27 March 2008

L'arc en Ciel


L'Arc~en~Ciel ラルク アン シエル (Raruku An Shieru) adalah nama grup musik Jepang beraliran J-Rock. Band ini beranggotakan hyde(vokal), ken (gitar), tetsu(bass) yukihiro (drum). Grup musik ini didirikan oleh Tetsu pada Februari 1991. Nama "L'Arc~en~Ciel" berasal dari sebuah kata dalam Bahasa Perancis yang berarti "lengkungan di langit" atau "pelangi", nama ini diambil dari judul sebuah film Perancis yang pernah ditonton oleh Tetsu.

Di Jepang saja, band ini telah menjual lebih dari 25 juta kopi album dan singel.

Mantan personel yang sempat memperkuat band ini:

  • Sakura (drum) (1992-1997) digantikan oleh Yukihiro karena memakai narkoba dan masuk penjara.
  • Hiro (gitar) (1991-1992)
  • Pero (drum) (1991-1992)

Diskografi

Album

Album Sampul Judul Track lagu (contoh) Tanggal rilis
1 DUNE [Limited Edition] Shutting from the Sky
Voice
Taste of Love
Ushinawareta Nagame (失われた眺め)
Floods of Tears
10 April 1993
2 Tierra In the Air
All Dead
Blame
Hitomi ni Utsuru Mono (瞳に映るもの)
14 Juli 1994
3 Heavenly Still I'm with You
Vivid Color
C'est la Vie
Shizuka no Umide (静かの海で)
1 September 1995
4 True Fare Well
Kaze ni Kienaide (風にきえないで )
Flower
I Wish
12 Desember 1996
5 Heart Winter Fall
Shout at the Devil
Milky Way
Anata(あなた)
25 Februari 1998
6 Ark Forbidden Lover
Heaven's Drive
Driver’s High
Shinjitsu to Gensou To (真実と幻想と)
1 Juli 1999
7 Ray Shi no Hai (死の灰)
It's the End
Sell my Soul
L'Heure
1 Juli 1999
8 Real Get out from the Shell
The Nepenthes
Route 666
All Year Around Falling in Love
30 Agustus 2000
9 Smile Ready Steady Go
Lover Boy
Time Goes On
Living in Your Eyes (瞳の住人)
31 Maret 2004
10 Awake New World
Trust
Jiyuu e no Shoutai (自由への招待)
Ophelia
22 Juni 2005
11 Kiss Seventh Heaven
Pretty Girl
Sunadokei(砂時計)
Hurry Xmas
21 November 2007

Segitiga Bermuda

Sebenarnya tempat misteri ini tak benar bila dikatakan segitiga, sebab batas-batas dari petunjuk kapal-kapal atau pesawat terbang yang hilang lebih dari bentuk segitiga itu. Segitiga itupun hanya merupakan imajinasi saja. Bila kita ambil peta, kita buka di bagian Amerika Tengah, di sana terdapat banyak kepulauan Hindia Barat. Untuk mengetahui bagaimana bentuk dari Segitiga Bermuda itu, kita tarik garis dari kota Miami ke kota San Juan di Puerto Rico; dari San Juan ke pulau Bermuda; dan kembali ke Miami di daerah Florida, Amerika. Meskipun sebenarnya misteri Segitiga Bermuda ini “milik” orang Amerika, tak apalah kita turut memperbincangkannya. Sebenarnya tempat semacam ini ada pula di tempat lain, juga di Amerika, yaitu di sebuah danau
yang bernama Ontario, bahkan lebih “mengerikan” dari Segitiga Bermuda.

Dari berbagai kesimpulan, jarum kompas dan peralatan pesawat yang akan hilang selalu mendapat gangguan dan mereka seperti tak melihat air dan dari gejalan ini disimpulkan, di dasar laut sana tentu terdapat sebuah medan magnetik yang kuat sekali, yang sanggup mengganggu kompas atau menarik kapal itu sampai ke dasar laut yang dalam.

Tak cukup bila saya menguraikan seluruh peristiwa, dan itu juga tak menjurus pada masalah penyelesaian. Tetapi mengenai peristiwa bentuk gaib di Segitiga bermuda ini dapat dikemukakan dan mungkin teori-teori yang banyak mengenai Segitiga Bermuda. Mungkin di udara terdapat semacam gangguan atmosfir yang berupa “lubang di langit”. Ke lubang itulah pesawat terbang masuk tanpa sanggup untuk keluar lagi. Dari misteri "Lubang di Langit" ini membentuk sebuah teori tentang adanya semacam perhubungan antara dunia dengan dimensi lain. lubang di Langit itu dianggap semacam alat transportasi seperti tampak di film Star Trek. Ataukah bentuk Lubang di Langit itu UFO? Orang sering menghubungkan hilangnya pesawat kita dengan munculnya UFO. Lantas, apakah hilangnya mereka itu karena diculik oleh UFO? Malah hasilnya hanya mendapat pertanyaan tanpa jawaban.

Ada tempat di Segitiga Bermuda yang disebut Tongue of the Ocean atau “Lidah Lautan”. Lidah Lautan mempunyai jurang bawah laut (canyon) Bahama. Ada beberapa peristiwa kecelakaan di sana. Tidak banyak yang belum diketahui tentang Segitiga Bermuda, sehingga orang menghubungkan misteri Segitiga Bermuda ini dengan misteri lainnya. Misalnya saja misteri Naga Laut yang pernah muncul di Tanjung Ann, Massachussets AS, pada bulan Agustus 1917. Mungkinkah naga laut ini banyak meminta korban itu? Ataukah arus Cromwell di Lautan Pasifik yang menyebabkan adanya gelombang lautan disitu atau angin topan, gempa bumi di dasar lautan? Tak ada orang yang tahu.

Konon di sekitar kepulauan Bahama terdapat blue hole, yaitu semacam gua lautan. Dulu gua ini memang sungguh ada, tetapi setelah jaman es berlalu, gua ini terendam. Arus didalamnya sangat kuat dan sering membuat pusaran yang berdaya hisap. banyak kapal-kapal kecil atau manusia yang terhisap ke dalam blue hole itu tanpa daya, dan anehnya kapal-kapal kecil yang terhisap itu akan muncul kembali ke permukaan laut selang beberapa lama. Tapi yang menimbulkan pertanyaan ialah: Mungkinkah Blue Hole ini sanggup menelan kapal raksasa ke dasar lautan?

Misteri lain yang masih belum terungkap adalah misteri Makhluk Laut Sargasso, yang bukan semata-mata khayalan. Di Lautan Sargasso itu banyak kapal yang tak pernah sampai ke tujuannya dan terkubur di dasar laut itu. Di sana terhimpun kapal-kapal dari berbagai jaman, harta karun, mayat tulang belulang manusia. Luas Laut Misteri Sargasso ini 3650 km untuk panjang dan lebarnya 1825 km, dan di sekelilingnya mengalir arus yang kuat sekali, sehingga membentuk pusaran yang sangat luas yang berputar perlahan-lahan searah jarum jam. Didasar lautnya terdapat pegunungan yang banyak dan mempunyai tebing dan ngarai yang terjal.

Segitiga Bermuda memang menarik, sekaligus menakutkan. Konon perairan Karibia merupakan tempat yang banyak menyimpan keanehan-keanehan, seperti cahaya-cahaya yang tak jelas asalnya, bayangan-bayangan yang menakutkan, yang keluar masuk permukaan laut, bentuknya tak jelas tapi lebih besar dari ikan paus. Bentuknya seperti ubur-ubur raksasa dengan warna kulit keputihan dan pernah dilihat oleh dua orang (jadi bukan halusinasi).

“Ubur-ubur raksasa” itu seperti mampu mengganggu jarum kompas dan menyerap energi fisik. Mungkin “ubur-ubur raksasa” itu bukan binatang, melainkan pangkalan UFO yang dapat keluar masuk dari dalam laut. Keanehan lain di dekat pulau Puerto Rico, tampak suatu pancaran air raksasa yang membentuk cendawan atau kembang kol. Laut di tempat itu mempunyai kedalaman sampai 10 km. Kejadian ini sempat dilihat oleh awak pesawat Boeing 707 pada tanggal 11 April 1963. Menurut mereka cendawan air itu mempunyai garis tengah selebar 900-1800 meter dengan ketinggian separuhnya. Mungkin itu hanya percobaan nuklir dari negara Amerika atau lainnya? Tapi pihak Amerika tidak membenarkannnya, sebab tak mungkin mencoba bom di jalur penerbangan. Mungkin ledakan itu berasal dari kapal selam nuklir Thresher yang hilang sehari sebelumnya, tapi lokasi hilangnya kapal selam itu ribuan km dari sana.

Ada sebuah tempat di perairan Boca Raton, yang di sana terdapat sebuah pipa bergaris tengah 20 cm. Jelas bukan milik Amerika (untuk lebih lanjut: Orang Bumi). Peristiwa ini dilihat oleh suami istri Lloyd Wingfields. Mereka melihat sebuah tiang asap disana, dan ketika didekati oleh mereka, tampak sebuah pipa yang muncul dari dasar laut yang merupakan sumber keluarnya asap itu. Asap itu sendiri tak mengeluarkan bau dan berwarna kekuning-kuningan. Mungkinkah pipa itu tertancap dari sumber api di dasar laut? Pangkalan UFO di dasar lautkah yang menyebabkannya?

Lagipula kedalaman laut itu cukup dalam, sehingga mereka tak berani menyelam untuk melihat lebih lanjut, juga mereka melihat (sesudahnya) sebuah helikopter yang mengalami kerusakan mesin dan berusaha mendarat darurat di laut.

Melihat kenyataan-kenyataan yang ada dan bukti yang dpat dipertahankan itu, timbullah berbagai macam bentuk teori yang mungkin berbeda satu sama lain. Teori-teori yang pernah dikemukakan untuk membuka misteri hilangnya kapal itu, antara lain:

  1. Adanya bahaya alam/gempa yang dapat menarik kapal tersedot.
  2. Adanya bermacam-macam arus yang berkumpul di daerah Segitiga Bermuda itu, sehingga mungkin saja arus bawah tiba-tiba berubah ke permukaan dan menyebabkan pusaran air.
  3. Ditemukan Blue Hole, tapi masih diragukan, karena kapal yang besar seperti tanker/kapal induk tak mungkin mampu disedot oleh Blue Hole.
  4. Terjadi gempa yang menyebabkan tanah retak besar dan air membentuk pusaran dan menyedot kedalamnya.
  5. Adanya puting beliung atau pusaran angin yang dapat menyebabkan hancurnya sebuah pesawat terbang karena dihempaskan.

