18 Januari 2021

Pengalaman Langganan Disney+ Hotstar


Kebosanan melanda, setelah kelar nonton anime Attack on Titan di Netflix sampai final season, saya kehabisan rekomendasi untuk series baru. Semenjak musim streaming-an melanda ini saya lebih memilih nonton secara resmi dan legal dibandingkan nonton ilegal. Ada beberapa layanan yang sudah saya coba dan memang sekarang sudah mulai banyak pilihan layanan yang ditawarkan, seperti Netflix, PrimeVideo, Hbo Go, dan Disney+ Hotstar yang mulai hadir secara resmi di Indonesia. Meski termasuk kategori baru masuk Indonesia, namun film - film yang ditawarkan juga lumayan banyak.

Kebetulan juga saya masih belum mencoba langganan, harga langganan layanan dari Disney+ untuk bulanan adalah Rp. 39.000 sedangkan untuk langganan selama 12 bulan atau satu tahun adalah Rp. 199.000. Dari segi harga memang sangat miring jika dibandingkan dengan pesaingnya, terutama untuk yang langganan tahunan, per bulan kenanya itu Rp. 17.000. Di Iklannya sih film yang ditawarkan itu film-film Hollywood blockbuster dan konten peraih penghargaan dari Disney, Marvel, Star Wars, Pixar, National Geographic

Jujur saya sih tertarik dengan serial Wanda Vision yang baru dirilis beberapa hari yang lalu, makanya saya ingin mencoba daftar buat ngerasain seperti apa yang ditawarkan oleh Disney+ Hotstar ini. Jika anda sama seperti saya, yaitu pelanggan baru yang belum langganan tapi sudah daftar maka yang harus disiapkan pertama kali adalah saldo Gopay. Kenapa?

Karena untuk langganan bulanan itu pembayaran bisa menggunakan Kartu Kredit atau Gopay, lain halnya jika kita ingin berlangganan tahunan ada beberapa metode yang ditawarkan seperti Debit Online, Virtual Account dari 5 bank kerjasama dan beberapa E-Wallet. Berhubung saya mau coba dulu, makanya saya nyiapin saldo Gopay, saldo yang dibutuhkan untuk langganan bulanan adalah Rp. 39.000 jadi sebelum langganan bisa isi saldo Gopay baru langganan Disney+ Hotstar.

Setelah saldo Gopay kita tersedia, hal pertama yang kita lakukan adalah masuk ke Website https://www.hotstar.com/id, untuk pengguna Android dan iOS bisa download aplikasi DIsney+ Hotstar di Google Playstore dan Apple Store. Yang saya pergunakan disini adalah mendaftar lewat Website, pertama kita bisa pilih menu Masuk. Saya memilih masuk karena sudah pernah daftar tapi belum langganan. Setelah itu masukkan nomor handphone kita yang digunakan sewaktu mendaftar, setelah itu kita bakal menerima sms notifikasi yang berisi OTP, Setelah Input OTP, kita pilih menu langganan, disitu ada dua pilihan untuk bulanan atau langsung tahunan. Saya pilih bulanan yaitu Rp. 39.000 setelah memilih kita akan diarahkan ke menu pembayaran dimana ada dua pilihan yaitu menginputkan kartu kredit atau Gopay. 

Saya pilih Gopay, dan diarahkan ke menu pembayaran lewat Gopay, setelah itu kita input nomor hp yang terdaftar di Gopay. Setelah itu akan masuk menu untuk menghubungkan Gopay dengan Hotstar, masukkan pin Gopay dan pilih Confirm. Setelah itu pembayaran berhasil dan langsung ke menu awal Disney+ Hotstar dengan menu yang awalnya langganan berubah menjadi Tingkatkan, dimana kita sudah bisa memilih dan menonton film yang ditawarkan. Sayapun langsung nonton streaming Wanda Vision 2 episod langsung,hehe. 

