19 June 2020

Layanan HBO di Indonesia


Salah satu streaming film berbayar yang ada di Indonesia adalah HBO, bukan merupakan penyedia baru di dunia penayangan film tetapi masih setia dan masih bertahan di kondisi saat ini. Awalnya HBO atau kepanjangan dari Home Box Office menurut Wikipedia adalah salah satu stasiun televisi di Amerika Serikat yang dimiliki oleh Time Warner, HBO ini menanyangkan tayangan film tanpa iklan selama 24 jam nonstop kepada lebih dari 40 juta pelanggan yang tersebar ke lebih 150 negara. Awalnya pada tahun 1965, Charles Dolan mendapat izin untuk mendirikan sistem televisi kabel di Manhattan, awalnya diberi nama Sterling Manhattan Cable dan didukung oleh Time Life, Inc meluncurkan Green Channel yang kemudian namanya dirubah menjadi Home Box Office pada 08 November 1972. Tayangan perdana pada saat itu adalah menampilkan siaran pertandingan antara New York Rangers dan Vancouver Canucks, dan dilanjutkan dengan menayangkan film Sometimes a Great Nation. Baru pada 28 Desember 1981, HBO mulai menayangkan acara televisi 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pada 1983, baru dimulai produksi film sendiri bekerja sama dengan The Terry Fox Story. Sampai saat ini film original dari HBO ada yang ditayangkan di stasiun televisi lain seperti Sex and The City, The Sopranos dan Six Feet Under.

Perkembangan secara umum yang disampaikan di Wikipedia seperti itu, namun HBO di Indonesia baru masuk pada tahun 1994. Memang sebelum ada Netflix dan Primevideo saya memang taunya itu HBO terlebih dahulu. Jaman dulu masih SMA saya baru familiar dengan HBO, dulu pertama kali lihatnya itu di tempat saudara yang langganan Indovision. Disitu disediakan channel HBO yang emang yahud muterin film mulu, tinggal kuat - kuatin mata untuk nonton sama tagihan listriknya dah,hehe. Itu di rumah saudara saya yang udah langganan Indovision, kalau saya dirumah sih tetap setia sama siaran dari antena sama langganan TV Kabel perumahan, itu lo yang bayar 15 ribu bisa dapat 40 channel gratisan. Entah gimana caranya tapi yang jelas kalau di rumah saya sih rata - rata pada langganan seperti itu, lumayan murah meriah. 

Setelah beberapa tahun tidak nonton HBO, nah pas tahun 2020 ini saya baru mulai tertarik dengan HBO. Tertariknya saya adalah karena sekarang ini di Indihome ada paket langganan channel HBO yaitu paket Indimovie 2, harganya Rp. 70.000 dengan channel yang bisa dinikmati adalah bebas akses ke HBO, HBO HD, HBO HITS, HBO HITS HD, HBO SIGNATURE, HBO SIGNATURE HD, HBO FAMILY, HBO FAMILY HD, CINEMAX, CINEMAX HD, RED dan RED HD. Dan plus akses gratis ke HBO GO (Nah ini yang bikin tertarik). Saya kan pakai paket internet dan TV, nah di saat kemaren ada acara WFH itu kita pelanggan Indihome diberikan bebas akses ke semua channel TV yang ada di Indihome selama beberapa hari. Nah berhubung gratis, jiwa gratisan saya pun bergejolak. Saya cobain semua dah channel yang disediakan, nah baru disinilah saya akses ke channel HBO, dan saya baru tau kalau channel HBO itu enggak cuman HBO saja, ada beberapa turunannya dengan film yang disajikan juga genre nya berbeda beda. Ada HBO HITS, HBO SIGNATURE, HBO FAMILY, CINEMAX dan RED. Sebenernya ada banyak sih film yang disiarkan di HBO, dan kebanyakan film bioskop yang masih baru juga sudah di tayangkan disini, cuman emang kalau film yang baru itu biasanya lebih enak di akses di HBO Go. HBO GO itu adalah media streamingnya HBO, dimana kita bisa nonton atau milih semua film di HBO tanpa perlu kita nunggu jadwalnya di TV, di lain kata itu kan kalau di channel HBO itu kita dikasi jadwal tiap hari nayangin film apa aja. Nah kalau di HBO Go ini kita bisa milih film apa yang mau kita tonton, tapi bisa di aksesnya pakai aplikasi di smartphone, dan di sebagian smart TV. 