Ulasan lain, di daerah Kutub Selatan ada sebuah lubang besar yang menghubungkan dunia luar dengan dunia lain (entah benar atau tidak). Pernah ada orang bernama Admiral Bryd, melihat dari kapal terbang ke Barat di kutub selatan sebelah darat menghijau dengan danau yang tak membeku dan binatang liar mirip bison dan melihat seperti manusia-manusia purba. Sebagai ilmuwan Bryd melaporkan pristiwa itu, tapi tak ada yang mempercayainya.

Pernahkah anda mendengar kisah alien abduction yang dialami oleh Herbert Schirmer yang mempunyai pangkalan di lepas pantai Florida (Segitiga Bermuda) dan salah satu kutub bumi? Mungkin tempat itu merupakan pangkalan UFO yang bertujuan kurang baik?

Kitapun mempunyai hal yang sama seperti Segitiga Bermuda, yaitu kisah misteri Nyai Roro Kidul, sayangnya hal itu tak pernah diselidiki secara ilmiah. Apakah di sana juga terdapat pangkalan UFO? Laut Selatan dipercaya orang sebagai tempat tinggal jin. Sebuah buku karangan Muhammad Isa Dawud yang berjudul "Dialog dengan Jin Muslim" mengemukakan bahwa segitiga bermuda merupakan kawasan hunian para jin (halaman 83-96).

Apakah pesawat dan kapal yang hilang di segitiga bermuda "ditransfer" ke dimensi lain? Adakah hubungan segitiga bermuda dengan Atlantis? Adakah hubungan dengan chupacabra" yang dijumpai di Puerto Rico (dekat Segitiga Bermuda)? Dan yang unik adalah, segitiga bermuda cukup dekat dengan peluncuran roket NASA (Florida)?

Mesin Cuci Front Load, Solusi Praktis di Kala Hujan

Hujan yang terus mengguyur tidak hanya menyisakan genangan air, tapi juga pakaian tidak kering yang menumpuk. Tentu ini merepotkan, karena pakaian menjadi lembab dan bau apak sehingga tidak bisa dikenakan.

Untungnya, semua kerepotan selama musim hujan tersebut dapat diatasi dengan mesin cuci revolusioner saat ini, yaitu mesin cuci front load yang memiliki kemampuan mencuci sekaligus mengeringkan hingga 100%.

Serba Hemat
Meski termasuk peralatan rumah tangga premium, mesin cuci front load yang pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1947 ini dikenal serba hemat.

Sistem pencuciannya yang unik membutuhkan air lebih sedikit dari mesin cuci konvensional, sehingga menghemat penggunaan air. Bahkan saat ini kita sudah dapat menemukan beberapa mesin cuci front load yang menggunakan sistem pencucian tanpa air (dry cleaner) dan deterjen atau bahan kimia lainnya.

Desain front load dengan tabung horisontal memungkinkan mesin cuci ini ‘menjungkirbalikkan’ cucian dengan cepat sehingga hemat waktu dan hemat listrik. Proses cuci dengan cara seperti ‘dijungkirbalikkan’ ini juga tidak akan membuat kain menjadi kusust dan cepat rusak, sehingga pakaian kesayangan akan tetap terawat.

Lengkap dengan Berbagai Fitur Pilihan
Dengan berbagai fitur dan keunggulannya tersebut, tak heran mesin cuci front load mulai diminati konsumen rumah tangga di Indonesia. Selain lebih praktis dan hemat, desain yang lebih fancy pun menjadi nilai tambah produk peralatan rumah tangga ini.

Namun dengan semakin beragamnya tipe mesin cuci front load, seringkali kita sulit menentukan produk yang paling sesuai. Untuk itu, lakukanlah beberapa langkah pertimbangan. Seperti dengan menentukan kapasitas mesin cuci yang akan dibeli dengan mempertimbangkan penambahan jumlah anggota keluarga dan jumlah cucian di masa mendatang. Kemudian pilih mesin cuci dengan tabung yang terbuat dari stainless steel karena aman bagi pakaian dan mampu berputar lebih cepat.

Pilih mesin cuci yang memiliki beberapa setting water level dan sistem pencucian, seperti delicate, heavy, atau extra soak, sehingga dapat disesuaikan dengan jumlah dan bahan cucian.

Pertimbangkan juga untuk memilih mesin cuci front load yang memiliki panel kontrol yang lengkap dan mudah digunakan.

Lego

LEGO, Mainan Edukatif yang Nggak Pernah Basi
LIHAT saja betapa menakjubkan mainan-mainan yang terpampang dalam halaman ini. Pesawat dan bandara, kereta api plus stasiun, semua berawal dari brick kecil buatan produsen mainan LEGO. Dengan membongkar pasang brick kecil itu, terbentuklah beragam bentuk cantik. Itu membuat LEGO menjadi mainan edukatif yang nggak pernah basi.

DetEksi kali ini mengulas LEGO City. Pada seri City ini, bermacam bentuk bangunan bisa disusun. Antara lain, bandara, pelabuhan, kantor polisi, kantor petugas pemadam kebakaran, stasiun kereta api, dan masih banyak lagi.

Jelas sudah, dari semua itu bisa terbentuklah sebuah kota mini impian. Termasuk, pemandangan yang disajikan pada pameran LEGO yang dilangsungkan di JS Plaza berikut ini. Di sini, LEGO disusun bertumpuk-tumpuk hingga mirip sebuah miniatur kota nan luas, plus segala pernak-pernik detailnya.

Untuk mengoleksi, LEGO tersebut dijual dalam wujud paket. Misalnya, bandara. Dalam paket itu, tersedia brick untuk membangun sebuah bandara plus sebuah pesawat. Juga, ada lima mini figure alias orang-orangan di paket tersebut. Kalau ingin memajang lebih dari satu pesawat, paket LEGO untuk sebuah pesawat juga dijual terpisah.

Paket stasiun tak kalah menarik untuk dimasukkan ke daftar koleksi. Dalam paket itu, brick yang ada bisa membentuk serangkaian pendek gerbong kereta api sekaligus relnya. Lebih seru lagi, paket tersebut juga bisa dilengkapi motor berbaterai sehingga memungkinkan kereta api itu bergerak.

Kalau masih merasa rel tersebut kurang panjang, ada pula paket brick yang disediakan untuk membentuk rel-rel kereta. Ada yang disediakan untuk rel melengkung dan rel lurus. Tinggal gabungkan saja sesuai dengan panjang yang kamu harapkan.

Dari tempat nongkrong kereta api, pindah ke pelabuhan. Satu setnya berisi sebuah kapal, mobil boks, dock, dan crane. Ada juga sejumlah mini figure yang termasuk dalam paketnya.

Stasiun polisi pun bisa didirikan dari kumpulan brick kecil itu. Untuk menambah hidup suasana kantor polisi, bisa tambahkan mobil dan helikopter. Keduanya dijual dalam paket terpisah.

Untuk seri police station tersebut, LEGO juga mengeluarkan seri terbarunya Januari lalu. Namun, rilisan itu dilakukan di Denmark dan baru masuk ke Indonesia sekitar akhir Maret ini. Bentuknya tak jauh berbeda, namun disebut-sebut tentang adanya sedikit pembaruan model.

Seluruh bangunan tadi bisa didirikan di atas plate khusus agar bisa menjadi satu area. Plate pun dijual terpisah. Harganya berkisar antara Rp 50 ribu-Rp 100 ribu, tergantung pada besar plate.

Seluruh paket itu dijual dengan buku panduan. Tapi, kalau sudah mahir, asah saja kreativitas untuk membuat tampilan baru

Trigun


Buron yang Cinta Damai dan Donat
Dicari: hidup atau mati, Vash The Stampede sang Humanoid Typhoon. Penjahat yang sangat berbahaya bagi umat manusia. Setiap kota yang didatanginya pasti akan hancur lebur. Hadiah 60 miliar dolar tersedia bagi orang yang berhasil menangkapnya. Begitulah bunyi selebaran yang tersebar di seluruh dunia.

Tergiur besarnya nilai hadiah, banyak orang berlomba-lomba menangkap pria yang selalu terbalut coat merah itu. Tapi, belum ada seorang pun yang berhasil menangkap Vash. Selain Vash memang licin, para pemburu hadiah juga kesulitan lantaran banyak penjahat kelas teri yang mendompleng nama Vash untuk berbuat onar.

Meryl Stryfe dan Milly Thompson dari Bernadelli Insurance ikut diturunkan untuk melacak jejak sang Humanoid Typhoon. Pasalnya, biro asuransi tempat mereka bekerja terancam bangkrut bila Vash terus beraksi. Sebab, Bernadelli-lah yang harus membayar klaim kerusakan massal yang ditimbulkan Vash.

Setelah melalui perjalanan panjang, Meryl dan Milly berhasil menemukan buron kelas kakap itu. Keduanya kaget bukan kepalang. Imej Vash yang asli jauh berbeda dari yang mereka bayangkan.

Pribadi hangat, selalu mengusung slogan "love and peace", hobi melahap donat, dan benci pertumpahan darah. Dengan karakter seperti itu, Meryl dan Milly sulit percaya bahwa pria itulah yang kepalanya dinilai sangat tinggi dan dicap penjahat berbahaya.

Ya, Vash yang asli benci pertarungan. Bahkan sebisa mungkin, Vash menghindari pertikaian. Vash nggak mau ada orang yang terluka sehingga dia sendiri sering terluka karena melindungi orang lain. Jadi selama ini, kota yang didatangi Vash hancur bukan karena ulahnya, melainkan ulah orang-orang yang mengincarnya.

Kini, dengan dikuntit Meryl dan Milly, Vash berkelana. Tujuannya satu, mencari saudara kembarnya, Millions Knives, yang telah membunuh wanita yang dicintai Vash, Rem Saverem. Di tengah perjalanan, Nicholas D. Wolfwood turut bergabung. Pendeta yang mengusung salib raksasa ini mengajak Vash melacak jejak Knives. Dan Vash menyetujuinya, tanpa tahu siapa Nicholas sebenarnya…

Petualangan Vash The Stampede sang gunman andal berada di bawah bendera Trigun. Lahir dari tangan Nightow Yasuhiro, Trigun memulai serialisasi di Shonen Captain pada April 1995. Karena suatu hal, pada Februari 1997, Trigun terpaksa berakhir di volume ketiga. (ran)

Action Makin Intens dalam Maximum

Tahun Bintang 0113, Meryl Stryfe kini berusia 23 tahun. Hidupnya terasa agak hampa tanpa aktivitas menguntit Vash. Reputasinya naik berkat interaksinya dengan penjahat senilai 60 miliar dolar itu.

