10 Oktober 2021

Pengalaman Buka Rekening BRI Online


Sekarang buka rekening Bank BRI bisa dilakukan secara online loh, ini saya mau sharing pengalaman buka rekening BRI lewat smartphone. Yang perlu disiapkan pertama kali adalah kartu tanda penduduk atau KTP, NPWP (ini opsional kalau g punya juga gakpapa) dan yang terakhir adalah uang buat ngisi setoran awal. Untuk rekening jenis Simpedes setoran awal minim nanti Rp. 50.000. Ohya untuk data di KTP kita harus sesuai dengan data dispendukcapil ya, beda satu huruf atau beda nama ibu kandung atau juga beda tanda petik bakal ditolak waktu pendaftaran nanti.

Pengalaman ini saya buat lewat perangkat iPhone sebagian dan beralih ke android untuk beberapa step terakhir karena ada masalah teknis. Saya sarankan untuk pakai Google Chrome untuk mengakses website nya karena kalau pakai Safari untuk iPhone itu ada beberapa bug di beberapa step terakhir. Saya rasa kalau pakai Chrome bakal lebih mulus untuk pendaftarannya.

Berikut saya jelaskan per step untuk membuka rekening bank bri lewat smartphone :

1. Akses website https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/  pilih Buka Rekening.

2. Akan muncul 4 step untuk membuka rekening BRI secara online, pilih Buka Rekening.

3. Akan muncul 4 pilihan jenis tabungan yang bisa dipilih, terdiri dari Britama, Britama X, Britama Bisnis dan Simpedes. Saya sarankan sih kalau yang mau tabungan dengan biaya administrasi murah ya Simpedes pilihannya karena biaya administrasi bulanan dan biaya kartu atm Rp. 8.000. Untuk Simpedes ini setoran awalnya Rp. 50.000 dengan saldo minimum Rp. 25.000. Saldo minimum ini adalah saldo yang tidak bisa diambil dari rekening dan yang harus kita jaga nominal tabungannya agar tabungan masih bisa digunakan. Setelah itu Pilih Rekening.

4. Setelah itu kita memilih Bank BRI terdekat untuk mencetak buku tabungan dan ambil kartu ATM, saran saya sih Bank BRI terdekat, biasanya yang terdekat adalah BRI Unit. Setelah kita ketik nama BRI Unit yang kita tuju kita pilih cari. 

5. Foto KTP, wajib KTP asli dan harus memfoto sesuai batasan yang disediakan.

6. Setelah itu kita isi NIK, Nama, Tanggal Lahir, No HP, E-Mail, Nama Gadis Ibu Kandung dan Kode Pos

7. Setelah itu akan masuk ke Verifikasi No HP, nanti bakal dapat sms yang berisi kode OTP.

8. Setelah itu akan masuk ke perekaman Video, kalau pakai browser Safari pasti bakal gangguan kayak percobaan saya sampai akhirnya saya ganti hape android. Pada perekaman video ini kita harus mengikuti kata - kata di dalam kotak yang isinya : "Saya (nama kita) setuju untuk melakukan pembukaan rekening di Bank BRI".

9. Setelah itu masuk menu untuk foto selfie diri dengan ktp asli dan tanda tangan. Tanda tangan disini adalah kita tanda tangan di layar yang telah disediakan. setelah itu foto npwp dan menunggu proses verifikasi.

10. Tidak sampai 1 menit selesai verifikasinya, setelah itu kita dapat sms kode OTP untuk verifikasi. 

11. Rekening berhasil dibuat, kita dapat email juga yang berisi pesan kalau berhasil untuk membuat rekening Simpedes.

12. Setelah itu tinggal membuat setoran sebesar Rp. 50.000, bisa lewat BRIVA atau ada beberapa pilihan lain, bisa lewat indomaret juga setoran awalnya.


 13. Setelah itu kita bisa ke Bank BRI yang kita pilih untuk mengambil kartu ATM dan buku tabungannya di Customer Service.

 

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

5 Responses to "Pengalaman Buka Rekening BRI Online"

  1. WOW, so convenient and senang kalau boleh buka bank akuan online. Kami mesti pergi bank dengan salinan kad pengalaman untuk buka akuan bank baru. Cara ini susah sedikit tetapi selamat.

    BalasHapus
  2. memang kalau urusannya sudah data bakal susah kalau beda misal mau urus urus apa

    ternyata sangat mudah ya caranya dan melalui perangkat iphone pula...lebih mulus lagi kalau pakenya chrome..thx for share

    BalasHapus
  3. Wogghhh.. Saya udah ga inget punya buku rekening saking ga pernahnya pakai wwkwkwk kapan terakhir kali pake lah ya hahaha

    BalasHapus
  4. Lumayan mudah juga membuka rekening di BRI secara online dan setoran awalnya pun sangat terjangkau hanya lima puluh ribu dengan potongan biaya administrasi bulanan dan kartu hanya delapan ribu

    BalasHapus
  5. sekarang hampir semua bank sudah bisa buka rekening lewat online
    yang agak susah si ngepasin tanda tangan biar sama kayak KTP
    biasanya CSnya minta ngulang karena ga sama

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.