19 July 2020

Konsultasi Kesehatan Jiwa dengan Halodoc


Di tahun ini merupakan tahun yang berat, kenapa? Karena di tahun ini ada pandemi yang melanda dunia yaitu COVID 19. Banyak sektor yang terimbas oleh adanya pandemi ini, seperti halnya di sektor ekonomi. Tahun ini saya bisa bilang tahun dimana banyak perusahaan yang tumbang karena efek dari pandemi, perusahaan banyak merugi yang mengakibatkan adanya PHK masal. Sedangkan otomatis semakin banyak pengangguran yang ada di sekitar kita. Salah satu efek dari banyaknya PHK masalah bagi individu adalah stres. Stres terjadi karena saat ini banykak orang yang kehilangan pekerjaan, stres ini merupakan salah satu  bagian dari kesehatan jiwa.

Pada umumnya pengertian stres adalah reaksi tubuh ketika seseorang menghadapi tekanan, ancaman atau suatu perubahan. Stres dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak – anak hingga dewasa.  Stres dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu stres eksternal dan internal. Stres eksternal adalah stres yang bersumber dari lingkungan sekitar, seperti trauma, pengalaman hidup atau ada masalah sehari – hari. Untuk stres internal adalah stres yang bersumber dari dalam diri kita sendiri. Gejala stres pada umumnya adalah dimulai oleh sering gelisah, sulit konsentrasi, mudah marah, khawatir atau cemas secara berlebihan dan sulit tidur. Stres ini tidak bisa diremehkan karena kalau dibiarkan dan tidak ditangani bisa merembet ke penyakit lain, seperti penyakit jantung, kanker dan depresi. Jangan meremehkan untuk masalah kesehatan jiwa karena dapat merembet ke penyakit lain atau komplikasi. 

Stres ini dapat didiagnosis dengan bantuan tenaga ahli seperti psikiater dan dokter. Diawali dengan sesi konseling psikiater dapat mengetahui penyebabnya, sehingga bisa menentukan penangan yang tepat. Bila stres sudah mempengaruhi kesehatan organ dalam, psikiater dapat merekomendasikan untuk pengecekan laboratorium dan tindakan lainnya.

Pengobatan untuk stres dapat dengan menerapkan pola makan dengan gizi seimbang, berolahraga cukup, mengurangi konsumsi kafein, tidur cukup dan menghindari konsumsi alkohol. Sedangkan untuk pencegahan stres itu dapat dengan mempertahankan sikap positif, belajar teknik relaksasi atau yoga, mengatur waktu lebih efektif dan mengisi kegiatan dengan hobi yang disukai.


Jika mempunyai keluhan yang sama hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter atau psikiater. Untuk yang awam mungkin mengalami kesulitan untuk mencari dokter atau psikiater yang dapat membantu keluhan stres kita. Salah satu yang dapat kita gunakan untuk referensi adalah dengan menggunakan aplikasi Halodoc, Halodoc merupakan salah satu platform dimana dapat menjembatani kita sebagai user dengan dokter yang kita butuhkan. Untuk dapat menggunakannya cukup mudah, yaitu kita tinggal instal aplikasi Halodoc dan tinggal pilih dokter yang kita inginkan. Adapun setelah berkonsultasi dengan dokter untuk tindak lanjutnya dapat membuat janji dengan dokter dan rumah sakit yang terdekat dengan kita di Halodoc. Aplikasi Halodoc ini sangat membantu kita apalagi di tengah pandemi ini, jika kita mengalami masalah kesehatan jiwa kita dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter yang terpercaya yang sudah bekerja sama dengan Halodoc, berkonsultasi awal dapat kita lakukan cukup di smartphone kita. Ibaratnya adalah penanganan pertama dapat kita konsultasikan di rumah lewat hp dan jika memang direkomendasikan untuk tatap muka secara langsung oleh dokter, kita dapat membuat janji dengan dokter di rumah sakit yang ada di aplikasi Halodoc. Untuk metode pembayaran konsultasi awal yaitu Halodoc bekerja sama dengan Gopay, untuk mengisi saldo Gopay juga cukup mudah bisa top up melalui internet banking dari smartphone kita.

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

10 Responses to "Konsultasi Kesehatan Jiwa dengan Halodoc"

  1. kesihatan mental tidak boleh dipandang enteng. lately terlalu banyak kes bunuh diri akibat depresi. contoh terdekat actor dr Japan...

    ReplyDelete
  2. Halodoc ini membantu banget ya disaat pandemi kaya gini, dimana orang2 pd takut keluar dan harus dirumah aja, jadi ga perlu bingung kalau mau konsultasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicek by aplikasi baru kalau butuh ke rs bisa bikin janji di rs

      Delete
  3. Relaksasi dan yoga bagus untuk menenangkan pikiran dan tubuh selama masa pandemi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah yoga ini yang belum pernah saya coba, seru juga si kayaknya

      Delete
  4. Ternyata bisa konsultasi psikiater lewat aplikasi Halodoc ya. Saya pikir hanya psikolog saja lho 😂
    Pernah saya saranin teman yang sepertinya butuh tempat curhat profesional untuk berkunjung ke Halodoc tapi nggak tahu sih apakah dia beneran konsul atau nggak pada akhirnya hahaha.
    Memang kesehatan mental itu nggak boleh dianggap remeh, jaman sekarang udah banyak aplikasi canggih kayak gini yang bikin jadi lebih nyaman kalau mau konsul sama psikiater ya.
    Btw, terima kasih informasinya ya!

    ReplyDelete
  5. wah ini aku juga mao cobaa
    kemaren uda sempet coba konsultasi ke dokter di Halodoc juga...Lumayan sih buat langkah awal sebelum konsultasi ke RS. Riskan juga kan sekarang ni kalau ke RS apalagi buat hal yang menyangkut mental ini
    tapi butuh juga nih buat kesehatan mental ini
    Ada rekomen dokter psikolog ga kak? haha

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.