Kamis, September 14, 2023

Cara Daftar Face Recognition Kai


Saya ingin menjelaskan fitur terbaru dari aplikasi KAI Access atau KAI Mobile App, dimana kita bisa mendaftarkan wajah kita yang sesuai dengan E-KTP yang kita miliki. Jadi kalau sebelumnya kalau kita mau naik kereta harus menyiapkan KTP, dan juga tiket yang sudah kita cetak. Sekarang ada fitur yaitu kita tidak perlu mengeluarkan KTP, Tiket ataupun HP, kita hanya cukup men-scan wajah kita di mesin pemindai yang ada di beberapa stasiun besar yang saat ini masih dalam tahap pertama. Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Malang dan Stasiun Solo Balapan.

Jadi kita cukup memindai wajah kita dan palang pintu otomatisnya bakal terbuka otomatis. Sangat membantu banget untuk yang tidak mau repot buka tas, nyari dompet, buka hp. Bisa langsung scan dan masuk ke ruang tunggu untuk keberangkatan kereta kita.


Enaknya kalau pakai face recognition ini enggak bakal lagi ada yang nyelundup pesen tiket pakai ktp orang lain, soalnya saya pernah denger kemaren waktu jaman corona dan vaksin. Ada yang sampai pinjem KTP sodara untuk pesen tiket dan bepergian dengan kereta. Kan kalau pakai pemindai wajah ini enggak bakal ketuker sih, orang yang pesan tiket dengan yang masuk ke kereta.


Awalnya cara registrasinya ini adalah menghampiri ke petugas yang stand by di dekat pintu masuk face recoqnition, ada petugas yang stand by dengan membawa mesin seperti EDC, jadi ntar kita tinggal tap KTP dan registrasi sidik jari dengan yang terekam di data E-KTP. Entahlah harusnya kan wajah ya yang disimpan, ini kenapa verifikasinya pakai sidik jari. Pokoknya setelah berhasil, kita tinggal lihat ke alam pemindai wajah dan palang pintu otomatisnya bakal kebuka.


Namun saat tulisan ini ditulis sudah bisa registrasi face recoqnition dengan aplikasi KAI Mobile atau Kai Mobile App, tapi khusus yang android, untuk yang iOS harus bersabar karena masih dalam proses pengembangan. Untuk yang di iPhone waktu kita mau registrasi pasti force close terus. Jadi diakalin registrasi lewat hp android aja.


Untuk pengguna smartphone android sudah bisa registrasi, yang pertama dilakukan adalah :





1. Masuk ke aplikasi Kai Mobile App dan masuk ke akun kita.

2. Pilih akun, dan pilih Registrasi Face Recognition.

3. Klik foto selfie, dan tempatkan wajah kita sesuai posisi yang telah ditentukan.

4. Setelah itu pilih Daftar Sekarang dan registrasi berhasil.


Cukup mudah cuman saat ini saya belum bepergian dengan kereta, mungkin awal bulan Oktober baru bisa nyobain fitur face recognition ini. Emang biasanya agak ribet waktu mau boarding karena harus nyiapin KTP dan Boarding Pass, tapi semoga sudah bisa lebih cepat dengan pemindai wajah ini. Jadi bisa mengurangi antrian, dan semoga praktek di lapangannya lancar - lancar aja tanpa kendala jaringan atau wajah yang tidak terdeteksi.


Ohya kereta api adalah salah satu alternatif moda transportasi yang paling enak sekarang ini, dimana harga tiketnya relatif murah dibandingkan kereta atau bus. Dan dengan yang phobia ketinggian kalau naik pesawat, bakal santuy kalau naik kereta. Saya sih masih was - was naek pesawat gegara serem aja enggak napak tanah hehe.


29 komentar:

  1. wah pelayanan KAI makin canggih ya ...., zaman masih kuliah dulu suka naik kereta karena harganya lebih murah daripada naik bis dan relatif lebih cepat sampai, tapi sekarang karena tinggal di Riau nggak ada kereta jadi nggak naik-naik kereta nih hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di jawa dulu beli tiket enggak ada nomor kursinya...sekarang lebih teratur, pasti uda ada nomor kursinya kalau beli tiket

      Hapus
  2. Siap-siap nih buat bulan October, getting ready for the face recognition for traveling through KAI services.

    BalasHapus
  3. Pernah ada pengalaman untuk guna di aplikasi Grab dan Maxim

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau grab saya pernah nyoba, kalau maxim sih belum pernah

      Hapus
  4. wah, KAI semakin keren dan mengikuti perkembangan jaman ya :D

    BalasHapus
  5. ..memudahkan yg mau pergi "pake kereta ya

    BalasHapus
  6. Keren juga KAI. Aku msh jarang sih pakai kereta api, tapi kalo rute yg mau didatangin masih pulau Jawa, biasanya lebih milih naik KA drpd pesawat. Krn toh nyaman.

    Cuma untuk bbrp bulan ke depan blm ada planning aja kalo rute domestik Jawa ini 😅.

    Enak juga kalo bisa face recognition. 👍 makin kesini KAI memang paling kliatan berbenahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau ada perjalanan di jawa mending pakai kereta mbak hehe, lebih enak dan cenderung tepat waktu

      Hapus
  7. Tambah maju KAI,terakhir ke Gambir mau ke Jogja gunain kereta Febuari lalu, masih pake cara biasa yg nunjukin KTP sama karcis, tapi memang udah ada buat yg scan wajah itu sih kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulai juni si kak, tapi ini bertahap untuk stasiunnya, sementara yang stasiun gede2 dulu, mungkin ke depannya bisa untuk semua stasiun

      Hapus
  8. Keren ya skrg KAI semakin canggih. Berguna banget buat orang-orang yang sering naik kereta api dan gak mau ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makin berbenah dan emang yang paling berubah banget dah kai ini

      Hapus
  9. Wah keren nih, nggak terasa fitur face recognition telah digunakan sampe ketahap sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semakin memudahkan, semoga kalau pakai masker masih bisa kebaca ya

      Hapus
  10. Duh bagi kami di daerah yang belum familier dengan hal begini, mungkin jika mau naik kereta bingung seribu gunung nih. He he ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya y bu, di jawa kereta jadi salah satu andalan moda transportasi

      Hapus
  11. Ini pelayanan terbaru dari kai. Kai semakin berkembang dan semakin memudahkan customer. Kalau dulu aku boarding hanya menunjukkan eticket dari hp. Tidak pernah mencetak tiket lagi.

    Kalaj layanan face recognition belum pernah coba. Layanan ini juga sudah tersedia di stasiun semarang tawang.

    BalasHapus
  12. so ini untuk warga indonesia sahaja ke? atau termasuk sekali foreigner?

    BalasHapus
  13. AKu udah rencana kepengen naik kereta sampai Surabaya terus nyambung naik kapal laut ke Lombok :D Udah super keren ya fasilitas dan layanan KAI. Bravo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih longtrip itu, seru banget dah kalau bisa lintas pulau

      Hapus
  14. Makin canggih apps sekarang..

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.