Jumat, Oktober 20, 2023

Ice Cold Netflix

Ice cold netflix

Pada tanggal 28 September 2023, Netflix merilis sebuah film dokumenter yang menggugah pikiran berjudul "Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso." Dengan disutradarai oleh Herwin Novianto dan dibintangi oleh Edi Darmawan Salihin, Erasmus Napitupulu, Marcella Zalianty, dan Otto Hasibuan, film ini menghadirkan penonton dalam perjalanan mendalam untuk mengungkap misteri dibalik pembunuhan yang terjadi pada tanggal 6 Januari 2016 di Kafe Olivier, Mall Grand Indonesia, Jakarta.


Sinopsis Film


Film dokumenter ini dimulai dengan memperkenalkan penonton kepada hubungan dekat antara Jessica Wongso dan Wayan Mirna Salihin. Mereka adalah teman kuliah yang menghabiskan banyak waktu bersama, bahkan pergi berlibur ke luar negeri. Namun, nasib tragis menghampiri mereka pada hari tersebut saat mereka bertemu untuk makan siang.


Pada saat itu, Jessica Wongso memesan dua cangkir kopi Vietnam di Kafe Olivier, satu untuk dirinya dan satu untuk Mirna. Tapi saat Mirna minum kopi tersebut, tiba-tiba saja dia merasa sakit dan muntah-muntah. Dibawa ke rumah sakit dengan segera, Mirna dinyatakan meninggal dunia akibat keracunan sianida.


Polisi segera menetapkan Jessica Wongso sebagai tersangka dalam kasus ini, dengan dugaan bahwa dia telah mencampurkan sianida ke dalam kopi Mirna. Jessica dengan tegas membantah semua tuduhan tersebut dan bersikeras bahwa dia tidak bersalah.


Film ini memberikan pandangan mendalam tentang proses persidangan Jessica Wongso, termasuk upaya keras pengacaranya, Otto Hasibuan, untuk membuktikan ketidakbersalahannya. Meskipun upaya tersebut dilakukan, majelis hakim akhirnya memutuskan bahwa Jessica bersalah dan menghukumnya dengan penjara selama 20 tahun.


Pertanyaan yang Belum Terjawab


"Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso" menjadi sebuah film yang menarik karena berhasil menggali berbagai pertanyaan yang belum terjawab mengenai kasus pembunuhan ini. Beberapa pertanyaan kunci yang disorot dalam film ini antara lain:


·      Apakah Jessica Wongso benar-benar adalah pelaku pembunuhan?

·      Apakah ada bukti yang cukup kuat untuk membuktikan bahwa Jessica bersalah?

·      Apakah terdapat kejanggalan dalam proses persidangan?


Film ini menyajikan berbagai narasumber, termasuk Jessica Wongso sendiri, pengacaranya, ahli forensik, dan saksi mata, untuk memberikan pandangan mereka mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut. Namun, yang menarik adalah bahwa jawaban yang diberikan oleh narasumber tersebut tidak selalu sejalan, meninggalkan ruang bagi penonton untuk merenung dan merumuskan pendapat mereka sendiri.


Review Film


"Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso" adalah sebuah film dokumenter yang memukau dan kontroversial. Film ini berhasil memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya dalam berita atau dokumen sebelumnya.


Film ini juga memiliki daya tarik tersendiri karena berhasil menggali pertanyaan-pertanyaan yang sulit dijawab mengenai persidangan Jessica Wongso. Keputusan yang diambil dalam persidangan ini memang menjadi bahan diskusi yang hangat bagi masyarakat Indonesia, dan film ini membantu membuka diskusi tersebut.


Namun, ada beberapa kekurangan yang patut diperhatikan. Beberapa pertanyaan dalam film masih tetap belum terjawab secara memuaskan, dan mungkin tidak ada kepastian yang benar-benar ditemukan dalam kasus ini. Selain itu, film ini tidak sepenuhnya menggali aspek hukum dalam kasus ini dengan mendalam, sehingga mungkin meninggalkan beberapa penonton dengan kebingungan.


Secara keseluruhan, "Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso" adalah sebuah film dokumenter yang patut ditonton oleh mereka yang tertarik dengan cerita kriminal yang misterius. Film ini memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dan berhasil menggali berbagai pertanyaan yang belum terjawab, meskipun dengan beberapa kelemahan yang bisa ditingkatkan. Sebuah karya yang mengundang perenungan dan pembicaraan panjang bagi masyarakat Indonesia.




