9 November 2018

Proses Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Dari Usia 1 sampai 5 Bulan


Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kehamilan merupakan salah satu momen yang paling membahagiakan di dunia bagi para pasangan suami istri. Tak hanya bagi para pasutri saja, kebahagiaan tersebut juga akan dirasakan oleh keluarga besarnya, kerabat, hingga sahabatnya. Saat hamil, mungkin anda sempat bertanya - tanya tentang pertumbuhan janin dalam kandungan. Nah, biar anda tidak penasaran dengan hal tersebut, mari kita simak saja langsung penjelasan perkembangan janin dibawah ini :

* Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Pada Usia 1 Bulan
Pada proses bulan yang pertama, sebenarnya bayi yang ada dalam kandungan anda masih dalam bentuk embiro yang ukurannya sebesar kacang hijau. Itu sebabnya, mengapa di usia kehamilan 1 bulan ini banyak ibu hamil yang merasa bahwa dirinya belum hamil. Dengan kata lain tidak ada hal yang terlalu signifikan, namun ibu hamil bisa membantu perkembangan tersebut dengan cara mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan nutrisi asam folat seperti telur rebus, ikan salmon, kacang - kacangan, umbi - umbian, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

* Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Pada Usia 2 Bulan
Saat memasuki usia 2 bulan, biasanya embrio dalam rahim bunda akan mengalami perkembangan yang cukup terlihat. Ya, embrio tersebut akan berubah menjadi janin yang tentunya merupakan cikal bakal calon anak anda. Tak hanya itu, terdapat juga beberapa perkembangan lainnya yang terjadi pada embrio tersebut seperi system jaringan kulit yang sudah berbentuk, system indera yang sudah mulai berbentuk, serta bagian siku dan lengannya juga sudah mulai berbentuk. Bahkan, bagian organ tubuh dan jaringan tubuh janin juga akan ikut terbentuk sehingga dapat membuat perubahan hormon pada ibu hamil, serta akan menimbulkan beberapa gejala seperti morning sickness, perubahan fisik, dan sebagainya.

* Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Pada Usia 3 Bulan
Ketika memasuki usia 3 bulan, maka perkembangan janin yang ada di dalam rahim akan terasa dengan jelas, sehingga berat dan ukuran tinggi janinnya semakin bertambah. Di samping itu, anda juga dapat merasakan pergerakan halus yang dilakukan oleh janin tersebut. Sementara bagian sel - sel syaraf janin sudah dapat terhubung ke sistem syaraf otak, dan sistem organ juga sudah mulai berbentuk meski sedikit demi sedikit sehingga dapat menjalankan tugasnya yang sesuai porsi masing - masing.

* Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Pada Usia 4 Bulan
Proses usia 4 bulan ini janin sudah diberi nyawa oleh Sang Pencipta, sehingga jenis kelaminnya sudah mulai terlihat tahap demi tahap. Selain itu, terdapat juga tanda pekembangan yang berupa perkembangan sistem organ janin sudah berbentuk dan berfungsi. Itu sebabnya, mengapa anda akan merasakan pergerakkan yang sangatjelas di dalam perut.

* Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Pada Usia 5 Bulan
Pada usia kehamilan yang ke 5 bulan ini, biasanya berat badan dan ukuran tinggi janin akan jauh mengalami peningkatan. Berdasarkan dari hasil penelitian dokter kandungan, di usia 5 bulan ini berat janin diperkirakan sekitar 290 gram, sedangkan tinggi janinnya berkisar 25 – 26 cm. Dalam tahap perkembangan janin di usia 5 bulan ini juga sebenarnya sudah sangat terasa jelas, dimana sistem organ tubuh bagian luar dan dalamnya mulai terbentuk sehingga dapat berfungsi dengan maksimal dalam menuju bentuk kesempurnaan. Itulah beberapa proses pertumbuhan dan perkembangan janin mulai dari usia 1 bulan hingga 5 bulan. Dengan mengetahuinya, bunda pun dapat melakukan hal - hal yang tepat selama masa kehamilan.

picture source : link

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Proses Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Dari Usia 1 sampai 5 Bulan"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.