9 December 2018

Latar Belakang (Penggunaan Aplikasi Line Dalam Menyebarkan Berita Internasional) Part 2 Berdasarkan Data Kegunaan Media Social

Sebelumnya telah dibahas bahwa sebuah media social sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita berikut terdapat data penggunaan media social yang sudah dikutip dari salah satu website HootSuite

Gambar 2.Grafik Perkembangan pengguna social media Januari 2018
Sumber : Wearesocial.com https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018 (2018,April 19)

Dari gambar diatas, dijelaskan bahwa di Indonesia sendiri sudah mendapatkan peringkat ketiga dalam penggunaan media social pada tahun awal tahun 2018 ini. Sekitar 23% dari tahun lalu masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan media social dan dalam strategi Indonesia sendiripun berusaha untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai dunia modern melalui social media. Dilihat dari penggunaan platform yang paling sering digunakan oleh masyarakat saat ini adalah Facebook disusul dengan Youtube dan Whatsapp yang pada saat ini merupakan akses aplikasi yang mudah digunakan oleh masyarakat berbagai macam usia.

Gambar 3.Grafik penggunaan aktif social platform Januari 2018
Sumber : Wearesocial.com https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018 (2018,April 19).

Dari data diatas, Line merupakan aplikasi yang paling banyak diminati hampir 260 ribu orang menggunakan line di seluruh dunia ini. Line merupakan sebuah aplikasi pengiriman pesan cepat dan mudah serta gratis yang terdapat diberbagai platform seperti telepon cerdas, Komputer ataupun tablet. Line ini berfungsi hanya dengan menggunakan jaringan internet, sehingga setiap pengguna Line harus terhubung langsung dengan internet agar dapat mengirim pesan teks, mengirim gambar, video,pesansuarasertalainnya. Line juga diklaim menjadi aplikasi pengiriman pesan terlaris di 42 negara. Line sendiri memiliki beberapa fitur yang ditawarkan dan cukup menarik bagi masyarakat di dunia. Fitur yang ditawarkan berupa Group Chat, Video Call, Line Call, Moving Sticker, bahkan Line Today yang menampilkan berbagai berita baik nasional maupun internasional termasuk para artis - artis di seluruh dunia. Line Today banyak memberikan pemberitaan secara Internasional mengenai masalah politik, ekonomi, entertaining ataupun drama - drama korea yang sudah dapat diakses hanya melalui line today karena line bekerja sama dengan salah satu web drama korea sehingga akan diupdate secara terus - menerus.

Gambar 4.FiturAplikasi Line

Di dalam Line Today seperti dijelaskan sebelumnya telah memberikan banyak berita internasional. Fitur Line Today ini tentu saja mempermudah pengguna dalam membaca berita tanpa harus mencari melalui media pemberitaan resmi. Line Today akan terus memperbarui berita yang ada dan pemberitaan tersebut dibagi - bagi berdasarkan keseringan masyarakat dunia dalam membaca berita ataupun sesuai dengan kategori seperti Sport, Lifestyle, Scientic, Technology, Intermezzo ataupun webtoon. Line Today sendiri membantu dalam penyebaran berita di seluruh dunia dan di akses oleh beribu - ribu orang hanya dengan memiliki Id Line lalu kami dapat menggunakan Line Today sebebasnya dengan bantuan Internet. Line Today sendiri sudah diakses sesuai permintaan bahasa yang ingin digunakan sehingga masyarakat yang tidak fasih dalam bahasa inggris dapat diselesaikan menggunakan bahasanya sendiri.

Gambar 5. Fitur Line Today

Dalam komunikasi Line Today sangat membantu mengetahui masalah negara yang satu dengan negara yang lainnya. Bahkan menghubungkan negara secara internasional melalui sebuah berita yang disusun secara menarik dan juga modis seperti pemikiran anak muda zaman sekarang.

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Latar Belakang (Penggunaan Aplikasi Line Dalam Menyebarkan Berita Internasional) Part 2 Berdasarkan Data Kegunaan Media Social"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.