8 November 2018

Sumber Terjadinya Polusi Air

Sumber utama polusi adalah hasil dari pembuangan zat - zat kimia yang berasal dari limbah medis, industri dan rumah tangga, sebagian besar juga berasal dari pembuangan pupuk pertanian yang kacau balau dan tumpahan minyak yang tidak disengaja yang mencemari air. Contoh polutan air utama yang mempengaruhi kesehatan manusia adalah : berbagai agen infeksi (bakteri, virus, dan parasit) yang mencemari air melalui limbah, kotoran manusia, dan kotoran hewan, limbah radioaktif yang mengandung bahan sangat beracun seperti uranium, torium, dan radon. Limbah ini adalah polutan air utama yang dihasilkan dari kegiatan penambangan, pembangkit listrik atau sumber alam serta zat kimia yang mencemari air. Bahan kimia ini dapat berupa organik - pestisida, plastik, minyak, detergen, dll. dan berasal dari limbah domestik, industri atau pertanian, atau asam anorganik, logam, garam limbah domestik dan industri. Contoh polutan air utama yang mempengaruhi ekosistem adalah nutrisi tanaman seperti fosfat dan nitrat yang membentuk berbagai pupuk kimia, limbah, dan kotoran. Kotoran yang membutuhkan oksigen dan limbah pertanian yang dihasilkan dari limbah dan limpasan pertanian, serta sedimen di tanah (lumpur) setelah erosi tanah, dan air panas yang digunakan di beberapa industri dan pembangkit listrik.

Polusi Air dapat menumbuhkan penyakit bagi kita

Polusi air dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan menimbulkan masalah serius bagi kesehatan manusia. Hal ini terutama karena kita mungkin terkena air yang tercemar dengan berbagai cara, tetapi tidak terbatas pada, minum air yang tercemar, mandi atau mandi di air yang tercemar, berenang di air yang tercemar, menghirup uap air yang tercemar sambil duduk di sebelah sumber air yang tercemar, mengkonsumsi makanan yang tercemar (daging dan / atau sayuran) yang dipengaruhi oleh air yang tercemar, mengkonsumsi daging dari hewan yang diberi makanan yang tercemar air yang terkena air yang tercemar (misalnya sayuran yang diirigasi dengan air yang tercemar atau tumbuh di daerah dengan air tanah yang tercemar).

Efek pencemaran air dapat muncul segera setelah terpapar dan menjadi lebih parah jika terkena kerasnya air dalam kasus air minum dengan jumlah polutan yang tinggi. Di sisi lain, efeknya mungkin muncul beberapa waktu setelah paparan berulang terhadap air yang terkontaminasi dengan jumlah polutan yang lebih rendah. Efek kesehatan dari meminum air yang terkontaminasi dapat berkisar dari keracunan sederhana dan sakit perut sampai penyakit mematikan atau kematian mendadak.

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Sumber Terjadinya Polusi Air"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.