Nah kalau mau akses HBO Go ini salah satu caranya adalah dengan berlangganan paket HBO di Indihome, jadi kita tinggal ngelink nomor pelanggan indihome kita dengan email yang didaftarkan di HBO Go. Setelah ngelink kita bisa akses semua film yang ada di HBO kecuali konten original dan klasik dari HBO. Sayangnya di STB Indihome ini tidak disediakan aplikasi HBO Go sih, jadi di STB Indihome kalau kita langganan paket Indimovie 2 itu kita cuman bisa akses channelnya doang dan tidak ada aplikasi HBO Go nya. Jadi kita akses HBO Go nya di smartphone kita ataupun di PC kita. Ada beberapa film yang legendaris sih seperti Game Of Thrones, Chernobyl, Watchmen.


Yang saya sayangkan adalah di Smart TV LG itu tidak disediakan aplikasi HBO Go, enggak seperti Apple TV, Netflix dan Primevideo yang umum ada di Smart TV. Mungkin HBO ini inginnya spesial sih, jadi enggak sembarang TV ada aplikasinya kecuali Android TV. Untuk tahun ini HBO Max dirilis khusus di US, dimana HBO Max ini khusus streaming nayangin kontek original ternama, film layar lebar dan film klasik HBO yang enggak disiarin di HBO GO. Film yang ditayangin di HBO Max ini seperti Friends, The Big Bang Theory, dan yang tahun depan dirilis khusus di HBO Max adalah Zack Snyder's Justice League. Saya rasa sih HBO Max ini memang dirilis untuk meramaikan industri streaming, dimana masih dirajai Netflix. Hayo yang doyan streamingan pasti bakal puyeng ada banyak pilihan untuk nonton film favorit.

image source : https://hbomax-images.warnermediacdn.com/2020-05/square%20social%20logo%20400%20x%20400_0.png
https://lh3.googleusercontent.com/9UwtRXMngCerXAh2Kvg_4WVNCOxRsXiHd1xntaGNPAQ_4_Xj3eH6v_agpy_D9bHUJgfZ
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/de/HBO_logo.svg/1200px-HBO_logo.svg.png

source : https://id.wikipedia.org/wiki/HBO

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, bukan blogger aktif, hanya blogger santai yang numpang ngeblog biar dikata aktif, seorang penikmat musik dan film yang sekarang lagi cinta sama TV karena baru bisa kebeli Smart TV. Dan sangat antusias dengan keadaan sekarang yang mengharuskan dirumah saja!

12 Responses to "Layanan HBO di Indonesia"

  1. Assalamualaikum..Kang Rezky

    Saya pernah langganan HBO lewat Usee TV. wah agak kecewa sih, filamnya gak banyak yang diputar dalam seminggu. banyak diulang. akhirnya putus langganan deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumslm
      iya ada biaya tambahan kalau berlangganan hbo

      Delete
  2. Saya pernahnya nonton channel HBO saat nginap di hotel sih, seru juga karena nonton film tanpa iklan.
    Kuat-kuatin mata aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya biasanya di hotel itu langganan siaran hbo sih, jadi sekalian nginep bisa nonton film

      Delete
  3. HBO, salah satu channel kesukaanku :)

    ReplyDelete
  4. adekku yang suka liat HBO ini
    katanya film hollywoodnya update yg baru di bioskop
    tapi kadang harus nambah biaya di indihome

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak sih yang langsung muncul di hbo, tinggal langganan saja...

      Delete
  5. Saya belum pernah langganan tv berbayar karena terkendala biaya bulanannya, tapi sepertinya menarik nih HBO, apalagi ada HBO Go yang mirip layanan streaming Netflix ya.😊

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.