, jadi kita uda tinggal ngeliatin aja teknisi narik kabel dan memulai instalasinya. Menurut salesnya itu paling cepet proses pasang baru dan aktifasi sekitar 1 jam, dan kemaren juga sekitar segituan sih waktu yang dibutuhkan. Cepet kok pasangnya, kebetulan depan rumah persis ada tiang FM jadi tinggal ngambil dari sana. 


Karena langganan internet doang jadi saya cuman dapat router aja, merk Huawei yang sudah dual band. Dan sewaktu aktifasi saya minta untuk port di routernya untuk diaktifkan semua. Waktu jaman indihome cuman port 3 dan 4 yang dibuka, port 1 dan 2 harus kudu otak atik sedikit untuk bisa dipakai. Saya pakai soalnya ada CCTV yang saya sambungkan di internet jadi kudu bisa portnya. Proses aktifasi ntar kita dapat email aktifasi yang berisi kode yang harus dimasukkan di hp teknisi, sebelum itu saya disuruh membuat nama wifi beserta passwordnya. Saya juga dikasi akses untuk masuk ke routernya yaitu berupa username dan password routernya, kalau besok - besok mau ganti nama wifi dan passwordnya. 


Akses ke routernya juga standar yaitu ke 192.168.1.1 terus tinggal masukin username admin beserta passwordnya. Enggak sampai lima menit internetnya sudah langsung aktif, dan bisa digunakan. Saya coba speedtest, fast sama cek bufferbloat. Semuanya aman semua, cuman bufferbloatnya enggak bisa A+ sih, tapi ya sudah lumayan sudah di A. Yang bikin kaget speed uploadnya itu sampai 100 Mbps waktu di Speedtest.


Sekarang saya nulis tulisan ini belum genap langganan sebulan, pembayaran pertama kalau FM itu setelah 10 harian pemakaian baru kita diwajibkan bayar biaya langganannya. Dan kita bisa akses aplikasi My Firstmedia di Android atau iOS dengan menggunakan email waktu pendaftaran. Aplikasi ini juga yang digunakan untuk reedem kalau ada promo - promo. Tapi karena belum genap sebulan kemaren juga langsung disambut trobel, trobelnya dinotif email sektiar 12 jam perbaikan. Gangguan masal, belum sebulan udah mulai disambut dengan gangguan, untungnya enggak sampai 12 jam sih. Gangguannya mulai jam 4 sore sampai jam 21.30 baru bisa digunakan internetnya.


Semoga aja kedepannya jarang gangguan kayak kemaren, karena saya udah berharap kalau FM ini lebih baiklah untuk digunakan sebagai jaringan internet utama dirumah.


bufferbloat test firstmedia

fast firstmedia

speedtest firstmedia

22 komentar:

  1. wahhh lepas ni boleh surf internet sepantas halilintar hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. harapannya koneksi internetnya sih stabil

      Hapus
    2. sebelum ni teruk sangat ke signal nya?
      kalau tonton Youtube tu kerap buffering?

      Hapus
    3. sebelum ini juga lancar sih,
      sekarang ingin koneksi uploadnya lebih cepat

      Hapus
    4. sekarang WFH ke? (work from home)

      Hapus
  2. Es terrible cuando la internet esta lenta o no coge. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. La conexión a Internet debe ser estable en mi opinión.

      Hapus
  3. Moga-moga dengan ganti yang baru internetan bisa jadi lebih cepet dan stabil,dan gak ada lagi gangguan ,selamat menikmati fasilitas yang baru maseh...tengkiyu dengan informasi nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini cuman pernah gangguan setelah 5 hari langganan, tapi g sampai setengah hari gangguannya

      Hapus
  4. wuiih bisa dipantau lwt android juga ya mas... mantap deh, kalo deket sih saya main deh kesitu, numpang wifi gratisannya hehe... :D

    BTW, mohon maaf lahir dan batin mas Rezky, barangkali saya punya salah saat ngeblog dan komen 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. mhn maaf lahir batin juga mas
      monggo kalau mau wifian hehe

      Hapus
  5. Kenceng juga sinyalnya mas. Semoga dengan kecepatan ini semakin semangat untuk berkarya :D
    Salah satu layanan yang dibutuhkan pada provider internet adalah penanganan ketika ada gangguan. Tentu saja yang semakin cepat bakal menarik minat para calon pengguna. Namun, secepat penanganan, lebih baik meminimalisasi gangguan yang terjadi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teknisi waktu gangguan kalau fast respon sih mantep
      karena kalau gangguan, kita enggak bisa internetan

      Hapus
  6. Bagusnya.
    Sini masih perlahan kelajuan internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nampaknya masih di tempat saya koneksinya lambat hehe

      Hapus
  7. semoga memang sudah much better FM ini ya mas.. jangan kayak dulu deh, kacau bangetttt. biar gimana internet penting skr ini, udh ga bisa rumah tanpa wifi. apalagi suamiku juga sesekali msh WFH dari kantornya... tapi krn msh sangat puas dengan indihome ya ga niat ganti... temen2 aja yg msh pake FM dan sering ngeluh. makany berharap FM memang udah bagusan skr

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya aslinya enggak ada masalah dengan indihome, cuman saya pengen nyoba provider lain yang lebih murah aja hehe
      kalau di lokasi rumah sudah ftth sih insyaallah udah stabil

      Hapus
  8. di daerah ku juga sinyalnya kencang dan banyak benefit sebagai member :D

    BalasHapus
  9. wah murah juga ya
    sayang di kampungku belum masuk nih FM

    BalasHapus
  10. ku juga pernah berlangganan FirstMedia. hati-hati saja. cek selalu tagihan, karena mereka suka diam-diam menaikkan tarif tagihan dengan mengaktifkan layanan-layanan ngga jelas. kalo ketahuan dan protes, baru nanti dihilangkan, terus nanti begitu lagi.. 👀

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.