Sementara di tempat lain, Nicholas D. Wolfwood tiba di suatu kota. Tanpa sengaja, Nicholas bersua Vash yang kini hidup di sana dengan nama Erics. Nicholas mengembalikan pistol Vash yang tertinggal saat insiden dua tahun lalu.

Niat Vash hidup tenang pun urung setelah Nicholas memberitahunya bahwa Knives mulai bergerak. Api dendam yang nyaris dilupakannya kembali berkobar.

Knives mencium pergerakan Vash, sehingga dia mengirimkan tangan kanannya, Legato Bluesummers, untuk menemui saudara kembarnya itu. Lewat caranya yang keji, Knives menabuh genderang perang. Sekali lagi, tirai petulangan Vash terbuka.

Trigun Maximum melanjutkan kisah Trigun yang sempat terhenti. Masalah lisensi memaksa Nightow menambahkan embel-embel Maximum. Young King Ours mengambil alih hak cipta dari Shonen Captain dan menerbitkannya kembali mulai 1998. Titel inilah yang terbit di negara kita mulai bulan lalu.

Sebenarnya, Young King Ours meminta Nightow mengerjakan judul baru. Namun mangaka kelahiran 8 April 1967 ini menolaknya. "Aku nggak mau meninggalkan Trigun dalam keadaan belum selesai. Jadi, aku meminta pada mereka (penerbit, Red.) supaya aku bisa menyelesaikannya. Saat itu, pembicaraan mengenai pembuatan versi animenya tengah berlangsung, sehingga itu membantu. Akhirnya penerbit mau mengerti dan membiarkan aku melanjutkan serialisasinya," urai Nightow pada Manga no Mori.

Titel baru ini menjanjikan lebih banyak adegan action. Vash lebih sering menarik pelatuk pistolnya seiring munculnya pembunuh-pembunuh berdarah dingin yang dikirim Knives. Untuk mengintenskan adegan action, Nightow memangkas jatah komedi dalam Maximum.

Setahun setelah Trigun Maximum dimuat, anime Trigun diproduksi Madhouse. TV Tokyo menayangkan 26 episodenya mulai 1 April 1998. VCD Trigun sempat dirilis di Indonesia sekitar awal 2000-an, hampir berbarengan dengan Cowboy Bebop. (ran)


Trigun
Mangaka: Yasuhiro Nightow
Terbit: 1995
Penerbit: Shonen Captain
Jumlah tankoubon: 3


Chara

Vash The Stampede
Most wanted outlaw senilai 60 miliar dolar. Vash punya tiga senjata. Pertama, pistol enam peluru. Pistol kedua tersembunyi di balik lengan kirinya. Terakhir, Angel Arm, yang dapat menghancurkan permukaan bulan. Sifatnya yang cinta damai merupakan hasil didikan Rem.

Nicholas D. Wolfwood
D di tengah namanya adalah singkatan dari Dokonokuminomonjawaresumakinishiteshizumetarokakora. Pendeta rekan seperjalanan Vash. Salib raksasa yang dipanggul Nicholas sebenarnya adalah senapan mesin bernama Punisher. Identitas lain Nicholas adalah Chapel the Evergreen, salah satu orang yang bekerja untuk Knives.

Meryl Stryfe
Pegawai Bernadelli Insurance yang ditugaskan untuk mengawasi gerak-gerik Vash selama 24 jam. Julukannya adalah Deringer Meryl. Cewek 23 tahun ini memiliki 50 pistol yang tersimpan di balik jasnya.

Milly Thompson
Bila Meryl bersenjatakan pistol mungil, cewek berjulukan Stungun Milly ini memanggul senjata raksasa. Karakternya kekanakan, sangat kontras dengan Meryl. Sepertinya Milly menyimpan perasaan khusus pada Nicholas.

Rem Saverem
Cinta pertama Vash ini mengorbankan diri demi menyelamatkan Vash dan Knives. Rem merupakan orang yang dipercaya untuk mensukseskan proyek SEEDS. Karena dialah Vash menjadi orang yang berhati lembut dan pantang membunuh.

Millions Knives
Saudara kembar Vash. Bedanya, tahi lalat Knives terletak di bawah mata kanan. Knives sangat membenci manusia yang dianggapnya sampah. Dia bercita-cita menciptakan dunia ideal dimana dirinya dan Vash tinggal. Untuk itu, cowok kejam ini nggak segan mengorbankan nyawa ribuan manusia.

Legato Bluesummers
Sesuai namanya, ciri khas Legato adalah rambut birunya. Tangan kanan Knives ini juga membenci manusia. Legato menggunakan kekuatan pyschic-nya untuk menghabisi lawan. Tujuan hidupnya adalah membuat Vash menderita.


Movie Rilis Tahun Depan

Tiga tahun lalu, kabar mengenai pembuatan movie Trigun sudah berhembus. Maruyama Masao, pendiri Madhouse, yang memberi konfirmasi soal kabar itu. Hal ini juga diumumkan dalam Tokyo Anime Fair 2006. Namun tahun berganti, realisasinya nol besar. Menginjak tahun ketiga, barulah ada titik terang.

Cover manga Trigun Maximum volume 14 yang dirilis dua pekan lalu memuat informasi seputar movie tersebut. Judul tentatifnya adalah Trigun the Movie.

Proyek ini mengusung kisah orisinal yang disusun oleh Nightow Yasuhiro bersama sutradara serial animenya, Nishimura Satoshi (Hajime no Ippo). Skenarionya dikerjakan oleh Kobayashi Yasuko (Claymore, Shakugan no Shana). Yoshimatsu Takahiro kembali digandeng untuk membuat desain karakternya. Sama dengan serialnya, Madhouse akan bertanggung jawab membuat animasinya.

Trigun the Movie menggeber tagline yang pastinya membuat fans resah. Yaitu, "Vash vs Wolfwood". Karena Wolfwood dikisahkan tewas di penghujung serial animenya, tentu saja movie ini mengundang rasa penasaran.

Matsu Ken tentang L

Matsuyama Kenichi alias MatsuKen punya kesan tersendiri terhadap karakter yang diperankannya, sang detektif jenius L. Berikut petikan wawancaranya dengan Gyao Magazine.
---------

Gyao (G): Sebelum skenario selesai, cerita macam apa yang MatsuKen bayangkan?
MatsuKen (MK): Saya pikir ceritanya tentang kasus yang diselesaikan L sebelum insiden Death Note. Ternyata ceritanya malah satu timeline dengan Death Note.

G: Karakter L di sini (L change the WorLd, Red.) beda dengan dua movie sebelumnya. Apa bedanya?
MK: L pergi ke dunia luar. Sampai sekarang saya masih nggak habis pikir. Hingga sekarang L selalu mengurung diri di kamar, seorang diri memecahkan kasus. Karena pergi keluar, dia jadi berhubungan dengan orang lain. Mengapa dia pergi keluar? Mengapa dia bergerak atas keinginan sendiri? Lalu, apa yang dipelajarinya (di dunia luar)? Perubahan sikap itu merupakan keistimewaan dari karya yang sekarang.

G: L yang baru telah lahir ya?
MK: Kalau L sama dengan sebelumnya, nggak ada artinya. Perubahan imej L, itulah pesan yang ingin disampaikan dalam film ini. Saya pikir saya ingin melihat hal itu.

G: Ada adegan L lari-larian di Akihabara (distrik di Jepang yang banyak menjual pernak-pernik otaku, Red.) bersama anak-anak. L dan Akihabara, rasanya kok mismatch ya?
MK: Seandainya L keluar, menurut saya di mana pun dia berada juga akan terasa mismatch (tertawa).

G: Karena insiden bioteror ini, L harus lari-larian dengan anak-anak, padahal dia lemah terhadap anak-anak. Bagaimana dengan MatsuKen?
MK: Saya sih nggak begitu. Selama syuting saya nggak berhati-hati dengan mereka hanya karena mereka anak-anak. Saya nggak mempedulikan masalah umur. Waktu menunggu (giliran syuting), kami biasa ngobrol.

Tips Untuk Anda Yang Merasa Jelek

Jangan putus asa, tidak semua orang menilai manusia dari fisiknya...

DONT JUDGE THE BOOK BY THE COVER
( Jangan menghukum buku karena dia meninggalkan koper )
Jangan salahkan diri anda kalau anda jelek,salahkanlah orangtua
anda,karena jelek itu keturunan..

LIKE FATHER LIKE SON
( Suka bapaknya, suka juga sama anaknya )
Jgn sakit ati kalo dikatain jelek,cuek aja,pokoknya kafilah m'gonggong
****** ttp berlalu..

THE BEAUTY IS UNDER THE SKIN
( Jadi cakep kalo uda ganti kulit )
Perbaiki inner beauty anda,itu kalau anda merasa sisi luar anda udah
ancur ga ketolong lagi...

NO GAIN WITHOUT PAIN
( Ga dapet duit kalo ngga kesakitan dulu...kaya kuda lumping )
Jadilah diri anda sendiri, kalau anda jelek syukurilah kejelekan
anda...

JUST BEE YOURSELF
( Kesengat tawon, itulah kamu (muka kamu) )
Kalau orang lain menilai anda jelek, jangan skeptis,penilaian manusia
tidak selalu benar...

THE TRUTH IS OUT THERE
( Yang bener boleh keluar )
Cakep-jelek itu tergTante-tante Girang lingkungan,mslnya anda disini
jelek tapi di Afrika bisa paling ganteng...

THE RIGHT MAN IN THE WRONG PLACE
( Orang disebelah kanan,salah tempat..hrsnya disebelah kiri )
Cinta tidak memandang cakep atau jelek, ga percaya? Tanyakan hal ini
sama orang jelek...

LOVE IS BLIND
( Pacarilah orang buta )
Kalo anda membaca tips ini sampe selesai, berarti anda memang merasa
jelek..

Kalo anda sendiri merasa jelek, apalagi orang lain melihat anda....!!!

Jangan menganggap kalo anda merasa jelek itu anda low profile,
percayalah..orang lain pun akan setuju dgn pendapat anda,
percayalah pd kata hati anda (kalau anda jelek)...

Memang CAKEP itu RELATIF...tapi kalo JELEK ADALAH MUTLAK !!!

hehehehe... (:
just kidding!!

