1 July 2019

Penderita Diabetes Boleh Minum Madu?

Penderita diabetes mesti mengurangi porsi makanan atau minuman manis. Jadi, bisakah madu dikonsumsi penderita diabetes?

Madu adalah sumber makanan alami yang khasiatnya bagi kesehatan manusia sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan, madu sering dianggap sebagai alternatif gula yang lebih sehat. Sehingga, orang-orang yang sedang diet dan ingin mengurangi kalori lebih memilih madu sebagai bahan pemanis mereka. Tapi, bagaimana dengan penderita diabetes, bolehkah mengonsumsi madu?

Sayangnya, menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, jika gula dan madu dibandingkan, keduanya sama-sama mengandung fruktosa dan glukosa dalam jumlah 1:1. Hanya saja, madu mengandung lebih banyak zat gizi ketimbang gula. Sebut saja kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin B, magnesium, fosfor, zink, dan kalium.

“Selain itu, madu juga mengandung protein, dimana zat tersebut tidak ditemukan pada gula.” jelas dr. Sara.

Banyaknya zat gizi yang dikandung pada madu mungkin langsung membuat Anda berpikir bahwa madu jauh lebih baik daripada gula untuk penderita diabetes. Namun, tahan dulu pemikiran itu.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi madu mengalami kenaikan gula darah yang lebih tinggi ketimbang ia mengonsumsi gula di 30 menit pertama.

“Nah, kabar baiknya, kadar gula darah yang tinggi tersebut akan turun lebih cepat dan bertahan di angka yang rendah selama 2 jam berikutnya.” tutur dr. Sara.

Tapi, penelitian itu tidak bisa dijadikan acuan pasti karena ada hasil penelitian lain yang berbeda. Ya, ada juga yang mengungkapkan, penambahan madu dalam diet diabetes justru bisa memperburuk kadar gula darah mereka dalam jangka panjang. Dengan kata lain, madu untuk penderita diabetes ini masih mengundang kontroversi.

Dikatakan oleh dr. Sara, pada dasarnya, boleh atau tidaknya penderita diabetes minum madu sangat bergantung pada beberapa faktor. Misalnya saja, jumlah madu yang dikonsumsi, keadaan kontrol gula darah, dan sebagainya.

Namun yang jelas, penderita diabetes yang memiliki kontrol gula darah buruk tidak boleh minum madu sama sekali. Apalagi sampai mengganti gula pasir dengan madu. Menurut dr. Sara, itu sangat berisiko. Sedangkan penderita diabetes yang kontrol gula darahnya baik, dapat mengonsumsi madu sedikit demi sedikit.

Jadi, penderita diabetes boleh minum madu, asalkan kadar gula darahnya tidak sedang di angka yang kelewat tinggi. Itupun porsinya sangat dibatasi.

image source : https://hips.hearstapps.com/hmg-prod.s3.amazonaws.com/images/gettyimages-183354852-1558479028.jpg?crop=0.668xw:1.00xh;0.0867xw,0&resize=480:*

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Penderita Diabetes Boleh Minum Madu?"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.