8 July 2010

Apa Itu Kebab?

Ada yang udah pernah makan makanan yang bernama KEBAB? Ups kalo sudah ataupun sering saya mohon maaf ya, karena ini jujur, aku baru pertama kali kemaren ini makan makanan yang namanya kebab ini, maklumlah anak kos, jarang makanan yang mewah. Tapi si keren rasanya, ntar dah q ceritakan, mungkin bagi yang mau mengerti dengan gamblang tentang KEBAB berikut adalah data yang aku temukan di Mbak Wiki maksudnya Wikipedia gitu,hehe.

Keba atau yang nama lainnya kebap, kabab, kebob, kabob, kibob, kebhav, atau kephav ini sebenarnya adalah masakan daging panggang ataupun dibakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi (nah loh, tapi ada macem - macem tipenya loo). Umumnya si makanan ini di daerah timur tengah (kayak di deket rumahq ni, deket kampung arab, jadinya banyak yang jualan ini), tapi ada juga dijumpai di Asia Tengah, Selatan sama Afrika.

Biasanya itu memakai daging domba dan daging sapi tapi kadang - kadang juga ada yang daging kambing, daging ayam, ikan atau bahkan kerang. Kalo kebab daging babi biasanya dipakai dalam masakan Armenia, Bulgaria, Siprus, Yunani, dan negara bagian Goa di India.

Nama kebab ini sebenarnya berasal dari bahasa arab yaitu kabab (کباب) yang awalnya berarti daging goreng, bukan daging panggang atau bakar. Pada abad ke - 14 ya kebab menjadi sebuah sinonim dengan tabahajah (hidangan berupa potongan daging goreng dalam bahasa persia). Dalam buku - buku berbahasa Turki, istilah kebab ini dipakai untuk makanan berbentuk bola - bola daging (kalo di tempat kita namanya bakso ya) yang dibuat dari daging ayam atau daging domba cincang. Nah istilah kebab ini baru berarti hidangan daging panggang atau disebut shish kebab sejak zaman kesultanan Utsmaniyah, namun masih ada istilah lain yang lebih kuno untuk daging panggang yakni shiwa (شواء)dalam bahasa Arab.

Nah begitulah, sampe sekarang kebab itu bermacam jenis, aku kemarin beli yang shimala apa gitu,, lupa, tapi kalo dari bentuk itu bisa dilihat di gambar kayak yang dijual di salah satu restoran cepat saji, tapi kalo di restoran itu dagingnya daging ayam kalo yang kemaren q makan irisan daging sapi,hehe. Tapi sama - sama enak kalo sambelnya banyak dah,, mantap banget... Berminat mencoba?,hoho, semoga aja postingan ini bermanfaat,hehe. Best Regards

source : http://id.wikipedia.org/wiki/Kebab

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

43 Responses to "Apa Itu Kebab?"

  1. gan ane pernah makan ga' enyeaaaak,,, atau lidahnya yang ga cocok xiixiixiix... thx linkbacknya...

    ReplyDelete
  2. Wah kebab apaaan yaa.. lum pernah denger ... keknya enak tuh sob.... oia ... aku juga mau dong tukeran link,, PRnya kan sama,, heheh... aku pasang dlu deh link kmu,, ditunggu back linknya yuuuukk..
    l
    l
    v
    MisterXWebz

    ReplyDelete
  3. waaa..

    jadi ngiler, tapi gak jual di medan,
    nice info, thanx,

    salam..

    ReplyDelete
  4. @downloadcenters.com
    ah,,,,gak enak di kocek bro,,mahal,,,

    @misterxwebz
    oke q pasang ntar lagi dah
    ditunggu saja

    @elok langita
    mau?
    beli...

    @yudie blogs
    salam juga
    hehe masak gak ada yang jualan si?

    ReplyDelete
  5. waaaahh..jadi laper ni....kunjungan balikku..makasi ya bwt kunjungannya...pls keep in touch..thanks a lot and have a great day ^_^

    ReplyDelete
  6. waduuh,,denger2 tu mahal yo men??
    rasane ternyata ga cocok ama lidahku men,,
    hahaha

    ReplyDelete
  7. Kebab itu memang enak, mantaplah. Sayangnya gak bagi2 euy hehe...

    ReplyDelete
  8. sama2 anak kost jadi jarang makan yg kayak ginian ... hehe

    ReplyDelete
  9. kunjungan balik nie :)
    manteb kayaknya nie kebab, sayang bloum pernah nyobain :) jadi gak tahu rasanya :D

    ReplyDelete
  10. *gulp*

    Kebab.... enak lho.... :p

    ReplyDelete
  11. aku suka kebab turki, mantabs..

