9 November 2018

Kenali Lebih Dalam Tentang Polusi Tanah

Pencemaran tanah adalah masalah serius yang berdampak pada manusia, hewan, dan bumi. Bila tidak memulai langkah kita dari sekarang untuk mengurangi tingkat polusi, perubahan permanen terhadap lahan dapat terjadi. Perubahan yang merugikan lingkungan karena polusi tanah yang terjadi, akan membuat masalahnya jauh lebih besar daripada yang muncul.

Meskipun kebanyakan orang memiliki pemahaman umum tersendiri tentang polusi, mereka mungkin tidak menyadari pentingnya polusi tanah. Definisi dasar pencemaran tanah adalah penghancuran dan kontaminasi tanah melalui tindakan langsung dan tidak langsung dari manusia. Polusi menyebabkan perubahan pada tanah, seperti erosi tanah. Beberapa perubahan tidak dapat diubah, sementara yang lain bisa diubah. Efek polusi tanah tidak selalu muncul dalam semalam. Hal ini adalah hasil dari penghancuran jangka panjang yang diakibatkan oleh aktivitas manusia. Misalnya, kerusakan dari bahan kimia yaitu tumpahan minyak bisa memakan waktu berbulan - bulan atau bahkan bertahun - tahun untuk sepenuhnya disadari.

Penyebab terjadinya polusi tanah
 
Ada beberapa penyebab polusi tanah yang diketahui. Terdapat enam faktor yang berkontribusi lebih dari yang lain yaitu
 
1. Deforestasi dan erosi tanah
Ketika hutan dibuka untuk pembangunan dan untuk memenuhi permintaan pasokan kayu, tanah akan dilonggarkan dalam prosesnya. Tanpa perlindungan pohon, tanah menjadi mandul seiring waktu dan mulai terkikis.
 
2. Bahan kimia pertanian
Bagian dari proses pertanian sering melibatkan penggunaan pestisida dan insektisida berbahaya untuk melindungi tanaman. Namun, bahan kimia itu bisa menyebabkan tanah menjadi tandus. Tanah yang dulu subur kemudian lebih rentan terhadap unsur - unsur lingkungan, seperti angin.
 
3. Industrialisasi
Revolusi Industri dapat menghasilkan perubahan positif yang signifikan terhadap ekonomi dan masyarakat, tetapi juga menyebabkan pencemaran tanah yang signifikan. Melalui praktik pembuangan yang tidak aman untuk bahan kimia yang digunakan dalam manufaktur, regulasi yang buruk, dan sejumlah besar industri dan pabrik yang mencemari tanah setiap hari, industrialisasi telah menjadi salah satu kontributor utama untuk masalah polusi.
 
4. Penambangan
Proses penambangan dapat mengarah pada penciptaan ruang terbuka besar di bawah permukaan bumi. Hal ini dapat mengakibatkan tanah harus mengalah yang membahayakan integritas tanah. Penambangan juga menghasilkan bahan kimia berbahaya, seperti uranium lingkungan akan terganggu dan dilepaskan kembali kelingkungan.
 
5. Tempat pembuangan sampah
Sampah yang ditemukan di tempat pembuangan sampah penuh dengan racun yang akhirnya meresap kebumi. Selama hujan, racun mengalir ke area lain dan polusi menyebar. Ketika populasi tumbuh, jumlah sampah yang mengisi landfill juga bertambah.
 
6. Limbah manusia
Limbah manusia yang tidak diobati dapat menghasilkan gas beracun yang dapat meresap kedalam tanah. Seperti polusi udara, kualitas tanah terkena dampak negatif, dan tanah di dekatnya dapat terkontaminasi. Selain itu, kemungkinan penyakit manusia meningkat.

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Kenali Lebih Dalam Tentang Polusi Tanah "

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.