12 May 2019

Pengalaman Daftar Jenius by BTPN



Apa sih Jenius? Mungkin belum banyak yang tau salah satu fintech keluaran dari Bank BTPN ini. Ohya fintech itu juga apa sih? Fintech itu kepanjangan dari Financial Technology atau dalam bahasa Indonesianya adalah Teknologi Finansial. Nah
Teknologi Finansial menurut Bank Indonesia adalah penggunaan teknologi dalam sistem keuangan yang menghasilkan produk, layanan, teknologi, dan/atau model bisnis baru serta dapat berdampak pada stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, dan/atau efisiensi, kelancaran, keamanan, dan keandalan sistem pembayaran. Perkembangan teknologi finansial di satu sisi terbukti membawa manfaat bagi konsumen, pelaku usaha, maupun perekonomian nasional, namun di sisi lain memiliki potensi risiko yang apabila tidak dimitigasi secara baik dapat mengganggu sistem keuangan.
Nah terus Jenius by BTPN itu apa? Nah Jenius ini adalah salah satu aplikasi perbankan masa kini yang dilengkapi oleh kartu debit Visa yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas finansial seperti menabung, transaksi transfer, atau mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas dan simpel. Dan aksesnya semua lewat smartphone kita. Termasuk yang pertama untuk eksplor di fintech ini sih BTPN dan yang paling penting banyak promonya. Mungkin bank lain juga ada fintech seperti ini cuman kok kayaknya kurang promosi sih.

Nah kembali di Jenius, pertama kali di launching di tahun 2016. Pertama hanya bisa registrasi di kawasan Jabodetabek. Aplikasinya bisa di download di Playstore atau Appstore. User interface untuk aplikasi ini memang mudah dan warna nya cerah jadi memanjakan mata, saya pertama kali daftar di tahun 2018 dulu masih baru tersedia di Kota Surabaya. Jadi setelah kita daftar lewat aplikasi, kita harus verifikasi di agen Jenius atau di Kantor Cabang BTPN. Posisi kita harus di Surabaya, jadi nanti kita janjian sama agen Jenius untuk verifikasi, kita bakal di samperin lah. Mau di kantor atau rumah juga gak masalah, dulu itu saya mikirnya kok agak ribet ya. Kudu ngatur jadwal, gak bisa apa verifikasi online. Tahun itu sih masih belum bisa, jadinya saya daftar dan gak di aktif aktifkan.


Sekarang ini lebih enak karena kit bisa mengaktifkan akun Jenius kita dengan Video Call mulai dari pukul 08.00 - 21.30 setiap harinya. Kalau pengaktifan akun ini saya ada cerita lucu, jadi setelah saya daftar itu posisi saya asih tidur - tiduran di kamar. Nah karena baru pertama kali jadi saya coba akivasi lewat video call, setelah ngeklik aktivasi nanti kita bakal diantrian dalam antrian video call. Apesnya saya itu saya posisi belum siap masih tidur - tiduran dan ternyata antrian video call nya sedikit dan ternyata langsung tersambung ke mas - mas crew Jeniusnya. Wakakak gokil setelah nyambung saya gedebag gedebug nyari posisi sopan wkwkwkwk. Malu bingit coy wkwkwkwkw.  Posisi saya waktu aktivasi itu jam 21.00 malam, buset pegawai Jenius totalitas ye tiap hari sampai malem begitu untuk aktivasi face to face, oh ya sewaktu aktivasi nanti kita diminta untuk menunjukkan KTP asli kita dan dipastikan koneksi internet stabil, penerangan cukup. Karena mas - masnya bakal minta kita menyebutkan nomor NIK KTP kita dan mencocokkan dengan tampilan di video. Setelah itu kita cuman ditanya nama ibu kandung, setelah itu kita bakal disuruh nunggu email aktivasi dari Jenius yang menyatakan akun kita aktif. Sumpah gampang banget sensasi buka rekening tanpa ke Bank. Sudah canggih ya sekarang itu, semua di akses modal smartphone dan internet doang.


Untuk apa saja yang ada di Jenius mungkin ntar bakal saya share di postingan selanjutnya. Happy Weekend!!!

picture src : link

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

11 Responses to "Pengalaman Daftar Jenius by BTPN"

  1. gak ngebyangin kalo pas dapet antrian vidio call waktu mandi ckck

    ReplyDelete
  2. Wah keren ya enak banget sekarang buka rekening lewat videocall, terus tuh kartunya dikirim ya ke rumah. Manteb bet dah, kudu nyaranin ke temen nih, eh btw soal btpn ini berarti harus orang yang sudah pensiun atau bagaimana

    ReplyDelete
  3. Sistem yang menarik dan perlu dicoba nih agar kita tahu dan punya pengalaman yang berarti..😐😄

    ReplyDelete
  4. Memang keren ya pelayanan btpn ini ya buka rekening saja bisa lewat online, saya menunggu versi syariahnya aja deh

    ReplyDelete
  5. untuk yang ingin simpel dan bisa nabung kapanpun dan dimanapun sepertinya ini cocok nih,..ea

    ReplyDelete
  6. Wih makin banyak yg daftar jenius yah...
    aku juga udah daftar tapi udah dari tahun lalu tuh.
    Emang lebih praktis sih jenius dan lebih asik ini sih.
    Tapi aku juga masih punya 2 bank lain.
    Di aku jenius cuma untuk simpen uang jajan aja sih
    jajanan onlen.. hehe kan bisa dipake kayak kartu kredit
    walau tak bisa kredit...

    ReplyDelete
  7. Semakin mudah aja nih dunia perbankan, bikin pengguna tidak perlu ribet ke bank lagi deh..

    ReplyDelete
  8. aku sering denger jenius jenius, tp blm pernah pakai aplikasi ini sih

    ReplyDelete
  9. pernah mau daftar jenius... eh lupa ktp ku gak jadi-jadi. hehe

    ReplyDelete
  10. Gimana pas dapat antrian kita lagi tertidur apa akan dibangunkan..hihihi

    ReplyDelete
  11. Punya BTPN tapi baru tahu lho soal jenius :D

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.