7 April 2019

Waspada, Ini Ciri peminjaman Online Abal - Abal





Beberapa perusahaan yang menyediakan layanan peminjaman online kian marak. Mereka bukan hanya memberikan kemudahan pinjaman tunai tapi juga memberikan kemudahan cicilan tanpa kartu kredit. Sayang hanya beberapa yang sudah terdaftar resmi di OJK.


Konsumen pun didorong untuk bisa mengenali ciri - ciri fintech abal - abal yang hanya berorientasi mencari keuntungan yang sangat tinggi dengan bunga yang mencekik. Risiko ini yang kerap kali tidak diketahui para calon debitur. Itulah kenapa OJK, selaku regulator memberikan imbauan agar masyarakat lebih selektif memilih lembaga keuangan yang terpercaya.

Lalu bagaimana cara mudah untuk mengenali lembaga peminjaman online abal - abal? Berikut adalah ciri-ciri yang perlu diketahui.

Bunga Tidak Jelas

Fintech yang terdaftar di OJK, selalu memberikan informasi yang transparan baik melalui situsnya maupun melalui aplikasinya tentang berapa besar bunga yang ditetapkan.

Sebagai contoh, bunga pinjaman bank rata - rata berkisar 1% saja per bulan. Bunga ini memang jauh lebih rendah, tapi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Singkat kata, tidak mudah untuk mengajukan pinjaman di bank.

Celah inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa fintech. Memberikan kemudahan pencairan dana tapi dengan membebankan bunga yang tinggi. Malahan ada fintech yang membebani debitur dengan bunga hingga 1% per hari. Jauh lebih tinggi dari bunga bank biasa.

Oleh karena itu, pastikan dulu berapa besar bunga yang ditetapkan sebelum mengajukan pinjaman online.

Biaya Tersembunyi

Soal biaya, pastikan juga tidak ada biaya - biaya tersembunyi seperti biaya admin maupun tambahan biaya layanan. Ujung - ujungnya tetap saja bunga yang ditetapkan jauh lebih tinggi dari lembaga keuangan konvensional lain.

Umumnya bunga pinjaman pada lembaga konvensional berkisar antara 1%-3% saja per bulan. Memang, peminjaman online pasti memberikan bunga lebih tinggi. Tapi bukan berarti mereka bisa sememna-mena mengenakan bunga yang sangat mencekik. Jadi, jangan terkecoh dengan bunga rendah namun tetap membebani dengan biaya layanan yang jumlahnya melebihi bunga biasa.

Itulah kenapa di awal semua biaya yang harus dibayarkan oleh debitur dijelaskan secaratransparan sehingga tidak ada kesan bahwa debitur merasa dijebak atau terjebak denganbunga peminjaman online yang tinggi.

Denda Tinggi

Selain bunga dan biaya lain, pahami dan ketahui dengan jelas berapa besar denda yang ditetapkan. Apakah bunga yang ditetapkan bunga harian atau bunga bulanan.

Jika fintech yang kamu pilih membebankan bunga harian, apalagi bunga yang dikenakan hingga 1% per hari pertimbangkan lagi dengan matang bagaimana jika kamu berada dalam posisi tidak bisa membayar utang dengan risiko denda bunga tinggi per hari.

Belum Terdaftar di OJK

Beberapa fintech yang membebani bunda, biaya, dan denda yang tinggi pada umumnya belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Itulah mengapa mereka bisa menetapkan bunga tinggi tanpa menghiraukan regulasi yang ada.

Ciri-ciri tersebut jelas harus diwaspadai oleh masyarakat awam. Karena tidak semua fintech benar - benar mematuhi regulasi yang sudah diatur oleh undang-undang serta OJK sebagai regulator lembaga keuangan resmi di Indonesia.

Kredivo, Fintech Terpecaya yang Terdaftar di OJK Sejak Lama

Pastikan hanya mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan online tepecaya seperti Kredivo yang punya bunga 50% lebih rendah dibandingkan dengan lembaga keuangan nonbank lainnya.

Ada dua fitur pinjaman online yang ditawarkan oleh Kredivo yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Bunganya sama - sama 2,95% saja per bulan dengan biaya admin di awal sebesar 6%saja.

Pinjaman mini untuk nominal mulai dari Rp500 ribu dengan pembayaran dalam 30 hari.Sedangkan pinjaman jumbo untuk nominal mulai dari Rp1 juta dengan pembayaran dalamwaktu 3 dan 6 bulan.

Tak hanya itu saja kok. Kredivo memberikan berbagai kemudahan lain seperti pembayaran berbagai tagihan mulai dari tagihan air, BPJS, telepon, handphone, listrik juga pembelian tokenlistrik dan pulsa. Dengan begitu, kamu bisa membayar semua tagihan dalam satu pembayaran saja. Praktis dan sangat memudahkan.

Malahan beli tiket pesawat pun sudah bukan masalah lagi dengan aplikasi Kredivo. Kamu bisaliburan dulu baru bayar setelah pulang liburan. Makin menarik bukan?

Oleh karena itu, jangan sekadar percaya dengan kemudahan fintech untuk memberikan peminjaman online tapi telusuri juga seluk beluknya dengan mendalam agar tidak menjadi korban.

Cari fintech hanya yang sudah terdaftar di OJK sehingga kamu pun bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman.

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

1 Response to "Waspada, Ini Ciri peminjaman Online Abal - Abal"

Kolom Untuk Mengisi Komentar.