27 September 2020

Pengalaman Pasang CCTV


CCTV atau Closed Circuit Television saat ini bisa menjadi salah satu alat bantu keamanan di rumah. Jadi pengalaman memasang CCTV ini berdasarkan keresahan dikarenakan ada tetangga saya atau tepatnya tetangga di belakang rumah saya ini kemalingan. Untuk rumah standar rumah contoh di perumahan itu biasanya terdiri dari bangunan biasa, pintu dan jendela biasa. Untuk lebih amannya sih mending dipasang teralis dan kunci tambahan agar rumah dalam keadaan aman dari gangguan maling atau rampok. Tetangga saya yang kemalingan ini kebetulan rumahnya juga masih standar dan belum dipasang teralis, apalagi tembok rumah belakang juga belum ditutup permanen. Jadi kejadiannya itu terjadi di hari sabtu, beberapa minggu sebelum hari raya idul fitri, kebetulan deretan rumah tetangga saya ini masih belum penuh terisi, ada sekitar 3 rumah yang berpenghuni dan beberapa rumah lainnya itu kosong. Siang hari suasana deretan tetangga saya ini memang sepi karena semuanya kerja, kemungkinan juga malingnya sudah ngecek lokasi dan di hari sabtu ini eksekusi. Rumah tetangga saya ini dicongkel jendela depan, dan menggasak uang tunai yang ada di rumah, nah jadi posisi pintu di dalam rumah tetangga saya ini semuanya masih di lubang kunci, alias pintu di dalam rumah enggak di kunci. Malingnya jadi leluasa menyisir satu rumah karena tidak ada kamar yang dikunci, setelah menyisir satu rumah malingnya membuka pintu belakang dean melompat ke belakang dengan tangga yang ada di belakang rumah. 

Dari cerita tetangga saya ini, sayapun buru - buru memesan teralis dan kepikiran untuk masang CCTV. Kenapa CCTV, karena sekalian ngawasin rumah juga. Setidaknya kalau ada orang yang berniat buruk pas ngelihat rumah dan ngeliat ada CCTV bisa ragu untuk berbuat jahat. Dan juga CCTV saat ini juga bisa diakses lewat smartphone asal ada koneksi internet. Nah karena dasar ini, sayapun searching di google untuk CCTV, hasil searching saya ini pun mengerucut di Ace Hardware. Di Ace Hardware ini menjual CCTV dan juga pemasangannya, jadi saya tidak perlu beli CCTV dan peralatannya secara terpisah, apalagi dengan pemasangannya.


Karena rumah saya di Gresik, dan Ace Hardware yang terdekat itu di Icon Mall, sayapun bergegas ke sana. Di Ace Hardware ada beberapa CCTV yang dijual mulai dari harga Rp. 3.000.000 sampai Rp. 8.000.000, dari yang kamera 4 sampai kamera 8. Dari beberapa display, saya tertarik sama yang harganya di tengah - tengah alias Rp. 5.000.000, isinya ada 2 kamera outdoor sama 2 kamera indoor, sama DVR dengan kapasitas hard disk 2 Tb, slot kamera di DVR ini ada 8, jadi masih ada 4 slot yang kosong, mungkin besok - besok mau nambah kamera tinggal dicolok di slot yang kosong. Untuk pemasangan jika jarak rumah itu dibawah 10 km dari lokasi Ace Hardware maka tidak dikenakan biaya pemasangan, kalau diatas 10 km bakal dikenakan biaya yaitu Rp. 150.000 tiap kamera atau sebutannya tiap titik. Setelah membayar pembelian CCTV ini kita bakal di catat untuk jadwal pemasangannya itu diagendakan kapan, waktu saya beli sih kebetulan habis hari raya idul fitri, jadi sekitar 2 harian setelah saya beli baru bisa ada pemasangan. 


Pada hari yang telah ditentukan pukul 10.30 WIB, saya sudah dihubungi oleh petugas Ace Hardware yang akan memasang CCTV, sewaktu pembelian paket CCTV nya saya bawa langsung, jadi sewaktu pemasangan teknisi tinggal datang dan pasang. Petugas yang memasang CCTV itu ada 2 orang, pertama yang dilakukan adalah memilih lokasi pemasangan CCTV yang pas, posisi yang saya tentukan itu 1 kamera di depan di tempat parkir mobil, 1 kamera di belakang, dan 2 kamera di ruangan TV yang menyorot pintu depan dan belakang. Kurang lebih pemasangan kamera sekitar 1 jam, cukup cepat karena memang teknisi yang pasang sudah berpengalaman, jadi masang kamera dan penempatan DVR tidak memakan waktu lama. CCTV ini saya sambungkan dengan koneksi Indihome jadi sewaktu - waktu bisa saya pantau lewat HP, untuk menyambungkan dengan router indihome nya ini kita harus menyiapkan kabel LAN (Local Area Network), nah kemaren itu saya sudah beli kabel LAN sendiri tapi berhubung kurang panjang, akhirnya saya beli ke petugas yang pasang CCTV ini kebetulan juga membawa kabel LAN. DVR CCTV ini saya sambungkan dengan TV di ruang kamar dengan kabel HDMI. Setelah tersambung dengan Indihome, saya menginstall aplikasi CCTV di HP saya dan istri dengan menggunakan barcode dari DVRnya.