Jika Wanita Diibaratkan Makanan

1. Sop Kepiting/ Kepiting Rica Rica
Ni cewek kliatannya aja keras / ato pedes klo ngomong... tapi sebenernya sih rapuh...
Agak repot juga buat ngebuka kulit luarnya ... tapi kalo lo udah
berhasil, lo bakal menemukan sesuatu yang lembut dan nikmat di dalamnya..
(jangan ngeres woii)

2. Bubur Ayam
Cewek kayak gini kalo baru kenal biasanya hangat, ramah dan bersahabat
tapi itu cuma awalnya aja, soalnya lama-kelamaan dia bakal dingin
dan bikin eneg, dah gitu becek pula...
lumayan buat sarapan pagi.

3. Rujak Manis
Cewek yang seger banget... kalo elo lagi suntuk,
dia bisa bikin lo fresh lagi asik deh pokoknya,
ni cewek bisa bikin mata n pikiran lo seger lagi...
tapi jangan kebanyakan guyz!
entar sakit perut lo...

4. Sayur Bening
cewek yang polos dan lugu ga suka bertingkah macem-macem...
rada kolot and gak romantis...
tapi bisa buat nambah Vitamin loh dinikmatin panas atau
dingin tetep enak sangat menyehatkan deh

5. Mie Pangsit
kalo lo lagi laper, lumayanlah buat ganjel perut...
yah bisalah buat nemenin elo kalo lagi sendiri,
paling gak buat ngisi kekosongan gitu

6. Rendang
pedes deh pokoknya n panas..
ni cewek judes + galak, tapi kalo ngomong jujur dan apa adanya,
dah gitu mo menang sendiri, egois.
Cukup bergizi deh.... tapi gak bagus buat yang punya darah tinggi...
bisa kambuh tuh

7. Buah Kalengan
meskipun keliatanya seger, tapi udah mengandung bahan pengawet dan
pemanis buatan, gak alami gitu...
cewek kayak gini tuh dah dipoles/di dempul sana-sini biar keliatan menarik
dan mengundang selera...
bisa dibilang bermereklah+up to date (kaga pernah expired) jadi yah butuh modal lebih untuk bisa menikmatinya...

8. Makanan Organik

seger, menyehatkan, tanpa bahan pengawet.. high quality deh..
sesuai ama tipe/selera cowo pada umumnya.. tipe kaya gini masih limited
alias terbatas/ jarang plus susah didapetnya.. klo pun ada, biasanya dah banyak yang ngantri buat dapetinnya.. jadi klo butuh modal agak gede..wajar la.. cocok buat di jadiin istri !

9. Nasi Goreng
sekilas seh pas-pasan.. seperti cewek pada umumnya...
tapi asiknya.. dia bs di bikin biasa/spesial tergantung situasi & kondisi..
ibarat kata..klo cowoknya bermodal..dia bs dibuat spesial buat nambah selera (kaya nasi goreng spesial pake telor+sosis).. nah klo cowoknya pas-pasan.. ya nasi goreng biasa juga cukup lah

22 March 2008

WinFast PX7600GT TDH - Sentuhan Berkelas

Bagi Anda yang tidak membutuhkan kinerja kelas atas, seperti yang ditawarkan oleh GeForce 7900 Series, NVIDIA menawarkan alternatif yang lebih murah, yaitu GeForce 7600 Series. GeForce 7600 Series merupakan solusi NVIDIA untuk pengguna di kelas mainstream.
Sampai saat ini, GeForce 7600 Series terbagi lagi menjadi dua varian, yaitu 7600GT dan 7600GS. Walaupun begitu, 7600GT dan 7600GS menggunakan chip grafis (GPU) yang sama, yaitu NVIDIA G73. Karena menggunakan chip yang sama, keduanya sama-sama dilengkapi dengan 12 unit pixel pipeline dan 5 unit vertex processor. Namun, kinerja 7600GT lebih cepat dibandingkan 7600GS berkat penggunaan kecepatan core dan memori yang lebih tinggi.

LeadTek WinFast yang merupakan mitra setia dari NVIDIA kali ini mengirimkan sampel produknya yang berbasiskan GeForce 7600GT. Produk ini datang dengan kecepatan core dan memori sesuai reference, yaitu sebesar 560 MHz untuk core dan 700(1400) MHz untuk memori. Kapasitas memori sebesar 256 MB yang diusungnya juga tidak berbeda dengan kebanyakan produk lain yang sejenis.

Meskipun 'hanya' menggunakan kecepatan core dan memori standar, LeadTek tidak menggunakan heatsink dan fan (HSF) standar. HSF yang digunakan memiliki dimensi yang lebih luas dan dilengkapi kipas berukuran 7 cm. Heatsink yang terbuat dari bahan aluminium tersebut sayangnya tidak turut menempel pada memori (berfungsi sebagai ramsink). Meskipun demikian, produk ini tetap dapat beroperasi dengan stabil dan tidak bising.

LeadTek tampaknya cukup royal dalam memberikan bundel pada paket penjualan produk ini. Gamer akan dimanjakan berkat bundel game Serious Sam II dan TrackMania Nation. Selain itu, LeadTek juga memberikan bundel software aplikasi PowerDVD 6.
Image

Kesimpulan : LeadTek WinFast menawarkan alternatif graphics card GeForce 7600GT yang cukup menarik. Meskipun hanya berjalan dengan kecepatan core dan memori standar, produk ini dilengkapi HSF yang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan HSF standar rancangan NVIDIA. Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya bekerja tanpa menimbulkan kebisingan yang dapat mengganggu.

Tes & Teknologi - UIQ vs. Symbian

Dua Dunia Satu Fungsi
Nokia E61 dan Sony Ericsson M600i merupakan smart phone populer untuk pasar korporat saat ini. Pada edisi ini, CHIP akan membahas perbedaan sistem operasi yang digunakan keduanya.
Perbedaan antara PDA-Phone dan smart phone sudah semakin tipis. Semua feature, terutama feature organisasi yang tersedia pada PDA-Phone, kini sudah menjadi hal yang umum pada sebuah smart phone. Perbedaan utama yang membedakan PDA-Phone dan smart phone kini hanya sebatas perbedaan sistem operasi dan kinerja hardware yang dimiliki masing-masing tipe device. Dari segi kinerja hardware, smart phone tampak masih memegang teguh akarnya yaitu sebuah device komunikasi dengan kemampuan organisasi.
Oleh karena itu, device berbasis smart phone masih mementingkan daya tahan baterai dan menggunakan prosesor yang irit konsumsi daya. Di lain pihak, PDA-Phone masih memegang teguh fungsinya sebagai device multi­fungsi, dengan prosesor berkinerja tinggi dan umumnya tidak terlalu memperhatikan konsumsi daya baterai. Jadi, apabila Anda mencari sebuah device yang lebih mementingkan komunikasi dibandingkan device yang multifungsi, smart phone merupakan solusi yang lebih sesuai dibandingkan PDA-Phone.

Dilihat dari sejarahnya, smart phone telah melalui perjalanan yang cukup panjang. Meskipun istilah tersebut dirintis oleh Ericsson, namun konsep smart phone baru benar-benar berjalan setelah Nokia menjual ponsel pintar versi mereka sendiri. Beberapa tahun lalu, Ericsson dengan produk R580-nya menciptakan sebuah tren terbaru yang menyatukan fungsi ponsel dan organizer. Sayang, konsep ini ditinggalkan oleh Ericsson dan perkembangannya pun terhambat.
Meskipun konsep smart phone yang dirintis oleh Ericsson di peti-es kan, Nokia mencoba peruntungannya dan menghidupkan kembali konsep smart phone secara hingar bingar dan cukup berhasil dengan Nokia 7650 dan seri 9000 (Communicator). Perkenalan ponsel pintar dari Nokia ini diterima dengan sangat antusias oleh komunitas pengguna ponsel, terutama berkat fleksibilitas sistem operasi Symbian yang digunakan mereka. Fleksibilitas sistem ini berujung pada kemampuan ponsel pintar tersebut untuk menerima program baru yang menambahkan dan bahkan mengubah fungsi ponsel.

Perkenalan ponsel pintar atau smart phone kini sudah masuk dalam tahap pendewasaan dimana segmentasi pasar sudah terbentuk. Namun segmen smart phone ini tidak lagi dikuasai oleh Nokia saja. Sony Ericsson pun turut meramaikan segmen pasar smart phone yang pernah dirintis oleh mereka. Segmen pasar smart phone dahulu diisi oleh masing-masing produsen ponsel secara spesifik. Nokia mengeluarkan smart phone dengan target pasar mainstream dan Sony Ericsson mengeluarkan smart phone dengan target pasar high-end.
Semenjak tahun lalu, Sony Ericsson dan Nokia mulai menargetkan segmen pasar korporat untuk merentangkan portfolio produk smart phone mereka. Dengan M600i dari kubu Sony Ericsson dan E61 dari kubu Nokia, pertarungan yang sengit untuk memperebutkan pasar korporasi seperti tidak berujung, karena kedua kubu memiliki produk yang sangat kompetitif.

Artikel ini mencoba membedakan antara tawaran smart phone korporat dari Nokia dan Sony Ericsson dari segi sistem operasi dan user interface yang digunakan oleh kedua device tersebut. Oleh sebab itu keunggulan dan kelemahan dari segi fisik tidak akan terlalu disinggung, kecuali berhubungan dengan user interface. E61 dan M600i merupakan dua smart phone yang menggunakan generasi terbaru dari masing-masing sistem operasi yang digunakannya. Nokia menyertakan sistem operasi Symbian 9.1 dengan user interface Series 60 edisi ke-3. Sementara Sony Ericsson menyertakan sistem operasi Symbian 9.1 dengan User Interface UIQ Versi 3.

Untuk mempersingkat penyebutan istilah kedua platform ponsel pada artikel ini, CHIP akan merujuk platform yang digunakan oleh Nokia sebagai Series 60, dan platform yang digunakan oleh Sony Ericsson sebagai UIQ 3. Langkah ini diambil karena keduanya menggunakan sistem operasi yang sama, yaitu Symbian OS 9.1.

USER INTERFACE
Informasi Tampilan Awal

Semua smart phone, ponsel maupun PDA-Phone memiliki tampilan awal yang sangat khas untuk masing-masing sistem operasi. Sebagai tampilan yang paling sering dilihat oleh para penggunanya, tampilan awal sangatlah penting dipertimbangkan sebagai jendela informasi ke fungsi organizer device tersebut. Dahulu, hanya PDA-Phone dengan sistem operasi Windows Mobile saja yang memiliki tampilan informasi kalender langsung pada tampilan awalnya. Namun, kini Series 60 dan UIQ 3 juga memiliki kemampuan yang sama yaitu mampu menampilkan informasi kejadian di kalender pada tampilan awal.

