29 Januari 2022

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Penanganannya


Mengobati sinusitis tentu tidaklah mudah. Sebelum melakukan pengobatan, alangkah terlebih dahulu untuk mengetahui riwayat sinusitis yang dialami. Untuk menangani sinusitis juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik melalui cara medis maupun memakai teknik terapi. Berikut cara mengobati sinusitis dengan penanganannya antara lain :


1. Dengan menggunakan jahe

Obat – obatan herbal memang ada yang instan. Namun, menanam sendiri tentu berbeda. Jahe adalah bagian dari tanaman rimpang yang memiliki aroma khas. Jahe juga bisa berfungsi sebagai media pengobatan herbal yang baik. Berbagai macam gangguan kesehatan bisa ditangani dengan menggunakan jahe. Tanaman ini bahkan juga bisa ditanam di halaman rumah. Sinusitis termasuk salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan menggunakan jahe. Cara ini bisa dilakukan dengan menumbuk jahe lalu menjadikannya sebagai minuman.

Khasiat jahe pada umumnya merupakan bagian dari antimikroba, antioksidatif, antiseptic dan antiinflamasi. Dengan menggunakan jahe secara berkala, selain menghangatkan badan juga bisa mengurangi gangguan atau gejala pada sinus. Batuk – batuk juga bisa diredakan dan efek nyeri pada hidung menjadi diminimalisir.


2. Cukupilah Kebutuhan Cairan Tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh menjadi cara yang ampuh menangani sinus. Anda bisa melakukan tindakan seperti mengkonsumsi jus atau buah yang mengandung banyak cairan. Air mineral pada umumnya juga bisa membantu mengencerkan lender di sinus. Hindarilah konsumsi alcohol agar sinusitis tidak semakin memburuk. Mengkonsumsi cairan juga bisa membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.


3. Nanas

Mengkonsumsi nanas juga bisa mengurangi sinus. Kandungan vitamin c pada nanas membuat daya tahan tubuh menjadi meningkat. Nanas sendiri juga mengandung zat bromealin yang manfaatnya sendiri bisa meredakan nyeri atau pembengkakan. Disamping itu, bromealin sendiri juga bisa digunakan dalam pengobatan batuk berdahak serta untuk mengencerkan lendir pada saluran tenggorokan.




4. Menghirup Uap

Dalam kasus sinusitis ringan bisa diatasi dengan cara menghirup uap. Tata cara dalam penyajiannya cukup sederhana, Anda hanya tinggal menyediakan baskom yang berisi air panas. Letakkan baskom yang berisi air panas dimeja lalu sedikit dekatkan hidung agar uap bisa masuk kerongga hidung. Dengan cara ini, sinusitis ringan menjadi lebih terkontrol dan lega.


5. Kompres dengan air hangat

Mengompres area yang nyeri akan meredakan gejala sinus. Pada dasarnya sinusitis berada di area sekitar pipi yang membuat area tersebut tampak nyeri. Dengan mengompres area seputar hidung, maka hal ini dapat memberikan efek relaksasi yang meringankan gejala sinus.


6. Menggunakan semprotan saline dan pembilas sinus

Menggunakan larutan garam, bilas hidung dan sinus Anda dengan netipot atau sistem irigasi lainnya. Anda dapat membeli larutan garam di atas meja atau membuatnya sendiri di rumah dengan air suling dan paket garam. Semprotan saline juga tersedia dalam botolkecil yang bisa Anda semprotkan langsung ke hidung. Pembilasan sinus seperti ini bekerja dengan mengeluarkan lendir dari hidungdan sinus untuk menjaga agar segala sesuatunya mengalir dengan bebas. Saline juga memiliki efek dekongestan alami, yang berarti menyusutkan jaringan hidung yang bengkak dan memudahkan Anda bernapas melalui hidung.


7. Mengkonsumsi vitamin

Vitamin cukup penting untuk mengatasi sinusitis. Vitamin  C dan vitamin D dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu mencegah infeksi. Vitamin C dan D dapat dijumpai di makanan sehat seperti sayur dan buah - buahan. Vitamin juga bisa dijumpai dalam bentuk larutan, kapsul bahkan tablet. Ada berbagai apotek yang turut menjual vitamin yang bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh.


8. Menggunakan minyak esensial

Minyak esensial seperti peppermint, lavender, kayuputih,  pohon teh, rosemary hingga cengkeh terbukti bermanfaat dalam menyembuhkan gejala sinusitis. Kemampuan anti-bakteridan anti-inflamasi dari minyak esensial dapat menjadi obat ampuh untuk sakit kepala sinusitis. Ini juga dapat membantu menekan batuk serta mengurangi efek nyeri yang diakibatkan oleh sinusitis. Minyak esensial sendiri cukup mudah ditemui. Anda bisa menjumpai minyak esensial di market atau apotek terdekat.


9. Menggunakan teh hijau

Teh hijau dapat menjadi obat alternatif yang bermanfaat untuk sinusitis karena kaya akan antioksidan. Ini tidak hanya dapat membantu dalam mengurangi infeksi tetapi juga membantu tubuh dalam proses penyembuhan. Cara menggunakan teh hijau ini juga terbilang sederhana. Anda bisa menyajikannya dengan cara ditumbuk lalu direbus hingga air mendidih dan langsung menyajikannya dalam bentuk hangat.


10. Dengan mengkonsumsi bawang

Bawang juga memiliki kemampuan anti bakteri karena kandungan belerangnya yang dapat berguna dalam meningkatkan infeksi sinus. Pilihlah varietas beraroma lebih kuat seperti bawang merah, coklat, dan putih untuk hasil terbaik. Dalam penyajiannya, bawang juga bisa dihidangkan bersama makanan yang lezat atau bisa digoreng seperti bawang goreng pada umumnya. Pilihlah bawang yang terlihat segar dan tidak pucat untuk menjadikan penyajian yang baik dan menyehatkan.


11.    Madu

Madu sendiri juga memiliki beragam manfaat. Sejak jaman dulu, madu selalu digunakan sebagai minuman herbal yang menyehatkan. Madu sendiri cukup efektif untuk digunakan sebagai media pengobatan yang salah satunya adalah sinusitis. Cara penyajiannya juga terbilang mudah. Selain bisa mengatasi gangguan pada sinus, madu juga bisa digunakan untuk terapi pernapasan. Hiruplah madu dengan mencampurkannya bersama air hangat serta rasakan relaksasi dari aroma madu yang menyegarkan.


12.    Dengan detoksifikasi

Obat untuk sinusitis frontal termasuk mandi pemurnian menggunakan garam Epsom, soda kue, dll. Ini dapat mengeluarkan kotoran sambil memberikan dosis mineral alami yang cukup besar untuk membuka sinus yang tersumbat dan mengobati pilek dan infeksi.


Mengobati sinusitis bisa dilakukan didalam rumah. Anda bisa memakai persediaan yang mudah didapat di lingkungan sekitar. Bahkan sekarang Anda bisa konsultasi secara online dengan cara download di sini.


Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

3 Responses to "Cara Mengobati Sinusitis Dengan Penanganannya"

  1. Ya, sinusitis memang satu "penyakit" yang susah untuk "treatment." It can be due to different issues and sometimes only an operation will clear the problem. Good review.

    BalasHapus
  2. Syukurlah belum pernah ngalamin sendiri
    Ibuku sih yg kena

    Perihh kasian banget
    Tapi syukurlah udh gak pernah kambuh lagi bertahun2

    BalasHapus
  3. wah makasih sudah disarikan pilihan treatment pengobatannya...paling yang ampuh di aku pake saline sih

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.