12 November 2018

Cara Mudah Mengajukan Kredit Usaha Menengah


Dalam Undang - undang Nomor 20 Tahun 2008, UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) itu menjadi tiga. Yang pertama adalah Usaha mikro yang di dalamnya memiliki kekayaan bersih mulai dari Rp. 1 Juta sampai maksimal Rp. 50 juta, yang kedua adalah Usaha Kecil yang memiliki kekayaan bersih mulai dari Rp. 50 juta sampai denga Rp. 100 juta, dan yang terakhir adalah Usaha Menengah yaitu yang mempunyai kekayaan bersih mulai dari Rp. 500 juta sampai dengan Rp. 10 miliar. Adalah impian jika kita memiliki usaha, baik usaha itu masuk dalam 3 kategori tersebut. Hanya yang menjadi permasalah dalam dunia usaha yaitu adalah masalah modal, untuk tambahan modal biasanya kita di layani di bank sesuai dengan posisi usaha kita. Jika kita masih mulai usaha kredit yang dapat diberikan oleh bank adalah Kredit Usaha Rakyat bahkan sampai di Usaha menengan kita dapat dilayani dengan Kredit Usaha Menengah.

Salah satu solusi jika kita membutuhkan modal untuk Kredit Usaha Menengah yaitu CekAja.com, salah satu pelopor pengajuan kredit online di Indonesia. Di CekAja.com menyediakan fasilitas pengajuan kredit pinjaman modal usaha secara online dan dapat di akses di seluruh Indonesia, misi dari CekAja.com adalah untuk mendorong perkembangan kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia. Jadi saat ini sudah tidak waktunya kita harus membawa persyaratan lengkap dan mengajukan ke bank secara konvensional. Sekarang cukup dari smartphone atau laptop yang terhubung dengan internet dapat mengajukan pinjaman secara online. Di Indonesia UMKM merupakan bagian terpenting dari perekonomian, contohnya Indonesia. UMKM juga dianggap memiliki peranan penting dalam laju perekonomian masyarakat. Jika UMKM di suatu negara berkembang dengan pesat, pastinya pendapatan penduduk di negara tersebut menjadi lebih baik.  UMKM juga membantu pemerintah untuk membuka lapangan pekerjaan baru, lewat sektor usaha ini juga dapat membuat usaha - usaha baru dengna tenaga kerja yang baru yang dapat membantu peningkatan pendapatan masyarakatnya. Jadi angka pengangguran juga dapat menurun, jadi harapannya adalah masyarakat tidak berbondong - bondong untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, harapannya adalah masyarakat membuat usaha dan menyerap pekerja dari usaha yang mereka lakukan itu.


Berikut adalah syarat umum untuk pengajuan kredit UMKM di CekAja.com adalah

1. Warga negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia.
2. Usaha minimum berjalan 2 tahun di lokasi bidang usaha yang sama.
3. Usia minimal pengajuan adalah 21 tahun atau sudah menikah, dan maksimal usia adalah 60 tahun saat kredit lunas.
4. Belum pernah memperoleh atau menikmati fasilitas kredit atau pernah / telah memperoleh fasilitas kredit dengan kolektibilitas lancar atau tidak dalam keadaan kondisi kredit bermasalah.

Untuk dokumen - dokumen wajib yang diperlukan adalah sebagai berikut
1. Bukti diri berupa Kartu Tanda Penduduk (E-KTP), Kartu Keluarga / Kartu Susuna Keluarga (KK / KSK) serta Surat Nikah (bagi yang sudah menikah)
2. Khusus pengajuan kredit diatas Rp. 50 juta ke atas dipersyaratkan dokumen legalitas usaha, seperti : NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)
3. Surat Keterangan Usaha dari Desa / Kelurahan, Dinas Pasar atau Otoritas setempat dimana yang bersangkutan memiliki usaha ; atau surat ijin usaha
4. Fotokopi rekening giro atau tabungan 6 bulan terakhir

Dalam usaha hal terpenting yang harus ada yaitu modal, dalam dunia perkreditan tambahan modal yang dapat dibiayai ada dua, yaitu Tambahan Modal dan Investasi. Tambahan modal ini artinya untuk menambah pasokan bahan baku atau bahan dagangan, sedangkan untuk investasi ini lebih kepada pembelian mesin untuk mendukung usaha ataupun pembangunan tempat usaha. Pengajuan kredit di CekAja.com cukup mudah, dengan sistem yang terintegrasi dan juga bunga yang sesuai dengan profil usaha anda. Tujuan kredit selain dibedakan antara tambahan modal dan investasi juga ada beberapa jenis lain seperti
1. Kredit Modal Kerja
Pinjaman untuk memenuhi modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti membiayai inventory, piutang atau proyek.
2. Kredit Investasi
Fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan dan atau kebutuhan khusus terkait investasi.
3. Fasilitas BPR
Kredit pembiayaan modal kerja kepada BPR (Bank Perkreditan Rakyat) untuk digunakan dalam rangka penyaluran kredit kepada usaha kecil dalam bentuk Executing atau Asset Buy.
4. Kredit KopKar
Pinjaman modal kerja yang diberikan kepada Koperasi Karyawan untuk disalurkan kepada para anggotanya guna berbagai keperluan.
5. Kredit Syariah
Pembiayaan kredit syariah modal kerja, investasi dan trade finance dengan skema Mudharabah dan Murabahah untuk UMKM.

Sedikit info CekAja.com adalah portal layanan informasi dan perbandingan yang netral tanpa keberpihakan yang membantu masyarakat Indonesia untuk membuat keputusan finansial yang cerdas. CekAja.com dibantu dengan teknologi perbandingan dan aplikasi mutakhir kelas dunia, ada berbagai pilihan produk finansial dan asuransi secara cepat, mudah dan singkat. Didukung oleh sejumlah mitra bank dan lembaga asuransi terbaik di Indonesia. Di dukung oleh tenaga profesional dan berpengalaman di bidangnya. Dengan segala kemudahan yang diberikan oleh CekAja.com kita dapat mengajukan Kredit Usaha Menengah melalui halaman https://www.cekaja.com/small-business-banking. CekAja.com membantu anda untuk mengajukan pinjaman secara online tanpa harus ribet, aman dan nyaman.

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

2 Responses to "Cara Mudah Mengajukan Kredit Usaha Menengah"

  1. kirain cekaja.com itu buat pengajuan kendaraan bermotor aj, ternyata untuk kredit usahapun bisa ya kak.. mantap nih semakin dipermudah ya pengajuan online

    ReplyDelete
  2. Sangat Memberikan masukan untuk kita yang Awam, Semangat untuk berkarir, saya menyukai artikel anda !!

    kunjungi website kita di 99mania
    terima kasih

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.