19 July 2019

Cara Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar

cuci tangan 
Kebersihan merupakan satu hal yang sangat penting. Termasuk untuk bagian dari tangan yang harus bersih. Karena dengan kebersihan di daerah tangan dapat memberikan efek yang baik. Cuci tangan sangat dibutuhkan agar tangan tetap bersih. Ternyata, mencuci tangan juga tidak boleh sembarangan. Ada cara-caranya tersendiri.

Dengan membersihkan tangan. Berarti ikut menjaga kesehatan. Karena, sebagian dari penyakit yang ada merupakan sumbernya berasal dari tangan. Banyaknya aktivitas yang dilakukan menggunakan tangan menjadikan bagian tubuh ini terinfeksi. Untuk itu, harus dilakukan pencucian tangan secara rutin. Bagaimana cara cuci tangan yang benar? Selengkapnya akan kami bahas pada artikel ini.

Cara Cuci Tangan Dengan Benar
Sampai saat ini, masih banyak yang bingung mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar. Ini dia beberapa langkah yang harus dilakukan:

Basahi Tangan Dengan Air
Pertama, basahi tangan dengan air yang masih bersih dan hangat. Hal ini bertujuan untuk membantu dalam membersihkan kotoran yang terdapat pada tangan. Selain itu, bakteri juga akan menjadi mati saat terkena air hangat. Anda bisa menggunakan shower dengan air yang hangat. Perlu untuk menggunakan air hangat!

Gunakan Sabun
Selanjutnya, anda bisa menggunakan sabun untuk membersihkan tangan. Disarankan, untuk dapat menggunakan sabun yang memiliki fungsi sebagai antiseptik. Saat ini, sudah banyak sekali produk sabun antiseptik yang bisa anda gunakan. Jadi, tidak hanya untuk membersihkan saja. Melainkan, juga mampu untuk mencegah datangnya bakteri baru pada tangan.

Gosok Telapak Tangan
Kemudian, anda bisa menggosok daerah telapak tangan. Kedua tangan ini dapat digosok secara bersamaan. Pastikan semuanya tersentuh sampai dengan penuh dan terkena sabun. Maka, bakteri akan dapat hilang dengan segera.

Gosok jari Dan Jempol
Jangan sampai lupa, untuk menggosok pada bagian sela sela jari dan jempol. Karena, jika hanya membersihkan setengah saja akan kurang tepat hasilnya. Untuk bagian jempol anda bisa melakukannya secara bertahapan. Kemudian, dapat membersihkan pada bagian sela-sela dari tangan sampai merasa sudah bersih.

Bersihkan Daerah telapak Tangan
Selanjutnya, anda bisa membersihkan daerah dari telapak tangan. Karena, telapak tangan memang cukup banyak bakteri yang terkontaminasi. Selain itu, hal ini juga menjaga agar bakteri tidak menyerang secara langsung. Melainkan, akan mendapatkan pencegahan dari sabun yang telah digunakan.

Gosok Bagian Belakang Tangan
Tidak hanya di bagian depannya saja, melainkan bagian belakang tangan juga tetap harus di lakukan pembersihan. Karena, bakteri menyerang daerah bagian laur dan dalam. Untuk itu, alangkah baiknya anda melakukan pembersihannya juga secara menyeluruh. Gosok bagian belakang dari tangan sampai dengan bersih.

Cuci Dengan Air
Lalu, di lanjutkan dengan mencuci air dengan air yang bersih dan mengalir. Pastikan semua bagian tangan tercuci dengan air sampai dengan bersih. Karena, jika tidak akan percuma saja hasilnya. Pastikan tidak ada sabun yang tertinggal pada tangan.

Keringkan Tangan
Terakhir, anda bisa mengeringkan tangan. Bisa menggunakan handuk ataupun menggunakan tisu. Untuk pengeringan, alangkah baiknya dilakukan sampai benar-benar kering. Jika belum kering, dapat menyebabkan penyebaran dari bakteri kembali terjadi.

Itulah cara cuci tangan dengan baik dan benar yang bisa anda lakukan. Tentunya, sangat mudah bukan? Jadi,alangkah baiknya anda bisa melakukannya secara rutin. Tentunya, untuk menjaga kesehatan anda. Semoga bermanfaat!

image source :  https://www.cdc.gov/handwashing/images/handwashing-banner1.jpg

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

10 Responses to "Cara Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar"

  1. Salam kenal bang saya ilham dari Bekasi.

    Yap saya setuju mencuci tangan memang sangat penting, terlebih jam tangan dan remot tv merupakan bedan yang berhubungan langsung dengan tangan dan memiliki bakteri yangvcukup banyak. Apalagi kalau mau makan, kudu harus wajib cuci tangan deh.

    ReplyDelete
  2. Sela-sela jari dan jempol ini yang sering terlewatkan. Asal basahj, terus kabur. lapnya pun menggunakan ujung baju yang dikenakan. Jadi malu nih.

    ReplyDelete
  3. sekarang kesadaran mencuci tangan sudah mulai meningkat, di beberapa tempat di daerah saya di depan rumah di sediakan air dan sabun buat cuci tangan sebelum masuk kerumah

    ReplyDelete
  4. Saya kepo banget buka artikel ini, gara-garanya jadi auto nyanyi lagu yang biasa dinyanyiin anak saya.

    Cuci tangan yang benar.
    Sampai ke buku-buku jari

    hahahaha

    Kakak saya jadi leader campagn cuci tangan di Rumah sakit di Buton, tiap pagi, dia kudu mimpin orang se rumah sakit, goyang cuci tangan.

    Dalam seminggu ada beberapa hari mereka goyang cuci tangan di depan ruang tunggu pasien.

    Sedemikian pentingnya cuci tangan itu ya, sederhana, tapi banyak dilupakan orang :)

    ReplyDelete
  5. memang perlu banget ini kata dokter banyak penyakit datang dari kuman yang melekat pada tangan

    ReplyDelete
  6. Hanya cuci tangan tetapi kadang orang suka meremehkan nya yaa...

    Padahal cuci tangan itu sangat perlu demi kesehatan agar kita jauh dari kuman penyakit.😄😄

    ReplyDelete
  7. Bahkan ada lagunya tuh cara mencuci tangan wuehehe

    ReplyDelete
  8. Cucui tangan paling kalau udah boker, sama pas mau makan, tapi jarang2 sih.. hahah

    ReplyDelete
  9. jangan lupa perkatikan juga apa yang ada di celah-celah kuku...

    ReplyDelete
  10. kalau mau makan, biasa saya cuci tangan seadanya, tapi kalau mau tidur malah kaki dicucui lebih bersihd aripada tangan

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.