21 December 2020

Pengalaman Nonton Bioskop di Tengah Pandemi

Sebenarnya ini bukan merupakan pengalaman yang baik, tapi sayang juga kalau enggak di ceritain. Sebelumnya harus diingat untuk tetap menjaga protokol kesehatan kalau di luar rumah ya, kalau di rumah sendiri saya kira semua sudha mengedepankan protokol kesehatan. Jadi begini, saya merupakan salah satu orang yang menunggu rilisnya Wonder Woman 1984, kenapa saya begitu menunggu rilisnya film ini? Karena film ini cuman di rilis di 2 tempat, yang pertama di bioskop dan yang kedua adalah HBO Max. Kalau di bioskop sih tergantung wilayah masing- masing, karena di Jawa Timur tempat saya tinggal itu hanya satu bioskop yang buka yaitu di Mojokerto dan bioskopnya itu CGV. Wilayah selain itu setau saya masih belum membuka akses bioskopnya, nah tanggal rilis WW84 itu tanggal 16 Desember 2020 dan kebetulan itu tanggal di hari kerja yang enggak mungkin dong kalau saya kabur ke Mojokerto di jam kerja. Nah terpilih lah hari sabtu kemaren atau tanggal 19 Desember 2020, weekend juga paslah untuk nonton ke Mojokerto. Nah sudah rencana pesan tiket, eh saya diberi tahu kalau di Gresik (Icon Mall) CGVnya buka dan nyiarin 3 film di tanggal itu. Salah satunya Wonder Woman 1984, nah daripada ke Mojokerto saya lebih memilih ke Gresik saja karena memang tinggal di Gresik juga dan jalan ke Icon Mall itu enggak sampai 35 menit, dibandingkan kalau ke Mojokerto itu ditempuh sekitar 60 sampai 80 menitan lah dari rumah, belum lagi kesasar karena enggak tau jalan ke lokasinya.

Saya putusin lah pesen tiket untuk malam jam 18.30, perkiraan kalau malam enak lah jalanan juga enggak macet juga. Proses pemesanan di website CGV juga enggak ribet - ribet banget, cuman log in akun CGV, pilih lokasi CGV nya, setelah itu pilih film yang akan di tonton dan juga waktu tayangnya. Kalau di Gresik untuk hari biasa Rp. 35.000 sedangkan weekend itu Rp. 40.000. Di CGV Gresik ini cuman menyediakan bioskop yang 2D saja, yang lengkap untuk fasilitas CGV nya itu di Marvell City Surabaya. 

Udah pasti dong, dari pagi udah kepikiran terus ntar malam nonton bioskop pertama di situasi pandemi gini. Emang di beberapa survey itu hasilnya bioskop adalah tempat yang cepat untuk menularkan Covid 19, sempat was - was juga tapi saya sih persiapan bawa masker dan juga face shield. Sekalian juga rencana pakai jaket, pokok pakaian standar saya itu seperti kalau mau perjalanan ke luar kota pakai Kereta Api. Biar saya agak tenang dan juga orang lain sekitar saya agak tenang juga, tapi emang sih nonton bioskop itu tidak direkomendasikan. Tapi berhubung HBO Max juga tidak tersedia di Indonesia, dan hanya tersedia di Amerika, ya apa boleh dibuat. 

Langsung ke sore hari, saya persiapan setengah enam sore, berangkat dari rumah pukul 17.45, estimasi 30 menitlah sampai Icon Mall. Sekalian nyoba tol baru KLBM dari Cerme sampai Bunder yang belum pernah saya lewati karena emang baru diresmikan 3 minggu yang lalu. Saya berangkat perjalanan dari rumah ke pintu tol sekitar 15 menitan, naik dari Pintu Cerme dengan biaya Rp. 9.000 saya pun langsung tancap gas ke arah Bunder, nah ternyata perjalanan dari Pintu Tol Cerme ke Pintu Exit Bunder itu gak sampe 4 menit perjalanan. Cepet banget, dibandingkan kalau lewat bawah barengan sama truck besar dijamin enggak bakal bisa nyalip - nyalip. Cuman yang membuat lama itu adalah setelah turun dari pintu Tol Bunder kita kalau mau ke arah Icon Mall harus muter ke terminal bunder dulu baru deh bisa ke arah Icon Mall, enggak boleh langsung belok kanan. Malah lebih lama turun tol dibandingkan perjalanan di Tolnya (^_^;), pas jam 18.20 WIB saya sampai di parkiran mall. Turun dari kendaraan langsung ngacir masuk ke pintu masuk mallnya, pakai hand sanitizer dan juga di termo gun sekalian tanya pak satpamnya dimana CGV, yang mana pertama kali saya ke CGV Icon Mall. Letak CGV ternyata naik dua lantai kata pak satpamnya, sayapun lanjut naik eskalator dua kali, sesampainya di lantai yang dituju saya baru keliling dah itu nyari CGV, kebetulan lantai atas sendiri itu masih belum ramai yang jualan alias masih banyak yang kosong. 

