23 April 2021

Mengenal Apa Itu NFC dan Manfaatnya untuk BRIZZI BRI


Di zaman sekarang, hampir sebagian besar masyarakat lebih suka menggunakan pembayaran secara cashless atau menggunakan uang  elektronik. Bagaimana tidak, uang elektronik memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi apapun, mulai dari pembayaran e-toll, MRT, naik bus, belanja ke supermarket, dan lain-lain. Semua itu dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan kartu uang elektronik saja, tanpa perlu membawa uang yang banyak di dompet.


Nah, bagi pengguna BRI, selain bank BRI Indonesia internet banking terbaru seperti aplikasi BRI mobile atau BRImo, tentu sudah tidak asing lagi dengan kartu uang elektronik yang bernama BRIZZI BRI. BRIZZI BRI adalah kartu uang elektronik dari BRI yang dapat digunakan untuk membayar e-toll, MRT, KRL, ataupun kebutuhan transaksi lainnya. 


Sayangnya, kekurangan dari kartu uang elektronik adalah kamu harus pergi ke supermarket atau ATM untuk mengecek sisa saldonya. Akan tetapi, masalah tersebut dapat diatasi dengan baik jika handphone-mu sudah mempunyai fitur yang bernama NFC atau near-field communication


Apa itu NFC? Pada dasarnya NFC adalah salah satu teknologi yang menggunakan frekuensi radio yang dapat menjadi perantara satu handphone dengan handphone lain yang sama-sama memiliki fitur NFC. Secara sederhana, cara kerja NFC hampir sama seperti infra merah yang digunakan untuk berbagai file handphone.


Jika handphone-mu punya fitur NFC, ini akan memudahkanmu dalam menggunakan layanan kartu uang elektronik seperti BRIZZI BRI. Sebab, NFC menjadi perantara antara kartu BRIZZI dengan handphone. Jadi, kamu bisa mengecek saldo ataupun top up saldo BRIZZI lewat handphone, tanpa haruske ATM atau kantor cabang bank BRI terdekat. Cara menggunakan NFC di handphone untuk top up saldo pun cukup gampang. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:


•    Buka https:/ib.bri.co.id atau aplikasi BRImo. Login menggunakan user ID dan password yang sudah terdaftar

•    Ketuk menu “Pembelian” yang ada di halaman home BRI internet banking

•    Pilih “Top up online BRIZZI”, kemudian pilih sumber rekening yang digunakan untuk menambah saldo BRIZZI

•    Masukkan nilai top up saldo BRIZZI. Setelah itu, tempelkan kartu BRIZZI kebelakang bagian ponsel.

•    Secara otomatis, layar handphone akan menampilkan notifikasi berhasil untuk top up saldo BRIZZI BRI

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

12 Responses to " Mengenal Apa Itu NFC dan Manfaatnya untuk BRIZZI BRI"

  1. Kami di Malaysia juga dah guna pembayaran secara cashless tetapi saya belum confident menguna cara ini. Harap saya akan tukar "mind set" saya and go cashless one day

    BalasHapus
  2. aku kepakenya buat bayar e toll mas, praktis...cuma harus engeh ada saldonya nda..klo dah terlanjur mo tap in tetiba saldo ga nyukup tengsin pinjem belakange haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang untuk etol itu enak
      hehe
      sekarang apalagi bisa top up pakek hape doang

      Hapus
  3. Saya cuman pake ATM. terima kasih tutorialnya. Insyallah akan dicoba. Kalau bisa urusan dipermudah, Kenapa tidak. Terima kasih telah berbagi,

    BalasHapus
  4. Di sini belum ada tol, jadi kartunya belum kepake.
    Cuma pas ke Jakarta doang kemarin itu baru kepake.

    BalasHapus
  5. Amazing post!
    Thanks for sharing 😍😍
    Regards:)

    BalasHapus
  6. jadi ingat pemilu 2019, terpaksa pakai Hp yg ada NFCnya unt cek KTP, dan ternyata Chip memang e-ktp terbaca kalau pakai NFC, eh sekarang malah HPnya serign dipakai untuk Cek saldo etol sama teman. saya sendiri malah jarang pake NFC.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang kayaknya udah g ada ya aplikasi untuk ngebaca ektp?

      Hapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.