Minggu, Maret 12, 2023

Setting Magic Mouse Untuk Macbook


Pengguna Macbook pasti sudah sangat nyaman dengan touchpad yang disediakan oleh Macbook Air dan Macbook Pro, namun ada sebagian pengguna yang awalnya dari Windows yang sangat familiar dengan mouse tambahan guna menunjang produktifitas, ataupun sekedar untuk browsing. Saya termasuk yang sudah terbiasa menggunakan mouse dan keyboard tambahan di Windows, entah kenapa kalau pakai touchpad yang di ada pada laptop itu kayak ada yang kurang. Butuh mouse sungguhan untuk blogwalking ataupun ngetik, apalagi saya juga sampai nambah keyboard tambahan karena keyboard laptop sudah rusak. Beberapa kali onboard keyboard laptop saya ganti dan tetap juga rusak, akhirnya saya belikan keyboard wireless biasa.

Nah untuk pengguna Macbook jika kita mau menambah menggunakan mouse biasa sepertinya agak susah, karena mousenya harus khusus yaitu Magic Mouse, ada dua tipe yaitu Magic Mouse dan Magic Mouse 2. Tapi jangan dibandingkan harganya dengan mouse wireless yang ditujukan untuk laptop biasa karena harganya bisa 15x nya, mouse yang biasa itu dijual mulai Rp. 80.000, sedangkan Magic Mouse itu dijual di harga Rp. 1.200.000 sampai 1.800.000. Memang enggak bisa dibandingkan, untuk mouse wireless biasa kan ada adapternya yang dicolokkan di USB laptop, untuk Magic Mouse hanya mouse nya doang, karena sudah terintegrasi dengan bluetooth Macbook Air ataupun Macbook Pro, tinggal connect langsung bisa digunakan.

Memang strateginya Apple jadi penggunanya pasti bergantung dengan produk mereka, dan juga karena memang ekosistem Apple ini sangat membuat ketergantungan dengan fitur yang mereka tawarkan. Cuman untuk pengguna Magic Mouse baru, harus ada beberapa pengaturan yang harus kita rubah dan disesuaikan agar bisa lebih maksimal menggunakannya.

Cara setting magic mouse nya adalah yang pertama nyalakan magic mouse dan pastikan baterai pada magic mouse tersedia, karena di magic mouse ini tidak ada indikator tentang baterai di mousenya, bisa terlihat indikator baterai kalau sudah nyambung di Macbook, untuk waktu charge juga di mouse nya tidak ada tanda apakah masuk pengisian dayanya atau tidak, jadi yausdah di charge sampai sekiranya penuh saja, bisa dicharge pakai charger iphone. 

Setelah dipastikan sudah connect dengan Macbook, kita masuk ke System Settings di Macbook, terus pilih menu Mouse di paling bawah kiri, setelah itu akan muncul jendela magic mouse dan pengaturannya.

1. Pengaturan pertama yang harus dirubah adalah Tracking Speed, karena kalau defaultnya itu lama banget pergerakannya, saya rubah ke hampir fast. Biar kalau ngegeser mousenya enggak pakek tenaga.

2. Trus keistimewaannya dari Magic Mouse adalah kita bisa ngatur gestur seperti di Iphone, saya ngaktifkan Natural Scrolling sama Secondary Click. Secondary Click ini kayak klik kanan, kalau di trackpad kan dua jari nyentuh trackpad muncul menu, ini saya setting jadi klik kanan biar gampang.

3. Trus mengaktifkan Smart Zoom, smart zoom ini kita tinggal sentuh dua kali di klik kiri bisa otomatis ngezoom, bisa dipakai kalau lagi browsing. 


4. Untuk More Gestures ini saya mengaktifkan Swipe Between Pages dengan satu jari, jadi kalau kita browsing di Safari trus mau back atau forward cukup geser kiri dan geser kanan di Magic Mouse tanpa ngeklik ya.

5. Untuk Mission Control ini saya aktifkan, Mission Control ini berguna seperti pindah aplikasi, kayak swipe dari bawah kalau di Iphone, ini gunanya kayak tombol keyboard alt + tab di windows.

Itu beberapa fitur yang bisa diaktifkan dari Magic Mouse, yang paling penting sih speed kursornya dirubah biar enggak lemot. Semoga berguna untuk pengguna Magic Mouse baru.

15 komentar:

  1. macbook cocok bgt untuk para orang orang kreatif, penampilanya mendukung aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya penampilan dan juga ekosistemnya beneran mendukung

      Hapus
  2. Produk Apple kalo udh ada yg harus di ganti lumayan bikin hati teriris..perintilan lainnya juga bikin puyeng kalo ud rusak apa ilang..mihiil

    BalasHapus
  3. Para pennmgguna macbook emang sering nyaman dengan touchpad mereka. Rata² orang yang aku kenal (pengguna mac) memang jarang menggunakan. Bahkan beberapa dari mereka desain gamabr dan editing video tetap pakai touchpad.

    Kalau aku sebagai oengguna wondows lebih sering menggunakan mouse. Meskipun touchpad juga nyaman dipakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang didesain nyaman banget, ini aja enggak kepikiran beli mouse

      Hapus
  4. Saya nyimak saja dan jadi pengetahuan baru buat saya. Saya seumur-umur belum pernah makai selain windows ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pengguna windows dari pertama megang komputer

      Hapus
  5. ngak pernah beli Macbook or anything brand Apple...sudah biasa dgn windows saja..

    BalasHapus
  6. Setelah menggunakan selama beberapa minggu, menurut saya magic mouse gak nyaman untuk dipegang. Suka bikin pegel. Lalu bener emang tracking speednya kalau gak dirubah ke fast malah bikin capek. Kayaknya masih lebih enak pake yg logitech walaupun di mac.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya kalau logitech blm nyoba,mgkn kalau udah nyoba bisa ngerasain enakan yang mana

      Hapus
  7. saya belum mampu guna Mac dan rasanya tidak berminat dengan produk mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mac biasanya berguna untuk desain grafis

      Hapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.