Setelah nonton Wanda Vision kesan pertama yang saya rasakan adalah di Disney+ Hotstar ini yang uniknya adalah ada dubbing suara bahaasa Indonesia dan juga tersedia subtitle bahasa Indonesia. Yang unik disini adalah dubbing, bagi penonton malas baca subtitle bisa memilih yang versi dubbing. Cuman bagi saya yang enggak biasa dengerin dubbing jadi aneh sih. Lebih nyaman suara bahasa asli disertai subtitle alias saya tim subtitle.

Terus kelebihan lain yaitu disini film Disney dan Marvel lengkap dan kalau nontonnya gak perlu bayar lagi, bisa kita tonton langsung ataupun di download tanpa kena iklan. Ada sih layanan streaming sebelah yang udah bayar tapi tetep kena iklan, tapi Disney+ Hotstar ini aman. Untuk resolusi yang ditawarkan itu cuman ada Auto, Rendah, Sedang dan Tinggi.

Kekurangannya adalah sampai saat ini Disney+ Hotstar ini cuman bisa diakses melalui Android TV dengan OS 7.0 keatas sama Apple TV Gen 4 dengan OS 11 keatas. Untuk pengguna Smart TV seperti saya di LG Web Os masih belum bisa akses. Saya sudah nyoba pakai menu browser di Smart TV itu berhenti di saat kita pilih film yang akan diputer, langsung berhenti tidak ada loading film yang dipilih. Jadi kudu nunggu sampai ada aplikasi resmi di Web OS kalau di LG TV. Coba kalau sudah tersedia di Smart TV pasti saya langganan yang setaun hehe. Maklum juga sih kan masih baru masuk di Indonesia, jadinya mungkin masih dalam tahap pengembangan. Kalau untuk akses lewat HP saya sih pribadi kurang nyaman karena kalau nonton di HP karena nonton di layar yang kecil itu yang agak susah. Saya nonton di HP itu terpaksa kalau udah males nonton di TV,hehe. Kalau nonton di Laptop juga kebanyakan malesnya nyalain laptop,hehe. Biasa mager ini susah emang ngatasinnya.

Bagi saya sih kekurangannya sih untuk perangkat untuk muternya sih, kalau untuk film yang ditawarkan sudah mantap. Ada series original Disney+ nya juga, dan ada beberapa film yang tayang hanya di DIsney+, film Indonesianya juga lumayan banyak.

Nah sembari nunggu rilis Wanda Vision episode selanjutnya, sekarang saya nyoba nonton The Mandalorian. Di masa pandemi begini emang dirumah itu menyenangkan, apalagi sambil nonton film. Saya sekarang beneran jarang keluar rumah kalau enggak penting banget, betah dirumah aja. Tapi ya gitu, timbangan ini yang enggak ramah karena temennya nonton adalah nyemil,hehe. Saya sertakan beberapa screen shot sewaktu saya daftar langganan Disney+ Hotstar ya. 











Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

6 Responses to "Pengalaman Langganan Disney+ Hotstar"

  1. Ini racuuuun sekali sbnrnya hahahha. Aku so far udh langganan VIU, trus drakor id+. Lagi galau mau langganan Netflix dan Disney ini utk anak2 mas :D.

    Jd makin banyak pilihan sih yaaa. Dan senengnya biaya langganan juga murah banget. Apalagi sejak pandemi di mana ga bisa nonton bioskop, film2 di sini menghibur jadinya. Coba film2 baru dimasukin juga, tp dengan fee tambahan, aku ga bakal keberatan kok.

    Sejak sebelum pandemi aku hobi banget nonton Ama suami soalnya :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, jadi ada banyak pilihan film yang bisa dinikmatin sewaktu dirumah saja

      Hapus
  2. Iyahh ini bingung.. sbnernya skrang lagi langganan netflix.. buat 4 orang di rumah... terus semenjak disney muncul.. pengen juga.. ahha.. harganya lebih murah yah dri pada yg netflix.. hahah

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.