7 November 2018

Pentingnya Menjaga Pola Makan Pada Kehamilan Trimester Pertama


Menjaga pola makan pada masa kehamilan trimester pertama sangatlah penting. Sebagian Bunda mungkin ada yang mengalami mual dan muntah yang membuat Bunda menjadi berkurang nafsu makan. Ketika Bunda hamil, maka janin yang ada di perut akan makan makanan yang sama seperti yang Bunda makan. Maka sangat penting menjaga asupan makanan yang masuk, agar sang buah hati berkembang secara optimal.

Untuk dapat berkembang dengan baik, janin membutuhkan banyak asupan vitamin dan mineral. Berikut beberapa tips untuk membantu menjaga asupan nutrisi Bunda  selama kekehamilan trimester pertama.
 
Tips Kehamilan Trimester Pertama
 
1. Berubah ke pola makan sehatPara dokter kandungan umumnya menyarankan Bunda untuk menaikkan berat badan 1-2,5 kg pada kehamilan trimester pertama, sehingga sebenarnya kebanyakan wanita tidak membutuhkan tambahan asupan kalori pada saat ini. Lebih baik coba kurangi makanan yang berlemak dan lebih banyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah, daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan whole grains.
 
2. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi
Bunda dan janin membutuhkan asupan nutrisi yang cukup pada kehamilan trimester pertama. Mulai dari vitamin A sampai zat besi. Konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda agar Bunda mengetahui apa saja yang perlu dikonsumsi dan bagaimana memiliki pola makan yang seimbang. Selain itu, perlu pula ditanyakan pada dokter kandungan Bunda mengenai suplemen tambahan berupa vitamin kehamilan yang cocok untuk kondisi Bunda.
 
3. Dapatkan asupan asam folat yang cukup
Asam folat adalah vitamin sangat penting untuk kesehatan janin. Asam folat berkhasiat untuk mencegah cacat lahir, mendukung pembelahan sel yang sehat bagi janin, dan bermanfaat  dalam membantu perkembangan sistem saraf janin. Jadi harus sangat dipastikan Bunda mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Dokter kandungan akan menyarankan mengkonsumsi suplemen harian yang mengandung setidaknya 400 mcg asam folat, bahkan sejak perencanaan kehamilan dijalankan.
 
4. Perhatikan asupan vitamin A
Vitamin A memang dibutuhkan untuk Bunda yang sedang mengandung, tapi perlu diawasi pemakaiannya. Jika terlalu banyak justru dapat menjadi racun. Bunda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 300-350 mcg per hari saja.
 
5. Camilan/makanan ringan yang sehat
Jika Bunda banyak tidur siang atau merasa mual karena morning sickness, mungkin Buda akan kehilangan nanfsu makan. Karena itu, Bunda mungkin bisa mencoba mengganti makan berat dengan beragam makanan ringan. Perut tetap harus terisi demi menjaga kesehatan janin. Bunda bisa mencoba mengkonsumsi cracker atau buah-buahan beku. Jangan lupa untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup di antara waktu makan.
 
6. Hindari kebiasaan yang tidak sehat.
Alkohol dan rokok dapat membahayakan kesehatan kehamilan. Sebaiknya memang kedua hal ini benar-benar dihindari. Selain tidak baik untuk kesehatan, kedua hal ini juga sangat berbahaya bagi ibu hamil. Sangat berbahaya untuk perkembangan janin bunda.
Hal yang juga penting untuk diketahui, bahwa Bunda hamil disarankan untuk meminum banyak cairan setidaknya  6 sampai 8 gelas per hari. Baik berupa air putih biasa, susu kehamilan, ataupun jus buah alami. Kebutuhan cairan ini akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan Bunda. Kekurangan cairan di awal masa kehamilan akan membuat Bunda mudah lemas dan bahkan pingsan, sedangkan dehidrasi yang terjadi di akhir masa kehamilan justru bisa menyebabkan kontraksi prematur.

picture source : link

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Pentingnya Menjaga Pola Makan Pada Kehamilan Trimester Pertama"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.