Pada tampilan awal, Sony Ericsson tampak sudah mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan nilai yang memuaskan. UIQ 3 merupakan pengembangan total dari UIQ 2.x yang sebelumya di­adopsi oleh Sony Ericsson, Motorola, BenQ dan banyak lainnya. Karena dikembangkan dari awal, kekurangan utama dari UIQ 3 adalah tidak adanya aplikasi yang kompatibel antara UIQ versi lama dan versi baru ini. Namun, perubahan tampilan awal pada versi mutakhir dari UIQ sangatlah signifikan. Tampilan awal UIQ 3 memuat semua informasi yang terdapat pada fungsi kalender dan task (hal prioritas yang harus dilakukan). Sayangnya, informasi yang berlimpah ini juga membuat tampilan awal UIQ 3 menjadi tidak teratur, terutama jika banyak kejadian di kalender dan task yang harus dilakukan.

Untungnya, data kalender dan task ini dapat dikecilkan sehingga merapikan tampilan awal dari UIQ 3.

Untuk kasus Nokia, mereka menggunakan Series 60 edisi ke-3 yang banyak digunakan pada smart phone Nokia lainnya. Seperti UIQ 3, Symbian Series 60 terbaru juga memiliki kemampuan untuk menampilkan data kalender dan task pada tampilan awal. Sayangnya, tampilan awal pada Series 60 tidak menampilkan isi dari data task, tetapi hanya sebuah icon yang menjadi shortcut untuk masuk ke dalam fungsi task. Pada Series 60 juga tersedia icon-icon shortcut menuju aplikasi seperti yang tersedia pada UIQ 3. Tampaknya ini merupakan kesamaan yang menghubungkan kedua sistem operasi.

Dari segi penggunaan, UIQ 3 menghadirkan kontroversi yang masih menjadi perdebatan hangat hingga kini. UIQ 3 tampaknya dikembangkan dengan skema pengendali jog-dial yang terdapat pada M600i. Secara teknis, jog-dial ini adalah pengendali dua arah dengan konteks yang sensitif. Jadi, sebuah program harus dibuat ulang guna mendukung skema pengendalian dua arah ini. Berbeda dengan Series 60 yang masih menggunakan joystick empat arah, penggunaan joystick ini memberikan device dengan Series 60 lebih fleksibel terhadap program-program yang dikembangkan untuknya. Contoh, untuk bermain game, sudah pasti jog-dial dua arah tidak dapat digunakan semaksimal joystick empat arah karena jog-dial kehilangan dua fungsi arah.
Pada kedua sistem operasi, memilih data pada tampilan awal difungsi kalender secara otomatis akan mengarahkan Anda pada layar kalender utama. Pada layar kalender, sistem operasi UIQ mendapatkan keunggulan dari segi tampilan kalender yang lebih lengkap dibandingkan dengan Series 60. Pada UIQ 3, tampilan kalender kini dirancang dengan dua tingkatan informasi. Pada tingkat pertama pada tampilan bulan, Anda akan disuguhkan dengan sebuah garis tingkat kepadatan acara, yang juga berfungsi sebagai informasi hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada tanggal tersebut. Pada tingkat kedua, dibagian bawah fungsi kalender ini, terdapat layar informasi singkat mengenai isi kalender.

Dari kubu Series 60, fungsi kalender yang dimilikinya masih terlihat sederhana. Pada tampilan data bulanan, yang tampil hanyalah tanggal dan tanda segitiga kecil yang berguna untuk mengindikasikan hal yang harus dilakukan pada tanggal tersebut. Untuk memudahkan penglihatan data kalender, akan muncul sebuah box kecil ketika penunjuk arah diarahkan pada tanggal yang terkait.

DEVICE MULTIFUNGSI
Fungsi Produktifitas

Sebagai sebuah device modern, kemampuan produktifitas smart phone kini tidak lagi sebatas organizer saja. Dengan berbekalkan kemampuan olah data yang lebih tinggi dengan generasi sebelumnya, kini smart phone mampu dijadikan sebagai alternatif PDA-Phone, bahkan sebagai komputer yang dapat menciptakan dan memanipulasi data dari aplikasi Microsoft Office.

Tentunya, smart phone seperti E61 dan M600i tidak hanya dibekali dengan kemampuan untuk mengolah dan memanipulasi data saja, tapi juga dibekali dengan aplikasi untuk melakukan pengolahan data tersebut. Nokia menyertakan paket olah data aplikasi office yang cukup baik. Berkat dukungan layar yang lebar, melihat dan memodifikasi data seperti Word dan Excel sangatlah nyaman karena teks dan angka yang tampil menjadi lebih banyak. Pada Series 60, aplikasi manipulasi data Microsoft Office tampaknya lebih difokuskan pada pengubahan data secara marjinal. Hal ini terbukti dengan tersembunyinya fungsi-fungsi pengubahan ukuran dan bentuk font. Namun, hal ini berujung pada bersihnya tampilan data aplikasi Microsoft Office, karena yang tampil hanyalah teks yang perlu saja.

Di lain pihak, UIQ 3 mengambil jalur modifikasi menyeluruh pada aplikasi olah data aplikasi Microsoft Office. Pada tampilan Word contohnya, Anda akan disuguhkan dengan tampilan lembar kerja yang dihimpit dengan dua bar pengaturan font dan format lainnya. Hal ini memang memudahkan proses modifikasi data. Akan tetapi tampilan menjadi terkesan ramai dan tidak nyaman untuk melihat data. Solusinya Anda dapat mengaktifkan mode fullscreen sehingga lembar kerja hanya berisi tulisan saja.

Untuk kelengkapan fungsi olah data aplikasi office, Series 60 mutlak menang dengan kemampuannya mengedit file powerpoint. Sedangkan UIQ 3 hanya dapat melakukan preview file powerpoint saja.

Kelemahan penggunaan skema pengendalian jog-dial dibandingkan dengan pengendalian joystick empat arah sangat terlihat pada cara manipulasi data aplikasi office. Pada Series 60, Anda dapat bergerak bebas, kiri, kanan, atas, dan bawah dengan bantuan satu joystick saja. Pada UIQ 3, navigasi menjadi sebuah kebiasaan yang harus dipelajari karena pengendalian jog-dial harus dibantu dengan menekan tombol kiri-kanan pada keyboard. Tentu Anda dapat menekan langsung layar, hanya saja cara ini dianggap tidak nyaman karena Anda harus mengeluarkan stylus.

DUKUNGAN APLIKASI
Lebih Fleksibel

Sebagai sistem operasi, Symbian Series 60 dan UIQ 3 memiliki keunikan. Mereka mengijinkan aplikasi pihak ketiga untuk dimasukkan ke dalam sistem internal mereka. Berbeda dengan ponsel yang menggunakan middleware untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga, Symbian memiliki kemampuan akses ke seluruh resource yang tersedia pada smart phone. Ini berarti pengubahan fungsi smart phone dapat terjadi dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Hal ini dimungkinkan karena tanpa adanya middleware, akses hardware pengembang aplikasi tidak terbatas pada kemampuan middleware dalam menjembatani perintah ke hardware.

Pada kondisi ini, Symbian Series 60 mutlak menang atas ketersediaan aplikasi-aplikasi yang berlimpah untuk sistem operasi tersebut. Tampaknya ketersediaan beragam device yang mendukung Series 60 membuat pengembang software lebih percaya diri untuk membuat aplikasi pada platform ini.

Hingga artikel ini diturunkan, sudah tercatat 206 aplikasi yang tersedia untuk Symbian Series 60, mulai dari aplikasi hiburan hingga Personal Information Module (PIM). Sementara, hanya tersedia 118 aplikasi untuk UIQ 3, yang sebagian besar adalah aplikasi hiburan.

Serupa Tapi Tak Sama

CHIP ingin menjelaskan sedikit mengenai perbedaan antara Symbian Series 60 dan UIQ 3. Symbian OS merupakan sebuah sistem operasi untuk ponsel yang dikembangkan serupa dengan sistem operasi pada sebuah komputer. Sebelumnya, ponsel menggunakan sistem operasi kelas rendah yang statis. Perkenalan sebuah middleware atau aplikasi 'penghubung' agar sebuah aplikasi dapat berjalan pada ponsel disambut cukup meriah.

Dulu, agar sebuah aplikasi tercipta, produsen software harus bekerja sama dengan produsen ponsel. Hal ini bukan sebuah hal yang sulit, tapi ongkos lisensi menjadi cukup besar dan tidak semua produsen software memiliki dana yang banyak. Java sebagai middleware yang diperkenalkan pada ponsel, memberikan jawaban yang sangat memuaskan. Dengan adanya Java, seseorang dapat membuat aplikasi bermodalkan komputer dan sebuah aplikasi notepad. Sayangnya, kemampuan Java sebagai middleware mengakibatkan terbatasnya feature hardware ponsel yang dapat diakses oleh sebuah aplikasi berbasis Java.

Symbian OS memberikan platform sistem yang fleksibel pada ponsel. Kehadiran OS ini tidak diambil secara langsung oleh dua produsen ponsel yaitu Nokia dan Sony Ericsson. Nokia mengambil jalur tampilan sederhana sementara Sony Ericsson mengambil jalur tampilan kompleks. Nokia memodifikasi tampilan Symbian OS dengan sistem bernama Series 60 dan Sony Ericsson juga memodifkasi tampilan Symbian OS bernama UIQ.

Kedua platform tersebut memiliki kesamaan pemrograman berbasis system logic karena keduanya menggunakan sistem operasi yang sama. Namun, UIQ menggunakan interface layar sentuh yang sangat berbeda dengan interface yang dikendalikan oleh joystick pada Series 60. Hal ini menyebabkan program yang dibuat untuk UIQ tidak kompatibel dengan program yang dibuat pada platform series 60.

Pilihan Belum Mutlak

Perdebatan antara efisiensi tampilan user interface Series 60 dan UIQ 3 akan menjadi hal yang tidak akan berujung. Hal ini disebabkan karena perbandingan akan bersifat kualitatif. Ada orang yang lebih menghargai kesederhanaan Series 60, namun ada juga yang menghargai kompleksitas tampilan UIQ 3.

Dari segi tampilan awal, informasi yang berlimpah ruah pada UIQ 3 tentu menjadi pilihan bagi mereka yang enggan untuk masuk lebih dalam ke fungsi-fungsi organizer UIQ 3. Dalam kasus ini, UIQ 3 menjadi pilihan yang lebih menarik. Akan tetapi untuk mereka yang lebih menghargai kerapian tampilan data, Series 60 bisa menjadi pilihan yang lebih menarik. Hal ini terlihat pada tampilan awal Series 60 yang sederhana dan tersusun rapi.

