28 July 2019

Dorong Efektifitas Obat Luka dengan 5 Jenis Makanan Berikut Ini

Anak-anak memang mudah sekali terluka, dan Anda dapat menggunakan obat luka jatuh pada anak untuk mengatasinya. Obat-obat seperti ini bisa dengan mudah diperoleh di apotik atau toko-toko obat. Namun, selain menerapkan obat tersebut, sebaiknya Anda juga memberikan anak 5 jenis makanan berikut supaya lukanya bisa segera sembuh, antara lain.

5 Jenis Makanan untuk Mempercepat Sembuhnya Luka pada Anak

1.    Telur
Pada dasarnya, telur ini sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak karena bisa merangsang pertumbuhan otaknya. Namun, protein yang terdapat dalam telur ternyata juga bagus untuk mempercepat sembuhnya luka yang dialami oleh mereka. Tak hanya itu saja, protein ini juga akan membantu melawan bakteri yang bisa saja datang saat proses penyembuhan berlangsung.

Dengan demikian, luka yang diderita oleh anak akan terjaga dari serangan aneka macam bakteri hingga sembuh.

2.    Semangka
Jika anak Anda suka dengan semangka, maka berikan saja buah ini padanya saat terluka. Hal ini dikarenakan semangka mempunyai senyawa inositol yang bisa membantu kinerja DNA. Nah, apabila kinerja DNA ini bagus, maka sel-sel kulit yang telah rusak akibat luka bisa segera dibentuk.

Semakin banyak jumlah buah semangka yang dikonsumsi oleh anak, maka semakin cepat pula lukanya untuk sembuh.

3.    Daging Merah
Daging merah ini diketahui mengandung kreatinin yang cukup tinggi. Kreatinin itu sendiri sangat berguna dalam membuat sel-sel otot pada tubuh lebih cepat sembuh, sehingga lapisan kulit yang rusak juga bisa segera terganti. Karenanya, jika anak Anda terluka, Anda juga dapat memberikan makanan yang satu ini pada anak.

4.    Labu
Tak hanya mengandung karbohidrat, labu juga mengandung magnesium yang sangat bagus untuk mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru dan menyembuhkan luka. Dengan memberikan labu secara rutin pada anak, maka lapisan kulit anak yang telah rusak bisa segera diganti dengan lapisan kulit baru.

5.    Lemon
Lemon ini sangat kaya vitamin C, dan vitamin C itu sendiri sangat bermanfaat terutama dalam hal membantu mempercepat proses penggantian lapisan kulit anak yang telah rusak akibat luka. Kalau anak tidak menyukai rasanya yang asam, Anda dapat memberinya air perasan lemon yang dicampur dengan es serta sedikit madu atau gula. 

Mengkonsumsi kelima jenis makanan yang telah disebutkan di atas juga termasuk dalam cara cepat menyembuhkan luka yang pastinya penting untuk diperhatikan. Di samping itu, selama masih dalam masa perawatan, pastikan bahwa luka selalu berada dalam kondisi yang kering. Kalaupun diperban, pastikan untuk mengganti perban tersebut secara rutin.

image source : https://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/luka-pada-anak_20171111_113856.jpg

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

2 Responses to "Dorong Efektifitas Obat Luka dengan 5 Jenis Makanan Berikut Ini"

  1. Dulu waktu habis lahiran juga saya disaranin rajin makan telur, ikan gabus, biar cepat kering bekas jahitannya. Memang makanan juga berpengaruh terhadap kesembuhan luka.^^

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.