5 January 2020

Perawatan dan Obat untuk Pasien dengan Infeksi Luka

Luka salah satunya luka karena operasi adalah jenis luka yang memiliki derajat keseriusan tinggi. Pasalnya, luka karena operasi memiliki ukuran yang cukup lebar dan dalam sehingga tidak dapat dianggap remeh. Untuk merawat luka akibat operasi ini membutuhkan ketelatenan tinggi dan teliti. Apabila terjadi infeksi pada luka operasi, maka harus segera diberikan obat untuk mempercepat penyembuhan luka dan infeksi yang tepat.

Pengobatan untuk Pasien dengan Infeksi Luka Bagi pasien yang mengalami infeksi pada lukao perasi yang dimilikinya maka harus segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan tindakan. Pasalnya, luka akibat operasi ini bukan lah luka ringan yang dapat disepelekan.

1. Diberikan Obat Antibiotik
Obat antibiotik adalah obat untuk mencegah infeksi disebabkan oleh bakteri tertentu. Obat ini harus diberikan berdasarkan diagnosis dokter dan resepnya. Minimal konsumsi obat antibiotik untuk pasien dengan infeksi umumnya selama 1 minggu meski tentu disesuaikan dengan tingkat keparahannya.

Antibiotik kadang berbentuk tablet ataupun suntikan. Obat antibiotik yang biasanya diberikan berupa clarithromycin, metronidazole, co-amoxiclav dan erythromycin.

2. Melakukan Prosedur Operasi Kembali
Apabila dokter menemukan bahwa infeksi yang terjadi di area luka sudah cukup parah atau memang tidak cukup jika dilakukan pengobatan luar, seringkali dokter akan melakukan prosedur operasi kembali. Prosedur operasi kembali ini dilakukan untu kmembersihkan luka dari infeksi oleh jamur dan bakteri.  Tindakan operasi kembali ini termasuk melepas jahitan untuk membuka kembali luka bekas sayatan operasi. Selanjutnya kulit ataupun jaringan di sekitar bekas operasi akan diperiksa untuk mengetahui infeksi yang dialami dan juga obat yang sesuai. Selanjutnya jaringan mati di sekitar luka dibersihkan agar tidak terjadi infeksi ulang. Luka pun harus dibersihkan dengan saline atau larutan garam sebelum ditutup kembali.

Jika ingin mendapatkan artikel tentang mengatasi sakit kepala gue sehat, Anda bisa mengaksesnya langsung lewat website www.guesehat.com. Anda juga bisa melakukan pengecekan kesehatan online dari website ini. Untuk pemesanan obat secara online bisa lewat www.goapotik.com yang merupakan tempat pemesanan dan pembelian obat secara online. Obat yang dijual selalu tersedia 24 jam dengan harga menarik.

image source : https://img.jakpost.net/c/2018/11/15/2018_11_15_58724_1542268918._large.jpg

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

5 Responses to "Perawatan dan Obat untuk Pasien dengan Infeksi Luka"

  1. Menarik nih untuk di Save, Karena yang namanya luka terkadang suka datang mendadak.

    Thanks info sehatnya.

    ReplyDelete
  2. wah keren, saya sepertinya belajar soal kesehatan nih disini, selama ini yang saya tahu memang hanya obat antibiotiknya saja sih, ada juga ya pemeriksaan ulang sampai membuka jahitan, hmmm...kasian juga ya pasiennya

    ReplyDelete
  3. berguna banget buat orang awam seperti aku ini

    ReplyDelete
  4. Nomor 1 sih, aku
    Kalo kejadian infeksi atau radang di luka

    sama obat merah
    boros aja pakenya gapapaaa

    ReplyDelete
  5. Wahhh merawat tubuh memang harus rutin dilakukan baik saat sehat ataupun sedang sakit.. Karena sakit memang gak enak banget, apalagi kalau gak sembuh sembuh kan.. Mending mencegah daripada mengobati :D

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.