Masalah pengalaman bernavigasi pada kedua user interface tersebut pun cukup mengundang perdebatan yang tampaknya juga tidak akan berujung. Navigasi joystick empat arah yang umum digunakan pada device Series 60 mudah digunakan dan sangat fleksibel. Sementara, fungsi jog-dial dua arah yang digunakan oleh device-device UIQ3 (Sony Ericsson P990, M600i, W950) memang terasa aneh ketika digunakan. Namun ada beberapa fungsi yang menarik. Penggunaan jogdial sebagai sebuah pengendali pilihan lagu terintegrasi dengan sangat nyaman dan natural dibandingkan dengan navigasi empat arah pada Series 60. Begitu juga saat membaca dokumen, melakukan scrolling tentu lebih nyaman, terutama dengan posisi tangan menggenggam.

I Nine

Ini dia band dengan vokalis cewe cakep bernama Carmen Keigans yang penampilan dan suaranya mengingatkan kita dengan sosok Avril Lavigne.
I Nine yang terberntuk di tahun 2004 dengan personil Carmen Keigans pada vocal, Bryan Gibson dan Brian Whitman sebagai gitaris serta Matt Heath yang ngebetot bass,tahun kemarin sempat ngetop dengan single Seven Days of Lonely yang dirilis di iTunes pada bulan September 2007.
Debut album mereka bertitel Heavy Weighs the King bakal rilis bentar lagi.
Sebuah single bertitel "If This Room Could Move" yang dijagokan lumayan enak nih. Warna alternatif rock dengan vokalis cewek gini ngebuat lagunya terasa seger.

Theory Of A Deadman feat Chris Daughtry

Namanya serem banget, Theory Of A Deadman!
Band asal Kanada ini dikontrak oleh Chad Kroeger dari Nickelback
setelah sang vokalis Tyler Connoly memberikan rekaman demo band ini kepada Chad pada sebuah pertunjukan.
Selanjutnya band ini merilis album bernama mereka sendiri ditahun 2002 yang meraih platinum d
i Canada.
Tetapi popularitas mereka raih setelah merilis album kedua bertitel "Gasoline" dirilis di tanggal 29 Maret 2005 yang berhasil menjadi album no.1 di Canada apalagi setelah beberapa lagu mereka mengisi soundtrack video game "Fahrenheit".
Sebelum album ketiga mereka yang dikasih judul "Scars and The Souvenirs" rilis April nanti, coba dengerkan sebuah lagu yang merupakan hasil kolaborasi band ini bersama runner-up American Idol, Chris Daughtry!
Yayy!!!! Nice rockin!!!

Mahasiswa ITB Menangkan Lomba Desain Chip Tingkat Dunia


Dua tim mahasiswa Sekolah Tinggi Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) menjuarai lomba LSI Design Contest di Okinawa, Jepang. Tim Garuda Parahyangan dan CREW, berturut–turut berhasil menyabet predikat Juara I dan Juara II lomba desain chip tingkat dunia itu.

Tim Garuda Parahyangan yang beranggotakan Oky Firmansyah, Andry Ongkinata, dan Bagus Prasetyo Wibowo, mendapat penghargaan IEICE Communication Society Award melalui karya berjudul "RSA Enchiper Hardware Design Using Interleaved Algorithm with Dynamic Masking". Sementara itu, tim CREW yang digawangi Iput Heri Kurniawan, Asep Bagja Nugraha dan Randy Saut Purba meraih predikat "LSI of the Year for Student" dari "The Semiconductor Industry Newspaper" dari rancangan berjudul "RSA Hardware Implementation Based on Pipeline Architecture of Montgomery’s Algorithm".

"Yang lebih mengesankan lagi adalah semua tim dari Indonesia merupakan mahasiswa S1, dimana tim lainnya sebagian besar adalah mahasiswa Master, bahkan dari perwakilan industri," ujar Dr. Trio Adiono, dosen pembimbing kedua tim dalam email yang dikirimkannya. Hasil karya tim Indonesia juga akan diundang secara khusus untuk tampil di Institute Electronics, Information and Communication Engineer (IEICE), jurnal elektronika terkemuka di Jepang.

The 11th LSI Design Contest in Okinawa 2008, yang berlangsung 14 Maret 2008 itu bertema merancang chip untuk sistem keamanan yang disebut RSA encoder–decoder. Sistem ini banyak dipakai oleh Industri teknologi informasi, termasuk internet dan ponsel. Lomba ini merupkan lomba desain chip tingkat Internasional yang beberapa jurinya berasal dari perusahaan-perusahaan besar dalam industri Elektronika, seperti Sony, Renesas, Synplicity, dan Xilinx.

Chip yang dirancang memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi, sehingga president dari Sony Semiconductor, yang terkenal dengan produk PlayStation3, ponsel, dan televisinya, datang langsung untuk melihat dan bertindak sebagai juri dalam lomba ini. Kategori penilaian meliputi ide baru rancangan dan kemungkinannya dalam aplikasi industri.

Tim STEI ITB mengalami peningkatan psat dalam kompetisi tahunan yang diselengarakan oleh Ryukyus University Jepang. Tahun 2007 lalu, tim VR–46 dalam The 10th LSI Design Contest in Okinawa 2007 meraih penghargaan "Special Feature Award on Creativity and Originality", penghargaan yang pada tahun sebelumnya pernah diraih oleh Tim Arjuna. Sebagai catatan, ITB yang diwakili Tim Garuda pada tahun 2004 dan Tim Larasati pada tahun 2005 secara berturut–turut baru mencapai peringkat ke–5 dan ke–4

Asosiasi ISP Jepang Putus Download Ilegal


Perusahaan-perusahaan penyedia akses Internet Jepang berencana memutus sambungan Internet para pengunduh ilegal. Keluhan yang makin meningkat dari industri musik, film, dan permainan video, membuat empat asosiasi yang mewakili penyedia layanan Internet di Jepang sepakat untuk mengambil langkah drastis itu, tulis harian Yomiuri Shimbun, Sabtu (15/3).

Koran tersebut mengutip sumber tanpa identitas yang mengemukakan bahwa para penyedia layanan Internet akan mengirim surat elektronik kepada mereka yang berulangkali membuat salinan ilegal dan memutus sambungan Internet jika orang-orang tersebut masih mengulangi. Perusahaan-perusahaan Internet akan membentuk satu tim pada bulan depan dengan melibatkan perwakilan pemegang hak cipta untuk menyusun suatu pedoman baru. Tindakan tersebut akan menjadi salah satu yang paling tegas dalam perang melawan pembajakan "online".

Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, menjelang akhir tahun lalu menguraikan langkah sejenis yaitu memutus sambungan Internet untuk pengguna yang secara menyolok melanggar undang-undang hak cipta. Umumnya, mengunduh secara ilegal ditangani lewat proses pengadilan terhadap perorangan. Industri musik meraih kemenangan pertama untuk hal tersebut di pengadilan Amerika Serikat pada Oktober 2007, ketika seorang wanita diperintahkan membayar lebih dari 220 ribu dolar karena membagikan 24 lagu secara "online".

Yomiuri Shimbun memperkirakan sekitar 1,75 juta orang Jepang menggunakan perangkat lunak "file-sharing" dan kebanyakan untuk bertukar salinan secara ilegal. Salah satu penyedia layanan Internet dua tahun lalu akan memutus sambungan Internet orang-orang yang bertukar berkas secara ilegal, namun rencana itu batal setelah pemerintah menyatakan langkah tersebut melanggar hak-hak rahasia pribadi.

Perangkat lunak " file-sharing" paling terkenal di Jepang adalah Winny, yang mampu membuat para penggunanya bertukar permainan, film dan musik "online". Program itu dibuat oleh Isamu Kaneko, seorang asisten peneliti di University of Tokyo. Tahun 2006 dia didenda 1,5 juta yen (sekitar Rp 140 juta), namun tidak dipenjara

L Change The World

Karakter L Jadi Lebih Manusiawi
Setelah mengguratkan namanya di Death Note dalam Death Note: The Last Name, L hanya punya waktu 23 hari sebelum ajal menjemputnya. Apa yang dilakukan L untuk mengisi hari-hari menjelang kematiannya? Mengulum permen sambil mengurung diri di kamar, meratapi kematian Watari? Nope!

Untuk terakhir kalinya, L harus menangani kasus yang mengancam keselamatan dunia dalam L change the WorLd. Berbeda dengan Death Note dan Death Note: Last Name, kali ini L dituntut untuk keluar dari sarangnya. Nggak hanya otak encernya yang bekerja, tapi juga fisiknya. Lari-larian sambil "mengasuh" dua anak kecil, menghindari berondongan senjata, melompat ke pesawat yang dibajak, dan aktivitas lain layaknya seorang hero.

Sisi humanis L juga digali lewat interaksinya dengan dua bocah yang ada dalam lindungannya. Cowok yang selalu tampil dengan kaus putih dan celana jins belel ini piknik dengan dua "anak asuh"-nya di atap, bahkan mengucapkan "Itadakimasu" (selamat makan, Red.) sebelum menyantap makanan manis kesukaannya.

Ini merupakan hal baru bagi L yang terbiasa mengurung diri. "Saya ingin memotret sisi kemanusiaan L yang tak ditunjukkan dalam seri Death Note," ujar Nakata Hideo sang sutradara kepada The Daily Yomiuri.

Nakata nggak lupa memuji akting Matsuyama Kenichi yang menghidupkan peran L. "Dia adalah aktor yang ’dirasuki’ perannya selama 24 jam sehari ketika syuting," katanya, "Dua minggu sebelum syuting, ekspresi wajahnya berubah jadi L."

Hal itu diakui MatsuKen, sapaan akrab Matsuyama, pada Gyao Magazine. "Mungkin peran itu juga mewarnai diri saya. Saat pemotretan, nggak hanya (wajah) L, tapi cara berdiri saya juga agak membungkuk (seperti L)," ungkapnya.

Mengenai perannya yang kini lebih banyak menguras energi, MatsuKen berkomentar bahwa detektif nyentrik itu telah berubah. "Setelah kematian Watari, perasaan L mulai berubah," peraih gelar Best New Actor dalam Japan Academy Award 2005 lewat Otoko Tachi no Yamato ini.

Sejak diumumkan pembuatannya pada 2007, L change the WorLd menjadi film paling ditunggu oleh fans Death Note. Namun, fans Jepang terpaksa rela didahului fans Hongkong. Sebab, Warner Brothers merilis L di sana pada 7 Februari. Fans Jepang baru bisa menikmati L dua hari kemudian. Sedangkan Singapura menayangkannya mulai 21 Februari.