    ReplyDelete
  12. Blum pernah nyoba... Kayake enak tuh... :D

    ReplyDelete
  13. Malah jd laper neh....ketone enak kui, seep yum2. Kalo yg daging kerang br denger ini bro....

    ReplyDelete
  14. @windflowers
    heheeh
    touch2
    kayak nama hd externalq aja
    one touch 4
    hoho

    @ocy
    8rebuan bro

    @belajar bahasa inggris
    heheh
    ayo kalo mau
    heheh

    @arai
    bener...

    @blog refleksi seorang blogger cikarang
    cobain bro

    @asop
    mantap kq

    @naila
    hehe

    @arya jafarudin
    mantap..

    @heru
    mantap kq..

    @lyrics
    aq juga belom jaja; yang kerang..

    ReplyDelete
  15. Aku suka kebab :D

    Salam kenal

    Regina :)

    ReplyDelete
  16. Dalam rangka introspeksi blog, saya mengundang temen-temen untuk ikut memberi kritik, saran dan penilaiannya terhadap Blog Refleksi Blogger Cikarang
    Salam Hangat Selalu :)

    ReplyDelete
  17. saya ngga gitu suka kebab :S

    ReplyDelete
  18. Mau kebabnya dong *datang lagi* :-D

    ReplyDelete
  19. Baca postingan ini jadi kangen makan kebab.. entah kapan terakhir makannya.. Pertama makan agak eneg sih.. tapi malah suka :)

    ReplyDelete
  20. Aku belum pernah makan kebab..
    maklum wong ndeso :D

    ReplyDelete
  21. Wah, kebab makanan yang lumayan enak buat disantap. Dan sepertinya menyehatkan karena banyak bahan sayurnya

    ReplyDelete
  22. sering denger, tapi gak pernah ngrasain .
    --enak gak mas ?--

    ReplyDelete
  23. wah klo yang ini aku g doyan bgt neh,..
    g dpt rasanya,...

    ReplyDelete
  24. belum pernah ngtasain,belum sempat mbayangin...
    tapi kalo dikasih mau :D

    ReplyDelete
  25. belum pernah nyoba mas,
    masnya pernah? enak mana sama tahu? wekekeke

    ReplyDelete
  26. kalo aku udah kenal kebab...
    soalnya disekolah ada jual...harganya murah kok...he he he..

    ReplyDelete
  27. kalo dikasih mau ...
    bisa kirim lewat e-mail ga?
    wekekek :D

    ReplyDelete
  28. Di daerah tempat tinggalku yang jualan kebab cuma ada satu. Lainnya pada jual steak, hampir sama gak ya???

    ReplyDelete
  29. @regina
    salam juga
    hehe

    @blogger cikarang
    oke dah

    @anyindia
    oke dah
    hoho
    kenapa?

    @kips
    ntar q kasi
    kerumah ntar q belikan gimanaa

    @elok langita
    udah di update tuh
    hehe

    @fanz
    hehehe
    ayo beli sob kan agak mending gitu
    daripada penasaran

    @attayaya
    eh?
    apanya?
    dalemannya?

    @itik bali
    yeeeeeee
    gak gitu kali
    hahah

    @coretan hidupq
    lumayan bikin enak lah

    @yusrond
    mantap
    hahah
    mahal lumayan tapi
    tapi gak sampe jual motor kq

    @investasi emas
    hahah
    selera orang berbeda

    @rizan
    ah aku juga mau gratisan kalo begitu

    @riska mbem
    pernah, lumayan
    tapi sehatan tahu dah
    hahahaha
    ini agak lemak karena daging

    @ocy
    8rebu cak

    @blog arfian
    berapa mas?
    mau dunk

    @john terro
    wah ini maeman bro bukan attachment
    hahah

    @halaman putih
    lebih dekatnya hot dog dah
    mirip
    hoho
    yang aku maem si
    hoho
    yang laen aku gak tau
    belom pernah jajal

    ReplyDelete
  30. "Keba atau yang nama lainnya kebap, kabab, kebob, kabob, kibob, kebhav, atau kephav ini sebenarnya adalah masakan daging panggang ataupun dibakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi" - ternyata sate klathak adalah salah satu jenis kebab! :O

    Eh jadi laper nih (ˆڡˆ)

    ReplyDelete
  31. Pusaka Abadi is a company engaged in the Installation and Distributor Lightweight Steel Roof Tile. we sell BUILDING MATERIALS ready to serve all your needs ..

    ReplyDelete
  32. Salam blogger...enak nih mas kayanyaa...jadi gagal fokuss nihh..hehhe..mantaff dehh....cocok nihh perut lagi laper sambill ngeblog mass...hhehe....

    ReplyDelete
  33. Enak, sering beli buat cemilan. Bau daging ny khas, #enak

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.