27 June 2020

Browser Terbaru Windows 10

Beberapa hari yang lalu ada notif di Windows 10 saya kalau ada updatean yang telah selesai di download dan membutuhkan restart laptop. Di laptop saya ini memang saya setting untuk update otomatis kalau ada pembaruan baru, nah kemaren setelah update ada satu pembaruan yang langsung muncul ketika kita restart laptop kita. Pembaruan itu adalah ada satu browser yang langsung tampil di halaman awal, saya kira itu Internet Explorer untuk 10, nah tapi kok logo dan tulisannya itu Microsoft Edge. Tampilan awalnya sih mirip Internet Explorer, apalagi kalau saya mencoba mendownload file dari Internet itu model pendownloadannya itu persis Internet Explorer, namun apakah benar Microsoft Edge ini adalah pembaruan dari Internet Explorer?

Setelah saya coba googling mengenai Microsoft Edge, ternyata memang benar Microsoft Edge ini adalah browser lanjutan dari Internet Explorer.

Awalnya Microsoft Edge dikembangkan dengan nama Project Spartan dan dirilis pertama kali pada 29 Juli 2015. Merupakan browser bawaan untuk Windows 10, dan tersedia untuk versi android dan iOS nya Edge ini merupakan browser yang ringan dan simple. Bagi pengguna Internet Explorer pasti sudah sangat familiar dengan Microsoft Edge ini, saya sukanya IE ini adalah tampilannya yang ringan sama tampilan loading bar kalau di Windows 7 dulu itu unik, loading barnya itu terletak di bagian bawah, dimana kalau kita klik suatu link maka dibawah browser ini akan ada suatu bar yang akan menunjukkan loadingnya jika telah selesai load websitenya secara keseluruhan.

Bagi saya yang sudah terbiasa dengan Mozilla Firefox dan Google Chrome di Android, saya rasa susah untuk menggantikannya menjadi Microsoft Edge, saya sekarang memakai Microsoft Edge hanya sekedar untuk ngetes aja. Karena setelah update di Windows 10 ini Microsoft Edge bakal ke pin di Taskbar kita. Total ada 4 browser yang ke pin di taskbar saya, jadi kalau kangen Internet Explorer ya terpaksa buka Edge,hehe. Oh iya kalau di kerjaan saya sih wajib pakai IE karena emang pengembangan software kantor berbasis web, dan emang enggak kompatibel dengan Mozilla atau Chrome karena di beberapa bagian programnya menggunakan Active X. Oh ya di Microsoft Edge ini tidak mendukung Active X, jadi kalau emang butuh akses Active X silahkan pakai Internet Explorer anda. Internet Explorer di Windows 10 masih tersedia, alias tidak dihilangkan, masih bisa digunakan dengan versi 11.

source : https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Edge
https://img-prod-cms-rt-microsoft-com.akamaized.net/cms/api/am/imageFileData/RE4ncJa

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, bukan blogger aktif, hanya blogger santai yang numpang ngeblog biar dikata aktif, seorang penikmat musik dan film yang sekarang lagi cinta sama TV karena baru bisa kebeli Smart TV. Dan sangat antusias dengan keadaan sekarang yang mengharuskan dirumah saja!

4 Responses to "Browser Terbaru Windows 10"

  1. Anehnya saya kok gak bisa update ya, sering muncul error di windows saya jika ingin update.. Selalu gagal..

    ReplyDelete
  2. wah baru tahu nih..
    tapi saya pribadi jarang menggunakan internet explorer, hehe. lebih prefer chrome

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas rezki saya pun sama dengan mba zalfa, lebih sering dan lebih tepatnya terbiasa pake chrome jadi baru tau soal ini

      Tapi mas rezky keren sih masih menggunakan IE

      Delete
  3. Baru sadar saya di laptop saya ada microsoft Edge, tapi memang saya lebih suka pakai chrome sih, lebih familier buat saya :)

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.