L change the WorLd merupakan kisah orisinal yang nggak muncul dalam manga maupun animenya. Sebagian fans kecewa dengan alur cerita yang dianggap nggal selevel dua film pendahulunya. Mereka menganggap L nggak lebih dari film action biasa.

Namun, bukan berarti L layak dilewatkan. Nakata memberi kejutan menarik di penghujung film, yang akan menghubungkan film ini dengan kisah manga Death Note pasca kematian L. (ran)


Chara

L. Lawliet
Pemeran: Matsuyama Kenichi
Detektif jenius yang berkepribadian unik. Sangat suka makanan manis dan cenderung penyendiri.

Nikaido Maki
Pemeran: Fukuda Mayuko
Putri Nikaido Kimihiko. Sang ayah mempercayakan informasi penting mengenai antivirus yang diincar para bioteroris padanya.

Boy
Pemeran: Fukuda Narushi
Satu-satunya survivor dari insiden di sebuah desa di Thailand. F dari Wammy’s House menyerahkan bocah jenius matematika ini ke tangan L untuk mendapat perlindungan.

Watari
Pemeran: Fujimura Shunji
Satu-satunya orang yang dekat dengan L. Pria tua yang selalu terlihat kalem ini adalah pemilik panti asuhan Wammy’s House.

Kujo Kimiko
Pemeran: Kudou Youki
Ilmuwan yang bertanggung jawab dalam riset virus. Bersama Nikaido saat terjadi insiden di Thailand, tapi hanya dia yang selamat.

Matoba Daisuke
Pemeran: Takashima Masanobu
Anggota Kankyou Hogo Dantai (organisasi perlindungan lingkungan), Fullship. Pria perlente tapi berbahaya ini banyak melakukan kegiatan terorisme di luar negeri.

Nikaido Kimihiko
Pemeran: Tsurumi Shingo
Kepala Nikaido Boueki Kenkyuu Center. Pihak Washington memintanya untuk menyelidiki kasus bioteror.

Shun Suruga
Pemeran: Nanbara Kiyotaka
Agen FBI yang dikirim untuk menyelidiki bioteror. Dia mendekati L untuk mengambil kembali Death Note.


L change the WorLd
Produksi: Warner Brothers
Tayang: 9 Februari 2008 (Jepang), 21 Februari 2008 (Singapura)
Sutradara: Nakata Hideo
Durasi: 128 menit

Sepuluh Mangaka Favorit Jepang


Siapa sih mangaka Jepang yang karyanya paling dinantikan para penikmat manga? Awal bulan ini, Oricon, sebuah lembaga riset marketing terkemuka di Jepang, mengungkapkan daftar 10 besarnya. Berikut hasilnya:
----------

Yazawa Ai
Mangaka cewek yang juga menelurkan Kagen no Tsuki ini mencatatkan namanya lewat NANA. Manga tersebut mengisahkan perjalanan sukses band Black Stones yang digawangi Oosaki Nana. Meski sempat absen dari majalah Cookie karena Yazawa jatuh sakit, toh NANA masih dinanti pembaca cewek. Tahun lalu, Yazawa pun menempati urutan teratas dalam poling yang sama.

Toriyama Akira
Penggemar shounen manga pasti kenal namanya. Dragon Ball, karya yang dikerjakannya lebih dari dua dekade silam, mengantar Toriyama menjadi mangaka paling digemari. Tentu saja, penyumbang suara terbanyaknya adalah cowok.

Inoue Takehiko
Peringkat ketiga dihuni oleh mangaka bergaya realis ini. Lewat Slam Dunk yang kaya humor namun menyentuh, Inoue merenggut perhatian pembaca. Sekarang Inoue tengah disibukkan oleh proyek barunya yang konon merupakan gabungan dari Vagabond dan REAL.

Adachi Mitsuru
Namanya merupakan jaminan manga berkualitas. Nggak heran para pembaca menyumbangkan suara untuk mangaka H2, Natane, dan Cross Game ini. Adachi terpilih berkat karyanya, Touch.

Togashi Yoshihiro
Bolak-balik absen dari Shonen Jump bukan berarti Hunter X Hunter kehilangan pembaca. Buktinya, sang mangaka masuk jajaran mangaka paling dinanti karyanya.

Oda Eiichiro
Posisinya seimbang dengan Togashi. Tentu saja, mantan asisten Watsuki Nobuhiro (Rurouni Kenshin) ini sukses berkat serial yang kini telah mencapai ratusan chapter di Shonen Jump, One Piece.

Urasawa Naoki
Mangaka spesial serial thriller ini mencatatkan namanya di bawah Oda-Togashi. Namun, beliau masuk daftar bukan karena Pluto, melainkan karena 20th Century Boys.

CLAMP
Daftar Oricon nggak akan lengkap tanpa kehadiran kuarter mangaka cewek asal Osaka ini. Kebiasaan buruk mereka, suka mendadak kehilangan mood meneruskan suatu serial, nggak lantas membuat mereka kehilangan fans. Untung saja CLAMP masih aktif mengerjakan Tsubasa RESERVoir CHRoNiCLE yang membuat nama mereka masuk daftar, meski kini sibuk dengan serial barunya, Kobato.

Fujio F. Fujiko
Kalau masih hidup, tentu beliau menepuk dada. Doraemon, manga jebolan 30 tahun silam masih terus dikenang pembaca hingga kini. Nama Fuji bersanding dengan CLAMP di posisi 8.

Tezuka Osamu
Mantan runner-up tahun lalu ini kini terpuruk di posisi juru kunci. Karya legendaris sang bapak manga ini, Atom Boy, merupakan pembuka jalan sukses anime dan manga di luar Jepang.

Oricon memang tak memublikasikan jumlah suara yang diperoleh masing-masing mangaka. Namun, lembaga ini mengumumkan rangkumannya. Yazawa unggul di kalangan responden cewek. Sedangkan responden cowok lebih memilih Toriyama. Inoue dan Adachi muncul di daftar lima besar untuk responden cewek maupun cowok.

Bila ditinjau dari usia pembaca, Yazawa dan Oda sama-sama menduduki peringkat teratas. Hanya, Yazawa lebih beruntung karena pembaca berusia awal 20-an juga memilihnya. Toriyama banyak dipilih oleh responden yang berusia 30 tahun ke atas. Tentu saja, karena Dragon Ball milik Toriyama sangat populer saat responden tersebut berusia remaja. Meski aksi petualangan Son Goku sudah berakhir 13 tahun lalu, popularitasnya terdongkrak karena perilisan DVD animenya dan live-action movie yang akan dirilis tahun ini.

Poling ini digelar 12-15 Februari melalui internet dengan total 600 responden yang dibagi rata berdasarkan gender. Oricon membidik tiga range usia responden, remaja, usia 20 tahunan, dan 30 tahunan. Tahun lalu, jumlah responden total mencapai 1.000 orang dengan pembagian range usia responden siswa SMP, SMU, sekolah kejuruan, mahasiswa, pegawai berusia 20 tahunan, pegawai berusia 30 tahunan, dan pegawai berusia 40 tahunan.

Nokia N-81 Generasi N Gage

Nokia N 81

N81. Sukses Nokia atas seri N-Gage rupanya akan terulang lagi dengan diluncurkannya NokiaNokia N81 8GB dengan kelengkapan multimedia dan game-nya mengingatkan kita pada seri NokiaN-Gage beberapa tahun yang lalu. Perpaduan game dan multimedia tetap saja menawarkan sesuatu yang menggiurkan dalam sebuah handphone. Itulah sebabnya Nokia kembali mengusung perpaduan tersebut dalam kapasitas memory yang lebih besar serta kemampuan yang lebih optimal dalam seri Nokia N81 8GB ini.

Frekuensi Operasi :
- EGSM Quadband 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
- WCDMA 2100 MHz

Dimensi
- Volume: 86 cc
- Berat: 140 gr
- Panjang: 102 mm
- Lebar: 50 mm
- Tebal: 17.9 mm

Layar
- Layar warna QVGA 2.4” matriks aktif (320 x 240 piksel)
- Sampai 16 juta warna

Antarmuka Pengguna
- Antarmuka pengguna S60 Edisi ke3
- Tombol navigator 5-arah
- Tombol permainan khusus
- Tombol media: play/pause, forward, rewind, stop
- Tombol yang dapat dikonfigurasi pengguna
- Keypad ITU-T, tombol yang dapat dikonfigurasi pengguna, tombol navigator 5-arah, tombol S60
- Tombol multimedia, Navi TM wheel, pemilihan kunci
- Tombol volume, tombol kamera

Pencitraan
- Kamera 2 megapiksel terintegrasi, resolusi efektif 1600 x 1200 untuk penangkapan gambar; dengan 20 x zoom digital
- Kamera depan (CIF)
- Modus kilat: aktif, mati, otomatis, reduksi mata merah
- Editor video dan gambar biasa
- Perekam video
- RealPlayer media player
- Video call, video sharing
- Video: Perekaman dan playback video 15fps dalam format MPEG-4 QVGA dengan suara
- Playback dan streaming video MPEG-4, H.264, H.263/3GPP, RealVideo8/9/10
- Playback video layar penuh pada perangkat untuk melihat klip video yang telah didownload, distream atau direkam
- Dukungan Nokia Lifeblog
- Album/blog online, upload foto/video dari galeri
- Galeri berputar

Multimedia
- Radio FM terintegrasi dengan dukungan visual radio:
- Music player terintegrasi untuk format MP3 (VBR), AAC, eAAC+, AAC+, WMA, WAV
- Sinkronisasi musik dengan Windows Media Player 11
- Manajemen playlist
- Aplikasi Nokia Podcasting
- 5-band equalizer
- Streaming musik UPnP
- TV kompatibel, stereo dan PC melalui WLAN/UPnP
- RealPlayer Media Player
- Playback video layar penuh pada ponsel untuk melihat klip video yang telah didownload, distream, atau direkam dalam ukuran yang lebih besar
- Format yang didukung (decoding): format file .3gp dan .mp4, video MPEG-4, video H.263 dan audio AMR, RealMedia (Real Video dan Real Audio), MP3, dan AAC
- Solusi Pencetakan Nokia XpressPrint
- Download dan putar file multimedia (video dan musik)
- Cetak foto digital secara langsung dari smartphone pencitraan Anda:
- Transfer foto secara langsung ke printer kompatibel atau kiosk melalui teknologi nirkabel Bluetooth, Reduced-sized MultiMedia Card (RS-MMC), atau keprinter PictBridge melalui kabel USB
- Aplikasi built-in cepat dan mudah digunakan; tanpa installasi, mudah

