23 August 2016

Latah


Pernah gak sih, di saat kita lagi asik ngobrol dengan temen, dan di tengah - tengah pembicaraan kita itu ada yang g sengaja njatuhin barang, misalnya tas dan ada salah satu temen kita yang reflek mengumpat atau ngomong "ayam" atau "eh copot, copot". Kalau yang pernah dan punya temen yang seperti ini, berarti kalian emang ruarr binasa, haha #ehh. Kenapa????, berarti kita mempunyai teman yang mempunyai kebiasaan atau bisa dibilang kondisi yang "Latah". 

Latah, kalau menurut Wikipedia, adalah

"Suatu keadaan fisik di mana penderita secara spontanitas mengeluarkan respon (berupa ucapan kata-kata atau kalimat dan sering disertai gerakan tubuh) terhadap suara atau gerakan yang sifatnya mengagetkan penderita."

Di masyarakat kita sih, latah bukan merupakan hal baru dan tabu, melainkan hal yang sudah biasa. Terlebih juga beberapa artis di negara kita mempunyai kebiasaan ini. Menurut saya sih, latah itu kadang berawal dari suatu kebiasaan, misalnya kita terkejut terus mengatakan A atau B, nah besoknya kita terkejut dan mengatakan hal yang sama dan terus berulang menjadi suatu kebiasaan.

Untuk teman - teman yang sedang mengalami keadaan ini, mohon diarahkan untuk yang positif ya latahnya. Kalau negatif latahnya, ntar omongan yang keluar kemana - mana. Tapi emang banyak si sekarang latah yang kemana - mana ngomongnya, entah itu isi kebun binatang ataupun hal - hal tabu yang kudu di sensor. Untuk cara nyembuhin kondisi ini, saya pernah nonton si di TV, entah itu benar - benar asli apa rekayasa. Cuman waktu itu orang yang latahnya parah itu di hipnotis, dan di sugesti untuk gak latah. Di acara TV itu sih berhasil, tapi g tau itu bener apa g ya. Yang pasti jika ada yang latahnya parah itu bisa diminalkan dengan cara jangan dikagetin. Jangan di kagetin biar gak latah, bisa diminimalkan lah latahnya. Kondisi latah ini cuman di temukan di Asia Tenggara, tepatnya di Indonesia dan Malaysia, kalau Amerika kayaknya gak ada deh,hehe. Btw, istri saya juga latah kok, #ehmalahcurcol

source : link , link

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

43 Responses to "Latah"

  1. tah etaaaa, kadang-kadang suka latah dan kata-kata yang keluar yah itu nyebutin perkakasnya lelaki. soalnya mau nyebutin perkakasnya perempuan kok yo rasane tabu sisan yo rek, wakakakakakakkk

    ReplyDelete
  2. Kalo ada film horor laku trus banyak yg ngikutin buaat film horor juga
    Termasuk latah bukan?
    Kenapa y yg latah ditv suka sama ayam tw g?

    ReplyDelete
  3. Kalau menurutku.
    Latah itu awal pengulangan aktifitas/kalimat, kemudian menjadi kebiasaan. Setelah kebiasaan menjadi budaya.
    Niat awalnya cuma ingin mencuri perhatian. Dan orang ini memang kurang perhatian awal mulanya.

    ReplyDelete
  4. eh sapi.. eh sapi...
    itulah salah satu kelatahan nenek2 tetanggaku bang...

    tapi ada yang parah.... ada temen cowok ku yg latahnya kebangetan... kalau disentuh badannya dari belakang, terus kita awali dengan kosa kata yang negatip, tinggal nerusin kata2 lengkapnya tuh bocah.....
    hadeuhhh....
    paraahhh!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahah, banyak kejadian kayak gitu mas,hehe

      Delete
  5. Booooh, cuma di Indonesia sama Malaysia??? Yaelah, jadinya ntar budaya...
    Asal latah nggak dibikin hits, aman sudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup jadi budaya,,,yang katanya si lucu, #ehh

      Delete
  6. Memang lucu juga sih kang kalau punya teman yang latah karena bisa terus dilatahin biar muantappp, dan ditempat saya mah banyak sekali orang yang latah dan paling banyak mah ibu ibu, kalau menurut saya mah pasti ada juga kang di luar negeri yang latah selain dimalaysia, gk gk gk

    ReplyDelete
  7. yang latahnya suka berkata kasar dan jorok yang paling lucu sih. tapi kasian juga mereka, sampe lemes.

    yang paling parah kan latah yang sampe bergerak sesuai apa kata orang yang ngagetin, itu kan bahaya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. latahnya bisa ngagetin orang yang di sekitarnya,hehe

      Delete
  8. Teman saya juga ada yang latah, bahkan kalau disini ada juga yang latah nya ngucapin kemaluan pria

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bahaya yang kayak gitu y bang

      Delete
    2. Lebih bahaya nya lagi ini yang latah cewek bang, nah kalau di kagetin itu langsung bilang kejadian semalem sama suaminya :-D

      Delete
  9. yang bahaya klo latah gerakan, temen saya latah gerakan, dikagetin dengan kata "lompat",
    kata dia: "lompat eh lompat" sambil lompat.
    dikagetin dengan kata "cium" eh, dia main nyosor aja :D,

    ReplyDelete
  10. sepertinya kalau saya engga latah sih, pernah ada siswa yang memang latah kayak gitu.

    ReplyDelete
  11. Latah positif,,,
    Oke juga idenya tuch, biar bisa membawa perubahan yang positif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau positif,,kebanyakan malah negatif ini..

      Delete
  12. jaman sekolah & kuliah dl bnyk tmn yg latah, skrg mah jarang

    ReplyDelete
  13. Dialihkan ke yang positif ya, Mas, kata-katanya. Kedua, jangan dikagetin. Selanjutnya, sedikit demi sedikit bisa dihilangkan sesungguhnya :)

    ReplyDelete
  14. Aku dulu pernah latah gara2 dikagetin terus, tp lama2 berhenti sendiri karena tak tahan2.

    Iya tuh, orang latah sekarang malah suka nyebut kata gak pantes, bahkan pernah liat ibu2 latahnya ngomong alat kelamin.. udah gitu sekelilingnya nganggep itu lucu, haiish

    ReplyDelete
  15. iya juga ya ky
    aku baru ngeh karena baca posanmu, bule nggak ada ya latah emang ya kayaknya :o

    ReplyDelete
  16. Bilang eh ya amplop juga sering wkwkwk

    Nggakkk di thailand juga ada bang wkwkw

    ReplyDelete
  17. Temen kantor ku ada yang latah, kita suka ngerjain dia kalo dalam lift. Saat kita hendak keluar lift, kita teriak jongkok dan akhir nya dia ngikut ke lantai berikutnya

    ReplyDelete
  18. Gak inget pernah punya temen latahan, tapi inget punya tante suka latah. Sering nyebut ayam. Yak ngagetin tante sampe latah... hahahahha

    ReplyDelete
  19. eh eh e e e eh eh... itu latah juga bukan ya?

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.