Pemasangan CCTV selesai, jendela juga dipasangi teralis, semoga tidak ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

29 Responses to "Pengalaman Pasang CCTV"

  1. Waduh, ngeri juga ya kalau ada maling di lingkungan rumah. Aku juga sempat pasang CCTV, tapi yang portable (mi Home) untuk mantau anak di rumah sewaktu ngantor. Sepertinya instalasinya lebih ribet ya untuk CCTV permanen seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya xiaomi juga keren juga itu cctvnya,nirkabel jadinya nyambung wifi doang ya

      Delete
  2. Jadi terniatkan juga rumahku dipasang cctv setelah baca post ini.
    Mana sekarang kan lagi kurang aman akibat resesi adanya epidemi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, sekarang orang makin nekat karena kena phk dan nyari duit susah

      Delete
  3. Rumahku dulu juga pernah kemalingan karena ditinggal saat lebaran.

    Berarti harga 5 juta itu dapat 2 cctv didalam dan 2 cctv lagi di luar rumah ya kang. Semoga saja aman rumahnya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, harga nya ternyata lumayan mahal yaa. Aku sebagai orang awam trhadap hal beginian baru tahu loh harganya segitu. Tapi pasti, ada rupa ada harga. Kualitasnya pasti baik yaa. Semoga tetap aman, mas..

      Delete
    2. iya lumayan juga harganya,
      kapasitas penyimpanannya juga lega, 2tb

      Delete
  4. Duuuuh inget cctv, jadi inget kantor dulu, kebetulan tugasku salah satunya yaa cek cctv stiap pagi apakah ad yg eror dll. Ngecekin database ya, rekaman kemarin dan rekaman 6 bulan sebelumnya hrs msh tercover. Sekalinya eror, pusing wkwkwkwk. Panggil teknisi ujung2nya.

    Kalo untuk rumah, aku msh blm sih, apartmen juga ga aku pasangin, Krn ngerasa udh ada security nya aja :D.

    Tapi bagi yg rumahnya ga dijaga, menurutku memang ptg. Apalagi kalo ada nyimpen barang berharga di rumah. Drpd napa2, ya bagusan dipasang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya biar lebih tenang aja, meski juga udah melakukan tindakan preventif

      Delete
  5. wah ternyata si ace hardware ya beli perlengkapan cctvnya, okay post ini kubookmark dulu siapa tahu bermanfaat kalai aku ada keinginan tuk pasang cctv

    cz jaman sekarang maling atau rampok suka aneh aneh, takutnya bawa senjata, jadi untuk meminimalisir itu semua bisa juga nih dengan memasang cctv :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bener sekali
      pertama biar orang yang berkeinginan jelek pas ngeliat keatas dan ada ngelihat kamera jadi takut sendiri gitu, sekarang malah udah ada cctv yang bisa ngasi suara lo

      Delete
  6. Wow 5 juta. Kenapa ga beli 5 biji hp aja kang, hp kan bs di buat jd cctv juga via bluetooth 不不

    Mahal juga keseluruhannya, blm lagi biaya internetnya, LAN itu internet kan? 不

    Klo gue jadi maling, cctv nya yg pertama gue gondol 不不

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih tapi lumayan peer banget kalau ngincer cctv duluan
      hehe

      Delete
  7. Lohhh emnk sih yah harga nyesuain visual itu gambarnya jernih banget.. saya pke cctv cuma 2. Itupun saya letakkin di depan rumah sama di atas.. saya beli 2 kisaran 700an dlu.. merk xiaomi.. heheh

    Semoga kita selalu dihindari dari segala sesuatu yah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu belum sama dvrnya kan ya?
      apa wireless?

      Delete
  8. ngeri ya kalau udah ada berita kemalingan apalagi pas hari raya yang mana rata rata penghuni rumah akan mudik.
    perlu juga pasang cctv jika dirasa itu penting, kita bisa tau dan merasa aman dengan rumah kita sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener sekali,apalagi di saat pandemi gini

      Delete
  9. Dulu pernah, hanya tidak ikut langsung, hanya berdiri mengawasi, hahaha.. tapi yah sama prosesnya..

    ReplyDelete
  10. Kalo ada yang kemalingan, emang bikin parno juga sih.
    Tapi kalo kita siaga dan hati-hati, semoga terhindar lah dari bahaya kemalingan.

    Btw, mahal juga ya ternyata cctv itu, tapi harganya sesuai kualitas sih, jernih gitu gambarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sesuai kualitas gambar dan kapasitas penyimpanannya

      Delete
  11. Saya sudah lama niat pasang juga
    Ternyata harganya masih elit juga ya
    Harus ngumpulin duit dulu nih, harus rajin nabung

    ReplyDelete
  12. Bagus ada pasang CCTV. Terbaik kualiti video CCTV tu. Senang nak pantau rumah kita bila takde di rumah.

    ReplyDelete
  13. tak dinafikan, sekarang CCTV memang diperlukan di setiap rumah demi keselamatan ahli keluarga.

    mas, rakaman CCTV ini boleh dilihat menerusi hp juga ke?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dilihat lewat hape, jika saya ada dimanapun, pokok ada koneksi internet

      Delete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.