29 Maret 2021

2 Resep Membuat Pempek


Pempek merupakan makanan khas Sumatera Selatan. Makanan yang enak dan gurih ini ternyata banyak juga peminatnya di masyarakat Indonesia. Sehingga tidak heran kalau pempek ini bisa ditemukan dengan mudah dimana-mana, karena memang banyak orang yang menjualnya. Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Karena memang membuat pempek ini tidaklah sulit. Berikut 2 resep membuat pempek yang bisa anda coba :

1.    Pempek Tanpa Ikan Isi Telur Puyuh Gurih
Bahan-Biang :
    -    250 gr tepung terigu
    -    5 siung bawang putih dihaluskan
    -    2 sendok makan garam
    -    500 ml air
Bahan-Bahan :
    -    400 gr sagu tani
    -    ½ minyak goreng  
    -    4 butir telur
Bahan Cuko :
    -    6 keping gula merah (yang bulat kecil)
    -    500 ml air
    -    5 mata asam jawa
    -    Sedikit garam
    -    4 cabe rawit merah (sesuai selera)
    -    10 siung bawang putih
    -    1 buah terasi udang goreng / atau pakai udang (Optional)
Bahan Isi :
    -    20 butir telur puyuh
 

Cara Pembuatan :

    -    Yang pertama bahan biang rebus bersama bawang putih halus hingga mendidih lalu matikan kompor dan masukkan tepung terigu sembari diaduk cepat. Sisihkan bahan biang hingga agak dingin.

    -    Setelah bahan biang dingin masukkan minyak dan 4 butit telur kemudian mixer sampai tidak ada yang bergerindil, lalu masukkan sagu tani sedikit demi sedikit sembari diaduk rata dengan menggunakan tangan, tidak perlu menggunkan mixer, lalu aduk sampai rata dan adonan bisa dibentuk.

    -    Bentuk bulat adonan dan pipihkan, setelah itu baru tambahkan telur puyuh untuk isian. Soal bentuk anda bisa membentuknya sesuai dengan keinginan anda, baik itu bentuk bulat atau bentuk kapal selam.

    -    Kemudian didihkan air dan masukkan adonan yang sudah dibentuk kedalam air yang sudah di didihkan, tunggu sampai mengapung, kalau sudah mengapung itu tandanya sudah masak lalu angkat, dan biarkan agak dingin lalu goreng.

    -    Untuk kuah cuko : haluskan bawang putih, cabe rawit serta terasi, kemudian didihkan air dan masukkan bahan yang sudah dihaluskan tersebut, tambahkan sedikit garam serta tambahkan gula jawa dan asam jawa, lalu tunggu sampai gula larut dan cuko matang.

    -    Setelah itu siapkan pempek dalam mangkuk lalu tuangkan cuko di dalamnya, tambahkan timun serta bihun sebagai pelengkap.
 

2.    Pempek Nasi Nikmat
Bahan-Bahan :
    -     2 centong nasi
    -    1 butir telur
    -    500 gr sagu
    -    3 sendok makan terigu
    -    150 ml air panas
    -    1 batang daun bawang, iris tipis
    -    1 sendok makan garam 1 sendok teh gula
    -    300 ml air
 

Cara Membuat :
    -    Pertama-tama campurkan terigu dan air panas. Lalu aduk hingga menjadi bubur.
    -    Kemudian tambahkan sagu, nasi, gula, garam, telur, daun bawang iris, dan air.

    -    Setelah itu uleni hingga adonan menyatu serta tidak terlalu lengket di tangan. Namun jika masih lengket anda bisa tambahkan sagu lagi.

    -    Cicipi adonannya, jika terasa kurang asin maka bisa tambahkan sedikit garam.

    -    Lalu bentuk adonan menjadi bulatan gepeng pipih. Supaya bagian tengahnya matang, karena kalau bentuknya bulat saja, takutnya mentah pada bagian tengahnya apalagi jika digoreng dengan menggunakan api yang besar.

    -    Setelah itu goreng hingga adonan habis.
    -    Supaya lebih nikmat, sajikan dengan cuko palembang, saos sambal atau tomat. 

image src : https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2019/05/empek-empek-c37ce3ca497f25a19c8ac31767ee888c_600x400.jpg

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

0 Comment to " 2 Resep Membuat Pempek"

Posting Komentar

Kolom Untuk Mengisi Komentar.