17 December 2019

Tips Mendidik Anak dengan Baik dan Benar

Saat memiliki anak banyak hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan, mulai dari mendidik untuk menjadi anak yang baik. Tapi apakah kita sudah mampu untuk mulai mendidik anak sedari kecil? Itu permasalahannya karena perilaku anak akan tercermin dari apa yang diajarkan oleh orang tuanya. Berikut adalah beberapa cara mendidik anak :

Menjadi contoh yang baik
Anak secara otomatis akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang sekitarnya, kegiatan yang dicontoh bisa hal yang baik dan buruk. Anak kecil masih belum mampu membedakan hal yang baik dan yang tidak baik, oleh sebab itu peran penting orang tua adalah kunci utamanya. Tipsnya adalah kita harus memberikan contoh yang baik untuk anak. Contohnya jika kita ingin anak kita dapat bertutur kata yang baik, maka kita harus mencontohkan bagaimana berbicara yang lembut dan bagaiimana bersikap sopan terhadap orang lain. Hal ini harus dilakukan berulang – ulang agar anak secara berkala akan mencontoh kegiatan yang baik ini sampai dewasa.

Membiasakan memanggil nama anak
Hal kedua yang bisa dilakukan ini mudah tetapi dapat berdampak besar bagi anak, karena kita memanggil nama anak dengan menyebut namanya maka anak akan merasa dianggap dan dihargai oleh orang tua mereka. Kita memanggil nama anak kita jangan dengan berteriak agar anak tidak merasa kesal dan takut dengan perkataan kita. Jika memanggil nama anak ini dilakukan berulang ulang maka akan menjadi kebiasaan yang baik.

Membangun kebiasaan untuk mendengarkan
Cara mendidik anak yang baik perlu membiasakan diri untuk mendengarkan apa yang dibicarakan anak. Misalnya kita memberikan perintah kepadanya, tidak berarti kita tidak mendengar alasan mereka berbicara. Mungkin anak setelah mendengar perintah kita saat itu sedang lelah, anak akan merasa kesal jika alasan mereka tidak didengarkan. Jika kita menunjukkan sikap mau mendengar mereka akan membuat anak memperhatikan perintah kita. Dengan hal ini diharapkan anak juga akan terbiasa mengemukakan pendapatnya.

Mengenali pemicu emosi pada anak
Menjadi orang tua itu harus mengetahui sebab anak merasa kesal dan marah terhadap sesuatu. Kita harus dapat mengetahui saat – saat dimana kita dapat memberi perintah dan saat yang tidak tepat untuk memberi perintah. Jika anak sedang merasa kesal, kita harus memberikan waktu untuk menenangkan anak dan kita dapat membiarkan ia menjelaskan apa yang menyebabkan dia marah. Setelah anak menceritakan kenapa dia kesal baru kita bisa berbicara padanya bisa dengan memberi perintah ataupun menasehatinya.

Selalu konsisten
Pola asuh yang diterapkan secara rutin dan konsisten akan membuat anak merasa lebih aman. Anak menjadi paham tentang apa yang mereka inginkan dan yang kita sebagai orang tua inginkan. Kita harus selalu konsisten kepada anak agar anak tidak bingung, jika kemarin kita melarang mereka untuk mengotori baju mereka saat main tetapi hari ini anda membiarkan mereka bebas mengotori baju. Hal ini akan membuat anjuran dan larangan yang membingungkan anak dan bisa menjadikan anak tidak patuh. Jadi kita harus melakukan berkali – kali hingga anak mengerti dan patuh terhadap apa yang kita perintah. Kebanyakan kita merasa kasihan kalau memberikan hukuman untuk anak, tapi demi kebaikan anak kedepannya kita harus tegas dalam mendidik mereka. Untuk hukuman yang kita berikan jangan terlalu memberatkan tapi kita harus membuat anak belajar lebih patuh. Dan kita jangan membentak dan memarahi anak jika anak tidak mau mendengar perkataan kita. Efeknya kalau anak melihat kita marah dan membentak yang ditangkap dari mereka adalah bentuk emosi dan anak tidak akan mendengar apa yang kita katakan. Jadi sebagai orang tua kita harus dapat bersikap tenang dan tegas kepada anak.

Memberi apresiasi dan pujian
Kita harus bisa memberikan apresiasi dan pujian untuk anak, apresiasi dan pujian ini diberikan jika anak berhasil melakukan atau mengikuti apa yang kita minta dengan baik.

image source : https://www.todaysparent.com/wp-content/uploads/2016/03/how-to-teach-kids-to-stop-lying-960x1280-1024x768.jpg

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Tips Mendidik Anak dengan Baik dan Benar"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.