Fungsi Memori
- 8 GB memori built-in

Olah Pesan
- MMS untuk membuat, menerima, mengedit, dan mengirim video dan gambar dengan klip suara AMR
Email: Mendukung protokol SMTP, POP3, IMAP4, dan APOP.
- Mendukung lampiran (melihat file jpeg, 3gp, MP3, .ppt, .doc, excel, dan .pdf)
- Mendukung SMS bersambung, olah pesan gambar, daftar distribusi SMS

Permainan
- Space Impact Light
- Asphalt game demo
- Fifa soccer demo
- Dapat dimainkan dalam posisi handphone mendatar atau tegak
- Tombol permainan khusus

Aplikasi Java™
- JavaTM MIDP 2.0, CLDC 1.1 (Connected Limited Device Configuration J2ME)
- Download over-the-air (OTA) aplikasi dan permainan berbasis Java™

Konektivitas
- Bluetooth 2.0
- WLAN IEEE802.11 b/g dengan dukungan UPnP
- Konektor Nokia AV 3.5mm
- Micro USB 2.0 Kecepatan Penuh

Browsing
- Nokia Web Browser dengan Mini map
- Nokia Mobile Search, pencarian lokal & internet
Full OMA Digital Rights Management untuk perlindungan konten - meliputi kunci depan untuk perlindungan konten, pengiriman gabungan, pengiriman terpisah dan superdistribusi

Transfer Data
- GPRS: Kelas B, multislot kelas 10
- EGPRS: Kelas B, multislot kelas 10 DTM mendukung (MSC11)
- Dukungan WCDMA 2100
- Aplikasi transfer data untuk transfer informasi PIM dari perangkat Nokia kompatibel lain.

Personal Information Management (PIM)
- Fitur PIM S60 lanjutan meliputi kalender, kontak, daftar yang harus dilakukan dan pencetakan PIM

Fitur Lain
- VoIP (SIP, Nokia Client 2.1)
- Aplikasi Flash Lite 2.0
- Aplikasi Adobe Reader
- Aplikasi Nokia maps
- WLAN Wizard

20 March 2008

Code Geass Lelouch of The Rebellion R2

The figure behind the mask is still a secret

Setting cerita dalam sekuel ini mengambil tempat berskala lebih besar, yaitu seluruh dunia, sehingga tidak hanya berfokus di negara jepang saja dan akan menggambarkan kehidupan sehari - hari karakternya. Setelah setahun berlalu, jalan hidup yang baru bagi para karakternya dimulai. Kehidupan bersekolah, kisah cinta, intrik politik, dan segala hal yang berpengaruh didalamnya akan mengejutkan kita semua. Perang demi perang pun terus datang silih berganti.
Diceritakan, Suzaku Kururugi telah bergabung dengan Knight of Rounds dan menempati posisi yang penting. Zero yang memiliki penampilan baru telah muncul dan menurut Yoshitaka Kawaguchi, salah seorang produser dari anime ini, ada kemungkinan Zero tersebut bukanlah Lelouch Lamperouge.

Selain itu, nampaknya akan ada karakter baru yang diperkenalkan, yaitu Rollo Lamperouge, yang memiliki peranan menarik dan kemungkinan akan disukai oleh penggemar cewek. Meskipun Rollo adalah adik Lelouch, namun ia benar - benarberbeda dari kakaknya
Lelouch maish menjadi tokoh utama dalam anime ini. Tak ada yang berubah dari dirinya, selain penampilannya yang sedikit berubah dengan rambut lebih panjang. Sifatnya masih sama dan ia tetap menjadi pelajar Ashford. Selanjutnya, Lelouch akan menggunakan kekuatan Geass-nya secara berlebihan dan ia terus menjalani kehidupan gandanya.

Sementara itu, Lelouch juga akan mengalami perkembangan hubungan percintaannya. Menurut sang sutradara hal ini kurang diperlihatkan pada season pertama, karena lebih menonjolkan tujuan Lelouch tanpa memperumit masalah yang ada. Beberapa hal yang pernah terjadi sebelumnya, kini akan menghantui Lelouch.

Ia harus mempelajari bahwa hidup adalah satu rangkaian dari ebrbagai kejadian yang semuanya saling berhubungan. lelouch juga akan bertemu dengan banyak orang. Bagaimana ia berhadapan dan membuat mereka berpihak padanya akan menjadi sesuatu yang layak untuk disimak. Selain keberpihakan ada juga yang akan berkhianat padanya.

14 March 2008

A Brief History of Anime - Early Stage


In 1914, cartoonists were among the first Japanese artists to experiment with animated motion pictures. Japan's first worldwide success was Kitayama Seitaro's short film Momotaro(1918). Although the Japanese animation industry continued to grow slowly, its one, last prewar milestone was Chikara To Onna No Yononaka. Appearing in 1932, the short film was the first animated "talkie" in Japanese.

As unbelievable as it may seem, the success of both the anime and manga industries in Japan rests firmly on the shoulders of one man: Osamu Tezuka. Originally an aspiring animator, Tezuka became a cartoonist after World War II. He was only 20 years old when his first significant work, the novel-length Shintakarajima or "New Treasure Island", appeared in 1947. In just a few years, he became Japan's most popular manga artist, eventually earning the title "God of Manga."

For manga and anime fans, Tezuka's most obvious contribution came in the design of his characters. The artist needed a vast emotional template to tell his often complex stories. Seeking inspiration, he returned to the prewar Disney cartoons that he loved as a child. Just like Mickey Mouse and Donald Duck, Tezuka's animal and humans characters sported round heads with huge, expressive eyes. Although these features appeared simple and cartoonish, they actually allowed a character to express a wide range of emotions, from adulation to seething hatred.

Tezuka founded the Osamu Tezuka Production Animation Department or, as it was eventually called, Mushi Productions. His goal was to produce animated theatrical features as well as episodic series for the fledgling Japanese television industry. Mushi Production's premiere series, Tetsuwan Atom (US: Astro Boy) missed out on being the first domestically-produced animated televisions show by only a few months. That honor fell to Otagi Manga Calendar or "Manga Stories Calendar," which featured short, historical cartoons. But, in all its black-and-white glory, Tetsuwan Atom was the first regular animated program to contain a recurring cast performing in fictionalized stories. Based on Tezuka's manga series of the same name, Tetsuwan Atom followed the amazing adventures of a robot boy as he fights crime and protects his friends. The show became so popular that it was even distributed worldwide.

The Weird Things People Eat Around the World


Half the fun of traveling is getting out and enjoying all sorts of foods you're not used to eating. A simple trip to the corner market or grocery store in a foreign land can keep you amused for hours. Take the example above for instance: Cone Pizza! This picture was snapped in Seoul, South Korea, and you know what? It looks pretty damn tasty. Can I get one in the States yet? Anywho, check out some other weird foods from around the world, and be sure and share your own experiences in the comments!



So is it pickled snake head? Or is snake head a type of fish? Either way, I'm not eating it. Spotted in an Asian market in Vancouver, British Columbia.


Black beans are good. Cheese is good. But black bean cheese? I dunno -- it sort of looks like a bowl of ash. I guess I'd try it; it is the natural black foodstuffs, after all.


Found in San Francisco.


It's tough to read the label, so I'll just tell you: it's cow lung.


Trout isn't that weird really, but they hardly look "live."


Spotted at the Raleigh, N.C. BugFest.


Ay-yo Adrienne... you got something in your teeth.


What's Haw anyway? Found in Beijing.


Scary.

Quit laughing. (U.K.)


Nothing like a Beijing street market to test your gag reflexes. Yep, still works! (For you brave souls out there, here's a video of someone eating one of those freakish black scorpions.)


Can you guess what these little buggers are? Click the photo to find out!


It's orgasmic.


These are candied cordyceps from China. I had to use trusty Wikipedia to figure out what a cordyceps is, and it turns out it's a type of fungi. That's not so bad!


For shizzle. (Too easy.) Oddly enough, you can buy this stuff on Amazon.


An edible menu in a Chicago restaurant. This is cool ... but I can't imagine you'd be hungry enough to order anything off of the gigantic menu you just stuffed down your throat.


Chocolate french fries in Seattle.


Someone spotted this candy corn soda in Target.


Artichoke-flavored tea in a can.

U.S. hails progress in N. Korea nuke talks


The United States and North Korea made progress Thursday in overcoming obstacles that have stalled a major nuclear disarmament deal but remained short of a breakthrough, the chief U.S. negotiator said.

Assistant U.S. Secretary of State Christopher Hill told reporters that the talks in Geneva were probably the most substantive that Washington has had with North Korea since problems developed in December over disarming Pyongyang's nuclear weapons program.

"We certainly are further along in this consultation than we were when I arrived this morning," Hill said after meetings with North Korean Vice Foreign Minister Kim Kye Gwan. "There has been progress."

Hill said he wanted to report to U.S. Secretary of State Condoleezza Rice before going into more detail.

"We've had good discussions on all substantive issues," Hill said. "Whether we've resolved these issues and achieved our goals I'm not prepared to say."

Kim separately denied allegations that North Korea had a secret uranium enrichment program or that it had any connection with a nuclear program in Syria.

"We did not have, we don't have and we will not have," Kim said.

Hill went into the Geneva discussions insisting that Pyongyang fully reveal all details of its nuclear weapons program.

"We need to get some movement. We're already some 10 weeks behind," Hill said, referring to the North Korean commitment to make a full declaration of its program by December 31.

North Korea agreed last year to provide a complete list of its nuclear programs and disable its facilities and its main reactor by the end of 2007 as part of a disarmament deal.

For its part, Washington promised aid and said it would consider removing North Korea from terrorism and economic sanctions blacklists.

Pyongyang made unprecedented progress, shutting down and starting to disable its main nuclear reactor last year. But the talks have faced an impasse since the North missed its December deadline.

North Korea complained that promised energy aid was late in coming. Washington said Pyongyang still had to provide a detailed declaration of its nuclear programs as a condition for receiving the assistance, and North Korea insisted it gave the U.S. a list of its nuclear programs in November.

South Korea, China, Japan and Russia have been working with the United States to resolve the dispute.

Hill said the United States, South Korea and China were well on the way to living up to their commitment to provide energy aid to North Korea in exchange for the declaration and disarmament.

"I think there's a realization that the U.S. has just in the past few days completed or is completing its requirement on the heavy fuel oil," Hill said. "I know that the Republic of Korea and China are working on heavy fuel oil equivalents."

"I think we are more or less OK on that," Hill said.