38 komentar:

  1. Thanks -Christine cmlk79.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Ga kerasa 7 th...dulu tiap ntn tv beritanya kasus ini terus,jadi berasa nonton film pembunuhan,eh gak taunya di bikin filmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak keangkat lagi beritanya gegara film ini

      Hapus
  3. Aku agak kurang yakin kalau pelakunya Jesika, soalnya masa iya Jesika bisa nyuruh-nyuruh petugas kafe buat meracuni? seharusnya kafenya yg dicurigai wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku si masih yakin jesika pelakunya mas hehe

      Hapus
  4. kok marsella zalianti? kayaknya ada salah nulis tuh hehe..
    pas liat ice cold belum bisa komen apa apa, hanya bisa berharap semoga peradilan di Indonesia menuju ke arah yang lebih baik....untuk mengenai filmnya yang kuingat bagian jasnya pak otto yang serba biru, sebelumnya mau terbang ke alaska tapi ga jadi sama ia yang serba 5 makanya punya otto lima

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada beberapa detik mbak mersella zalianti hehe di filmnya,,,

      Hapus
  5. Gracias por la reseña. Tomó nota. Te mando un beso.

    BalasHapus
  6. Yang paling diingat pada kasus ini adalah sidangnya yang berjilid-jilid. Dan sampai pelaku dinyatakan bersalah, masyarakat belum yakin dengan kebenaran kejadian dan motifnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali, sekarang malah naik lagi beritanya ini ya

      Hapus
  7. Sebuah film dokumentar yang tergolong berani ya
    dan tak ada pihak yang melarangnya, biasanya dilarang terbit
    Saya sebagai penyimak, juga tak tahu mana yang benar kejadiannya
    yang jelas, secara hukum telah di vonis 20 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya soalnya netflix, lain halnya kalau di tv, pasti udah tambah rame hehe

      Hapus
  8. film dokumenter yang viral bgt.. saya juga nyimak aja nih beritanya, sambil baca2 komen nitizen di medsos. Yang jelas pengadilan gak mau ngulang kasus ini karena sudah diputuskan.misteri bgt,makanya filmnya jadi viral juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tambah seru sekarang, apakah bakal naik lagi beritanya lagi

      Hapus
  9. Dah tengok trailer... menarik!

    BalasHapus
  10. wah...menarik juga jalur cerita ini...yang penting juga ada mesej yang cuba disampaikan oleh filem tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali, diangkat dari peristiwa asli hehe

      Hapus
  11. Menarik jugak dokumentari ni. Dekat Netflix Malaysia pun dah masuk dokumentari ni. Boleh la tonton nanti.

    BalasHapus
  12. Aku baru nonton setengah. Dari situ juga udh ngerasa janggal sih Ama kasus ini 🤣. Sampe Skr pun aku ga yakin Jessica pembunuhnya. Apalagi ada keterlibatan Sambo saat JD penyidik 😂😂😂

    Kalopun memang kasus ini direkayasa Ama Orang2 berkuasa, biarlah ntr di pengadilan trakhir aja mereka bertanggung jawab 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masih misteri, kemaren kayaknya butuh datengin detektif conan atau kindaichi, atau bahkan kudu sherlock hehe

      Hapus
  13. Aku belum nonton filmnya tapi dulu kadang baca beritanya tentang kasus Jessica ini.

    Jadi pendapatku, aku tidak tahu apakah Jessica pembunuhnya atau bukan. Kalo bukan lantas siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu kalau bukan jesika jadi gantung lagi siapa pelakunya

      Hapus
  14. kalau jessica yang bunuh, bila masa pula dia masukkan sinida dalam kopi mirna? tiada CCTV dalam kafe ketika itu? bagaimana dgn barista yang sediakan kopi itu? adakah dia juga dibicarakan di mahkamah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah di periksa, cuman keputusannya saat sidah jesika yang melakukannya kak

      Hapus
  15. Balasan
    1. iya mbak sekalian dilanjutin nonton filmnya hehe

      Hapus
  16. setelah nonton ini, jadi makin bingung sama kasusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin bingung, tapi kasusnya jadi naik lagi

      Hapus
  17. Saya tahu tentang kejadian ni sebab pernah tengok dokumentari di Youtube. Sanggup ya kawan bunuh kawan sendiri, dalam keadaan orang ramai dan di waktu siang hari pula tu. Berani betul dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ceritanya sampai dibuka lagi
      jadi banyak spekulasi muncul lagi

      Hapus
  18. Ada jumpa ilem ini cumanya tak berkesempatan lagi nak tonton..

    BalasHapus
  19. Saya ada nampak di Netflix. Belum sempat untuk menonton. Nampak menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa jadi tambahan satu watchlist di netflix

      Hapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.