Dan saya mulai tengok kiri dan kanan, yang akhirnya sampai di bioskop yang dituju. Nah tapi pertama kali sampai lah kok rolling doornya masih ditutup? padahal jadwal film saya udah pas di pukul 18.30 WIB, saya gedor - gedor lah rolling doornya, nah baru mbak - mbak CGV nya ngebukain dan tanya apakah sudah pesen, saya jawab sudah mbak sudah pesen tinggal cetak tiketnya. Sayapun dipersilahkan masuk, waktu masuk juga bingung, ini mau nyetak tiket dimana. Antara keburu - buru sama enggak paham nyampur jadi satu, biasanya kalau di XXI itu tinggal scan barcode udah kecetak tiketnya, ternyata kalau CGV meski sudah scan barcode kudu masukin passkey yang ada di bawah barcode pembelian tiket. Baru paham juga saya, setelah tiket tercetak sayapun tanya studio Audi 2 ini dimana, karena tiket saya tulisannya di Audi 2. Saya diarahkan langsung ke studio Audi 2, kirain kan udah rame yang dateng ya. Eh ternyata saya udah lari - lari dan masuk studio bioskopnya eh saya adalah orang pertama yang masuk bioskopnya. Waktu baru masuk ruangannya, kan biasanya emang diputerin trailer film - film yang bakal ditayangin atau coming soon. Nah pas saya duduk di kursi, trailernya yang diputer pas trailer film Asih yang genrenya film horror lagi. Dag dig dug, dah baru kali itu takut gegara nonton trailernya doang. Untungnya g berapa lama baru masuk lah yang udah beli tiket WW84 di jam yang sama dengan saya, mungkin yang masuk sekitar orang 12 an, lumayan lah terisi, meski enggak full kursinya. Disekat 1 kursi kosong sebelahnya isi dan begitu seterusnya.

Pengalaman nonton bioskop pertama di masa pandemi ini emang beda, karena udah ampir setengah tahun lebih enggak menikmati nonton di bioskop. Karena selama ini nontonnya depan TV dirumah tanpa sound yang gahar kayak di bioskop ini. Film WW84 ini berdurasi kurang lebih 2 jam 30 menitan dengan satu mid credit scene di akhir film. Seneng aja hati ini bisa nonton bioskop lagi, setelah kelar nonton akhirnya saya pulang dengan bahagia.

Cuman besoknya ada kabar buruk, kabar buruknya bioskop CGV di gresik ini ditutup lagi karena belum mendapat ijin dari bupati, jadi hari minggu nya itu bioskop CGV ini di datengin satpol PP dan disuru tutup karena tidak diberi ijin buka. Pantesan saya cari jadwal di website CGV kok g muncul - muncul aja, ternyata udah keburu ditutup again sampai batas waktu yang belum ditentukan. Semoga aja Covid 19 nya cepet reda dan bisa buka lagi bioskop di Jawa Timur khususnya. Untung juga saya sempat nonton di bioskop sebelum ada grebekan itu, cuman sekarang kalau emang maksa mau nonton sih bisa beneran ke Mojokerto cuman buat nonton doang. Sekarang sih saya balik kembali menjadi penonton rumahan lagi, baru nonton bioskop lagi saat Black Widow rilis lagi, dan semoga nanti udah bole buka bioskopnya jadi gak perlu bingung nyari bioskop terdekat untuk nonton. Stay safe dah sekarang apalagi mau libur natal dan tahun baru, kalau bisa di rumah aja sih. Nonton streaming Netflix lagi sambil namatin Attack On Titan bareng saya. :D

image source :  https://play-lh.googleusercontent.com/dVQ6d8I7XDOkr72-jcAUHsCfQ_ih9p9HUaca82obM6LlmJOKAA8BuY776Xns40Nifg

