22 November 2019

Bahan Tambahan Pangan dalam Industri Makanan

Makanan adalah salah satu unsur yang penting bagi kehidupan manusia, dimana makanan ini dikonsumsi agar mendapat energi dan nutrisi sehingga dapat beraktifitas. Oleh sebab itu makanan merupakan salah satu dari tiga kebutuhan dasar manusia, yaitu sandang, papan dan pangan. Makanan ini adalah bahan yang biasanya berasal dari hewan ataupun tumbuhan. Untuk yang berasal dari tumbuhan itu seperti hasil bertani dan bercocok tanam, sedangkan yang berasal dari hewan itu sepeti daging dan telur. 

Makanan termasuk dalam pangan, dimana dalam pengertiannya pangan itu adalah segala sesuatu yang bersumber dari hayati dan air, baik yang sudah diolah maupun yang tidak diolah yang digunakan untuk makanan dan minuman. Pangan olahan atau yang sudah diolah adalah makanan atau minuman hasil dari proses dengan cara atau metode tertentu untuk mendapatkan suatu makanan atau minuman. Sedangkan pangan yang tidak diolah ini adalah makanan dan minuman yang sudah tidak dihasilkan dari proses pengolahan sama sekali.

Bahan tambahan pangan atau aditif makanan adalah bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam makanan dalam jumlah kecil, dengan tujuan untuk memperbaiki penampakan, cita rasa, tekstur, dan memperpanjang daya simpan. Selain untuk meningkatkan nilai gizi seperti protein, mineral dan vitamin, pengunaan aditif makanan telah digunakan sejak dulu. Ada dua bahan aditif makanan yaitu alami dan sintetis (buatan).

Makanan yang sudah ada penambahan pangan biasanya dalam bentuk lebih menarik, rasanya lebih enak, juga lebih awet. Jenis bahan tambahan pangan ada beberapa macam, seperti pewarna, propelan, perisa, pengembang, collagen powder. Salah satu bahan tambahan makanan collagen powder adalah collagen powder Kapro B95 diproduksi perusahan D.C.P Ingredients – Belanda. Collagen Powder ini adalah produk serbuk yang mengandung pure collagen untuk industri makanan.  Fungsi collagen powder Kapro B95 untuk meningkatkan kandungan protein produk olahan, salah satu perusahan yang menyediakan adalah PT Markaindo Selaras yang dapat dicek di website-nya www.markaindo.co.id atau dapat menghubungi email untu informasi lebih lanjut di marketing@markaindo.co.id.

image source : https://www.hindustantimes.com/rf/image_size_960x540/HT/p2/2017/06/29/Pictures/_a9de93ca-5ca6-11e7-a7a5-fdf01393e65b.jpg

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Bahan Tambahan Pangan dalam Industri Makanan"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.