26 May 2019

Wajib Tahu! Mengenal Alergi Rhinitis

alergi rhinitis

Alergi rhinitis atau hay fever merupakan sekelompok gejala yang terjadi saat tubuh terkena alergen tertentu. Jadi, Alergen merupakan zat yang biasanya tidak berbahaya namun menyebabkan reaksi alergi seperti rumput atau debu. Namun menyebabkan alergi rhinitis seperti pilek, bersin, dan mata gatal. Alergi rhinitis perlu untuk dihindari karena mengganggu dalam kegiatan sehari-hari.. Ketahui selengkapnya mengenai apa itu alergi rhinitis.

Alergi rhinitis dapat menyerang siapa saja. Untuk serangannya berasal dari unsur luar tubuh seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu debu, kelupasan kulit hewan atau serbuk sari. Zat-zat tersebut biasanya menyebabkan seseorang akan mengalami alergi dan muncul gejala tertentu. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena adanya infeksi dari bakteri tertentu. Lalu apa saja gejala dari alergi rhinitis dan cara menyembuhkannya?

Gejala Alergi rhinitis dan Cara Menyembuhkannya

Jika Anda belum mengetahui secara mendalam mengenai apa saja gejala dari alergi rhinitis. Di bawah ini akan dijelaskan tanda-tandanya dan cara mudah menyembuhkannya. Check this out:

Gejala Alergi rhinitis

Alergi rhinitis ini diawali dengan gejala antara lain: bersin, ingusan, hidung menjadi tersumbat dan gatal, batuk hingga sakit tenggorokan. Lalu mata akan menjadi gatal dan berair yang disertai dengan lingkaran di bawah mata akan gelap. Kemudian kepala akan sering sakit, eksim atau kulit yang sangat kering dan gatal hingga lecet. Gejala alergi rhinitis juga ditandai dengan gatal-gatal yang diikuti dengan kulit merah dan bentol serta akan mengalami kelelahan yang berlebihan.

Cara Mengobati Alergi rhinitis

Terdapat beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan alergi ini. Berikut caranya meliputi:

Menyembuhkan rhinitis Alergi dengan Terapi

Mengatasi rhinitis alergi dingin bisa dilakukan dengan cara terapi khusus, tidak hanya alergi dingin saja, alergi dari luar tubuh seperti serbuk sari juga. Terapi khusus tersebut yaitu imunoterapi atau desensitisasi. Cara seperti ini dilakukan dengan menyuntikkan allergen ke kulit dari penderita pada jarak waktu dan dosis tertentu.

Tujuan dari terapi ini untuk sensitivitas imun tubuh terhadap alergen tersebut. Artinya, sistem imun pada tubuh akan menjadi lebih kuat ketika mengalami serangan. Selain suntikan, alergen diberikan bisa dilakukan dari dalam yaitu dengan menggunakan tablet untuk diminum.
 
Obat-obatan

Anda bisa membeli obat alergi rhinitis di apotik sebagai salah satu cara meredakan gejala rhinitis. Obat-obatan tersebut seperti antihistamin, dekongestan, dan obat-obatan yang sesuai dengan resep dokter. Jadi, ketika gejala yang muncul masih ringan, alergi rhinitis ini akan bisa diredakan dengan obat-obatan yang terdapat di apotik.

Berbeda cerita ketika gejala yang ditimbulkan cukup parah, maka Anda harus segera menuju ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini dimaksudkan agar dokter nantinya memberikan resep obat tambahan khusus untuk mengatasi alergi.

Irigasi Hidung

Rhinitis alergi pada anak bisa diatasi dengan irigasi hidung. Pengobatan ini merupakan sebuah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan rongga hidung. Caranya hanya menyemprotkan atau menyedot suatu cairan khusus melalui hidung dan dikeluarkan dari mulut.

Itulah pengenalan mengenai Alergi rhinitis dengan gejala dan cara penyembuhannya. Obat alergi rhinitis ampuh akan memberikan efek nyaman pada tubuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Sekali lagi, kenali setiap gejala yang terjadi pada tubuh Anda, bedakan satu alergi dengan alergi yang lainnya. Hal ini karena setiap alergi memiliki gejala dan penanganannya yang hampir sama, namun tetap ada yang membedakan.

img src : link

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Wajib Tahu! Mengenal Alergi Rhinitis"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.