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

28 Responses to "Pengalaman Nonton Bioskop di Tengah Pandemi"

  1. lumayan banyak juga ya step step yang dilalui trmasuk juga peralatan tempur pribadi seperti face shield dllnya..

    tapi jadi lebih enak ya soalnya lengang karena tempat duduk ada jeda kosongnya..bisa fokus kali ya nontonnya

    ReplyDelete
  2. Ribet juga yaa mas mau nonton saja banyak aturan yang harus diperhatikan...Tapi jadi pengalaman juga sih yaa ditengah pademi ini yang entah kapan berakhirnya.😊😊

    ReplyDelete
  3. Owalah, pakai acara rolling door digedor-gedor segala ya ��.

    Tapi seengganya cukup beruntung udah bisa nonton bioskop, meski ngga gitu lama bioskop dinoaktifkan lagi pengoperasiannya.

    Ngga kayak bioskop dikotaku yang sejak covid merebak sampai sekarang tetep saja ditutup berhenti operasional ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, sampai sekarang jg enggak ada kabar kapan bioskopnya dibuka lagi

      Delete
  4. Review filmnya dong mas,, koq baca2 dari situs luar macam sreen rant dan Roger ebert tu kurang oke dibanding yg pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih pribadi bagus kok, meski hampir di akhir film sudah sempet bosan,hehe

      Delete
  5. wah masa-masa pendemi dibolehkan nonton sama pemerintah daerah, alangkah asyiknya
    tapi saya pribadi masih belum berani keluar untuk menonton karena masih takut bahaya pandemi makin menyebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah harusnya sih enggak nonton bioskop,
      masih rawan penyebaran, tidak untuk ditiru,hehe

      Delete
  6. Di Kuala Lumpur, semua panggung wayang di tutup. Tetapi di Pulau Pinang, panggung wayang masih dibenarkan buka. Anak saya dah menuntun Wonder Woman 1984. Dia kata filem ini ada lah menarik hati

    ReplyDelete
  7. Oh, kalo aku jarang nonton film di bioskop kang, seringnya download di hape baru di tonton.😂

    Berarti bioskop cgv itu sebenarnya belum boleh buka ya kang, makanya rolling door nya juga tutup, baru setelah digedor gedor dibuka.

    Kasihan juga karyawan bioskopnya, pasti gajinya berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kalau nonton di hape kebanyakan ketidurannya, soalnya posisi pewe megang hp.
      bisa2 dirumahkan lagi ini pegawai cgvnya

      Delete
  8. Kayaknya aku nunggu kondisi udah aman aja deh baru nonton ke bioskop lagi.
    Soalnya kalo nonton sekarang pun nggak nyaman, perasaan was-was itu pasti ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga sih, apalagi sekarang memasuki psbb lagi

      Delete
  9. Aduh tampak ribet ya
    Harus pakai gedor-gedor pula
    Dulu beli tiket dan langusng masuk, beres.

    ReplyDelete
  10. bioskop di kotaku, Jember masih tutup sampe sekarang. dan untuk update film film baru banyak ketinggalan
    kangen juga sebenernya pergi ke bioskop rame rame
    semoga pandemi segera berlalu supaya bioskop bisa kembali dibuka ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga pandemi segera berakhir biar semua berjalan normal lagi

      Delete
  11. Sekarang banyak bioskop masih pakai tiket manual ya, coba online semua, kan jadi cepet, he-he

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bagus online lo ticketingnya ntar tinggal scan barcode aja

      Delete
  12. Semoga aktifitas di bioskop tidak mengesampingkan protokol kesehatan Covid ya Mas?

    ReplyDelete
  13. lucu juga ya mas, putaran keluar tol lebih panjang dari pada jalan tolnya

    ReplyDelete
  14. Akupun pengen bgt nonton nih mas, kmrn sempat ajak pas suami tp doi ga mau, lagi ky gini, mending jalan2 atau mlipir ke tempat sepi aja ajak anak juga, gak jadi nonton deh, aku masih was2 juga sih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau bawa anak2 jangan ke bioskop deh hehe

      Delete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.